Lulusan Akuntansi? Berikut 15 Bidang Akuntansi Yang Wajib Anda Ketahui

Bidang akuntansi adalah salah satu ilmu yang paling penting dalam sebuah perusahaan. Keberadaannya harus ada dalam sebuah perusahaan, baik swasta maupun milik pemerintah. Karena bidang inilah yang mengatur berbagai macam pemasukan dan pengeluaran dari suatu instansi.

Maka dari itu, untuk para lulusan akuntansi haruslah benar-benar memahami berbagai bidangnya. Terdapat 15 bidang dalam akuntansi, yang tentunya memiliki fungsi tersendiri. Artikel kali ini akan membahas semua bidang tersebut untuk menambah wawasan para pembaca. Berikut dibawah ini adalah bidang akuntansi yang wajib diketahui, khususnya untuk lulusan akuntansi.

15 Bidang Akuntansi Yang Wajib Di Ketahui

1. Pemeriksaan Akuntansi atau Auditing

Audit keuangan adalah bidang akuntansi yang memeriksa catatan keuangan organisasi (atau individu) untuk menentukan apakah mereka akurat dan sesuai dengan aturan yang berlaku (termasuk standar akuntansi yang diterima), peraturan, dan hukum.

Auditor eksternal datang dari luar organisasi untuk memeriksa catatan akuntansi dan keuangan dan memberikan pendapat independen atas catatan tersebut. Undang-undang mengharuskan semua perusahaan publik memiliki laporan keuangan diaudit secara eksternal.

Auditor internal bekerja untuk organisasi sebagai karyawan internal untuk memeriksa catatan dan membantu meningkatkan proses internal seperti operasi, pengendalian internal, manajemen risiko, dan tata kelola.

2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen juga dikenal sebagai akuntansi manajerial dan dapat didefinisikan sebagai proses penyediaan informasi dan sumber daya keuangan kepada manajer dalam pengambilan keputusan.

Akuntansi manajemen hanya digunakan oleh tim internal organisasi, dan inilah satu-satunya hal yang membedakannya dari akuntansi keuangan. Dalam proses ini, informasi dan laporan keuangan seperti faktur, laporan neraca keuangan dibagikan oleh administrasi keuangan dengan tim manajemen perusahaan.

Tujuan dari akuntansi manajemen adalah menggunakan data statistik ini dan mengambil keputusan yang lebih baik dan akurat, mengendalikan perusahaan, kegiatan bisnis, dan pengembangan.

3. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan sangat penting untuk secara akurat melacak catatan keuangan organisasi Anda. Catatan akuntansi keuangan memberikan gambaran umum stabilitas keuangan kepada pemangku kepentingan internal dan eksternal untuk tahun fiskal yang akan datang.

Oleh karena itu, prospek keuangan menentukan tujuan yang Anda tetapkan, bagaimana organisasi Anda beroperasi dan jumlah staf dan sumber daya tambahan yang dapat dialokasikan ke berbagai departemen.

Fungsi utama akuntansi keuangan adalah mengumpulkan informasi dan menghasilkan laporan tentang aktivitas keuangan organisasi. Mereka meringkas transaksi untuk sebuah perusahaan, menjelaskan perusahaan apa yang melakukan transaksi dengan Anda dan tanggal serta jumlah setiap transaksi. P

erusahaan membuat laporan keuangan transaksi untuk memberikan informasi tentang seberapa besar nilai organisasi. Begitu mereka menerima umpan balik dari pemangku kepentingan, mereka dapat merencanakan pola pertumbuhan perusahaan secara strategis.

4. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi  pajak adalah bidang akuntansi yang berguna untuk menghasilkan pengajuan dan penghitungan pajak secara akurat. Akuntan pajak bekerja dengan individu dan perusahaan untuk melaporkan data keuangan kepada pemerintah.

Tidak seperti pemeriksa pajak, akuntan pajak tidak meninjau dan mengaudit pengajuan pajak untuk mengumpulkan uang. Tidak seperti pembuat pajak, akuntan pajak dapat melakukan lebih dari sekedar menulis pengembalian pajak.

Akuntan pajak juga membantu klien mengembangkan strategi perencanaan pajak yang menguntungkan. Akuntan pajak menasihati manajer tentang cara-cara untuk menurunkan, menunda, atau memotong pembayaran pajak sepenuhnya.

Akuntan pajak membangun rencana langkah demi langkah bagi klien untuk mengurangi pendapatan kena pajak dan meningkatkan pemotongan sepanjang tahun.

Memenuhi tujuan pertumbuhan keuangan klien dengan memaksimalkan pengembalian pajak dalam hukum adalah tujuan mereka. Akuntan selanjutnya dapat mengkhususkan diri dalam relung akuntansi pajak, seperti pajak merger dan akuisisi atau pajak properti.

Baca juga : 15 Tips Terbaik Sebelum Memilih Aplikasi Akuntansi untuk Pembukuan Bisnis Anda

5. Penganggaran (Budgetting)

Penganggaran adalah bidang akuntansi yang  melakukan proses merancang, melaksanakan, dan mengoperasikan anggaran. Ini adalah proses manajerial dari perencanaan dan persiapan anggaran, pengendalian anggaran dan prosedur terkait. Penganggaran adalah tingkat akuntansi tertinggi dalam hal masa depan yang menunjukkan tindakan yang pasti dan bukan hanya pelaporan.

Ini merupakan bagian integral dari kebijakan manajerial seperti perencanaan jangka panjang, arus kas, belanja modal dan manajemen proyek.

6. Akuntansi Penganggaran

Bidang satu ini adalah bidang yang bertugas mencatat semua anggaran sebuah perusahaan. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengetahui anggaran yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan pada suatu waktu. Tentunya hal ini juga untuk mengontrol anggaran perusahaan agar selalu stabil.

7. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang mencatat, memeriksa, meringkas, dan mempelajari biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk setiap proses, layanan, produk, atau apa pun dalam organisasi.

Bidang akuntansi ini membantu organisasi dalam pengendalian biaya dan membuat perencanaan strategis dan keputusan untuk meningkatkan efisiensi biaya.

Manajemen mendapat ide di mana mereka harus mengendalikan biaya dan di mana mereka harus meningkatkan lebih banyak, yang membantu dalam menciptakan visi dan rencana masa depan.

Ada berbagai jenis akuntansi biaya seperti biaya marjinal, penetapan biaya berbasis aktivitas, akuntansi biaya standar, akuntansi lean. Pada artikel ini, kita akan membahas lebih banyak tujuan, keuntungan, biaya dan pengertian biaya.

8. Akuntansi Pemerintahan

Pada umumnya, bidang akuntansi pemerintahan dimaknai sebagai aplikasi pencatatan keuangan negara yang dilakukan oleh unit kerja tertentu. Ada banyak ruang lingkup yang digarap di dalam pencatatan pembukuan jenis ini, salah satunya ialah catatan pelaksanaan anggaran yang dimiliki seluruh unit pemerintah.

Sedangkan menurut Abdul Halim (2002:143), akuntansi pemerintahan adalah jasa pembuatan informasi mengenai keuangan negara dalam bentuk data-data kuantitatif yang bisa dijadikan arah kebijakan ekonomi negara.

Jika disimpulkan dari dua pengertian di atas, maka definisi akuntansi pemerintahan adalah unit kerja yang menyediakan jasa pencatatan anggaran finansial negara yang nantinya bisa dijadikan arah penentuan kebijakan ekonomi di negara tersebut.

Dari kesimpulan di atas, semakin jelas peran akuntansi pemerintah sebagai pemegang kunci keteraturan data-data finansial negara. Baik terkait dengan pendapatan maupun pengeluaran anggaran yang dimilikinya.

Baca juga : Prospek Pekerjaan yang Anda Dapatkan saat Kuliah Jurusan Akuntansi

9. Akuntansi Sistem

Berbeda dengan yang lain, bidang satu ini fokusnya adalah untuk menciptakan suatu sistem akuntansi yang lebih efisien dan efektif. Dengan merancang berbagai sistem baru dalam akuntansi, diharapkan dapat menciptakan suatu sistem yang lebih bagus serta aman. Kegiatan dari bidang ini adalah menyusun tata letak semua data, mengorganisir formulir serta berbagai hal lainnya.

Pengembangan sistem ini sebagai metode untuk menyediakan dan melaporkan informasi berkaitan dengan kegiatan operasi dan keuangan perusahaan. Pengertian ini tidak jauh berbeda dengan apa yang dijabarkan oleh Reeve, Warren dan Fees di atas

10. Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional adalah spesialisasi dalam seluruh disiplin ilmu yang difokuskan pada penggunaan standar akuntansi khusus yang relevan di dunia seperti saat Anda menyeimbangkan pembukuan perusahaan di luar negeri.

Jika Anda tertarik untuk bekerja sebagai akuntan profesional dan Anda mencoba untuk memilih spesialisasi atau subset, penting untuk mempelajari perbedaan satu dari yang lain.

Dalam dunia bisnis modern saat ini, setiap akuntan keuangan yang bekerja di lingkungan bisnis global abad ke-21 akan cocok dengan definisi luas dari akuntan internasional.

11. Akuntansi Perbankan

Bidang akuntansi satu ini adalah untuk mengontrol akuntansi pada bank untuk memenuhi permintaan dengan akurat. Pada bidang ini juga dilakukan kegiatan pendataan, analisis data, serta klasifikasi data. Hal ini juga bertujuan mendukung supaya lancarnya kegiatan di sebuah bank.

Setiap tahun bank harus menghasilkan laporan keuangan yang mengikat secara hukum yang mengekspos semua yang dimiliki perusahaan. Tujuan utama akuntansi perbankan adalah untuk menyiapkan laporan keuangan yang memberikan informasi tentang kinerja bank kepada pihak eksternal seperti investor, kreditor, otoritas pajak dan banyak lagi.

12. Akuntansi Sektor Publik

Akuntansi Sektor Publik adalah proses sistematis mencatat, mengkomunikasikan, meringkas, menganalisis dan menafsirkan laporan keuangan dan statistik Pemerintah secara agregat dan detail. Ini berhubungan dengan penerimaan, hak pengelolaan, pencairan dan pemberian pelayanan atas dana publik yang dipercayakan.

Tujuan utama pemerintah bukanlah untuk mencari untung tetapi untuk memberikan layanan penting kepada warganya.

Akuntansi sektor publik dapat digunakan untuk mengukur pendapatan masuk dan pengeluaran pemerintah. Ini juga dapat digunakan untuk penganggaran, perencanaan dan peramalan. Meskipun tujuan utama sebagian besar entitas sektor publik bukanlah untuk menghasilkan laba, masih penting untuk mengetahui bagaimana kinerja suatu lembaga secara finansial.

Sektor publik adalah akuntansi pemerintahan. Karena mereka bukan untuk bisnis profit, akuntansi untuk mereka berbeda dengan akuntansi untuk bisnis yang bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan

13. Akuntansi Pendidikan

Tentunya bidang akuntansi satu ini adalah bidang yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Kegiatan yang dilakukan oleh bidang ini juga tentunya berhubungan erat dengan kegiatan belajar mengajar. Dapat dikatakan, bidang satu ini adalah bidang yang mendukung berjalan lancarnya sistem pendidikan dan mengajarkan disiplin ilmu akuntansi dan segala hal yang berhubungan dengan akuntansi.

Contoh orang yang ada di bidang akuntansi ini adalah dosen mata kuliah akuntansi atau guru yang mengajarkan pelajaran akuntansi.

14. Akuntansi Sosial

Akuntansi sosial adalah bidang akuntansi yang mengukur dampak lingkungan dan sosial dari suatu organisasi. Pendekatan ini melampaui formulasi normal laporan keuangan untuk juga mengukur dampak perusahaan terhadap stakeholder. Dengan demikian, akuntansi sosial dapat digunakan untuk menentukan akuntabilitas suatu organisasi.

Pendekatan ini adalah alat yang sangat berguna untuk lembaga nonprofit dan pemerintah, karena misi mereka lebih ditujukan untuk meningkatkan aktivitas yang relevan secara sosial dan lingkungan. Pengukuran aktif dan penggunaan akuntansi sosial memungkinkan manajer untuk fokus pada tindakan yang sangat penting bagi pemangku kepentingan, sehingga meningkatkan penerimaan organisasi dalam jangka panjang.

Baca juga : Analisa Lengkap Tentang Pentingnya Software Akuntansi pada Bisnis

15. Akuntansi Perilaku

Bidang akuntansi ini hasil kombinasi antara ilmu akuntansi dan ilmu sosial dikenal sebagai Akuntansi Keperilakuan.

Dalam bidang ilmu ini, perilaku manusia diperhitungkan untuk melihat efeknya terhadap data-data akuntansi. Tidak hanya dalam wujud satu arah, dalam bidang ilmu ini juga mempelajari bagaimana akuntansi memberikan pengaruh terhadap perilaku manusia.

Terutama ketika pengambilan keputusan yang berkaitan dengan bisnis. Dengan kata lain, cabang dari ilmu akuntansi ini mengkaji keterkaitan dan pengaruh antara perilaku manusia dengan sistem akuntansi dan sebaliknya.


Itulah beberapa bidang akuntansi yang harus diketahui oleh lulusan akuntansi. Sebenarnya tidak hanya lulusan akuntansi yang harus mengetahui bidang-bidang ini. Untuk masyarakat luas juga tidak ada ruginya untuk mengetahui bidang-bidang ini.

Hal tersebut dapat membantu untuk menambah pengetahuan tentang akuntansi. Tentunya mungkin saja dapat membantu menyelesaikan permasalahan akuntansi dalam kehidupan sehari-hari. Semoga artikel diatas dapat membuat para pembaca lebih memahami tentang berbagai bidang akuntansi.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang sedang mencari solusi  kemudahan proses pembukuan pada bisnis, Anda bisa  menggunakan software akuntansi seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu penggund dan sudah meraih Top Brand Award  sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.

Memiliki fitur terbaik dan harga terjangkau, Accurate Online dapat menjadi solusi menyeluruh untuk pengelolaan keuangan bisnis kapanpun dan dimanapun Anda mau.

Penasaran? Anda bisa langsung mencoba dengan gratis selam 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate 200 ribu perbulan