Pembukuan Agen Perjalanan Lebih Mudah Dengan Accurate Online

oleh | Okt 25, 2023

source envato.

Pembukuan Bisnis Agen Perjalanan Lebih Mudah Dengan Accurate Online

Menurut laman Wikipedia, agen perjalanan adalah perantara yang menghubungkan pelanggan dengan berbagai destinasi wisata dan layanan perjalanan, memiliki tanggung jawab yang besar. Salah satu aspek yang krusial dalam menjalankan operasi agen perjalanan yang efisien dan profesional adalah pembukuan agen perjalanan itu sendiri.

Pembukuan bukan hanya sekadar tugas administratif, melainkan fondasi yang kokoh untuk mengelola keuangan, menganalisis kinerja, serta memenuhi peraturan yang ketat. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang pembukuan agen perjalanan sangat penting bagi pemilik bisnis, manajer, dan semua pihak yang terlibat dalam operasi perjalanan.

Dalam era di mana transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi merupakan tolok ukur keberhasilan, tidak ada alasan untuk mengabaikan pentingnya pembukuan agen perjalanan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini mari kita akan mengetahui bahwa dengan Accurate Online, pembukuan  agen perjalanan akan lebih mudah untuk dilakukan.

Evolusi Pembukuan Agen Perjalanan dengan Accurate Online

Evolusi Pembukuan Pada Bisnis Agen Perjalanan dengan Accurate Online

ilustrasi pembukuan agen perjalanan. source envato

Dalam era modern yang terus berubah, industri agen perjalanan telah mengalami perkembangan yang mengesankan. Agen perjalanan tidak lagi hanya bertugas mengatur tiket pesawat dan akomodasi, tetapi juga harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan tren perjalanan yang semakin kompleks.

Di tengah dinamika ini, peran pembukuan bisnis agen perjalanan mengalami evolusi yang signifikan.

Pada awalnya, agen perjalanan mungkin hanya memegang buku catatan sederhana untuk mencatat transaksi, pelanggan, dan detail perjalanan. Namun, seiring dengan berkembangnya industri ini, terjadi pergeseran menuju sistem pembukuan yang lebih canggih dan terotomatisasi.

Evolusi ini tergambar dalam beberapa tahap berikut ini:

  1. Manual dan Tradisional: Di masa lalu, agen perjalanan mengandalkan pembukuan manual. Mereka mencatat transaksi, pembayaran, dan informasi pelanggan dalam buku catatan fisik. Meskipun sederhana, metode ini memiliki keterbatasan dalam hal efisiensi dan analisis data.
  2. Sistem Komputer: Dengan munculnya komputer, agen perjalanan mulai beralih ke sistem komputer untuk mengelola data. Hal ini memungkinkan pemilik agen perjalanan untuk menyimpan dan mengakses informasi pelanggan serta menghasilkan laporan dengan lebih mudah.
  3. Perangkat Lunak Pembukuan: Perkembangan perangkat lunak pembukuan khusus untuk agen perjalanan membantu dalam mengotomatisasi proses pembukuan, termasuk perangkat lunak manajemen pelanggan, pemrosesan pembayaran online, dan pencatatan transaksi yang lebih efisien.
  4. Pembukuan Digital dan Cloud: Transformasi terbaru dalam evolusi pembukuan agen perjalanan adalah beralih ke solusi cloud. Dengan penyimpanan data yang aman dan akses dari mana saja, agen perjalanan dapat bekerja lebih fleksibel dan kolaboratif. Sistem ini juga memungkinkan integrasi dengan aplikasi lain, seperti reservasi online dan alat analisis data.
  5. Integrasi AI dan Analitik: Seiring dengan kemajuan teknologi, agen perjalanan semakin mengadopsi kecerdasan buatan (AI) dan analitik data. Hal ini memungkinkan para pemiliki bisnis agen perjalanan untuk mengidentifikasi tren perjalanan, merancang paket yang lebih personal, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Evolusi pembukuan agen perjalanan ini mencerminkan upaya agen perjalanan untuk tetap bersaing dan memenuhi tuntutan konsumen yang semakin tinggi. Pembukuan yang efektif adalah kunci untuk mengelola keuangan dengan baik, memahami perilaku pelanggan, dan membuat keputusan berdasarkan data.

Untuk pengembangan yang lebih baik dibutuhkan pembukuan agen perjalanan yang bisa mengakomodir kebutuhan Anda. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online untuk memenuhi semua itu dan membuat pembukuan agen perjalanan Anda lebih cepat, mudah, praktis, dan meminimalisir kesalahan jika dibandingkan pembukuan manual.

Untuk mengetahui lebih jauh  fitur-fitur Accurate Online yang memenuhi kebutuhan pembukuan agen perjalanan Anda, berikut kami berikan contohnya:

1. Pencatatan Transksi dan Laporan Keuangan dengan Mata Uang Berbeda

Seperti yang kami bahas diatas, bisnis agen perjalanan , terutama dengan skala menengah ke atas memiliki cakupan konsumen yang cukup luas, salah satunya adalah turis asing yang melakukan pembayaran dengan mata uang yang berbeda.

Kesulitan yang akan Anda dapatkan dengan metode pembukuan manual adalah menghitung perbedaan kurs yang terjadi secara berkala sesuai harga global. Terbayang berapa banyak waktu yang akan Anda buang? Apalagi jika Anda harus membuat laporan keuangan dengan kurs yang berbeda.

Pembukuan Agen Perjalanan1

Jika Anda menggunakan Accurate Online, Anda tidak perlu khawatir dengan pencatatan transaksi dengan mata uang yang berbeda. Accurate Online memiliki fitur pencatatan multi mata uang yang akan memudahkan pencatatan keuangan bisnis Anda.

Tidak hanya membuat mata uang baru di database akun Accurate O: nline, Anda juga bisa membuat akun perkiraan mata uang asing. Beberapa tipe akun yang bisa ditentukan mata uangnya adalah Kas Bank, Piutang Usaha, Aset Lancar Lainnya, Aset Lainnya, Hutang Usaha, Kewajiban Jangka Pendek, dan Kewajiban Jangka Panjang. Untuk penjelasan dan cara lengkapnya, Anda bisa membacanya melalui artikel ini.

Baca juga: Jadikan Pembukuan Usaha Bengkel lebih Baik dengan Accurate Online

2. Lihat Detail Transksi dengan Mudah Melalui Fitur Log Aktifitas

Memiliki banyak transaksi memang baik, bahkan bisa dibilang impinan setiap bisnis. Namun semakan banyak transaksi yang terjadi maka akan semakin banyak data yang harus dicatat, ini berarti akan semakan banyak hal yang harus Anda kerjakan.

Akan banyak waktu yang terbuang jika Anda masih menggunakan pembukuan manual. Kesalahan input data atau memasukan data yang kurang detail juga merupakan masalah tersendiri pada pembukuan manual pada bisnis agen perjalanan yang sudah memiliki banyak transaksi.

Pembukuan Agen Perjalanan2

Accurate Online memiliki fitur log aktifitas yang berfungsi untuk melihat histori sebuah transaksi mulai dari dibuat, diedit ataupun dihapus (jika ada). Tujuannya agar setiap aktifitas di Accurate Online dapat termonitor dengan baik. Dengan begitu Anda bisa meminimalisir kesalahan penginputan data, risiko fraud, dan data Anda teraga dengan baik.

Baca juga : Pembukuan Barbershop Lebih Optimal Dengan Accurate Online

3. Fitur Komisi Penjual bagi Anda yang Memiliki Tenaga Penjual

Mungkin masih banyak dari Anda pemilik usaha agen perjalanan yang menggunakan tenaga penjualan untuk meningkatkan omset penadapatan. Namun apakah Anda juga menghitung komisi untuk tenaga penjual Anda selain keuntungan yang Anda dapatkan dari mereka?

Menghitung komisi penjualan per sales sangat penting untuk menentukan perencanaan pemasaran yang nantinya akan meningkatkan pemasukan Anda.

Pembukuan Agen Perjalanan3

Accurate Online memiliki fitur komisi penjualan, fitur ini berfungsi untuk membuat persyaratan komisi bagi tenaga penjual atau salesman yang Anda miliki. Dengan fitur ini Anda bisa menetapkan untuk membuat pencatatan komisi penjual berdasarakan kuantitas atau komisi bertingkat, yang nantinya besaran penghitungan komisi akan ada pada laporan keuangan Anda.

Baca juga: Langkah Awal Menggunakan Accurate Online untuk Pembukuan Bisnis

4. Mudahkan Penyesuaian Harga / Diskon dengan Mudah

Pada waktu tertentu, bisnis agen perjalanan biasanya menaikan harga, contohnya pada saat liburan sekolah atau hari besar. Hal ini sangat wajar dikarenakan pada saat tersebut permintaan sangatlah tinggi. Sebaliknya, disaat hari biasa, agen perjalanan menetapkan diskon untuk menarik minat para konsumen.

Pembukuan Agen Perjalanan4

Accurate Online sudah menyediakan fitur untuk memudahkan hal tersebut; misalnya, jika Anda menjual tiket arau voucher hotel, Anda dapat melakukan penyesuaian harga dan diskon yang Anda berikan pada satu item atau mengubah harga untuk beberapa item.

Baca juga: Solusi Pembukuan Usaha Laundry Dengan Accurate Online

Pembukuan Baik, Agen Perjalanan Anda Untung

Sebenarnya masih banyak lagi fitur Accurate Online yang akan memudahkan proses pembukuan agen perjalanan Anda. Contoh diatas adalah beberapa fitur yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum memakai Accurate Online.

Setelah Anda menggunakan Accurate Online, pembukuan agen perjalanan Anda akan lebih mudah, cepat dan minim kesalahan. Accurate Online membawa Anda pada proses pembukuan yang akan menghemat waktu dan secara bersamaan mengoptimalkan seluruh proses karena akan ada lebih banyak waktu bagi Anda.

Accurate Online sendiri adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah dikembangkan sejak 20 tahun lalu dan dan meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang, juga sudah digunakan oleh ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Anda bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui banner di bawah ini:

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

293 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Khaula Senastri

Artikel Terkait