Ingin Menjalankan Bisnis di Tahun 2023, Ini Tantangan yang Harus Anda Hadapi!

Perlu Anda ketahui bahwa perkembangan dan juga tantangan bisnis saat ini di Indonesia sangatlah pesat, terlebih lagi bisnis di tahun 2023 ini. Sering dengan berkembangnya teknologi industri 4.0, tantangan yang dihadapi oleh masyarakat pun semakin meningkat.

Era yang terjadi saat ini sudah berubah menjadi era serba digital, dan hal tersebut harus memaksa bisnis bermigrasi ke ranah online.

Nah, menjalankan bisnis di tahun 2023 ini terdapat beberapa tantangan yang harus Anda hadapi sebagai pebisnis. Namun, seberat apapun tantangannya, Anda memang harus bisa beradaptasi jika bisnis Anda bisa tetap eksis dan terus berkembang.

Nah, berikut ini adalah beberapa tantangan bisnis di tahun 2023 yang harus siap Anda hadapi.

Tantangan Bisnis di Tahun 2023

1. Minimnya SDM yang Ahli dan Terampil

Untuk setiap pebisnis UMKM, hal ini menjadi tantangan bisnis paling besar. karena, dalam menjalankan bisnis, setiap UMKM pasti akan membutuhkan Sumber Daya Manusia atau SDM yang terampil dan juga ahli.

Selain itu, sumber daya yang mempunyai kemampuan dan profesionalitas akan sangat membantu Anda sebagai pebisnis untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih baik.

Harus Anda ingat selalu bahwa karyawan akan cenderung bertahan dalam suatu pekerjaan ataupun perusahaan saat mereka mengetahui atasannya peduli dengan kesejahteraan hidup mereka.

Lalu, bagaimana cara Anda menampilkan bahwa Anda memang peduli? Nah, Anda bisa melakukan investasi dalam pelatihan, keterlibatan karyawan, tindakan dan juga teknologi yang mampu memaksimalkan proses bisnis Anda.

Memperdulikan kesejahteraan para karyawan tidak melulu hanya membuat mereka lebih loyal pada bisnis Anda, tapi juga membantu Anda untuk menarik karyawan baru.

Baca juga: Apa itu Golden Circle? Ini Pengertian dan Cara Menerapkannya dalam Bisnis

2. Minimnya Pengetahuan Terkait Digitalisasi

Tantangan menjalankan bisnis di tahun 2023 yang selanjutnya adalah keterbatasan tentang pengetahuan dan kemampuan para pebisnis UMKM dalam memanfaatkan teknologi dan juga platform digital.

Meskipun banyak bisnis yang saat ini telah mendigitalisasikan bisnisnya, tapi ternyata masih banyak juga yang bertransformasi digital karena mereka menganggap bahwa hal tersebut sangatlah merepotkan.

Biasanya, para pebisnis UMKM pun belum mengetahui cara dalam memaksimalkan beragam jenis fitur di dalam digital platform yang ada. Padahal, dengan cara menggunakan digital platform, para pebisnis akan mampu menjangkau skala perkembangan bisnis yang lebih besar daripada metode konvensional, karena memiliki banyak fitur yang lebih menarik.

Selain akan mampu menjangkau skala perkembangan bisnis yang lebih besar, memanfaatkan platform digital juga akan membantu pebisnis dalam berbagai operasional bisnis, seperti mencatat penjualan secara otomatis, mengetahui persediaan barang di gudang dan di outlet secara riil, sampai tidak perlu mendatangi outlet karena operasional bisnis bisa dipantau di mana saja dan kapan saja.

3. Perlunya Pengembangan Strategi Bisnis

Sebagai pebisnis, tentu Anda telah mengantongi strategi bisnis yang harus Anda terapkan. Nah, strategi ini dibutuhkan untuk mencapai tujuan bisnis Anda.

Strategi UMKM juga harus bisa fokus pada strategi yang harus dilakukan agar produk maupun jasa yang ditawarkan ke pasar bisa lebih cepat laku dan berkembang. Kualitas produk yang unik dan baik akan mampu menarik serta membuat pelanggan menjadi lebih loyal.

Saat Anda membangun suatu bisnis, berdasarkan laman Wikipedia, unique selling point menjadi salah satu faktor yang akan memberikan dampak pada kesuksesan bisnis Anda agar terlebih lebih unggul daripada kompetitor.

Strategi untuk bisa menghadapi tantangan bisnis lainnya yang bisa Anda terapkan adalah menggunakan strategi kreatif agar bisa membangun brand awareness. Strategi yang kreatif ini bisa dengan mudah membuat konten yang lebih menarik dan juga diunggah ke media sosial bisnis Anda.

Baca juga: Apa itu Electronic Payment? Ini Pengertian dan Kelebihan di Dalamnya

4. Adanya Tantangan Modal

Isu permodalan menjadi salah satu tantangan yang menjadi perhatian besar untuk Anda. Pasalnya, permodalan adalah kunci penting untuk menjalankan kegiatan operasional dan juga mengembangkan bisnis.

Saat ini, masih banyak pebisnis UMKM yang mengalami kekurangan modal sehingga mereka mengalami masalah untuk bisa berkembang.

5. Sulit Untuk Ekspansi Bisnis

Sebagai pebisnis UMKM, tantangan bisnis yang banyak dihadapi adalah tentang ekspansi bisnis. Pada proses yang ada di dalamnya, Anda akan menghadapi kenaikan pada permintaan tenaga kerja, kebutuhan pelanggan yang lebih beragam, berhadapan dengan kompetitor baru, manajemen inventaris, hingga rantai pasokan. Lantas, bagaimana cara mengelola seluruh hal tersebut?

Ketika bisnis Anda mulai bertumbuh, maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah merekrut karyawan baru yang mempunyai kemampuan, terlatih dan juga profesional. Anda pun harus melakukan investasi pada sistem manajemen sumber daya manusia.

Agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan yang beragam, anda juga memerlukan lebih banyak komunikasi dengan mereka. Untuk itu, jalinlah hubungan yang kuat dengan pelanggan agar Anda bisa lebih memahami pain point dan menemukan cara layanan atau produk barang Anda mampu memenuhi kebutuhan pelanggan secara baik.

Baca juga: Tertarik Memulai Bisnis Baru di Tahun Baru ini? Coba Perhatikan Hal ini Lebih Dulu!

Penutup

Demikianlah lima tantangan bisnis di tahun 2023 yang harus Anda hadapi. Jadi, tantangan tersebut adalah minimnya sumber daya manusia yang terampil, minimnya pengetahuan tentang digitalisasi, perlunya pengembangan strategi bisnis, adanya tantangan modal, sulitnya bisnis untuk berekspansi.

Nah, untuk bisa mengatasi tantangan bisnis di tahun 2023 tersebut, akan #lebihbaik jika Anda menggunakan aplikasi kasir digital atau software POS yang lengkap dari Accurate POS.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka semua kegiatan operasional bisnis bisa Anda kelola secara efektif dan juga efisien.

Jadi selain mampu mempercepat proses transaksi di kasir dengan beragam pilihan metode pembayaran, Anda juga bisa mencatat dan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan. Hal tersebut dikarenakan Accurate POS telah terintegrasi secara langsung dengan Accurate POS

Selain itu, aplikasi ini juga akan membantu Anda dalam mengelola karyawan dan pelanggan Anda, membantu Anda dalam membuat strategi pemasaran yang sukses, serta mengetahui laporan persediaan barang di gudang secara riil.

Penasaran dengan Accurate POS? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ayunda tania

Seorang yang memiliki hobi penulisan dan jurnalistik dan sedang mendalami ilmu akuntansi dan bisnis agar bisa memberikan manfaat bagi para pebisnis di Indonesia.