Cara Daftar QRIS Secara Cepat dan Mudah Untuk Bisnis Anda

Cara daftar QRIS atau Quick Response Code Indonesian Standard, sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah. Untuk Anda para pebisnis yang ingin memberikan opsi metode pembayaran non tunai via QR Code untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, mendaftar QRIS adalah suatu kewajiban bagi Anda.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan cara daftar QRIS, khusus untuk Anda.

Cara Daftar QRIS secara Cepat dan Mudah

Sebelum mengetahui cara daftar QRIS, terdapat beberapa persyaratan yang harus terlebih dulu Anda lengkapi, yaitu:

  1. Semua foto dokumen, foto harus asli dan bisa dibaca serta fokus (tidak blur)
  2. Mencantumkan E-KTP asli, jelas, dan tanpa editan
  3. Dilarang mencantumkan Kartu Tanda Anak atau KTA, serta dilarang mencantumkan Kartu Tanda Penduduk Musiman atau KIPEM
  4. Foto harus bebas dari pantulan cahaya
  5. Foto dokumen yang tidak lengkap, tidak jelas, gelap atau buram, tidak akan diterima
  6. Dilarang mengunggah foto ID atau dokumen ID palsu

Selain itu, nantinya Anda juga harus menyiapkan berkas dokumen pendukung berdasarkan jenis bisnis Anda untuk dilakukan verifikasi pendaftaran. Berkas akan diminta saat Anda berhasil masuk di halaman dashboard interactive QRIS.

Baca juga: Apa Arti Retur? dan Bagaimana Proses Penanganannya?

Dokumen Pendukung Pendaftaran QRIS?

Terdapat beberapa jenis bisnis yang bisa didaftarkan QRIS, seperti badan usaha, individu, pendidikan, donasi, dan SPBU. Setiap jenis usaha tersebut pun mempunyai berkas pendukung persyaratan pendaftarannya masing-masing, yaitu:

1. Individu (Perorangan)

Persyaratan pendaftaran untuk jenis usaha perorangan adalah sebagai berikut:

  • Dokumen gambar KTP sesuai nama pemilik bisnis
  • Nomor Kartu Keluarga sesuai KTP

2. Badan Usaha (PT atau CV)

Untuk jenis badan usaha PT atau CV, dokumen persyaratan pendaftarannya adalah sebagai berikut:

  • Dokumen gambar KTP sesuai nama pemilik bisnis
  • Nomor Kartu Keluarga sesuai KTP
  • Dokumen gambar akta perusahaan sesuai nama badan perusahaan
  • Dokumen gambar dalam bentuk NPWP perusahaan sesuai nama badan usaha
  • Dokumen gambar dalam bentuk NIB atau SIUP perusahaan sesuai dengan nama badan usaha
  • Dokumen gambar dalam bentuk surat kuasa asli bila Anda adalah wakil yang ditunjuk oleh badan usaha

3. Pendidikan

Dokumen persyaratan untuk jenis bisnis dalam bidang pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Dokumen gambar KTP sesuai dengan nama penanggung jawab lembaga
  • Nomor kartu keluarga sesuai KTP yang didaftarkan
  • Dokumen gambar akta pendirian lembaga yang sesuai dengan nama lembaga
  • Dokumen gambar dalam bentuk NPWP lembaga sesuai dengan nama badan usaha
  • Dokumen gambar dalam bentuk surat kuasa asli, bila Anda adalah wakil yang ditunjuk oleh lembaga pendidikan tersebut.

4. SPBU dan Sejenisnya

Berbagai persyaratan pendaftaran untuk bidang usaha SPBU dan sejenisnya adalah sebagai berikut:

  • Dokumen gambar KTP sesuai dengan nama pemilik usaha
  • Nomor kartu keluarga sesuai dengan KTP yang didaftarkan
  • Dokumen gambar dalam bentuk akta perusahaan yang sesuai dengan nama badan usaha
  • Dokumen gambar dalam bentuk NPWP perusahaan sesuai dengan nama badan usaha
  • Dokumen gambar dalam bentuk surat kuasa asli, jika Anda adalah wakil yang ditunjuk oleh pihak badan usaha

5. Donasi/Yayasan/Lembaga Non-Profit

Berikut ini adalah beberapa persyaratan untuk bidang yayasan, donasi, atau lembaga non-profit:

  • Dokumen gambar dalam bentuk: NPWP atau akta pendirian yayasan atau surat yayasan resmi atau surat ketetapan dari pihak pemerintah
  • Dokumen gambar dalam bentuk: KTP orang yang diberikan wewenang
  • Nomor kartu keluarga sesuai KTP yang didaftarkan

Setelah itu, Anda diharuskan untuk mendownload beberapa dokumen, yaitu:

1. Formulir registrasi interactive QRIS yang harus beri tanda tangan basah

2. Template surat kuasa yang sesuai dengan KTP yang diberikan kuasa

  • Didalam surat kuasa tersebut harus terdapat nama orang yang diberikan kuasa sesuai dengan KTP yang disetorkan
  • Harus diberi tanda tangan di atas materai Rp 10.000
  • Diisi secara manual dan diberi tanda tangan basah.

3. Seluruh foto berkas di atas harus diunggah secara bersamaan dengan file dokumen lainnya di dalam formulir pendaftaran

4. Pastikan juga untuk nomor rekening yang digunakan adalah atas nama yayasan atau lembaga non profit.

Baca juga: Tips Sukses di Usia Muda yang Harus Anda Simak

Cara Daftar QRIS dengan Mudah

Bila Anda sudah mempunyai semua berkas dokumen persyaratan yang sesuai dengan jenis bisnis yang tadi Anda miliki, maka Anda bisa langsung memulai proses pendaftaran QRIS seperti di bawah ini:

  1. Mengunjungi situs https://m.qris.id/login.php
  2. Mengisi semua data, melakukan pembayaran varian, dan mengunggah berkas dokumen yang diperlukan secara lengkap
  3. Menandatangani formulir syarat dan ketentuan QRIS
  4. Nantinya, sistem akan melakukan proses verifikasi data. bila data sudah terverifikasi, maka nantinya data tersebut akan didaftarkan secara manual di PTEN atau PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional.
  5. Lalu, Anda akan memperoleh NMID atau National Merchant ID dari PTEN
  6. Bilas sudah memperoleh NMID, maka Anda akan mendapatkan username dan password agar bisa masuk ke QRIS pada email yang didaftarkan
  7. Selanjutnya, tim interactive QRIS akan melakukan quality control.
  8. Bila sudah lulus quality control, maka Anda bisa melakukan proses desain agar tampilan QRIS bisa sesuai dengan standar QRIS yang sudah diatur oleh ASPI atau Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.
  9. Nantinya, hasil proses desain akan diunggah ke dashboard dan Anda bisa mendownload berkas di sana

Baca juga: Jenis-Jenis Pelanggan yang Akan Ditemui dalam Bisnis

Penutup

Demikianlah cara daftar QRIS. Bila sudah memahaminya, sekarang saatnya Anda mendaftarkan bisnis Anda untuk melengkapi pilihan metode pembayaran agar pelanggan Anda lebih loyal.

Untuk membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa langsung menggunakan aplikasi kasir digital dari Accurate POS. Karena Accurate POS sudah mendukung berbagai metode pembayaran, termasuk QRIS. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengadakan kerjasama manual dengan setiap metode pembayaran dan setiap transaksi pun akan berlangsung secara cepat.

Penasaran? Ayo gunakan Accurate POS sekarang juga selama 30 hari, gratis!