Apa itu Customer Retention Rate? Ini Pengertian dan 3 Cara Mudah dalam Menentukannya

oleh | Mar 3, 2023

source envato.

Apa itu Customer Retention Rate? Ini Pengertian dan 3 Cara Mudah dalam Menentukannya

Sebagian dari Anda mungkin masih awam tentang istilah customer retention rate. Sebenarnya, customer retention rate adalah tingkatan atau rata-rata jumlah para pelanggan lama yang tetap bertahan dalam membeli setiap produk atau layanan jasa Anda.

Istilah yang satu ini seringkali digunakan oleh para pebisnis ataupun para pengusaha, karena customer retention rate memiliki peran yang sangat penting untuk keberlangsungan dan kemajuan bisnis.

Penasaran ingin mengetahui lebih dalam tentang customer retention rate dan peran pentingnya untuk para pebisnis? Tenang, karena kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang customer retention rate di bawah ini.

Apa itu Customer Retention?

accurate.id gambar customer retention rate-1

Customer retention adalah suatu upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempertahankan para pelanggan lama agar mereka tetap mau membeli produk yang Anda tawarkan dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau mendapatkan profit.

Dilansir dari laman Crazy Egg, customer retention adalah sebuah proses yang dilakukan agar tetap menarik perhatian para pelanggan lama atau para pelanggan yang telah membeli produk agar bisa terus membeli produk barang atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Tentunya hal ini berbeda dengan membuat seorang prospek terhadap pelanggan. Karena, customer retention rate lebih cenderung mempertahankan pelanggan lama.

Secara lebih intens, Marketing Insider Group menjelaskan bahwa customer retention rate adalah penilaian yang menampilkan hal terkait upaya pemasaran dan usaha layananan pelanggan Anda, apakah hanya membakar-bakar uang saja atau justru semakin memperkuat bisnis Anda.

Dengan menggunakan taktik customer retention yang baik, maka Anda bisa menjalin hubungan yang erat dengan berbagai pelanggan. Pada akhirnya, akan terbentuk pelanggan setia atau customer loyalty pada produk Anda.

Bila mereka sudah menjadi pelanggan setia, maka peluang mereka untuk menyebarkan kabar baik tentang produk Anda pada orang-orang terdekatnya akan menjadi semakin besar.

Sehingga, pelanggan tersebut secara tidak langsung sudah mempromosikan produk Anda secara sukarela.

Baca juga: Technopreneur: Pengertian, Contoh, Tujuan, dan Cara Menjadi Technopreneur

Peran Penting Customer Retention untuk Bisnis

accurate.id gambar customer retention rate-2

Customer retention memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Karena, mempertahankan pelanggan yang sudah ada akan secara tidak langsung mampu menghemat biaya pengeluaran pada bisnis Anda.

Masih berdasarkan laman Crazy Egg, mempertahankan pelanggan yang sudah ada akan jauh lebih mudah daripada mendapatkan pelanggan baru.

Hal tersebut bisa dilihat dari kemungkinan Anda untuk bisa menjual produk barang atau layanan jasa yang Anda tawarkan.

Bila Anda menjualnya pada pelanggan lama, maka minimal ada kemungkinan 40% produk barang atau layanan yang Anda tawarkan bisa terjual. Tentunya hal tersebut berbeda pada pelanggan baru, Anda harus mengubah pikiran mereka untuk membeli produk Anda.

Mengubah pikiran seseorang untuk mau membeli produk Anda akan memerlukan waktu yang lebih lama. Nah, disinilah kelebihan utama dari customer retention.

Lebih dari itu, pelanggan lama juga akan menghabiskan sekitar 31% lebih banyak dari setiap pelanggan baru saat Anda menawarkan produk atau layanan baru.

Berdasarkan data tersebut, tentunya Anda harus bisa membangun customer retention rate yang baik agar bisa memperoleh keuntungan yang melimpah dari bisnis Anda.

Baca juga: Pengertian Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif di Indonesia

Lantas, Bagaimana Cara Menentukan Customer Retention Rate?

accurate.id gambar customer retention rate-3

Untuk bisa menentukan dan juga mengetahui customer retention rate secara baik, maka terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Dilansir dari laman Marketing Insider Group, melacak persentase pelanggan yang Anda pertahankan menjadi salah satu cara agar bisa mengetahui apakah perusahaan Anda mengalami perkembangan atau tidak.

Nah, beberapa poin penting dalam menentukan customer retention rate adalah sebagai berikut:

  1. Seberapa besar peluang Anda untuk bisa mempertahankan pelanggan yang baru diperoleh
  2. Berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mempertahankan pelanggan lama melalui strategi yang ada
  3. Seberapa besar kemungkinan perusahaan Anda untuk bisa berkembang di masa depan.

Melalui berbagai hal di atas, nantinya Anda akan lebih siap dalam merencanakan bisnis di masa depan dan juga membuat strategi bisnis yang lebih tepat.

Lebih dari itu, terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisa mengetahui customer retention rate Anda sedang mengalami masalah atau penurunan, yaitu:

  • Kemungkinan terdapat masalah pada produk atau layanan jasa Anda
  • Para pelanggan mungkin tidak terlalu senang pada layanan yang Anda berikan
  • Pesaing bisnis Anda lebih baik dalam menangani masalah customer retention rate

Dengan adanya hal tersebut, maka Anda akan mengetahui kapan Anda harus mengubah strategi bisnis agar customer retention rate Anda bisa kembali naik di atas rata-rata industri.

Baca juga: Mengenal Startup Bubble dan 4 Penyebab Utamanya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang customer retention rate. Secara umum, customer retention rate adalah suatu hal yang harus bisa Anda kuasai untuk bisa mengembangkan bisnis.

Namun, ada satu hal lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu mengelola keuangan dengan baik dan membuat laporan keuangan secara tepat. Bila Anda kesulitan untuk melakukannya, maka #lebihbaik jika Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara tepat dan akurat, sehingga akan memudahkan Anda dalam mengelola keuangan.

Selain itu, Accurate Online juga mampu memudahkan Anda dalam mengelola penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Tertarik dengan Accurate Online? Tenang, karena Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

7 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait