Apa itu Soft Launching? Ini Pengertian dan 5 Manfaat Besarnya untuk Bisnis

oleh | Feb 23, 2023

source envato.

Apa itu Soft Launching? Ini Pengertian dan 5 Manfaat Besarnya untuk Bisnis

Agar sebuah produk bisa dirilis secara baik dan maksimal, maka salah satu langkah yang sangat penting untuk dilakukan adalah dengan melakukan soft launching.

Jenis perilisan produk ini umumnya dikenal dengan uji coba. Pasalnya, produk atau layanan yang dikenalkan dilakukan secara singkat agar bisa mengetahui feedback pada versi awalnya.

Nah, untuk Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang soft launching, baik itu tujuan dan manfaatnya, baca terus artikel ini hingga selesai.

Pengertian Soft Launching

accurate.id Gambar Soft Launching-1

Dilansir dari laman  Marketing91, soft launching adalah perilisan suatu produk barang atau layanan jasa pada beberapa kelompok pelanggan atau pengguna sebelum dilakukan perilisan secara resmi.

Soft launch ini menjadi salah satu strategi marketing yang mana produsen nantinya akan terlebih dahulu memperkenalkan versi awal suatu produk.

Dengan melakukan kegiatan soft launching, perusahaan mencoba untuk memperoleh feedback dari pengguna agar bisa meningkatkan produk atau layanan jasanya sebelum memasuki persaingan di pasar.

Soft launching banyak dikenal dengan produk beta test, yang mana perusahaan akan memperkenalkan dan memberikan informasi terkait apa saja yang ada dalam tahap akhir suatu produk.

Baca juga: Mengenal Seasonal Product dan 3 Manfaatnya untuk Strategi Sales

Tujuan Soft Launching

accurate.id Gambar Soft Launching-2

Dikutip dari laman Feed Dough, walaupun terdapat tujuan dari setiap perusahaan, namun tujuan umum dari soft launching adalah sebagai berikut:

1. Memperoleh Insight dari Kebiasaan Pelanggan

Dengan dilakukannya soft launching, maka perusahaan mencoba agar pelanggannya bisa memberikan feedback demi pengembangan produk akhir atau versi lengkap produk tersebut.

Adanya kegiatan ini akan membantu perusahaan untuk bisa memahami kebiasaan pelanggan tentang penggunaan produk ataupun layanan jasanya.

2. Mengoptimasi Penawaran

Berdasarkan pengalaman dan juga insight dari penggunaan produk, maka perusahaan nantinya bisa memperbaiki penawaran produknya. Berdasarkan kegiatan ini, nantinya pelanggan akan bisa mengenali kekurangan produk yang terlupakan ketikan proses produksi berlangsung,

Sehingga, perusahaan akan bisa memahami cara paling tepat dalam melakukan optimasi penawaran atau berbagai nilai yang ditonjolkan ketika perilisan resmi produk.

Baca juga: Mengenal Growth Rate Dan Cara Menghitungnya Dalam Bisnis

3. Membangun Strategi Marketing yang Efektif 

Selain bisa memperoleh feedback untuk produk, kegiatan soft launching juga akan bisa menentukan strategi marketing apa yang nantinya efektif untuk digunakan. Untuk itu, soft launching hanya memerlukan upaya pemasaran yang rendah.

Setelah mengetahui berbagai nilai yang nantinya akan dikedepankan, maka perusahaan akan bisa membuat strategi pemasaran yang lebih menarik untuk pelanggan.

4. Membuat Sebuah Buzz

Dalam marketing, buzz adalah promosi yang dilakukan dari mulut ke mulut. Setiap perusahaan pasti mempunyai strategi penjualan yang unik agar bisa menarik perhatian pelanggan.

Dengan adanya soft launching, maka perusahaan bisa menggunakan strategi pasar agar bisa memperkenalkan produknya dan juga membuat suatu buzz terkait produk tersebut.

5. Merencanakan Kesuksesan Produk 

Kegiatan soft launching juga akan membantu perusahaan dalam memperoleh gambaran terkait kesuksesan produk atau layanan yang mereka tawarkan di pasar.

Hal tersebut akan memungkinkan perusahaan untuk membuat rencana dan memperkirakan permintaan produk yang nantinya akan ditawarkan, serta bagaimana kegiatan perilisan resmi produk harus dilakukan.

Baca juga: Ingin Menjalankan Bisnis di Tahun 2023, Ini Tantangan yang Harus Anda Hadapi!

Manfaat Soft Launching

accurate.id Gambar Soft Launching-3

Ketika semuanya telah berjalan serba digital, maka soft launching akan mampu memberikan kesan pertama yang baik di mata pelanggan.

Selain itu, setidaknya ada lima kelebihan dan manfaat yang bisa Anda peroleh dari menjalankan kegiatan ini, yaitu:

1. Biaya yang Rendah 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, soft launching hanya memerlukan upaya yang minimal. Untuk itu, suatu kegiatan soft launch tidak akan memerlukan biaya yang besar. Tapi, produk tersebut akan tetap bisa dirilis oleh perusahaan dan diperkenalkan secara baik ke pelanggan.

2. Memperoleh Tambahan Uji Coba/Testing

Suatu soft launch akan menjadi salah satu cara tambahan untuk melakukan uji coba sebuah produk ataupun layanan. Ketikan produk ataupun layanan sedang masuk ke dalam tahapan soft launching dan digunakan oleh para pelanggan yang terpilih, maka hal tersebut menjadi strategi yang baik dalam uji coba.

Selain itu, hal tersebut juga mampu meminimalisir risiko turunnya reputasi brand karena produk itu sendiri.

3. Memperoleh Feedback yang Lebih Tepat

Membiarkan suatu produk diuji coba oleh pelanggan yang sudah terpilih akan membuat Anda bisa menerapkan perubahan. Kehadiran feedback ini akan memberikan perubahan yang bisa diterapkan agar bisa mengembangkan produk ataupun dilakukan dalam pengembangan produk yang lain.

Perusahaan juga nantinya akan bisa memperoleh feedback dan membangun prioritas perubahan yang akan dilakukan dan memaksimalkan pengalaman pelanggan.

4. Menarik Pelanggan

Tujuan dari dilakukan perilisan produk atau layanan tentu akan mampu menarik pelanggan dalam melakukan pembelian.

Bila perusahaan mengadakan soft launching, maka pelanggan akan lebih tertarik dalam mengetahui perubahan dan juga pengembangan produk yang akan dilakukan ketika perilisan resmi nanti.

Nah, saat itulah strategi pemasaran soft launch akan berhasil, karena akan ada banyak pelanggan yang tertarik ketika dilakukan hard launching.

5. Menyingkirkan Kekurangan Produk

Setiap insight yang diterima akan menjadi senjata utama dan terbaik perusahaan dalam memperbaiki kekurangan dan juga masalah dalam suatu produk ataupun layanan. Selain itu, hasil dari kegiatan ini juga nantinya bisa membatalkan suatu proyek bila dirasa tidak akan berhasil dalam mencapai target audiens yang diharapkan.

Baca juga: Pengertian Industri Kreatif dan Contoh Industri Kreatif di Indonesia

Penutup

Demikianlah berbagai hal yang harus Anda ketahui terkait soft launching. Namun sebelum dilakukan soft launching, terdapat suatu pengembangan produk atau layanan, dan berbagai tahapan lainnya yang harus dilakukan. Berbagai hal tersebut tentunya memerlukan anggaran yang tepat agar bisa berjalan dengan lancar.

Nah, jika Anda kesulitan dalam membuat anggaran atau mengatur anggaran, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini akan menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan mempermudah Anda dalam membuat anggaran keuangan perusahaan.

Selain itu, fitur tersebut juga telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa lainnya yang akan mempermudah Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis secara menyeluruh.

Jadi, ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait