Apa itu Bisnis Dropshipping dan Bagaimana Cara Memulainya?
Jika Anda mencoba mencari cara untuk memulai bisnis dropshipping, Anda tidak sendirian. Saat ini, 33% toko ecommerce menggunakan dropshipping sebagai metode pemenuhan penjualan dan dengan pertumbuhan industri ecommerce yang tumbuh pada klip 17% setiap tahun, popularitas dropshipping akan terus meningkat.
Jadi, jika Anda tertarik dengan jenis bisnis ini, Anda mungkin bertanya-tanya dari mana harus memulai. Dan artikel ini akan membantu Anda.
Dalam panduan ini, kami akan menguraikan semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai bisnis dropshipping — termasuk apa itu dropshipping, cara kerjanya, cara mencari produk, cara menemukan pemasok, dan banyak lagi.
Daftar Isi
Apa Itu Bisnis Dropshipping?
Sebelum Anda dapat mempelajari cara memulai bisnis dropship, Anda pasti ingin memastikan bahwa ini adalah jenis model bisnis yang tepat untuk Anda. Untuk membuat keputusan ini, penting untuk memahami dengan tepat apa itu dropshipping dan cara kerjanya.
Singkatnya, dropshipping adalah bentuk pemenuhan pesanan produk yang memungkinkan Anda menjual produk di situs web atau akun marketplace Anda, namun Anda tidak bertanggung jawab langsung atas pergudangan atau pengiriman.
Sebagai gantinya, Anda dapat membeli produk secara grosir dari produsen atau pemasok dropshipping, yang mengawasi pemenuhan setiap pesanan yang masuk untuk Anda.
Bagaimana Cara Kerja Dropshipping?
Dengan mengingat definisi dasar ini, mari kita uraikan cara kerja dropshipping dengan sedikit lebih detail.
Secara keseluruhan, ada tiga pihak yang terlibat dalam model bisnis dropshippin — Anda, pengecer, pelanggan, dan pemasok atau produsen.
Oleh karena itu, proses dropshipping dapat diringkas seperti ini:
- Seorang pelanggan membeli produk di situs Anda.
- Anda mengirimkan informasi pesanan ke pemasok dropship Anda.
- Pemasok mengambil, mengemas, dan mengirimkan produk langsung ke pelanggan.
Baca juga: Peluang Bisnis yang Menjanjikan Paska Pandemi
Kelebihan Bisnis Dropshipping
Jadi, mengapa Anda memilih untuk mencari cara memulai bisnis dropshipping, sedangkan masih banyak jenis bisnis lain?
Secara keseluruhan, dropshipping telah menjadi model bisnis yang populer karena mempermudah memulai bisnis terutama di saat berkembangnya toko online dan marketplace.
Pengiriman diurus pihak lauin, dan menambahkan produk baru ke katalog Anda semudah beberapa klik. Risiko Anda minimal. karena Anda tidak perlu membayar untuk inventaris atau pergudangan, dan jika produk yang Anda jual mulai kurang populer, Anda dapat dengan mudah mengubah jenis produk yang Anda jual.
Selain itu, bisnis ini memiliki biaya awal yang minimal. Anda hanya membeli apa yang Anda tahu bisa Anda jual, dan banyak dropshippers tidak akan memungut biaya untuk bekerja dengan mereka.
Keuntungan lainnya, dropshipper menawarkan pengiriman yang lebih murah dan lebih efisien untuk vendor mereka daripada yang mereka dapatkan. Yang harus Anda bayar hanyalah toko online dan koneksi internet Anda.
Terakhir, sebagian besar layanan dropshipping memungkinkan Anda memberikan label Anda sendiri, sehingga pelanggan Anda bahkan tidak perlu mengetahui bahwa Anda adalah dropshipper.
Baca juga: Bisnis Laundry Kiloan: Tips dan Target Pasarnya
Kekurangan Bisnis Dropshipping
Pada titik ini, dropshipping mungkin terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Sayangnya, banyak orang lain yang berpikiran sama, dan ini membuat industri dropshipping sangat kompetitif.
Karena semua persaingan ini, margin keuntungan rendah karena pedagang bersaing untuk menawarkan harga terendah pada barang-barang populer.
Ini bisa menjadi lingkaran setan, karena Anda perlu melakukan banyak penghematan dalam bisnis untuk mengimbangi margin laba yang rendah dalam bisnis, namun disisi lain Anda juga memiliki banyak persaingan untuk setiap penjualan.
Anda juga sangat bergantung pada produsen atau pemasok produk yang akan Anda jual, karena mereka memiliki kendali atas pemenuhan dan pengembalian, dan Anda harus berurusan dengan pelanggan yang mungkin tidak puas dengan barang yang produsen berikan.
Bisa juga lebih sulit untuk membangun merek sebagai dropshipper, mengingat Anda menjual berbagai produk bisnis yang bukan milik Anda.
Baca juga: Cara dan Strategi untuk Berbisnis Online yang Sukses
Bagaimana Memulai Bisnis Dropshipping dalam 6 Langkah
Pada akhirnya, terserah Anda untuk menentukan apakah dropshipping adalah jenis bisnis yang tepat untuk Anda mulai atau tidak.
Namun demikian, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi dalam mempelajari cara memulai bisnis dropshipping, Anda dapat membuat prosesnya lebih mudah dengan memecahnya menjadi langkah-langkah yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola, seperti yang telah kami lakukan di bawah ini:
1. Identifikasi pasar dan pilih niche Anda
Langkah pertamauntuk mempelajari cara memulai bisnis dropshipping adalah mempersempit spesifikasi ide bisnis dropshipping Anda.
Lagi pula, dalam dropshipping, Anda dan pesaing Anda semuanya memiliki akses ke produk yang sama dan bekerja dengan pemasok yang menawarkan tingkat layanan serupa. Oleh karena itu, pembeda besar antara bisnis Anda dan pesaing adalah upaya pemasaran Anda.
Untuk memasarkan dengan sukses, Anda perlu mengidentifikasi demografis target dan menjual produk yang berbicara kepada mereka dengan cara tertentu.
Sejalan dengan itu, jika Anda mencari niche dropshipping yang tepat untuk bisnis Anda, Anda dapat mengikuti tips di bawah ini.
Cara Menemukan Niche di Dropshipping
Pikirkan tentang minat Anda: Lebih mudah menjual apa yang Anda ketahui. Pertimbangkan minat Anda sendiri saat mencari produk untuk dijual. Kemungkinannya adalah jika Anda menyukainya, orang lain juga menyukainya.
Identifikasi pasar tertentu: Saat pertama kali memulai, Anda ingin fokus pada sekelompok kecil orang karena Anda dapat menyesuaikan bisnis Anda untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Contoh pasar tertentu adalah orang-orang yang berlatih tae kwon do atau berlatih tinju. Idealnya, Anda akan menemukan pasar dan produk yang sudah menarik minat Anda.
Penelitian kata kunci: Untuk membantu Anda mengidentifikasi niche dalam bisnis, Anda harus melakukan penelitian kata kunci melalui Google Adwords dan Trends untuk melihat apakah ada volume pencarian di sekitar produk yang ingin Anda jual.
Semakin tinggi volume pencarian, semakin tinggi permintaan untuk produk tersebut. Lihat apa yang dijual secara online: Cara lain untuk menemukan produk yang diminati adalah dengan memeriksa daftar “terlaris” di pasar commerce utama seperti Amazon dan eBay.
Anda juga dapat melakukan penelusuran Google sederhana atau menggunakan alat kata kunci untuk melihat berapa banyak orang yang menelusuri produk atau niche yang Anda pertimbangkan.
Keterlibatan media sosial: Periksa untuk melihat apa yang orang-orang yang Anda targetkan terlibat dengan platform media sosial utama, seperti Reddit, Facebook, dan YouTube.
Evaluasi profitabilitas: Akhirnya, setelah Anda mengidentifikasi pasar dan produk, Anda akan ingin mengevaluasi profitabilitas dari konsep Anda. Dengan margin dropshipping yang sangat rendah, Anda ingin memastikan bahwa Anda benar-benar dapat menghasilkan uang di pasar Anda.
Direktori pemasok dropship SaleHoo merekomendasikan untuk menjual produk non-musiman yang tidak didominasi oleh merek besar, murah untuk dikirim, dan dijual dengan harga setidaknya diatas 100 ribu rupiah.
Secara keseluruhan, ketika mempelajari cara memulai bisnis dropshipping, menemukan niche yang tepat bisa menjadi salah satu langkah yang paling memakan waktu. Namun demikian, penting untuk meluangkan waktu yang diperlukan untuk mengidentifikasi niche yang tepat agar bisnis Anda berada di tempat terbaik untuk meraih kesuksesan.
Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Uang Dari Internet dengan Keahlian Anda
2. Lakukan riset pesaing
Sekarang setelah Anda tahu apa yang akan Anda jual di toko Anda, Anda ingin melihat siapa pesaing Anda dan memahami cara mereka bekerja. Pesaing Anda mungkin memiliki petunjuk bagus untuk sukses dan dapat membantu Anda membangun rencana pemasaran yang lebih kuat untuk bisnis dropshipping Anda.
Jika pasar Anda memiliki banyak pesaing (yang merupakan hal yang baik dalam dropshipping), batasi riset Anda pada sekitar lima perusahaan dropshipping lainnya, termasuk satu atau dua pemain besar di marketplace di Indonesia. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan merencanakan langkah Anda selanjutnya.
Beberapa cara untuk melakukan penelitian pesaing Anda adalah:
Jalankan pencarian Google. Mesin pencari adalah titik awal yang jelas. Gunakan Google untuk membuat daftar lima pesaing teratas Anda. Mulailah dengan istilah penelusuran utama dalam penelusuran sederhana, seperti “beli sepatu XXX”.
Hasil 10 teratas akan menunjukkan kepada Anda siapa pesaing utama Anda dan bagaimana mereka mempromosikan produk mereka. Jika Anda ingin fokus pada negara tertentu, Anda dapat menggunakan alat pihak ketiga seperti Ahrefs atau SEMRush untuk menemukan data kata kunci di area tersebut.
Gunakan alat mata-mata pesaing seperti SimilarWeb dan Alexa. Alat online seperti ini sangat bagus untuk menemukan (dan melacak) aktivitas online pesaing Anda. Mereka memberi Anda daftar informasi situs pesaing, seperti profil media sosial mereka, sumber lalu lintas teratas, jumlah pengunjung, dan siapa pesaing mereka.
Jelajahi media sosial. Cari iklan Facebook di segmentasi pasar Anda dan lihat merek-merek teratas di pasar. Lihat bagaimana bisnis berkomunikasi dengan pelanggannya, bagaimana kontennya dirancang, seberapa banyak keterlibatan yang didapatnya.
Anda bahkan dapat mengikuti seluruh posting dan konten agar tidak ketinggalan. Gunakan informasi ini untuk menemukan cara agar bisnis Anda menonjol dan meningkatkan strategi pemasaran media sosial Anda.
Berlangganan ke daftar email pesaing. Ingin pembaruan pesaing langsung ke kotak masuk Anda? Daftar ke daftar email mereka dan lihat ke dalam strategi pemasaran mereka. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang promosi dan penawaran yang mereka gunakan untuk menarik pelanggan agar membeli.
Pelajari semua yang Anda bisa tentang pesaing utama Anda: situs web mereka, harga, metode pemasaran, deskripsi produk, reputasi, dll.
Jaga agar penelitian Anda tetap teratur dalam spreadsheet sehingga Anda dapat dengan mudah merujuknya saat membuat keputusan untuk toko Anda.
Misalnya, jika Anda ingin menggunakan pemasaran email untuk mempromosikan bisnis Anda, Anda dapat melihat spreadsheet Anda untuk melihat apakah pesaing sudah melakukannya dan taktik yang mereka gunakan, semuanya di satu tempat.
Baca juga: Berbagai Ide Bisnis Unik yang Pasti Orang Suka, Tertarik Mencobanya?
3. Temukan pemasok yang tepat
Setelah Anda menentukan niche dan pesaing yang ingin Anda targetkan dengan produk tertentu, sekarang saatnya mencari pemasok yang menjual produk itu.
Untuk tujuan ini, jika Anda bertanya-tanya di mana mencari produk untuk dropshipping, prosesnya tidak sesulit mengidentifikasi niche — karena ada berbagai pemasok dropship di luar sana yang menawarkan jutaan produk.
Karena itu, pemasok dropship Anda adalah mitra utama dalam bisnis Anda. Untuk menemukan pemasok yang tepat, kami sarankan untuk memprioritaskan kriteria berikut:
Pengalaman: Anda ingin memastikan pemasok Anda memiliki rekam jejak yang terbukti dalam bisnis dropshipping dan juga menyediakan layanan pelanggan yang baik. Sebelum menghubungi, lihat Net Promoter Score mereka dan lihat apa yang dikatakan tentang mereka di ulasan Google.
Biaya: Dengan margin yang sangat rendah, Anda menginginkan dropshipper yang tidak akan memberi Anda biaya yang tidak masuk akal.
Sekali lagi, Anda tidak boleh membayar lebih dari 30 ribu per item untuk penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman. Beberapa dropshippers juga akan membebankan sedikit biaya bulanan untuk bekerja dengan mereka.
Pengiriman cepat: Dengan dropshipping, diharapkan produk akan tiba dalam waktu yang cepat. Jika produsen Anda sering mengalami masalah dengan pengiriman, kemungkinan Anda akan menghadapi reaksi yang tidak menyenangkan dari pelanggan Anda.
Sampel produk: Bahaya pekerjaan utama dengan dropshipping adalah pemasok yang menjual produk berkualitas rendah. Sebelum membuat kontrak dengan pemasok mana pun, Anda harus meminta dan menerima sampel produk yang ingin Anda jual.
Referensi: Pemasok yang baik akan memberi Anda referensi ke bisnis lain yang bekerja sama dengan mereka atas permintaan. Jika mereka menolak, anggap itu sebagai tanda bahaya.
Baca juga: 15 Usaha yang Menjanjikan yang Bisa Anda Coba di Tahun ini
4. Rencanakan dimana Anda akan menjual produk Anda
Hal berikutnya yang Anda perlukan untuk memulai bisnis dropshipping adalah merencanakan platform terbaik untuk menjual produk Anda nantinya seperti toko online milik Anda sendiri, melalui sosial media atau marketplace.
Pilih semua platform yang Anda kuasai dan berpotensi menghasilkan penjualan.
Yang terbaik ada dua cara. Anda dapat membuat toko di marketplace utama seperti Tokopedia atau Shopee, atau membangun toko online Anda dari awal menggunakan penyedia platform e-niaga seperti Shopify atau WooCommerce. Mari jelajahi setiap opsi:
Marketplace Online
Manfaat berjualan di marketplace seperti Tokopedia adalah mudah diatur dan pengguna menganggapnya dapat dipercaya.
Namun, menggunakan marketplace secara serius membatasi kemandirian Anda sebagai pedagang, karena Anda akan memiliki kendali terbatas atas merek, desain, dan pemasaran toko Anda, dan Anda harus mematuhi persyaratan layanan mereka.
Toko Online
Jika Anda ingin menjadi dropshipper, sebaiknya buat toko online Anda sendiri. Seperti yang kami katakan sebelumnya, pemasaran Anda adalah apa yang akan membedakan Anda dari pesaing Anda, dan toko online menawarkan lebih banyak fungsionalitas dalam hal itu.
Ada banyak penyedia platform toko online yang bagus di luar sana. Memilih platform mana yang akan digunakan untuk bisnis Anda sebagian akan bergantung pada siapa pemasok dropshipping Anda, karena beberapa menawarkan integrasi langsung.
Jika Anda ingin toko Anda lebih berfokus pada konten (yang bisa menjadi keuntungan bagi upaya pemasaran dan SEO Anda), pertimbangkan untuk menggunakan WooCommerce, yang terintegrasi dengan sistem manajemen konten WordPress.
Baca juga: Skill yang Harus Dimiliki Jika Ingin Menjadi Desainer Baju Terkemuka
5. Optimalkan dan pasarkan situs Anda.
Setelah Anda benar-benar membuat dan meluncurkan situs dropshipping, langkah terakhir adalah melakukan apa saja untuk mendatangkan pelanggan.
Oleh karena itu, terlepas dari platform mana yang Anda pilih, Anda harus melakukan pemasaran secara agresif dan mengoptimalkan situs Anda untuk pencarian.
Ini biasanya dilakukan melalui kombinasi pemasaran email, iklan berbayar, dan media sosial. Setiap pendekatan pemasaran digital memiliki kelebihannya sendiri. Kami menyarankan untuk memilih beberapa yang paling cocok untuk Anda.
Email marketing: Sebagian besar platform toko online memiliki plugin untuk alat email marketing seperti MailChimp. Kumpulkan email pelanggan Anda dan hubungi mereka setiap minggu dengan menyoroti produk, penjualan, dan konten baru di situs Anda.
Iklan Facebook dan Google: Anda dapat memposting iklan untuk situs web Anda yang akan muncul untuk istilah yang terkait dengan bisnis Anda di Facebook dan Google. Keduanya memberi Anda kemampuan untuk memanfaatkan audiens yang besar dan menargetkan niche spesifik Anda. Anda juga dapat membayar ekstra untuk memastikan iklan Anda mencapai target pasar Anda.
Media sosial: Memposting konten yang terkait dengan bisnis Anda di Facebook, Instagram, Twitter, dan platform media sosial utama lainnya adalah cara hemat biaya untuk memasarkan bisnis Anda secara organik.
Optimisasi mesin pencari (SEO): SEO harus menjadi tulang punggung dari semua upaya pemasaran Anda. Ini adalah sekumpulan strategi yang meningkatkan peringkat situs web Anda di mesin telusur.
Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan SEO toko onlinetermasuk bekerja dengan pembuat situs web yang memprioritaskan SEO (seperti WooCommerce), terlibat dalam pemasaran konten berbasis penelitian kata kunci, dan membangun jumlah tautan balik ke situs web Anda.
Baca juga: Langkah Membangun Bisnis Frozen Food yang Menguntungkan
6. Atur keuangan Anda
Salah satu kesalahan umum yang dilakukan pengusaha saat memulai bisnis adalah memadukan keuangan pribadi dan bisnis mereka. Hal ini menyebabkan kebingungan, mempersulit akuntansi, dapat menyebabkan asumsi pribadi atas kewajiban bisnis, dan merupakan bahaya besar bagi kesehatan keuangan Anda.
Anda harus memisahkan keuangan bisnis dan pribadi Anda secepat mungkin. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuka akun rekening baru. Pastikan juga Anda melakukan pembukuan untuk pencatatan seluruh transaksi keuangan yang lebih baik.
Jika Anda kesulitan dengan proses pembukuan manual, Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online sebagai software akuntansi keuangan bisnis dropshipping Anda yang bisa Anda coba secara gratis selama 30 hari melalui tautan ini.
Kesimpulan
Baik Anda seorang wirausahawan baru atau seorang yang telah lama malang melintang di dunia marketplace, bisnis dropshipping adalah salah satu bisnis berisiko dan berbiaya rendah yang bisa dipilih untuk mulai berjualan online.
Dengan meningkatnya aplikasi pihak ketiga seperti alat otomatisasi pemasaran software akuntansi, menjalankan bisnis Anda secara online tidak lagi sulit. Contohnya adalah saat Anda menggunakan Accurate Online.
Dengan menggunakan Accurate Online, Anda tidak hanya akan mendapatkan solusi pembukuan yang menyeluruh tapi juga fitur lain yang beguna untuk kemajuan bisnis Anda seperti pengelolaan perpajakan, smartlink ebanking, smartlink ecommerce, fitur multi gudang, otomasi lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan masih banyak lagi.
Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah.
Semoga panduan dropshipping ini menginspirasi Anda untuk menciptakan jalan menuju kesuksesan dan kebebasan finansial, sehingga Anda dapat menjalani kehidupan yang selalu Anda impikan, seperti banyak pengusaha online lainnya.