Ingin Menjalankan Bisnis Rice bowl Rumahan? Ini Tipsnya!

Bisnis kuliner memang tidak akan pernah ada matinya, terlebih lagi industri ini adalah kebutuhan seluruh manusia yang harus dipenuhi. Dunia kuliner pun mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya adalah bisnis rice bowl rumahan.

Nah, bila Anda tertarik untuk menjalankan bisnis rice bowl rumahan, Anda bisa membaca tipsnya di bawah ini.

Tips Memulai Bisnis Rice Bowl Rumahan

1. Membuat Konsep yang Matang

Sebelum menjalankan bisnis rice bowl rumahan, maka Anda harus memikirkan konsepnya terlebih dahulu. Konsep akan memberikan perbedaan pada produk Anda dengan produk yang dikeluarkan oleh kompetitor.

Konsep bisnis rice bowl juga harus lebih jelas dan detail. Konsep ini nantinya akan bisa Anda jadikan pedoman untuk melanjutkan bisnis. Konsep yang matang juga akan membantu bisnis Anda untuk bisa terus eksis di pasar.

2. Membangun Branding

Branding bisa Anda mulai dengan membuat nama atau logo. Logo dan nama ini ada baiknya yang mudah untuk diingat pelanggan.

Selain itu, Anda juga harus membuat konsep kemasan yang lebih sesuai. Kemasan menjadi bagian yang selalu melekat dengan produk. Pasalnya, kemasan adalah hal pertama yang akan dilihat pelanggan sebelum mencicipi rasanya.

Selain desain, Anda juga harus memikirkan bahan kemasan rice bowl rumahan Anda. Akan lebih baik jika Anda memilih kemasan anti air, sehingga tidak akan merusak cita rasanya. Kotak atau kemasan rice bowl rumahan pun ada banyak sekali jenis, jadi tidak hanya kotak saja.

Baca juga: Apa itu Konveksi Rumahan? Ini Cara Memulai Bisnisnya!

3. Membuat Menu yang Menarik

Pengusaha kuliner bisnis rice bowl rumahan memang saat ini sudah banyak dan menu mereka pun sangat beragam. Untuk itu, diperlukan inovasi yang bisa membuat pelanggan tertarik dengan bisnis rice bowl rumahan Anda.

Menu yang banyak dan beragam akan membuat pelanggan mempunyai lebih banyak pilihan. Tapi sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa makanan tersebut bisa diterima oleh masyarakat Indonesia.

Anda pun bisa menambahkan banyak variasi toping dan memberikan nama menu yang unik. Sehingga, hal tersebut akan mengundang rasa penasaran banyak orang. Tentunya Anda harus mencicipi terlebih dahulu menu tersebut sebelum menjualnya.

4. Memilih Bahan yang Berkualitas

Selain rasa, Anda pun harus memastikan bahwa bahan yang Anda gunakan adalah bahan berkualitas tinggi. Untuk bisa membuat makanan yang lezat, maka bahan yang berkualitas tidak boleh Anda lewatkan. Bahan utamanya tentu nasi dan lauk. Namun, Anda harus bisa memilih beras berkualitas terbaik agar nasinya tetap nikmat.

Untuk di Indonesia sendiri, tidak sulit rasanya untuk bisa mendapatkan nasi berkualitas terbaik. Sedangkan untuk lauknya, Anda bisa memilih daging atau ikan. Jika Anda ingin menambahkan sayur, jangan lupa untuk memerhatikan bumbu dan saus pendukungnya.

5. Modal Untuk Usaha

Seluruh strategi di atas akan tidak berguna bila Anda tidak mempunyai modal yang cukup. Namun, dalam memulai bisnis rice bowl rumahan Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk menyewa tempat, karena Anda bisa membukanya sendiri di rumah Anda. Modal bisa Anda gunakan untuk membeli bahan berkualitas tinggi dan membangun branding.

Pada awal menjalankannya, Anda tidak harus membuat dalam jumlah yang banyak, buatlah sesuai kemampuan Anda. Sehingga, modal yang Anda perlukan tidak langsung banyak.

Baca juga: Bagaimana Cara Menjadi Distributor yang Baik?

6. Menentukan Harga Jual

Tips memulai bisnis rice bowl rumahan selanjutnya adalah menentukan harga. Anda bisa menentukannya berdasarkan modal yang sudah Anda habiskan. Anda pun bisa membuat perhitungan untuk tenaga kerja yang sudah Anda keluarkan serta keuntungan yang Anda inginkan.

Saat ini, harga rice bowl bisa dikatakan sangat terjangkau, sekitar belasan ribu rupiah saja. Tapi, Anda tetap tidak bisa menggunakan harga pasaran ataupun harga yang terlalu jauh dari kompetitor. Anda cukup menyesuaikan harga yang pas dan sesuai dengan modal bisnis Anda.

Umumnya, pelanggan tetap akan melakukan pembelian ulang bila rasanya tidak membohongi harga.

7. Membuat Strategi yang Menarik

Untuk memulai bisnis rice bowl rumahan, Anda pun harus membuat strategi pemasaran yang baik. Selain bisa dijual secara offline, Anda juga bisa menjual rice bowl secara online. Anda bisa membuat sosial media tertentu agar bisa memasarkannya. Anda pun bisa membuka sistem PO bila ingin lebih aman, karena sistem ini bisa membuat Anda membuat produk sesuai pesanan saja.

Selain itu, Anda juga bisa menjalin kerjasama dengan pihak transportasi online yang menyediakan layanan pengantaran makanan, seperti Gofood atau Grabfood. Cara ini cukup efektif demi meningkatkan penjualan Anda.

Dalam suatu waktu tertentu, Anda pun bisa memberikan promo tertentu. Sehingga, bisnis rice bowl rumahan Anda bisa lebih mudah dikenal masyarakat.

Baca juga: Bisnis Seni Lukis Mural dan Cuan Besar di Dalamnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang bisnis rice bowl rumahan dan cara memulainya. Pada saat awal menjalankannya, Anda tentu belum merasa kewalahan. Tapi bila bisnis Anda sudah besar dan mengalami banyak permintaan, pasti Anda akan kewalahan.

Untuk itu, Anda bisa mengandalkan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Kenapa? Karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur dan modul yang akan membantu Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan bahan baku, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Accurate Online juga akan mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda dan menyajikan laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Terlebih lagi, seluruh kelebihan dan fitur luar biasa di dalamnya bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Tapi jika Anda masih ragu, Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dahulu selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.