Tips Membangun Coffee Shop Sukses di Makassar

Peluang Membuka Coffee Shop di Kota Makassar

Membuka coffee shop bisa sangat menguntungkan jika Anda melakukannya dengan benar, terutama di daerah yang memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak dan produktif seperti kota Makassar. Banyak coffee shop di kota Makassar yang kekinian dan penuh dengan pelanggan yang menikmati kopi, espresso, lattes, teh, dan berbagai kue kering dan barang lainnya.

Menyajikan kopi dan makanan ringan berkualitas dalam suasana hangat dan santai adalah model bisnis yang sangat sukses dipelopori oleh Starbucks, yang telah berkembang ke lebih dari 31.000 lokasi kedai kopi di seluruh dunia.

Ini bisa menjadi peluang bagi Anda warga Makassar untuk mengembangkan coffee shop yang suksen dan menguntungkan.

Ada tiga opsi dasar yang mungjin bisa Anda pilih untuk memulai sebuah coffee shop:

  • Membeli waralaba, dalam hal ini sebagian besar keputusan bisnis utama akan dibuat untuk Anda. Untuk biaya waralaba, Anda akan diberikan alat bisnis di lokasi yang dipilih oleh penyedia waralaba.
  • Mengakuisisi bisnis yang sudah ada. Ini adalah cara lain untuk mendapatkan coffee shop Anda. Namun, menemukan bisnis yang menguntungkan untuk dijual bukanlah tugas yang mudah.
  • Mulai dari awal. Opsi ini membutuhkan upaya paling banyak tetapi memiliki fleksibilitas dan potensi terbaik untuk memaksimalkan keuntungan.

Opsi apa pun yang Anda pilih, dasar kesuksesan yang sama berlaku. Rencana bisnis Anda untuk memulai sebuah coffee shop di kota makassar harus memasukkan faktor-faktor kunci berikut.

Baca juga : Ingin Membangun Coffe Shop di Semarang? Baca dulu Tips Berikut ini

1. Temukan Lokasi yang Strategis dengan Harga Sewa yang Wajar

Sebelum membuka coffee shop, Anda harus memilih lokasi strategis yang populer. Pertama-tama, coffee shop adalah tempat yang bagus untuk bersosialisasi. Coffee shop adalah tempat paling populer untuk bertemu teman. Mereka juga merupakan tempat yang disukai bagi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu membaca buku atau majalah atau sekedar browsing sambil menikmati minuman dan makanan ringan.

coffee shop juga merupakan tempat yang populer untuk pertemuan bisnis informal atau bagi mahasiswa untuk mengerjakan tugas.

Kunjungikah ke kedai kopi populer dan, kemungkinan besar, Anda akan melihat banyak orang mengobrol  atau sekelompok mahasiswa berkolaborasi dalam tugas kuliah.

Mengingat hal di atas, menemukan lokasi yang bagus sangat penting untuk menarik pelanggan ketika Anda membuka coffee shop. Jika Anda melakukan waralaba atau mengakuisisi bisnis yang sudah ada, lokasi sudah dipilih sebelumnya, tetapi Anda masih harus melakukan penelitian dan memutuskan apakah lokasi yang ada atau dipilih itu bagus.

Lokasi vs. Sewa

Perhatikan bahwa sebagian besar lokasi pusat belum tentu yang terbaik untuk keuntungan Anda. Mal dan lokasi lalu lintas tinggi lainnya biasanya memiliki sewa tertinggi dan paling banyak persaingan.

Membuka toko di tempat strategis adalahhal yang sangat baik untuk coffee shop— mereka memiliki visibilitas tertinggi, harga sewanya biasanya lebih rendah daripada di mal, dan Anda dapat mengatur jam bisnis Anda sendiri daripada harus mengikuti jam operasional mall.

Anda bisa memilih tempat tempat strategis untuk membuka coffee shop di Makassar seperti di Panakkukang, Jalan Tupai, Rappocini, atau Jalan Poros.

Lalu Lintas dan Parkir Kendaraan

Kecuali Anda telah memilih mal atau tempat dengan lalu lintas pejalan kaki tinggi lainnya, Anda harus memikirkan dengan hati-hati tentang aksesibilitas dan parkir.

Jika pelanggan kesulitan untuk menuju ke coffee shop Anda atau mereka kesulitan menemukan parkir yang tersedia, lebih baik Anda mencari tempat lain.

Idealnya, Anda menginginkan lokasi yang nyaman dan sangat terlihat di jalan yang sibuk dengan banyak tempat parkir sehingga pelanggan dapat dengan mudah mampir dalam perjalanan ke atau dari tempat kerja atau sekolah.

Baca juga : Mau Membangun Bisnis Petshop? Berikut Tips Pengembangannya

2. Tetap Konsisten dengan Produk Berkualitas Tinggi

Saat membuka coffee shop, pertimbangkan bahwa peminum kopi dan penikmat kudapan menginginkan lebih dari satu kopi dan cemilan biasa. Menurut sebuah studi oleh Asosiasi Kopi Nasional Amerika, pada tahun 2018, lebih dari 60% minuman kopi yang dijual adalah dari varietas khusus, dan persentase itu telah meningkat sejak 2010.

Mengingat tuntutan pelanggan yang membeda-bedakan, ada sedikit peluang bisnis coffee shop akan menarik pelanggan tetap dan berkembang jika Anda dapat secara konsisten menyajikan kopi, teh, dan makanan ringan reguler dan terbaik.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, perhatikan hal hal dibawah ini :

  • Sumber biji kopi segar terbaik.
  • Beli mesin espresso berkualitas tinggi dan peralatan terkait seperti penggiling, sistem penyaringan air, dll.
  • Sajikan kue dan camilan segar.
  • Pastikan Anda memiliki staf yang terlatih — barista yang berpengetahuan luas dan terampil sangat penting untuk coffee shop Anda.
  • Tawarkan perpaduan favorit pelanggan contohnya crapes, roti lapis, dan kreasi unik Anda sendiri.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

3. Memberikan Layanan Pelanggan Hebat

Layanan pelanggan yang sangat baik adalah ciri khas dari setiap bisnis yang sukses, terutama di industri layanan makanan. Kombinasikan lokasi yang hebat, produk berkualitas tinggi, dan layanan pelanggan yang baik. dan Anda akan memiliki coffee shop yang sangat sukses.

Survei menunjukkan bahwa empat dari lima pelanggan menilai layanan pelanggan sebagai hal yang sangat penting. Salah satu rahasia kesuksesan Starbucks adalah layanannya yang profesional dan efisien. Ini adalah model yang bisa ditiru bagi Anda yang ingin mengembangkan coffee shop di makassar.

Gunakan layanan konter mandiri daripada harus menggunakan waiters

Kebanyakan kedai kopi yang sukses menggunakan layanan konter. Memiliki pelanggan memesan dan membayar di muka dan memanggil pelanggan ketika minuman dan makanan ringan mereka siap. Hal ini meminimalkan biaya tenaga kerja Anda dan memungkinkan Anda untuk menangani periode sibuk yang lebih baik seperti sarapan dan makan siang.

Layanan waiters umumnya lebih lambat, dan lebih cocok untuk restoran tempat pelanggan memesan makanan lengkap dan menghabiskan lebih banyak waktu di tempat usaha. Di sisi positifnya, memiliki layanan meja memang memberi lebih banyak kesempatan untuk menjual makanan penutup atau makanan ringan kepada pelanggan.

Baca juga : Mengetahui Secara Lengkap Kerangka Kerja Bisnis Model Canvas

4. Ciptakan Suasana Hangat dan Santai

Kebanyakan orang percaya bahwa atmosfer adalah salah satu daya tarik terbesar untuk sebuah kafe. Selain model layanannya, suasana Starbucks yang santai, nyaman, dan nyaman adalah salah satu kontributor utama keberhasilannya.

Saat membuka coffee shop, memiliki suasana yang tepat adalah kunci untuk menarik pelanggan yang suka bergaul dengan teman atau rekan bisnis dan mengonsumsi produk tambahan.

Suasana yang ideal bersih dan cerah dengan banyak cahaya alami dan ruang duduk yang nyaman. Gunakan campuran jenis tempat duduk dan meja (seperti meja bangku) sehingga Anda dapat mengakomodasi pelanggan  yang datang seorang diri serta kelompok berbagai ukuran.

Pastikan memiliki banyak pencahayaan untuk malam hari. Memiliki ruang outdoor yang instragamable  juga bisa menjadi daya tarik besar dan sangat meningkatkan visibilitas bisnis Anda.

Kecuali jika Anda seorang yang memiliki pengetahuan dan handal dalam desain, pertimbangkan untuk menggunakan dekorator interior berpengalaman untuk merancang interior tempat Anda.

Buatlah cofee shop dengan suasana khas dan personal yang akan menarik pelanggan dan yang melibatkan semua elemen desain: tata letak, furnitur, dekorasi, pencahayaan, lantai, dll.

Baca juga : Berencana Mendirikan Bisnis? Bisnis Kue Kering bisa Menjadi Pilihan

5. Tawarkan Berbagai Macam Makanan Ringan

Kunci lain untuk sukses ketika merencanakan bagaimana memulai sebuah coffee shop adalah dengan menyadari bahwa, walaupun kopi dan teh memiliki markup tinggi (hingga 80% pada kopi spesial), sebuah kedai kopi tidak dapat bertahan hanya dari penjualan kopi saja.

Banyak penjualan profuk adalah suatu keharusan. Memiliki bermacam-macam camilan berkualitas yang dipajang di konter akan menggoda pelanggan untuk melakukan pembelian tambahan.

Barang-barang populer yang cocok dengan kopi dan teh meliputi:

  • Muffins
  • Cake
  • Kue kering
  • Roti kayu manis
  • Croissant
  • Roti bagel
  • Scone
  • Ganola Bar
  • Parfaits yogurt
  • Kue tradisional
  • Minuman dingin

Pastikan karyawan Anda merekomendasikan pilihan makanan kepada pelanggan saat checkout jika mereka hanya memesan kopi atau teh.

Untuk efisiensi, bahan makanan harus dibuat terlebih dahulu atau dibeli dari vendor. Mempersiapkan makanan yang dibuat berdasarkan pesanan (seperti roti lapis, dll.) Memakan waktu dan mengurangi volume penjualan secara keseluruhan, terutama pada periode sibuk. Makanan yang dipanggang dapat diambil dari toko roti lokal.

Baca juga : 7 Hal yang Anda Perlukan Saat Anda Memilih Usaha Menjadi Penjahit

6. Tawarkan Kartu Member

mengasumsikan Anda melayani produk hebat di lokasi yang baik, memiliki program member dapat menjadi puncak bagi pelanggan dan benar-benar membantu Anda membangun pelanggan tetap. Mendapatkan espresso atau latte gratis pada kartu loyalitas setelah 10 pembelian sebelumnya akan membuat senang siapa pun.

Kartu loyalitas meningkatkan laba Anda dengan:

  • Mendorong pelanggan lama untuk datang lebih sering
  • Meningkatkan peluang pelanggan yang jarang memilih bisnis Anda daripada pesaing
  • Mendorong pelanggan untuk menghabiskan uang lebih banyak

Pastikan untuk menggunakan kartu berkualitas baik yang memiliki nama bisnis dan logo Anda ditampilkan secara jelas dan tidak akan mudah hancur dari dompet.

Baca juga : 7 Tips Membangun Bisnis Event Organizer yang Berhasil

7. Selalu ada di Garis Depan

Seperti halnya bisnis layanan pelanggan yang intensif, saat menjalankan kedai kopi, pemilik harus hadir dan sepenuhnya terlibat dengan bisnis tersebut sebanyak mungkin. Bagi banyak pelanggan, tanda bisnis yang baik adalah melihat pemilik d tengah menerima pesanan, melayani, dan berbicara dengan publik.

Memiliki kehadiran langsung juga membantu memotivasi staf untuk melakukan yang terbaik. Ini sangat penting ketika Anda pertama kali memulai cofee shop Anda. Jika Anda tidak dapat hadir, mencari manajer yang baik sangat penting.

8. Gunakan Software Akuntansi

Bisnis apappun tentu membutuhkkan pencatatan pembukuan yang baik dan terperinci. Dengan pencatatan selutuh transaksi dan stok yang benar, Anda bisa dengan mudah melakukan perencanaan bisnis dengan data keuangan yang faktual.

Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan pencatatan manual pada buku log. Namun, jika Anda merasa tidak memiliki waktu untuk melakukan pencatatan dan tidak memiliki pengetahuan terhadap akuntansi, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang lengkap dan mudah digunkakan siapapun  seperti Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui Link Ini.

Baca juga : Tertarik Bangun Bisnis Properti? Terapkan Beberapa Tips Sederhana ini

9. Dengan Wi-Fi atau Tanpa ke Wi-Fi?

Sebagian besar kafe menawarkan Wi-Fi gratis sebagai kenyamanan bagi pelanggan yang suka menggunakan perangkat seluler mereka untuk melakukan bisnis, tugas sekolah, atau sekadar berselancar web sambil minum kopi atau makanan ringan.

Namun, semakin banyak kedai kopi independen tanpa Wi-Fi gratis atau bahkan melarang laptop dan tablet dalam upaya untuk menciptakan suasana yang lebih komunal di mana orang berkomunikasi daripada membenamkan diri di internet.

Bagi sebagian orang, berjalan ke kedai kopi dan melihat semua orang mengetik di laptop atau tablet adalah hal yang aneh, dan mereka cenderung membawa bisnis mereka ke tempat lain yang lebih formal.

Dalam beberapa kasus tidak memiliki Wi-Fi sebenarnya menghasilkan peningkatan laba, karena orang yang menggunakan perangkat seluler cenderung menghabiskan lebih banyak waktu tetapi lebih sedikit uang dalam pembelian produk Anda.

Beberapa kedai kopi telah berkompromi dengan tidak mengizinkan laptop dan perangkat seluler selama periode sibuk seperti jam makan siang.

Pada akhirnya, apakah Anda memutuskan untuk dengan Wi-Fi gratis atau tidak harus menjadi keputusan bisnis berdasarkan keinginan dan kebutuhan pelanggan Anda. Lagipula, akan ada orang yang akan mengdikte pendirian Anda jika mereka merasa bisa bersenang-senang.


Membuka coffee shop di kota Makassar bisa menjadi sebuah pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda warga Makassar yang sedang mencari peluang untuk membuka bisnis.

Ikutilah tips diatas untuk bisa menentukan coffee shop seperti apa yang Anda bangun di kota Makassar dan gunakanlah Accurate Online untuk seluruh proses pembukuan bisnis Anda.

accurate 200 ribu perbulan