Mengenal Flowchart Sistem, Jenis, dan Fungsinya untuk Bisnis

Menurut Lumen Learning, flowchart sistem atau diagram alir akan mewakili suatu alur kerja, algoritma ataupun proses yang menampilkan berbagai langkah dalam suatu kegiatan. Dalam hal ini, proses yang dimaksud tersebut adalah proses dari proyek yang tengah dikerjakan.

Nah, pada pembahasan kali ini, mari kita mengenal tentang flowchart sistem secara singkat.

Apa itu Flowchart?

Berdasarkan laman Wikipedia, flowchart atau diagram alir adalah sebuah ilustrasi visual yang didalamnya menggambarkan alur kerja atau proses dan solusi dari suatu kajian ataupun sebuah permasalahan tertentu. Flowchart sistem adalah suatu tools yang mampu menampilkan proses linier dari sebuah pekerjaan.

Sebagian besar orang menggunakan diagram ini agar bisa menjelaskan konsekuensi logis, proses dari suatu proyek, dan juga aliran otoritas dalam suatu perusahaan. Untuk menjelaskan alur kerja pada publik luas, menggunakan flowchart sistem adalah pilihan yang sangat tepat dan ringkas.

Baca juga: Langkah Mudah dalam Menerapkan Digitalisasi dalam Bisnis

Tujuan dari Flowchart

Tujuan dari diagram alir adalah agar bisa menggambarkan sebuah tahapan penyelesaian atas suatu masalah secara rapi, sederhana, jelas dan terurai, serta bisa menggunakan berbagai simbol yang sifatnya standar.

Nah, beberapa tujuan penggunaan flowchart sistem adalah untuk bisa menggambarkan sebuah tahapan penyelesaian masalah, sederhana, rapi, terurai dan jelas, serta menggunakan berbagai simbol standar.

Baca juga: Mengenal Aplikasi Pelacak Lokasi dan Manfaatnya dalam Bisnis

Simbol-Simbol Flowchart

Pada dasarnya, dalam membuat flowchart sistem tidak ada ketentuan tertentu yang memang harus dipenuhi. Pasalnya, diagram ataupun chart ini dibuat dengan berdasarkan pemikiran untuk bisa menganalisa suatu permasalahan di dalam bisnis.

Berbagai simbol dari flowchart sistem mempunyai fungsi dan juga jenis nya masing-masing. Ada yang berfungsi untuk menghubungkan satu simbol dengan simbol lainnya, seperti simbol flow, flow direction symbols, processing symbols untuk bisa menyatakan simbol yang berkaitan dengan serangkaian proses berjalan, dan yang terakhir adalah simbol I/O atau berbagai input-output symbol yang berkaitan dengan keluaran dan masukan.

Baca juga: Apa itu Retail Apocalypse? Ini Pengertian dan Dampaknya di Indonesia!

Manfaat Flowchart

Umumnya, flowchart digunakan agar bisa mengidentifikasi aliran yang sebenarnya ada dibandingkan dengan aliran yang memang seharusnya. Berikut ini adalah manfaat pentingnya:

  • Bisa membantu memperjelas proses yang sifatnya kompleks.
  • Melakukan identifikasi perilaku yang tidak meningkatkan nilai untuk para pelanggan eksternal ataupun internal. Di dalamnya termasuk pekerjaan yang tidak perlu, transportasi, biaya tambahan, duplikasi, serta gangguan komunikasi.
  • Membantu setiap anggota tim untuk bisa memperoleh pemahaman umum terkait proses dan menggunakan pengetahuan ini untuk mengumpulkan data, mengidentifikasi masalah, fokus pada diskusi, dan mengidentifikasi sumber.
  • Gambar flowchart yang berguna sebagai dasar dalam merancang proses baru.
  • Menjelaskan hubungan antara berbagai langkah proses yang berbeda.
  • Menghimpun data terkait proses tertentu.
  • Mendukung keputusan pengukuran proses kinerja.
  • Menjelaskan struktur prosesnya dan memberikan fasilitas pelacakan kesalahan aliran proses.

Baca juga: Mengenal Smart Manufacturing dan Cara Mudah Mewujudkannya

Jenis-jenis Flowchart

Berikut ini adalah beberapa jenis flowchart:

1. System Flowchart

Flowchart sistem atau system flowchart adalah suatu bagan yang menampilkan alur kerja atau apa yang tengah berjalan dalam suatu sistem secara menyeluruh dan mampu menjelaskan berbagai urutan dari prosedur yang terdapat di dalam sistem.

Itu artinya, diagram jenis alir ini adalah suatu penjelasan secara grafik dari urutan tentang beberapa prosedur yang tergabung dan membentuk suatu sistem sederhana.

Jenis diagram ini terdiri dari data yang mengalir melalui sistem dan proses yang akan mentransformasikan data itu sendiri. Data dan proses di dalam sistem bisa digambarkan secara online ataupun offline, seperti pada mesin tik, kalkulator atau cash register.

2. Document Flowchart

Bagan alir dokumen atau document flowchart atau paperwork flowchart adalah suatu bagan alir yang menampilkan arus dari laporan dan formulir, termasuk berbagai tembusannya. Diagram alir jenis ini akan menggunakan beberapa simpul yang sama dan bisa Anda gunakan di dalam jenis flowchart sistem.

3. Schematic Flowchart

Schematic flowchart atau bagan alir skematik adalah bagan alir yang sama dengan bagan alir sistem, yakni agar bisa menggambarkan suatu prosedur yang ada di dalam sistem. Bedanya, jenis diagram ini selain menggunakan simbol flowchart sistem, juga menggunakan berbagai gambar komputer serta peralatan lainnya.

4. Program Flowchart

Bagan alir program adalah bagan yang mampu menjelaskan secara detail berbagai langkah dari suatu proses program. Bagan ini terdiri dari dua jenis, yakni bagan alir logika program dan bagan alir program komputer yang terperinci.

5. Process Flowchart

Diagram alir proses atau process flowchart adalah suatu teknik penggambaran rekayasa industrial yang memecah dan mampu menganalisis berbagai langkah selanjutnya dalam sebuah sistem ataupun prosedur.

Baca juga: Apa itu OEM? Apa Saja Karakteristik dan Manfaat dari OEM?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang flowchart sistem, mulai dari pengertian tujuan, simbol, hingga jenis-jenisnya. Dengan menggunakan diagram alir, maka Anda bisa lebih mudah dalam menjelaskan proses berjalannya suatu program.

Selain itu, diagram pun bisa Anda gunakan untuk menyampaikan berbagai informasi terkait program pada orang lain. Untuk itu, sudah waktunya bagi Anda untuk bisa menerapkan penggunaan sistem diagram alir agar bisa membantu Anda dalam mengembangkan sistem.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk menggunakan sistem yang bisa membantu Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis, seperti aplikasi dari Accurate Online.

Accurate Online adalah sebuah aplikasi akuntansi dan bisnis yang mampu mencatat setiap kegiatan transaksi secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan urusan perpajakan, dan masih banyak lagi. Sehingga, Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis secara lebih maju.

Tertarik dengan Accurate Online? Silahkan coba dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.