Apa itu OEM? Apa Saja Karakteristik dan Manfaat dari OEM?

Ketika membeli suatu produk manufaktur, sebagian dari Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah OEM atau Original Equipment Manufacturer. Pada mulanya, OEM mempunyai arti yang lebih luas sebagai perusahaan yang membuat suatu produk untuk selanjutnya dijual kembali ke perusahaan lain dengan tujuan penjualan kembali atau rebranding.

Namun, seiring dengan terjadinya perkembangan waktu, maknanya sudah berkembang untuk merujuk pada suatu produk yang akan diakuisisi oleh perusahaan.

Terdapat beberapa perusahaan yang membuat produk ataupun sistem yang berasal dari perusahaan lain dan akan digunakan dalam produk akhir mereka. Untuk itu, kehadiran OEM dinilai sangat penting untuk Anda yang sedang membutuhkan produk ataupun suku cadang lain agar bisa melengkapi dan juga menambah nilai dari produk Anda.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum berbagai hal yang harus Anda ketahui tentang OEM.

Apa itu OEM (Original Equipment Manufacturer)?

Dilansir dari laman Investopedia, OEM adalah suatu perusahaan yang membuat produk untuk selanjutnya digunakan oleh perusahaan lain sebagai komponen agar bisa meningkatkan nilai produknya. Fokus utama dari ORM adalah pada penjualan B2B atau business to business.

Perusahaan yang menciptakan produk atau sistem ini pada mulanya adalah perusahaan original equipment manufacturer. VAR atau value added reseller-nya adalah perusahaan yang membeli produk dari OEM agar bisa meningkatkan nilai produk dengan menggabungkannya ke dalam produk perusahaan.

Original equipment manufacturer adalah perusahaan yang pertama dan sudah membuat komponen utama dalam sebuah produk Anda bisa menggunakan komponen utama yang sudah dibeli untuk membuat produk yang sama dengan produk yang sebelumnya telah diproduksi perusahaan.

Tapi, khusus untuk penggunaan brand, produk tersebut tidak akan bisa menampilkan brand sebelumnya, sehingga akan menciptakan desain dan juga merek kemasan baru.

Dewasa ini, dunia industri telah banyak mempraktekkan sistem OEM, dari mulai industri teknologi, fashion, otomotif, hingga industri makanan. Kehadiran produk tersebut akan bisa membantu Anda untuk mengurangi biaya operasional perusahaan, meningkatkan kualitas produk dan juga kecepatan kualitas produk.

Baca juga: Apa itu Ticketing? Ini Pengertian, Manfaat dan Cara Kerjanya!

Karakteristik OEM

Suatu original equipment manufacturer mempunyai ciri-ciri tertentu yang melekat di dalamnya. Anda bisa lebih mudah mengenali OEM dari beberapa karakteristiknya. Nah, terdapat dua karakteristik yang harus Anda ketahui, yaitu:

1. Menjual Lisensi

Karakteristik yang pertama dari OEM atau original equipment manufacturer adalah menjual lisensi. Sebagai pemberi lisensi, OEM akan memberikan lisensi produknya ke penerima lisensi atau VAR. Lisensi OEM adalah lisensi yang akan Anda peroleh bersamaan dengan produk., baik itu produk hardware ataupun software.

Anda akan bisa memperoleh keuntungan dalam bentuk peningkatan nilai tambah produk ataupun pada sistem bisnis Anda.

2. Suku Cadang yang Tidak Lengkap

Karakteristik lainnya yang terdapat dalam original equipment manufacturer adalah suku cadangnya yang tidak lengkap. Biasanya, ORM tidak akan menyertakan komponen tambahan, baik itu software ataupun hardware.

Contohnya saat Anda membeli hard drive, Anda tidak akan bisa memperoleh adapter ataupun kabel. Pasalnya, para pembelian umumnya akan mengamankan komponen ini dalam jumlah yang besar dan terpisah.

Baca juga: Perbedaan Merger dan Akuisisi yang Harus Anda Ketahui

Manfaat Pembelian di OEM

Saat Anda membeli produk original equipment manufacturer, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang tidak bisa Anda temui ketika membeli suku cadang yang berada di tempat lain.

Terdapat setidaknya tiga alasan kenapa Anda harus membeli produk atau suku cadang dari original equipment manufacturer, yaitu:

1. Kualitas yang Tinggi

Saat Anda membeli produk original equipment manufacturer, Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan kualitasnya. Karena, produk ORM lebih unggul daripada produk aftermarket. Produk yang dijual oleh OEM sudah menjalani pengujian industri yang ketat sebelum memenuhi syarat untuk bisa digunakan.

Pengujian inilah yang membuat adanya kecocokan dan juga daya tahan dari produk bisa terjamin. Untuk itu, walaupun terdapat versi yang lebih murah, namun harga jual dari produk OEM pun akan mencerminkan kualitasnya.

2. Daya Tahan yang Lebih Kuat

Hadirnya kualitas yang tinggi dari produk OEM pun akan mengindikasikan bahwa produk Anda lebih terjamin dan mempunyai daya tahan yang lebih kuat. Dengan adanya daya tahan yang lebih kuat, maka Anda sudah tidak perlu khawatir lagi dalam menggunakannya dengan kurun waktu yang lama.

OEM adalah pemasok yang memberikan pada Anda perkiraan periode penggantian suku cadang, sehingga Anda bisa melakukan perencanaan secara lebih baik.

3. Umur yang Lebih Panjang

Manfaat lain dari membeli produk ORM adalah umurnya yang lebih lama dibandingkan dengan suku cadang yang dihasilkan aftermarket karena kualitasnya sudah terjamin.

Nilai suku cadang tersebut berasal dari kemampuan OEM untuk bisa bertahan dengan waktu tertentu dan sangat tangguh untuk bisa bertahan. Oleh karena itu, umur penggunaan dari produk ini cenderung lebih lama.

Baca juga: Tahapan Evaluasi dalam Bisnis yang Sangat Penting Untuk Diketahui

OEM vs Aftermarket

Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam membeli suku cadang dari OEM ataupun aftermarket. OEM adalah pilihan yang lebih aman dan tepat saat Anda ingin membeli suku cadang yang akan melengkapi produk Anda.

OEM telah mendesain produknya dengan kualitas yang tinggi, masa guna yang panjang, daya tahan yang lama, sehingga produk pembelian akan terjamin.

Anda pun akan memperoleh garansi bila terjadi kesalahan dalam produk yang sebelumnya Anda beli. Anda bisa memesan secara khusus produk original equipment manufacturer yang nantinya akan meningkatkan nilai produk yang Anda akan jual ke pelanggan. Selain itu, produknya pun cenderung lebih mahal bila dibandingkan dengan produk yang dijual aftermarket.

Jika Anda ingin membeli suku cadang yang bisa mengurangi pengeluaran bisnis, maka produk yang dikeluarkan oleh aftermarket bisa Anda jadikan pertimbangan. Sehingga, harganya akan jauh lebih murah daripada produk OEM.

Baca juga: Aplikasi Pindai Barcode Terbaik agar Lebih Mudah Mengelola Bisnis

Beda Perusahaan OEM dan Perusahaan ODM (Original Design Manufacturer)

Original Design Manufacturer atau ODM bisa disebut sama seperti original equipment manufacturer atau OEM. Keduanya adalah perusahaan yang membuat produk untuk VAR dan akan digunakan oleh VAR untuk digunakan pada produk jadinya.

Perbedaan mendasarnya adalah ODM melakukan desain produk lalu memproduksinya. Berkembangnya kemampuan dari OEM membuat kecenderungannya berubah dari produk yang bagus dan murah, menjadi ODM yang lebih fokus pada inovasi desain.

Pada ODM, pembuat desain nantinya akan menghasilkan produk menggunakan merek sesuai dengan pesanan. Untuk itu, pembeli bisa tertarik dengan produk yang memiliki kualitas tinggi, sekaligus tampilan dan juga inovasi yang lebih bagus dan juga inovatif. Hal tersebut akan membuat produk Anda memiliki bentuk dan karakteristik yang lebih menarik dan bisa menarik lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Apa Saja Dampak Revolusi Industri 4.0 Dalam Perkembangan Bisnis di Indonesia?

Penutup

Secara umum, original equipment manufacturer atau ORM adalah perusahaan yang mana produknya akan digunakan oleh perusahaan lain sebagai salah satu komponen di dalam produknya. Karakteristik khusus yang terdapat di dalam OEM adalah menjual lisensi dan suku cadangnya tidak lengkap.

Membeli produk ini akan mampu memberikan banyak keuntungan untuk Anda, seperti kualitasnya yang sudah terjamin, daya tahan yang lebih lama, dan juga masa guna yang lebih panjang.

Nah, bila kita membicarakan tentang OEM, terdapat suatu sistem atau aplikasi yang akan menunjang proses manufaktur Anda, yaitu Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda proses manufaktur Anda akan berjalan lebih cepat dan otomatis. Selain itu, sistem ini juga sudah terintegrasi dengan fitur laporan keuangan, sehingga seluruh biaya yang dikeluarkan dalam proses manufaktur akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Lebih dari itu, aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini juga akan membantu Anda dalam mengelola persediaan barang digudang, melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan yang kompleks, dan masih banyak lagi.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang akan memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Aplikasi ini didesain dengan tampilan yang sederhana dan dilengkapi dengan sistem keamanan yang canggih. Sehingga, Anda bisa menggunakan Accurate Online secara aman dan mudah, dimana saja Anda perlukan.

Lebih menariknya lagi, seluruh kelebihan dan fitur bisnis luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.