Mengenal Smart Manufacturing dan Cara Mudah Mewujudkannya

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, terdapat konsep baru yang dikenal dengan smart manufacturing. Konsep ini pun dijadikan sebagai revolusi industri yang selanjutnya. Perusahaan yang lambat dalam menerapkan teknologi dan proses baru bisa tertinggal.

Setiap industri manufaktur bisa menerapkan smart manufacturing dengan menerapkan teknologi digital yang disertai dengan praktik dan juga prosedur cerdas, sehingga bisa meningkatkan kualitas produksi.

Apa itu Smart Manufacturing?

Smart Manufacturing sendiri sebenarnya mempunyai pengertian yang luas dan bukanlah suatu penerapan yang bisa diterapkan secara langsung di dalam proses bisnis. Berdasarkan laman Wikipedia, Smart manufacturing adalah suatu gabungan dari beragam teknologi dan solusi yang diterapkan perusahaan agar bisa memaksimalkan proses manufaktur. Sehingga, bisa meningkatkan keuntungan secara menyeluruh.

Smart manufacturing akan lebih fokus pada pemanfaatan data yang mana data tersebut akan memberikan informasi pada pengguna tentang apa yang harus dilakukan dan waktu yang tepat dalam melakukannya.

Konsep ini menjadi kabar baik untuk semua pemilik perusahaan manufaktur. Karena, manfaatnya bisa dirasakan dari sisi perencanaan, kualitas akhir, kecepatan produksi, dan juga pengembangan produk.

Baca juga: Apa itu OEM? Apa Saja Karakteristik dan Manfaat dari OEM?

Cara Mudah Mewujudkan Smart Manufacturing

Dalam industri revolusi, terdapat banyak sekali tantangan yang harus dihadapi pebisnis. Untuk itu, penting sekali dalam memerhatikan tentang sehari-hari. Nah, salah satu cara mudah untuk menerapkan dan mewujudkan smart manufacturing adalah dengan aplikasi bisnis yang terintegrasi. Kenapa? Berikut ini adalah alasannya:

1. Data yang Lebih Baik untuk Operasional yang Lebih Baik

Pada saat ini, teknologi yang dihadirkan oleh aplikasi bisnis bisa digunakan oleh perusahaan dengan mudah, khususnya dalam menyederhanakan pengalaman pengguna dan juga manajemen aliran informasi.

Selain bisa mengurangi biaya melalui adanya efisiensi sistem, aplikasi bisnis yang baik juga akan mampu menghemat lebih banyak waktu dan tenaga.

Dengan adanya sistem kecerdasan buatan, serta sistem sensor pintar yang dibawa oleh industrial internet of things, metrik bisnis bisa digunakan dengan cara menggabungkan data operasional agar bisa meningkatkan strategi bisnis dan kemampuan dalam mengambil keputusan.

2. Mempercepat Otomatisasi Bisnis

Aplikasi bisnis akan menawarkan cara yang realistis dan lebih fleksibel dalam menyederhanakan seluruh proses yang berkaitan dengan bisnis. Selain itu, aplikasi ini juga akan mengotomatisasikan alur kerja dan memungkinkan para karyawan untuk fokus dalam pengawasan dan pemantauan metode bisnis, yang mana hal ini akan meningkatkan produktivitas dan juga akurasi operasional.

Otomatisasi bisnis ini akan mampu mengurangi ketergantungan pada manusia dan mempercepat pemrosesan.

3. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Aplikasi bisnis yang baik akan mampu mencapai kepuasan pelanggan. Selain itu juga akan membantu pebisnis untuk bisa membuat jadwal pengiriman produk dan mengelola persediaan secara lebih mudah. Sistem ini akan memberikan kapabilitas layanan yang mumpuni dan melibatkan berbagai ide yang fokus pada pelanggan.

4. Memungkinkan Visibilitas dan Efisiensi

Aplikasi bisnis yang baik juga mampu mendukung industri manufaktur dengan menawarkan wawasan yang sangat penting untuk memulai proses tingkat bisnis yang penting. Selain itu, dengan adanya opsi visibilitas berteknologi canggih, sistem ini juga akan memungkinkan para karyawan dan manajer untuk bisa memantau dan juga mengelola proses dari lokasi yang jauh sekalipun.

Dengan adanya sistem ini, maka seluruh rutinitas kinerja harian pun bisa dilakukan secara optimal, mampu memastikan komunikasi antar setiap divisi bisa berjalan lebih lancar dan bebas dari konflik, serta mendapatkan laba atas investasi yang tinggi. Sistem ini pun bisa mengintegrasikan beragam teknologi yang inovatif.

Baca juga: Pasar Bisnis dan Perbedaannya dengan Pasar Konsumen

5. Integrasi dengan Teknologi Baru untuk Memberdayakan Smart Manufacturing

Sistem yang terdapat pada aplikasi bisnis sudah mengubah cara bisnis dalam mengatur dan merancang letak fungsional serta mengalokasikan karyawan untuk melakukan tugas.

6. Big Data dan Analytics

Data yang diproses dalam jumlah yang besar akan menawarkan banyak wawasan yang mampu membantu melakukan identifikasi pada setiap aspek dalam proses produksi. Setelah dilakukan analisis data, maka data tersebut akan dikirim sebagai feedback ke sistem produksi untuk selanjutnya dilakukan tindakan.

7. Keamanan

Smart manufacturing merupakan tentang pemanfaatan data yang akan menginformasikan pada Anda tentang apa yang harus dilakukan oleh perusahaan dan kapan harus melakukannya. Hal ini dikarenakan pembangunan pabrik yang pintar akan berfokus atau bergantung pada data, keamanan siber, yang mana hal tersebut merupakan faktor paling penting dalam semua proses ekosistem.

8. Artificial Intelligence (AI)

Perkembangan artificial intelligence atau AI akan terdorong dengan adanya perkembangan penggunaan teknologi data besar. IoT industri di dalam bidang manufaktur, penggunaan robotika yang sangat luas, teknologi visi komputer, kemitraan dan kolaborasi di lintas industri, serta peningkatan yang signifikan dalam investasi modal ventura.

Baca juga: Apa itu GMV? Bagaimana Cara Menghitungnya?

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang smart manufacturing. Nah, smart manufacturing ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? karena fitur manufaktur yang terdapat dalam aplikasi ini akan membuat seluruh proses lini produksi manufaktur Anda akan berjalan secara otomatis. Selain itu, sistem ini juga telah terintegrasi dengan fitur lainnya yang akan membantu Anda dalam membuat laporan keuangan, mengelola persediaan barang di gudang, melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Lebih menariknya lagi, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau. Anda bahkan bisa mencoba semuanya secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.