Mengenal Bisnis Convenience Store dan Tips Tepat Mengoptimalkannya

Convenience store adalah salah satu toko yang umum dan juga mudah kita jumpai sehari-hari. Dilansir dari Wikipedia, Toko ini tentunya banyak tersebar di mana-mana karena mampu menyediakan berbagai kebutuhan. Untuk itu, tidak heran jika banyak pebisnis yang tertarik untuk membuka bisnis convenience store.

Peluang bisnis di dalamnya pun sangat menjanjikan karena setiap orang pasti tidak bisa lepas dari berbagai kebutuhan barang sehari-harinya. Mereka akan kembali untuk membeli barang tersebut karena cepat habis.

Bahkan, beberapa convenience store juga seringkali menyediakan layanan selama 24 jam penuh, sehingga mereka bisa melayani pelanggan dengan jam yang tidak terbatas.

Apa itu Convenience Store?

Dalam bahasa Indonesia, convenience store memiliki arti toko serba ada. Pasalnya, toko ini mampu menyediakan beragam jenis kebutuhan manusia, dari mulai minuman, makanan, perlengkapan sehari-hari, bumbu racik, dan lain sebagainya.

Harganya yang tergolong cukup normal membuat jenis toko ini menjadi pilihan yang pas untuk berbelanja. Terlebih lagi bila ada promosi pada waktu-waktu khusus, sehingga toko ini bisa terus ramai dikunjungi pembeli.

Baca juga: Bisnis Pakaian dan Hal yang Harus Anda Hindari dalam Menjalankannya

Ciri-ciri Bisnis Convenience

Terdapat beberapa ciri tertentu yang menunjukkan bahwa suatu toko bisa disebut sebagai convenience store.

Ciri yang pertama bisa dilihat dari ukuran bangunannya. Dalam hal ini, ukuran bangunan bisa berbeda-beda, umumnya tidak kurang dari 500 meter persegi.

Selain itu, convenience store juga menyediakan lahan parkir untuk para pembeli dan kemudahan akses untuk para pejalan kaki. Tujuannya adalah agar bisa mencegah terjadinya parkir bebas, terlebih lagi bila toko tersebut berada di pinggir jalan, sehingga bisa mengganggu ketertiban dalam berlalu-lintas.

Suatu toko yang tergolong sebagai convenience store juga mempunyai minimal 500 SKU dengan jam operasional setiap hari selama 24 jam penuh. Produk yang mereka jual termasuk produk kebutuhan sehari-hari masyarakat dan mencakup beberapa produk makanan ringan, minuman kaleng, rokok, dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Mudah Memulai Usaha dari Rumah

Contoh Bisnis Convenience di Indonesia

Terdapat banyak sekali jenis convenience store yang ada di Indonesia. Bahkan, toko ini juga kerap kali dijadikan sebagai lokasi yang pas untuk berkumpul para anak muda dengan anggaran yang tergolong lebih hemat bila dibandingkan dengan beberapa kafe elit lain.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh bisnis convenience store yang ada di Indonesia:

1. Lawson

Lawson adalah salah satu convenience store yang terkenal di kalangan anak muda. Toko ini pertama kali di bukan oleh J.J Lawson. Pada awalnya, Lawson bukanlah bisnis convenience store. Toko ini hanya menyediakan produk susu di Amerika Serikat.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, toko ini mulai mengalami perkembangan dan mempunyai banyak cabang di Amerika Serikat. Perkembangan Lawson yang dinamis membuat toko ini mengalami beberapa kali pergantian kepemilikan, sampai akhirnya toko ini hadir di Jepang di tahun 1975.

Untuk itu, jangan heran jika mereka saat ini menyajikan camilan khas Jepang, seperti Oden, Onigiri, dan lain sebagainya. Bahkan, terdapat beberapa produk saja yang hanya di jual di Lawson.

2. Indomaret Point

Maraknya kehadiran bisnis convenience store di Indonesia membuat Indomaret tidak ingin kalah bersaing. Mereka mulai menghadirkan konsep baru yang dikenal dengan Indomaret Point.

Berbeda dengan Indomaret pada umumnya, jenis Indomaret ini mengekspansi penawaran dengan cara menyediakan beragam macam makanan dan minuman yang cepat saji.

Jenis Indomaret ini pun menambahkan berbagai fasilitas lain, seperti kursi, meja, hingga WiFi. Sehingga, para pelanggan tidak hanya berbelanja saja, tapi juga bisa bersantai sejenak sambil menikmati makanan.

3. Family Mart

Family Mart adalah convenience store dari Jepang. Saat ini kita bisa menemukan banyak gerai Family Mart di berbagai kota besar di Indonesia.

Toko ini sangat mengandalkan sistem digital, karena target pasar mereka adalah pegawai kantoran yang tidak mempunyai banyak waktu untuk mengantri di kasir. Produk yang mereka hadirkan pun sangat beragam.

Di tahun 2019 kemarin, toko ini juga turut menggandeng para UMKM lokal untuk ikut menjajakan produknya ke Family Mart agar bisa ikut meningkatkan perekonomian Indonesia.

4. Circle K

Circle K sebenarnya lebih fokus dalam menjual beragam kebutuhan sehari-hari masyarakat. Namun, beberapa lokasi Circle K ada juga yang menyediakan minuman kopi hangat. Mereka juga menyediakan meja dan kursi di depan toko agar para pelanggannya bisa bersantai sejenak dan menjadikan toko tersebut sebagai lokasi favorit anak muda.

5. Seven Eleven

Seven Eleven sangat terkenal dikalangan generasi muda. Mereka banyak ke toko ini dengan beragam tujuan, mulai dari mengerjakan tuas, membeli camilan, atau sekedar menumpang mengunduh film.

Toko ini terkenal dengan tempatnya yang sangat asik untuk berkumpul. Fasilitas yang mumpuni dan juga makanan dengan harga yang bersahabat semakin membuat toko ini menjadi lokasi favorit semua kalangan. Namun, Seven Eleven telah menutup hampir semua tokonya di Indonesia karena beberapa alasan tertentu.

Baca juga: Tantangan di Era Digital yang Harus Anda Perhatikan sebagai Pebisnis

Apa Bedanya Bisnis Convenience Dengan Grocery

Terdapat beberapa perbedaan besar antara convenience store dan grocery store, dari mulai produk yang mereka jual, waktu buka, sampai dengan ukuran bangunan.

Convenience store lebih menjual beragam kebutuhan produk sehari-hari masyarakat, namun tidak menjual produk segar seperti buah atau sayuran. Beberapa convenience store mungkin ada yang menjual produk segar, tapi tentu dengan kuantitas yang lebih terbatas.

Hal tersebut berbeda dengan grocery store, mereka menyediakan berbagai produk segar, dari mulai daging, buah, hingga sayuran. Beberapa dari mereka juga ada yang menjual produk peralatan sehari-hari, tapi dengan kuantitas yang juga terbatas.

Jika dilihat berdasarkan ukuran bangungan, convenience store memiliki ukuran yang lebih kecil daripada grocery store. Jam operasional mereka pun berbeda. Toko serba ada mempunyai jam operasional yang lebih fleksibel. Untuk itu, ada beberapa convenience store yang mempunyai jam buka hingga 24 jam lamanya.

Di sisi lain, grocery store, mempunyai keterbatasan dalam jam operasional, karena produk yang mereka jual adalah produk dengan umur penyimpanan yang lebih singkat.

Kenapa Bisnis Convenience BIsa Terus Bertahan?

Sebuah bisnis bisa bertahan jika mereka bisa menyesuaikan target pasar yang tentunya diikuti dengan strategi marketing yang tepat.

Sebagian besar convenience store mempunyai target pasar dari kalangan menengah, sehingga mereka bisa menjangkau pasar yang lebih luas di Indonesia.

Kegiatan promosi yang mereka lakukan pun sangat beragam dan cukup konsisten. Lokasinya yang sangat strategis dan mudah ditemukan di berbagai tempat, serta harganya yang terjangkau pun semakin memikat para pelanggan. Untuk itu, jangan heran jika banyak pelanggan yang lebih memilih untuk berbelanja di convenience store untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Baca juga: 6 Langkah Menerapkan Lean Manufacturing Secara Mudah

Bagaimana Cara Memaksimalkan Operasional Bisnis Convenience Store

Untuk memaksimalkan operasional bisnis convenience store, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Kenapa?

Alasan pertama, dengan menggunakan Accurate Online Anda bisa mengelola seluruh cabang convenience store Anda secara real time melalui satu dashboard yang telah terintegrasi. Terlebih lagi bila cabang yang lainnya berada di kota yang berbeda, hal tersebut tentu akan menghabiskan banyak tenaga. Tapi dengan Accurate Online, Anda bisa mengaksesnya di mana saja Anda butuhkan.

Selanjutnya, aplikasi yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis ini juga akan memaksimalkan rencana persediaan Anda dengan berdasarkan perkiraan penjualan secara akurat agar pembelian barang yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan dan bisa datang secara tepat waktu.

Accurate Online pun bisa meningkatkan penjualan Anda dengan cara memberikan rekomendasi up selling dan cross selling secara otomatis. Kedua strategi ini sangat ampuh untuk bisa meningkatkan omset.

Anda pun bisa lebih memperluas target pasar Anda dengan cara mengelola toko online di beragam platform. Sistem ini akan mengelolanya secara terpusat dan terintegrasi dengan berbagai marketplace terkenal di Indonesia. Sehingga, Anda bisa menjangkau lebih luas pelanggan di Indonesia.

Lebih dari itu, seluruh penjualan yang terjadi di convenience store Anda pun akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara cepat serta akurat.

Penasaran dengan Accurate Online? Silahkan coba saja terlebih dahulu selama 30 hari gratis dengan cara mendaftarkan bisnis Anda pada banner di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.