Tantangan di Era Digital yang Harus Anda Perhatikan sebagai Pebisnis

Dewasa ini, perkembangan zaman sudah terjadi dengan sangat cepat berkat kehadiran teknologi buatan manusia yang sangat canggih. Kehadiran internet seolah mampu memudahkan kehidupan manusia, termasuk dalam menjalankan bisnis. Namun, hal tersebut memberikan tantangan di era digital

Era digital ini sudah menjadi kebiasaan yang bisa dilihat dan dinikmati oleh sebagian besar orang. Dunia bisnis pun turut mengalami digitalisasi.

Lantas, apa itu era digitalisasi? Kenapa era ini menghadirkan tantangan baru untuk para pebisnis? Lalu, bagaimana cara menghadapinya? Temukan jawabannya dengan membaca artikel tentang tantangan di era digital di bawah ini hingga selesai.

Perkembangan Era Digitalisasi

Sebagian besar dari kita tentu sudah paham bahwa digitalisasi terus mengalami perkembangan setiap hari. Bahkan, perkembangan yang terjadi pada saat ini lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi ini menciptakan inovasi dan perubahan yang bisa memudahkan manusia dalam melakukan berbagai hal. Nah, beberapa hal yang bisa Anda rasakan perkembangannya adalah sebagai berikut:

1. Bidang Komunikasi

Bidang komunikasi menjadi salah satu bidang yang mengalami perkembangan digital yang sangat cepat. Bila sebelumnya untuk bisa melakukan komunikasi jawah jauh harus menggunakan surat dan memerlukan waktu beberapa hari untuk tiba di alamat tujuan, maka saat ini komunikasi bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik dengan orang yang jauh, bahkan di benua yang berbeda sekalipun.

Ditemukannya suatu alat komunikasi yang disebut dengan smartphone merubah berbagai aspek di dalam keseharian manusia. Dengan perangkat internet yang terkoneksi dengan internet, maka berbagai hal bisa dilakukan lewat smartphone, dari mulai berkomunikasi, berjualan, berbelanja, dan lain sebagainya.

2. Aplikasi Untuk Berbisnis

Digitalisasi yang terjadi saat ini juga memberikan dampak dalam bidang bisnis. Jika sebelumnya kegiatan bisnis hanya bisa dilakukan secara manual, mulai dari memasarkan produk, mengolah arsip dokumen, mencatat kegiatan transaksi, dan lain sebagainya, maka saat ini seluruhnya bisa dilakukan secara mudah.

Dengan menggunakan bantuan aplikasi bisnis, maka seluruh kegiatan bisnis bisa dilakukan secara efisien dan bisa menjangkau para pelanggan secara lebih luas.

3. Finansial Teknologi

Bidang finansial atau teknologi pun tidak luput tersentuh perkembangan teknologi. Kehadiran aplikasi dompet digital, seperti Go Pay, Ovo, Dana, dan lain sebagainya adalah salah satu contoh digitalisasi dalam bidang finansial.

Kegiatan transaksi bisa dilakukan secara lebih mudah dengan menggunakan dompet digital tanpa perlu khawatir kekurangan uang tunai. Bahkan, saat ini pun lembaga keuangan bank turut ambil andil dalam memberikan pelayanan dengan menggunakan aplikasi online.

4. E-Commerce

Masih berkaitan dengan bidang keuangan atau finansial, saat ini bila Anda sedang memerlukan suatu barang namun tidak memiliki waktu untuk pergi ke toko secara langsung, Anda bisa menemukan barang yang Anda cari di dalam aplikasi e-commerce.

Aplikasi ini mampu menyediakan layanan penyedia barang secara online yang bisa diakses hanya dengan menggunakan smartphone. Bahkan, sebagian besar pedagang saat ini pun mulai banyak yang membuka usaha via online karena lebih mudah untuk mengaksesnya.

Baca juga: Tips Sukses untuk Para Pemilik Perusahaan yang Bisa Diterapkan

Tantangan di Era Digital

Tantangan di era digital memberikan ancaman tersendiri untuk setiap pihak. Meskipun memberikan manfaat yang besar pada kehidupan sehari-hari, tapi era digital juga memberikan dampak yang negatif, yaitu:

1. Kelumpuhan Analisis

Kemudahan dalam mengakses internet diiringi dengan semakin banyaknya bahan analisis yang bisa ditemukan dalam website pencarian yang bisa membuat Anda bingung. Hal ini sama halnya seperti Anda terlalu banyak membaca referensi, sehingga sangat bingung dalam memutuskan suatu keputusan yang tepat.

Tantangan di era digital inilah yang banyak terjadi di dalam bisnis, banyak sekali bisnis yang jatuh ke dalam perangkap untuk terus mencari validasi tambahan sebelum pada akhirnya bisa membuat keputusan. Hal tersebut terjadi karena terlalu khawatir minimnya uji secara menyeluruh.

2. Lebih Malas Secara Intelektual

Bila terlalu banyak data, maka hal tersebut menjadi hal yang buruk untuk para pengguna. Dengan mengakses big data dan juga algoritma AI, maka tantangan di era digital yang dirasakan perusahaan saat ini bisa diatasi dengan membuat data yang mendukung hampir semua simpulan

3. Konsumen yang Impulsif Dan Ceroboh

Semakin hari, semakin minim perhatian konsumen. Perhatian mereka setiap hari lebih fokus pada smartphone, tablet, atau laptopnya saja. Hal tersebut memberikan tantangan di era digital untuk setiap perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan harus bisa lebih banyak lagi memerhatikan hal tersebut agar bisa lebih menonjol dan lebih relevan.

4. Sedikit Belajar Adalah Hal yang Berbahaya

Kemudahan dalam mengakses berbagai informasi bukan berarti semuanya bisa dilakukan dengan menggunakan internet. Beberapa pekerjaan tertentu ada yang mengandalkan praktek dengan analisis, jadi seluruh informasi dari internet tidak semuanya relevan.

Diperlukan pelatihan yang baik agar seluruh informasi yang diperoleh bisa lebih relevan dan tidak adanya keterbatasan informasi pada para pelanggan.

Baca juga: Platform Online Shop Apa Saja? Ini Jawabannya!

Cara Menghadapi Tantangan di Era Digital

Era digitalisasi yang terjadi saat ini mempunyai perkembangan dengan temponya yang sangat cepat. Bila Anda mengikuti perkembangan smartphone, tentu Anda akan tahu bagaimana cepatnya pembaruan yang terjadi dalam kurun waktu beberapa bulan. Lantas, bagaimana cara menghadapi tantangan di era digital seperti saat ini?

1. Manfaatkanlah Data Secara Lebih Baik

Memanfaatkan data akan membuat suatu kesempatan yang bagus untuk memulai peluang untuk perusahaan Anda. Pelanggan akan lebih suka memberikan informasi pribadi mereka bila terdapat suatu hal yang bermanfaat dan bisa mereka rasakan.

Selama pihak perusahaan bisa bersikap lebih transparan terkait data pelanggan dan memberikan penghargaan yang baik. Maka era digitalisasi seperti saat ini, informasi adalah hal yang penting.

2. Berikan Pelatihan Pada Tim Anda

Sebagian besar orang beranggapan bahwa berbagai hal akan tergantikan dengan digitalisasi. Tapi, keterampilan pada setiap individu tidak bisa digantikan begitu saja oleh AI. Untuk itu, cara menghadapi tantangan di era digital selanjutnya adalah memberikan latihan untuk tim Anda agar bisa mencapai persyaratan tertentu.

3. Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

Dewasa ini, kebutuhan dari setiap pelanggan memiliki pilihan yang sangat banyak. Bila Anda perhatian di internet, saat Anda mencari suatu barang, akan ada banyak sekali pilihan yang bisa ditawarkan.

Pelanggan pun pastinya akan memilih produk yang bisa memuaskan dan bisa mempermudah mereka. Oleh karena itu, tugas perusahaan pun harus lebih jeli dengan kebutuhan pelanggan dengan melalui pemanfaatan teknologi yang baik

Baca juga: Bagaimana Cara Mencari Supplier yang Tepat? Ini Tipsnya!

Dampak Positif Era Digitalisasi

Setelah mengalami beragam perkembangan digitalisasi, tentu Anda bisa merasakan dampak dan tantangan di era digital seperti saat ini.

Kemudahan dan kenyamanan adalah salah satu dampak yang mungkin saat ini bisa Anda rasakan. Selain itu, dampak positif lainnya di era digital seperti saat ini adalah sebagai berikut:

  • Memberi kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dan menyebarluaskannya
  • Menjadi hiburan dengan cara melihat konten media sosial, seperti konten di TikTok, Instagram, Twitter, YouTube, dan lain sebagainya.
  • Penghubung komunikasi untuk semua orang di berbagai penjuru dunia.
  • Mengembangkan dunia pendidikan. Karena dengan internet, setiap siswa bisa mengakses pengetahuan dan meningkatkan wawasan mereka secara lebih mudah.

Baca juga: Apa itu Bisnis Online Network Marketing? Ini Penjelasan dan Ulasannya!

Kesimpulan

Era digitalisasi adalah suatu era dimana berbagai halnya sudah serba digital. Seluruh hal bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan teknologi dan akses internet yang bisa digunakan secara mudah. Kemajuan peradaban yang terjadi pada manusia pun bisa terlihat dari kemajuan teknologi.

Nah, salah satu solusi untuk menghadapi tantangan di era digital bagi seluruh pebisnis adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online. Kenapa? karena aplikasi ini mampu mendigitalisasi seluruh operasional bisnis agar bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Dengan menggunakan Accurate Online, kegiatan pencatatan dapat dilakukan secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara instan. Sehingga, Anda bisa membuat keputusan bisnis secara lebih tepat dan mudah.

Selain itu, Accurate Online juga mampu membantu Anda dalam mengelola persediaan barang di gudang, mempermudah kegiatan penjualan dan pembelian, menyelesaikan proses perpajakan, dan masih banyak lagi.

Bahkan, seluruh kemudahan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau, yakni 200 ribuan saja perbulan. Anda juga bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.