7 Peluang Bisnis di Kota Makassar yang Wajib Anda Coba

Prosepek Bisnis di Kota Makassar

Tinggal di kota besar seperti Kota Makassar menjadikan Anda lebih mudah untuk menemukan peluang untuk membangun bisnis. Dengan pertumbuhan yang masif dan banyaknya penduduk di kota ini, menjadikan cukup banyak peluang bisnis di Kota Makassar.

Namun sebelum memilih bisnis apa yang cocok Anda dirikan di Kota Makassar, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu beberapa poin saat memilih bisnis. Contohnya adalah seperti lokasi, keahlian Anda, dan modal. Semua hal ini harus Anda pertimbangkan agar nantinya bisnis yang Anda jalani tidak berujung pada kerugian.

Berikut adalah 10 peluang bisnis yang bisa Anda bangun di Kota Makassar :

1. Bengkel

Pesatnya pertumbuhan di Kota Makassar menjadikan laju pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor di kota ini cukup tinggi. Hal ini menjadikan membua usaha bengkel menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa Anda pilih di Kota Makassar.

Sebelum membuka bengkel, pastikan Anda memiliki pengetahuan mumpuni tentang mesin dan otomotif. Pastikan juga bahwa Anda memiliki ilmu dan suku cadang yang bisa digunakan untuk kendaraan keluaran terbaru. Bengkel adalah usaha jasa yang menjadikan kepercayaan pelanggan sebagai faktor utama penentu keberhasilan bisnis. Jadi pastikan, Anda tidak mengecewakan pelanggan dengan kemampuan Anda yang rendah.

Baca juga : 8 Cara Untuk Meningkatkan Produktivitas Pada Usaha Bengkel Anda

2. Bisnis Kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang cocok bagi Anda yang memiliki keterampilan untuk membuat hidangan yang lezat. Tidak hanya itu, Kota Makassar terkenal memiliki makanan khas yang memiliki rasa yang unik dan enak. Ini bisa menjadi nilai tambah bagi Anda yang memiliki kemampuan untuk membuat makanan khas kota ini

Anda bisa membuka bisnis oleh-oleh khas Kota Makassar atau membuat menu kekinian yang memiliki pangsa pasar lokal yang lebih luas. Gunakanlah pemasaran melalui media sosial untuk membuat usaha Anda dikenal lebih banyak orang.

Baca juga : Tertarik Membangun Bisnis Kuliner? Mari Kita Bahas Secara Lengkap

3. Membuka Salon

Bagi kaum hawa, kecantikan dan perawatan diri bisa menjadi kebutuhan utama. Hal ini menjadikan peluang untuk membuka usaha salon sebagai peluang yang cukup menguntungkan di Kota Makassar.

Sebelum membuka usaha ini, pastikan Anda memiliki skill yang cukup baik dan mengetahui produk perawatan terbaik bagi konsumen Anda, lalu pilihlah pelayanan dan perawatan yang sesuai keahlian Anda. Lokasi juga bisa menjadi penentu keberhasilan usaha salon Anda. Usahakan Anda memilih lokasi strategis dan ramai seperti di pusat perbelanjaan atau pusat kota.

Baca juga : Peluang Bisnis Salon Kecantikan dan Tips Mengembangkannya

4. Usaha Laundry

Majunya Kota Makassar telah membuat kesibukan di kota tersebut meningkat. Kegiatan mencuci pakaian pun kadang menjadi sesuatu yang tidak dilakukan secara personal dan menggunakan jasa laundry atau binatu.

Anda bisa membuka usaha laundry dengan modal yang cukup rendah namun memiliki keuntungan yang cukup besar. Usahakanlah Anda memilih lokasi dekat kampus atau kos kosan yang dihuni oleh para karyawan, karena mahasiswa dan karyawan perkantoran adalah target yang tepat untuk usaha laundry ini.

Kalkulasikan dan persiapkan juga dana perawatan seluruh alat pada usaha laundry Anda, misalnya perawatan mesin cuci, setrika, pembelian pewangi dan pelembut, dan lainnya.

Baca juga : Solusi Pembukuan Usaha Laundry Dengan Accurate Online

5. Jasa Bimbingan Belajar

Kota Makassar adalah kota besar di Indonesia timur yang memiliki banyak universitas unggulan yang menjadi tujuan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

Jika Anda memiliki keterampilan dalam mengajar dan menguasai bidang keilmuan tertentu seperti bahasa inggris, matematika, atau Anda merupakan alumni dari unversitas unggulan di Kota Makassar, Anda bisa mencoba untuk membuka jasa bimbingan belajar.

Usaha ini bisa menjadi usaha sampingan atau pekerjaan utama yang menghasilkan pendapatan yang cukup memuaskan. Pasarkan jasa Anda melalui media sosial atau buatlah website sendiri, jangan lupa untuk menyertakan portofolio Anda untuk menambah kesan profesionalitas dari pengalaman Anda selama ini.

Baca juga : 15 Peluang Usaha Menjanjikan Dengan Modal Kecil Namun Untung Besar

6. Usaha Fotocopy

Peluang bisnis di Kota Makassar selanjutnya adalah usaha fotocopy, digital printing, dan menjual alat tulis kantor. Bagi Anda yang memiliki lokasi dekat kampus, kantor, atau sekolahan di Kota Makassar, membangun usaha ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup besar.

Tidak hanya jasa fotocopy, Anda bisa memberikan layanan penjilidan, jasa pengetikan, atau printing. Sediakan juga layanan cetak materi melalui pengiriman email, ini akan membuat usaha Anda lebih efisien begitu juga dengan pengalaman pelanggan Anda.

Baca juga : Mau Usaha Fotocopy Untung Terus? 10 Tips Efektif Meningkatkan Keuntungan

7. Rental Kendaraan

Kota Makassar juga menjadi kota wisata yang memiliki peluang untuk berkembang. Banyak objek wisata yang terkenal di kota ini salah satunya adalah pantai losari. Kebutuhan kendaraan untuk para wisatawan bisa menjadi alasan yang tepat bagi Anda yang ingin membuka usaha rental kendaraan.

Pastikan Anda memilih jenis kendaraan yang tepat untuk Anda sewakan dan lakukan pemasaran melalui media online atau mendaftarakan bisnis Anda pada Online Travel Agent yang memiliki fitur rental kendaraan seperti Traveloka atau AirBnb. Anda juga bisa memilih lokasi usaha yang strategis seperti bandara atau pelabuhan dimana itu adalah gerbang masuk para wisatawan ke Kota Makassar.

Baca juga : Tips Mewujudkan Bisnis Rental Mobil yang Sukses di Makassar


Itulah beberapa dari peluang usaha bisnis di Kota Makassar yang bisa coba. Ingatlah, bahwa Anda harus memiliki keterampilan dan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha yang Anda pilih.

Perhatikan juga manajemen keuangan pada usaha Anda dengan melakukan pencatatan pembukuan yang baik. Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk kemudahan proses pembukuan dan meminimalisir kesalahan pencatatan.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis. Tertarik menggunakannya?

Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini :

accurate 200 ribu perbulan