Pengertian Bisnis Afiliasi beserta 4 Keuntungan dan Kerugiannya

oleh | Okt 18, 2023

source envato.

Pengertian Bisnis Afiliasi beserta 4 Keuntungan dan Kerugiannya

Istilah afiliasi mulai menjamur belakangan ini, mudahnya akses internet membuat bisnis afiliasi mulai terkenal. Namun apakah anda sudah tahu pengertian bisnis afiliasi?

Banyak pebisnis pemula menggandrungi afiliasi program atau bisnis afiliasi. Mereka dapat menjalankan bisnis ini secara online dengan modal minim, dan disertai dengan potensi keuntungan yang berlipat.

Afiliasi program menawarkan banyak keuntungan apabila dijalankan, namun bisnis ini juga memiliki beberapa kerugian.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, yuk cari tahu dulu tentang apa itu bisnis afiliasi (afiliasi program), beserta keuntungan dan kerugiannya.

Pengertian Bisnis Afiliasi

Pengertian Bisnis Afiliasi

ilustrasi pengertian bisnis afiliasi. source envato

Pengertian bisnis afiliasi dapat didefinisikan sebagai sebuah bisnis yang memiliki sistem menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk yang bersifat sebagai produsen.

Pelaku usaha yang menjalankannya akan mendapatkan komisi ketika produk-produk tersebut berhasil terjual. Pengertian bisnis afiliasi lebih menekankan kepada penggunaan internet dan dijalankan secara online melalui situs web.

Dikutip dari Investopedia, Pemasaran afiliasi adalah skema pemasaran di mana perusahaan memberikan kompensasi kepada mitra atas bisnis yang diciptakan dari taktik pemasaran afiliasi.

Baca juga: 5+ Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Pemula

Keuntungan Bisnis Afiliasi

Keuntungan Bisnis Afiliasi

ilustrasi pengertian bisnis afiliasi. source envato

Setelah memahami pengertian bisnis afiliasi, ada baiknya untuk mengetahui keuntungan dan kerugian dari bisnis afiliasi.

Keuntungan bisnis afiliasi sangat bervariasi, mulai dari pendapatan pasif hingga peluang pertumbuhan yang tak terbatas. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai keuntungan yang dapat Anda nikmati melalui bisnis afiliasi.

Berikut ini adalah keuntungan-keuntungannya.

1. Modal minim

Salah satu daya tarik dalam jenis bisnis ini adalah modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Anda hanya memerlukan laptop, ponsel pintar, atau komputer dan jaringan internet untuk menjalankannya.

2. Risiko kerugian yang minim

Salah satu keuntungan bergabung dalam bisnis ini adalah tidak ada kontrak yang terikat yang mengharuskan Anda untuk menjual produk sesuai dengan target. Anda bisa menjual produk tanpa perlu takut produk tidak terjual.

3. Mudah dijalankan

Bisnis ini mudah dijalankan. Anda akan mendapatkan keuntungan ketika para pengunjung mengunjungi situs web atau blog yang Anda miliki.

4. Waktu fleksibel

Keuntungan lain memulai bisnis ini adalah waktu yang fleksibel. Anda bisa menjaring banyak calon pelanggan dan menghasilkan uang melalui situs web kapan saja dan di mana saja asal memiliki koneksi internet.

Baca juga : Revolusi Industri 4.0 : Tantangan, Peluang, dan Dampaknya pada Bisnis

Kerugian Bisnis Afiliasi

 Kerugian Bisnis Afiliasi

ilustrasi pengertian bisnis afiliasi. source envato

Meskipun bisnis afiliasi memiliki potensi pendapatan yang menarik, seperti halnya semua jenis usaha, ia juga datang dengan sejumlah tantangan dan risiko.

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis afiliasi, penting untuk memahami potensi kerugian yang mungkin terjadi.

Inilah beberapa kerugian yang perlu Anda pahami ketika menjalankan bisnis ini.

1. Sistem rekam jejak yang singkat

Bisnis afiliasiĀ  dilengkapi dengan sistem rekam jejak yang pendek, maksimal hanya sampai 1 bulan.

Jika ada para pelanggan yang membeli produk dari link yang masanya lebih dari 1 bulan, maka Anda tidak akan mendapat komisi. Hal ini dikarenakan link tersebut akan secara otomatis masuk ke link utama.

2. Komisi bersifat tidak renewal

Salah satu kerugian dari afiliasi program adalah Anda hanya akan mendapatkan komisi dari pengunjung baru yang membeli produk lewat blog atau link di situs web.

Akan tetapi, jika pengunjung yang sama melakukan pembelian di link situs web untuk kedua kali, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan.

Baca juga: Apa itu MPOS? Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Bisnis!

3. Informasi produk harus diperbarui

Pebisnis yang memulai bisnis afiliasi harus selalu memperbarui program dan produk yang dipromosikan.

Apalagi jika produk tersebut tersedia dalam waktu yang lama. Persaingan terhadap produk yang sejenis akan semakin ketat.

4. Tayangan iklan merugikan

Ketika pengunjung web atau blog melihat produk yang diiklankan, mereka cenderung akan ke situs utama penjualan produk sehingga pelaku bisnis ini tidak mendapatkan keuntungan.

Hal ini akan Anda hadapi ketika ketika terjun dalam afiliasi program.

5. Pendapatan lebih rendah dari pemilik produk

Kerugian selanjutnya yang mungkin Anda hadapi adalah mendapatkan komisi yang lebih rendah daripada pemilik produk.

Pihak pelaku bisnis yang juga sebagai pengiklan mendapatkan komisi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pemilik web afiliasi.

Hal ini dikarenakan pemilik web menghabiskan modal yang lebih banyak dibandingkan dengan pengiklan.

6. Penghasilan tidak menentu

Ketika memulai bisnis ini, Anda harus mengetahui bahwa penghasilan yang diperoleh tidak menentu.

Jika bulan ini Anda mendapatkan penghasilan yang cukup banyak, mungkin saja Anda akan memperoleh sedikit komisi atau bahkan tidak mendapatkan komisi sama sekali. Oleh karena itu, Anda perlu memanajemen keuangan dengan baik.

Baca juga : 10+ Contoh Wirausaha dengan Modal Kecil namun Untung Besar

Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis afiliasi merupakan sistem penjualan produk atau jasa yang lebih menekankan kepada penggunaan internet dan dijalankan secara online melalui situs web.

Pelaku usaha yang melakukan bisnis ini akan mendapatkan komisi ketika produk dan jasa berhasil terjual.

Untuk membangun bisnis afiliasi dengan baik, tentu diperlukan pembukuan dan pencatatan transaksi untuk membantu perencanaan bisnis secara matang berdasarkan laporan keuangan yang ada.

Anda bisa melakukan pembukuan manual dengan mencatat segala transaksi pada buku log atau bisa juga menggunakan tool yang mudah digunakan dan memiliki banyak fitur seperti Softaware Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis yang ada di Indonesia.

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik gambar di bawah!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

141 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Natalia

Artikel Terkait