PEST Analysis, Metode Manajemen untuk Bangun Bisnis yang Kompetitif

Suatu bisnis tidak akan berhasil mencapai kesuksesannya tanpa adanya perencanaan dan juga analisa yang baik. Untuk itu, salah satu hal yang harus dilakukan sebelum menjalankan bisnis adalah PEST analysis.

Metode analisa bisnis yang dibuat oleh profesor asal Harvard ini cukup terkenal dan banyak digunakan di berbagai perusahaan di dunia.

Lalu, apa itu PEST analysis? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang PEST analysis di bawah ini hingga selesai.

Pengertian PEST Analysis

PEST analysis adalah salah satu metode manajemen risiko yang juga merupakan salah satu proses desain strategi. Pada mulanya, metode ini dibuat oleh seorang profesor asal Harvard University bernama Francis Aguilar di tahun 1967.

Pest itu sendiri adalah kepanjangan dari political (politik), economic (ekonomi), social (sosial), dan technological (teknologi). Keempat faktor tersebut adalah faktor penting untuk bisa dianalisa dalam suatu bisnis agar bisa membuat keputusan yang tepat.

Berdasarkan laman  Business News Daily, PEST analysis harus dilakukan saat sedang membuat rancangan rencana bisnis. Analisa ini juga harus disertai dengan SWOT analysis agar hasilnya nanti lebih maksimal.

Nah, berikut ini adalah penjelasan dari setiap faktor di dalam PEST analysis:

1. Political

Faktor politik adalah suatu aspek di dalam PEST analysis yang akan meninjau kondisi atau berbagai kebijakan politik yang bisa mempengaruhi dunia bisnis. Aspek politik yang harus ditinjau ini seperti peraturan pemerintah tentang legalitas, hukum, hak cipta, pajak, dan berbagai hal lainnya.

Berbagai hal tersebut bisa memberikan dampak pada suatu bisnis untuk bisa mendapatkan keuntungan dan mencapai kesuksesannya di dalam dunia bisnis.

Selain melakukan peninjauan, aspek politik pun harus diperkirakan tentang apa yang nantinya akan terjadi di masa depan.

2. Economical

Faktor ini akan meninjau berbagai isu ekonomi eksternal yang kemungkinan akan memberikan dampak pada operasional bisnis. Beberapa contoh isu ekonomi yang harus diperhatikan di dalam PEST adalah bunga, inflasi pertukaran, dan juga naik atau turunnya ekonomi pada kelas menengah.

3. Social

Faktor sosial yang harus ditinjau di dalam PEST analysis adalah lingkungan makro organisasi yang sedang direncanakan. Berdasarkan laman Economic Times India, faktor ini sangat berguna untuk menilai pasar yang tersedia untuk bisnis Anda.

Studi yang bisa dilakukan untuk faktor sosial ini adalah terkait perkembangan populasi, distribusi usia, dan berbagai hal lainnya. Selain itu, analisis ini juga akan membantu Anda dalam memahami kebutuhan pelanggan agar bisa mengetahui hal apa saja yang menarik untuk melakukan kegiatan pembelian.

4. Technological

Teknologi ini tentunya adalah suatu faktor yang tidak boleh luput di dalam dunia bisnis, untuk itu hal ini pun harus dianalisis di dalam PEST.

Penggunaan teknologi ini akan memberikan dampak yang buruk dan baik, sehingga diperlukan analisis agar bisnis bisa berjalan dengan lancar. Penilaian pada aspek teknologi ini harus dilakukan dari setiap sisi.

Di dalamnya termasuk tentang banyaknya pengeluaran pemerintah atas adanya riset teknologi, life cycle teknologi yang ada, peran internet, dan dampak perubahannya pada bisnis, serta perubahan yang bisa terjadi karena adanya teknologi informasi.

Baca juga: Trend Analysis: Apa Itu, Jenis-Jenis, dan Manfaat Melakukannya

Mengapa PEST Analysis Dibutuhkan?

PEST analysis adalah suatu hal yang penting untuk dilakukan agar Anda bisa membuat strategi bisnis yang lebih berdasarkan pada pemikiran strategis dan pembuatan keputusan yang lebih tepat.

Selain itu, jenis analisis ini juga bisa memberikan gambaran yang besar terkait dampak eksternal yang penting untuk perusahaan.

Secara garis besar, PEST akan sangat membantu dalam proses marketing, perencanaan, perkembangan produk dan bisnis, manajemen proyek dan masih banyak lagi.

Baca juga: Business Analytics: Pengertian dan Bedanya dengan Business Intelligence

Manfaat PEST Analysis

Dilansir dari laman Investopedia, PEST analysis mampu membantu suatu perusahaan ataupun organisasi agar bisa mengetahui dan memaksimalkan kesempatan yang ada di pasar dengan berdasarkan pada kondisi lingkungan bisnis yang ada.

Sehingga, keputusan untuk operasi bisnis pada saat ini dan yang akan datang nantinya bisa dilakukan lebih efektif. PEST analysis adalah cara bagi bisnis untuk lebih memahami perusahaan, sehingga nantinya bisa membuat perencanaan strategis yang lebih tepat sasaran.

Selain itu, perusahaan juga bisa lebih siap dalam menghadapi ancaman dan juga bahaya yang nantinya mungkin akan dihadapi selama menjalankan bisnis.

Baca juga: Gambaran Bisnis Pada Pasar dan Perannya dalam Perkembangan Bisnis

Siapa yang Melakukan PEST Analysis?

Kegiatan analisis ini bisa dilakukan oleh perusahaan apapun yang ingin menilai kondisi pasar saat ini dan pada masa mendatang. Bahkan, setiap perusahaan disarankan untuk melakukan PEST analysis sebelum membuat keputusan bisnisnya.

Bukanlah suatu masalah bila tidak seluruh aspek diteliti dengan intensitas yang sama, karena beberapa jenis bisnis akan lebih fokus pada lebih dari satu aspek daripada yang lainnya.

Contohnya, bila bisnis Anda adalah bisnis berbasis teknologi, tentunya analisis dari faktor T, yakni Teknologi, akan menjadi lebih penting daripada faktor politik.

Baca juga: Integrasi Vertikal Adalah: Jenis & Contohnya Di Dalam Bisnis

Penutup

Pada intinya, PEST analysis adalah suatu hal yang penting agar bisa berhasil dalam menjalankan bisnis. Untuk, sangat disarankan untuk melakukan analisis ini sebelum menjalankan usaha.

Jangan lupa juga untuk menerapkan digitalisasi di dalam bisnis agar Anda bisa mengelola bisnis secara lebih efisien. Salah satu penerapan digital yang sangat disarankan adalah menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Kenapa? karena aplikasi ini akan membuat Anda lebih mudah dalam mengelola bisnis. Di dalamnya sudah tersedia banyak fitur dan modul yang mampu meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, multi cabang, dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa membantu Anda dalam mengelola keuangan dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner menarik di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

Nat

Wanita lulusan S1 Bisnis Manajemen yang sering membagikan berbagai ilmunya dalam bidang bisnis secara menyeluruh kepada masyarakat, mulai dari tips, ide bisnis, dan masih banyak lagi.