10 Strategi Pemasaran Hotel Terbaik untuk Meningkatkan Pemesanan

Tantangan pada industri pemasaran hotel adalah banyaknya kompetisi. Terutama dengan pertumbuhan popularitas situs web seperti Traveloka, Airbnb, atau sejenisnya, menjadi tantangan tersendiri untuk merancang strategi pemasaran hotel untuk mengumpulkan lebih banyak pemesanan.

Masih banyak hotel konvesional tidak terlalu memikirkan tentang tantangan ini, mereka masih mengerjakan tugas dan pemecahan sederhana tanpa sesuatu yang revolusioner yang tidak berdampak lebih pada tingkat pemesanan hotel.

Jadi apa yang bisa dilakukan oleh pelaku bisnis perhotelan yang sedang berjuang? Bagaimana Anda memastikan orang-orang dapat menemukan hotel Anda dengan mudah, dan kemudian menjadi pelanggan tetap untuk setiap masa liburan mereka? Jangan takut, kami akan berikan 10 kiat sukses untuk melakukan strategi pemasaran hotel terbaik.

1. Mudah dicari Secara Online

Perlu Anda ingat, teknologi telah mengambil alih. Era agen perjalanan akan berlalu. Para wisatawan dewasa ini diberdayakan untuk melakukan penelitian komparatif mereka sendiri tanpa meninggalkan tempat tidur mereka.

Jadi, jika hotel Anda tidak mudah ditemukan secara online, tidak heran pemesanan Anda sedikit dan jarang. Anda harus “ada” dimana saja di dunia maya namun tetap relevan untuk mendapatkan pemesanan potensial sehingga orang dapat menemukan Anda dengan mudah saat mereka butuhkan

Sebagian besar wisatawan atau 75%, Mulai dengan menggunakan mesin pencari untuk mencari tempat menginap, jadi SEO penting untuk Anda. Gunakan kata kunci hotel populer di salinan situs Anda, dan pastikan situs Anda memuat dengan sangat cepat.

Tapi jangan mengandalkan optimasi organik saja! SERP (halaman hasil mesin pencari) untuk pencarian terkait hotel sangat dimonetisasi, artinya orang akan melihat iklan terlebih dahulu. Pada contoh tangkapan layar di bawah ini, seluruh layar diambil oleh iklan.

strategi pemasaran hotel

Anda harus mengajukan penawaran secara agresif di Jaringan Penelusuran dan Google ads untuk mengiklankan hotel Anda, jangan membatasi diri Anda hanya pada satu platform sosial, mesin pencari, atau situs web perjalanan.

Meskipun mungkin tidak perlu memiliki kehadiran yang kuat di setiap situs web yang dapat dibayangkan, Anda harus menggali analitik situs web Anda, mencari tahu dari mana orang biasanya memesan, dan membuat kehadiran yang menarik dan kompetitif di platform tersebut

2. Lakukan Remarketing

Tahukah Anda bahwa tingkat pengabaian untuk pemesanan hotel online adalah 75% ?! Itu benar, tiga dari empat orang mulai proses pemesanan, berpikir ulang dan meninggalkan pesanan mereka begitu saja.

Siapa yang tahu apakah mengapa mereka berpikir ulang terhadap pesanan mereka, mungkin saja mendapatkan penawaran yang lebih baik di tempat lain. Apa pun alasannya, ini tidak berarti Anda harus menyerah sebagai atas hal tersebut.

Remarketing atau pemasaran ulang adalah komponen penting untuk strategi pemasaran hotel karena kenyataan bahwa para wisataean tidak hanya berpikir ulang oleh hal-hal tertentu (seperti pemberitahuan telepon pop-up atau bayi yang menangis), tetapi pada kenyataan bahwa ada ratusan pilihan lain yang dapat mereka pilih

Dengan remarketing, Anda dapat menurunkan tingkat pengabaian Anda dan menutup lebih banyak pemesanan dengan menampilkan iklan bergambar yang menarik kepada orang-orang yang baru-baru ini mengunjungi situs Anda, untuk mengingatkan mereka bahwa Anda ada di sana dan mengarahkan mereka melalui proses.

Coba tunjukkan pada mereka bahwa hotel Anda memiliki banyak kelebihan daripada pesaing Anda, dan buat proses pemesanan semudah mungkin. Remarketing bisa Anda konfigurasikan melalui Iklan Google dan platform sosial termasuk Facebook.

3. Pastikan Anda Menargetkan Audiens yang Tepat

Apa jenis hotel yang Anda pasarkan, dan siapa target pasar Anda? Perlu ada strategi yang berbeda bagi pemilik hotel di daerah puncak dibandingkan dengan Ritz Carlton di daerah sudirman, jelas ini berbeda.

Orang-orang ini memesan secara berbeda, bepergian dengan cara berbeda, dan memiliki anggaran berbeda. Itu sebabnya alat seperti penargetan pendapatan akan berguna. Meskipun ini mungkin tampak jelas, ada cara lebih lanjut untuk memecah audiensi Anda ketika datang ke pemasaran hotel Anda.

Banyak hotel memiliki beragam pelanggan dengan tingkat pendapatan yang berbeda, karena mereka mungkin menawarkan kamar-kamar di sisi yang lebih mewah (seperti kamar presiden suit) dan kamar-kamar lain yang sering dijual dengan harga diskon.

Kedua audiens ini perlu dipecah dan ditargetkan secara terpisah. Bahkan ada perbedaan untuk jaringan hotel yang sama di lokasi yang berbeda. Semua hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat menyusun kampanye pemasaran Anda.

Jika perlu, Anda mungkin perlu membagi audiens menjadi dua, tiga, atau bahkan empat kampanye terpisah untuk memastikan Anda mengirim pesan yang tepat ke prospek yang tepat. Pastikan Anda menghabiskan waktu untuk mendefinisikan audiens Anda sehingga Anda dapat membuat pesan yang tepat untuk orang yang tepat pada waktu yang tepat!

4. Alokasikan Lebih Banyak Anggaran Pemasaran Selama Masa Ramai

Jika Anda memiliki hotel di daerah punca Bogor, musim pemesanan yang ramai mungkin ada pada saat liburan sekolah tiba. Sebagai seorang pelaku bisnis hotel, kemungkinan besar sepenuhnya Anda menyadari kapan musim pemesanan sedang ramai.

Tapi sudahkah Anda memikirakan perihal menyangkut penganggaran iklan? Akan lebih masuk akal untuk menghabiskan lebih banyak anggaran tahunan Anda pada saat tersibuk Anda.

Cari tahu kapan segala sesuatunya sibuk, stabil, dan lambat, kemudian sesuaikan anggaran Anda. Ini seringkali memerlukan perencanaan ke depan, tetapi Google dan platform iklan lainnya membuatnya cukup mudah untuk menyesuaikan anggaran Anda secara berkelanjutan. Pastikan Anda benar-benar melakukan ini!

Hal lain yang dapat dimanfaatkan adalah penjadwalan iklan. Kapan orang biasanya memesan perjalanan mereka? Mungkin Anda menjalankan hotel yang sering dikunjungi pada pebisnis; orang-orang ini cenderung memesan lebih banyak selama jam kerja dibandingkan dengan orang-orang yang bepergian untuk liburan yang lebih mungkin memesan pada malam hari atau akhir pekan.

5. Berikan Insentif untuk Membuat Orang Tertarik

Mengapa saya harus tinggal di hotel Anda yang berada di pedalaman sedangkan ada hotel yang lebih strategis dengan harga lebih baik? Hotel Anda perlu memiliki alasan yang mengarahkan prospek untuk memilih Anda daripada kompetitor Anda.

Jika tidak ada alasan yang jelas, seperti memiliki harga terendah atau ulasan terbaik, lakukan brainstorming beberapa insentif dan penawaran unik yang dapat Anda berikan kepada calon pelanggan. Misalnya, Anda dapat menawarkan diskon 15% untuk semua tamu pertama kali.

Insentif juga bagus untuk strategi pemasaran hotel dan menciptakan rasa urgensi untuk memacu orang untuk memesan dengan Anda sebelum mereka kehilangan tawaran waktu terbatas khusus.

Lihat contoh di bawah ini untuk hotel mewah di San Juan, Puerto Riko. Mereka menyediakan seluruh area situs web mereka untuk penawaran khusus. Yang di bawah ini menunjukkan kesepakatan untuk diskon 30% ketika menginap dua malam atau lebih, diskon 15%, dan akses 24 jam ke pusat kebugaran mewah mereka. Tidak buruk bukan?

pemasaran hotel 2

6. Bangun Kemitraan Lokal

Hotel Anda tidak terletak di tengah gurun. Kemungkinan besar Anda dikelilingi oleh bisnis dan tempat wisata lokal. Baik itu restoran terkenal, toko, atau studio yoga, Anda perlu mengenal tetangga Anda. Berteman dengan pemilik bisnis lokal adalah cara yang bagus untuk membangun kemitraan dan saling mempromosikan, terutama jika Anda memasarkan hotel butik daripada rantai.

Misalnya, Anda dapat bermitra dengan tempat perkebunan teh dan mengadakan kontes di mana pemenang mendapat tur tempat pembuatan teh gratis dan mencicipi teh bersama dengan potongan harga selama menginap di hotel Anda. Membangun hubungan ini akan mengarah pada pemasaran yang mudah, efektif, dan terjangkau yang pasti akan meningkatkan tarif pemesanan Anda.

7. Jangan Hanya Memasarkan Hotel, Pasarkan Daerah Anda

Banyak wisatawan saat ini masih bimbang apakah kota di mana hotel Anda berada adalah tempat di mana mereka ingin menghabiskan waktu berharga mereka. Inilah sebabnya mengapa Anda tidak harus hanya berfokus pada fasilitas yang ditawarkan hotel Anda.

Selain mempromosikan layanan kamar dan kolam renang hotel Anda,  penting juga untuk mempromosikan lokasi Anda. Apa yang membuat kota Anda menjadi tempat yang diinginkan untuk dikunjungi? Wisatawan ingin mengetahui hal ini.

Lihatlah contoh bagus dari banyak hotel di kota jember. Daripada semata-mata mempromosikan fasilitas hotel  mereka, mereka juga mempromosikan kejadian lokal dengan menargetkan khalayak penonton festival tertentu, seperti jember fashion carnaval.

Kemungkinan strategi ini telah membantu mereka menarik penggemar festival yang bahkan tidak menganggap jember sebagai pilihan liburan. Manfaatkan atraksi dan acara lokal dalam pemasaran Anda, dan promosikan apa yang terkenal dengan kota Anda!

8. Pastikan Situs Web Anda Sederhana dan Menakjubkan

Meskipun ini mungkin tampak klise, ada begitu banyak situs web hotel di luar sana yang malas dalam mendesain situs web mereka, padahal ini adalah langkah penting pada strategi pemasaran hotel Anda.

Jika situs web Anda tidak sederhana dan menarik, lalu bagaiman lokasi hotel Anda? Situs web sering kali merupakan kesan pertama yang dimiliki seseorang tentang hotel Anda, jadi Anda perlu membuatnya mempesona, tetapi juga dapat digunakan. Itu berarti sederhana dan mudah bagi pengguna dari berbagai jenis perangkat untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan serta menyelesaikan reservasi.

Saat merombak situs web Anda, fokuslah untuk menjaga desain dan navigasi tetap bersih, segar, dan sederhana. Pastikan foto hotel Anda profesional, beresolusi tinggi, dan ditampilkan dalam format dan rasio yang benar agar berfungsi baik untuk desktop maupun seluler.

Jaga bahasa tetap jelas dan sederhana, dan pastikan proses pemesanan mudah untuk menghindari pengabaian saat pemesanan. Video juga cenderung berfungsi dengan baik karena memamerkan ruang Anda dengan cara yang lebih menyeluruh dan menarik.

pemasaran hotel 3

Istana Badrutt adalah contoh yang bagus dari situs web hotel yang mencakup semua elemen desain yang bersih dan menarik ini. Video beranda latar belakang dari daerah hotel tersebut terlihat sangat baik untuk memamerkan keindahan daerah dan hotel mereka secara bersama sama. Dalam industri visual yang demikian, penting untuk memanfaatkan keindahan di sekitar lokasi Anda.

9. Perhatikan juga Layanan Pelanggan

Pemasaran dan layanan pelanggan berjalan seiring, terutama di industri perhotelan. Jadi Anda harus memberikan layanan pelanggan yang unggul.

Langkah pertama dalam strategi pemasaran ini adalah memastikan staf Anda dipekerjakan dan dilatih dengan mentalitas yang mengutamakan pelanggan hotel. Meskipun bekerja dengan orang-orang bisa sangat menantang, selalu mengutamakan pelanggan adalah hal yang kritis.

Misalnya, pengunjung hotel Anda kesal dengan pemandangan dari kamar mereka dan tidak ada kamar terbuka lain yang tersedia. Cobalah untuk mencari tahu apakah Anda dapat memindahkan mereka selama sisa masa tinggal mereka nanti, dan untuk mengkompensasi masalah tersebut, berikan sarapan dan catatan tulisan tangan yang meminta maaf atas ketidaknyamanan ini.

Jenis-jenis tindakan ini dapat membuat dampak yang bertahan lama dan menunjukkan kepada pelanggan bagaimana Anda menilai mereka. Ketika pelanggan diperlakukan dengan sangat baik, mereka akan lebih mungkin untuk berbagi pengalaman mereka dengan orang lain, yang mengarah ke lebih banyak bisnis untuk Anda.

10. Bangun Program Loyalitas Pelanggan

Terkadang pelanggan lama Anda dapat membuat kesan terbaik untuk ulasan – jika mereka memiliki pengalaman positif di masa lalu, mengapa mereka tidak ingin kembali?

Program loyalitas pelanggan adalah strategi pemasaran hotel yang bagus untuk memastikan pelanggan kembali lagi dan lagi. Mengapa? Program-program ini dirancang untuk memberikan diskon besar dan fasilitas khusus untuk pengunjung yang kembali. Mungkin program Anda berfungsi dengan memungkinkan tamu mendapatkan poin dan mencapai level tertentu setiap tahun.

Kesimpulan

Melakukan tips untuk strategi pemasaran hotel dengan teknik yang tepat akan mendatangkan pemesanan kamar yang lebih besar. Anda harus selalu melalukan inovasi pada teknik pemasaran dan juga pelayanan pelanggan pada hotel Anda. Jika inovasi yang Anda lakukan berhasil, maka lanjutkan. Tidak perlu takut untuk mencoba hal baru pada bisnis, termasuk juga untuk pembukuan hotel Anda.

Jika hotel Anda masih menggunakan pembukuan manual yang memakan waktu, Anda bisa mencoba untuk menggunakan software akuntansi untuk efisiensi proses pembukuan dan perhitungan pajak hotel Anda.

Gunakanlah Accurate Online sebagai solusi perencanaan akuntansi yang lebih baik dan minim kesalahan. Accurate Online sendiri memiliki fitur terlengkap untuk bisnis hotel Anda seperti, fitur perpajakan, penyesuaian diskon, juga penggajian karyawan. Semua dapat Anda lakukan dalam 1 software.

Telah digunakan oleh 300 ribu pengguna dari berbagai jenis usaha dan memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 untuk kategori software akuntansi di Indonesia. Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.

Ingin mengetahui info lainnya seputar bisnis & keuangan? Silahkan baca artikel pilihan kami dibawah ini :