Apa Itu Repost? dan Bagaimana Cara Menggunakannya di IG, Twitter, dan Facebook?

Pernah membaca ini “Izin repost ya postingannya”! apa itu repost? Jika Anda sering aktif di social media, maka kalimat tadi pasti sering Anda lihat.

Social media menjadi tempat kita untuk memposting, mencari informasi, dan membagikan ulang informasi yang dirasa penting untuk diketahui banyak orang.

Salah satu kegiatan memberikan informasi tadi adalah sekilas pengertian dari apa itu repost. Seperti apa kegiatan repost di social media dan apa manfaatnya? Berikut ulasan selengkapnya.

Apa Itu Repost?

Jika kita melihat Cambridge Dictionary, repost memiliki arti sebagai suatu aktivitas yang memungkinkan penggunanya memilih suatu postingan di media sosial dengan tujuan disebarkan secara lebih luas.

Cara melakukan aktifitas apa itu repost sebenarnya sangat mudah dipahami. Namun, cara melakukan repost di setiap media sosial bisa jadi agak berbeda.

Misalnya, untuk repost di Instagram, caranya agak sedikit berbeda dengan repost di Twitter. Namun intinya sama-sama melakukan repost atau melakukan posting ulang.

Baca juga: 10 Jenis Media Sosial Untuk Mempromosikan Produk dan Layanan Anda

Mengapa Orang Melakukan Repost?

Pada umumnya, penyebab orang melakukan repost di sosial media, karena kesukaan yang dia rasakan terhadap suatu benda atau orang yang terdapat dalam suatu konten tersebut.

Dalam dunia bisnis, repost dilakukan sebagai suatu strategi pemasaran, agar produk atau jasa yang sedang ditawarkan menjadi laku keras di pasaran.

Para pemilik bisnis online yang telah mendapatkan testimoni dari para pelanggannya, biasanya akan melakukan apa itu repost di sosial media lapak mereka.

dengan begitu, calon pelanggan baru nantinya akan melihat repost tersebut dan mulai penasaran dengan produk atau jasa yang ditawarkan tersebut.

Baca juga: Social Media Campaign dan Peran Pentingnya dalam Meningkatkan Brand Awareness

Manfaat Repost untuk Brand

Dalam lingkup bisnis, melakukan apa itu repost ternyata merupakan salah satu strategi pemasaran yang penting. Ini merupakan metode untuk memberikan lebih dari sekedar keuntungan.

Melakukan repost di social media, ternyata dapat meningkatkan engagement pelanggan terhadap suatu produk atau jasa.

Apa itu repost juga juga menjadi bagian dari social media marketing yang berpengaruh positif terhadap naiknya penjualan produk atau jasa tertentu.

  • Selain itu, apa itu repost juga memiliki manfaat lainnya untuk bisnis yaitu:
  • Dapat meningkatkan jumlah traffic website dengan cepat
  • Mampu meningkatkan nilai ROI
  • Sangat bermanfaat untuk mendatangkan prospek baru
  • Lebih hemat dalam hal biaya

Baca juga: Apa Itu Social Media Influencer? Berikut Pengertian, Jenis dan Tips Memilihnya

Cara Melakukan Repost Sosial Media

Sebelum membahas mengenai cara melakukan apa itu repost di sosial media, sebaiknya kenali dulu jenis sosial mediannya.

Jika Anda lebih sering membuka instagram, maka pastikan Anda juga memahami prosedur yang harus dilakukan ketika melakukan apa itu repost.

Lalu bagaimana cara melakukan repost di sosial media? Semua ini tergantung dari platform mana yang akan dipilih. Berikut ulasannya:

1. Repost di Facebook

Facebook merupakan salah satu social media yang populer di Indonesia. lewat fb kita bisa memposting foto dan juga melakukan repost. Seperti apa itu repost di Facebook, begini cara melakukannya:

  • Log in ke aplikasi Facebook dengan akun Anda yang aktif
  • Pilih dan tentukan postingan mana yang akan di repost
  • Cari tombol share yang terletak di bawah postingan tersebut
  • Pilih “Share this status” untuk apa itu repost yang berbentuk kotak teks

Anda juga bisa mengatur tentang siapa saja yang bisa melihat repost tersebut. Pilih “custom”, lalu pilih “share the status” di bawah postingan tersebut

2. Repost di Twitter

Social media berikutnya adalah Twitter, dimana Anda juga bisa melakukan repost dengan mudah dan sebanyak- banyaknya. Istilah apa itu repost di twitter adalah “retweet”. Berikut ini cara melakukan retweet di aplikasi Twitter:

  • Lakukan log in ke Twitter dengan twitter akun yang aktif
  • Pilih postingan mana yang akan di retweet. Biasanya postingan-postingan viral sudah banyak di retweet dan akan di RT kembali
  • Klik icon RT atau Retweet, berbentuk kotak di bawah postingan
  • Secara otomatis, tweet yang Anda pilih akan menjadi retweet dan muncul di profil twitter Anda

3. Repost di Instagram

Berbeda dengan facebook dan Twitter yang banyak merepost kalimat atau teks, Instagram lebih memungkinkan kita melakukan apa itu repost gambar. Berikut cara untuk melakukan repost di Instagram:

  • Pilih foto atau video yang akan di repost di bagian feed Instagram kalian
  • Lihat di bagian bawah post ikon yang bergambar pesawat. Letaknya berada di sebelah ikon like dan comment
  • Akan muncul beberapa opsi repost, dan Anda bisa memilih opsi “Add post to your story” klik saja
  • Kemudian akan muncul tampilan Instagram story dengan nisi apa itu repost gambar yang Anda pilih tadi
  • Kalian bisa melakukan editing sebelum di repost, seperti menambahkan teks, gift, gambar, dan lain sebagainya.
  • Kemudian pilih “Send to” dan pilih “your story”, gambar tersebut akan di repost di Instagram story Anda
  • Selain itu, Anda juga bisa melakukan apa itu repost secara langsung di Instagram. Caranya cukup buka DM “direct message” IG Anda, lalu pilih postingan yang dikirim ke DM Anda.
  • Klik “Add to your story” dan lakukan editing seperti langkah awal sebelumnya
  • Kemudian klik “send to” lalu pilih “your story” maka postingan tersebut langsung muncul di story Anda

Baca juga: Social Media Management: Pengertian dan Pentingnya dalam Bisnis

Perbedaan Repost dan Share

Apakah kata repost dan share memiliki arti yang sama? Keduanya merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang artinya cukup berbeda satu sama lain.

Orang yang melakukan repost adalah orang yang sudah ingin membagikan suatu informasi yang dirasa akan related dengan kehidupan banyak orang.

Sedangkan share yang juga terdapat di social media, merupakan kegiatan untuk memberikan suatu informasi penting kepada publik nya, dengan hanya membagikan alamat link website usahanya saja.

Baca juga: Sosial Media Marketing: Pengertian, Jenis, Strategi dan Manfaatnya

Kesimpulan

Sosial media menjadi tempat yang dirasa paling ampuh untuk memulai bisnis. Untuk memanfaatkannya, dilakukan berbagai strategi pemasaran yang maksimal untuk meningkatkan penjualan.

Salah satu strategi marketingnya adalah dengan melakukan apa itu repost di sosial media bisnis tersebut. Dengan pengelolaan secara rutin, maka bisnis akan semakin mudah berkembang.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan laporan keuangan untuk melihat setiap progres usaha yang dijalankan. Untuk hal ini, tidak usah lagi membuat laporan keuangan manual, karena telah hadir software akuntansi dan bisnis khusus untuk para pengusaha.

Dengan dilengkapi fitur yang memudahkan dalam pembuatan pencatatan keuangan, pembuatan laporan keuangan bisnis Anda bukan lagi masalah besar.

Segera beralih ke Accurate online dan coba aplikasinya sekarang juga selama 30 hari kedepan melalui tautan berikut ini.Tips dan Panduan Akuntansi Real Estate