Yuk, Maksimalkan Bio Instagram Untuk Akun Bisnis yang Lebih Menarik!

Penulisan bio instagram seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Tak masalah sebenarnya apabila hanya untuk akun pribadi. Tapi, akan menjadi krusial apabila diterapkan pada akun bisnis.

Bio adalah hal pertama yang dilihat oleh pengunjung akun instagram kita. Dalam ranah bisnis, bio merupakan salah satu cerminan keseriusan dalam membangun komunikasi dengan pelanggan ataupun mengenalkan produk sebelum mereka melihat lebih lanjut konten yang ada.

Seperti halnya yang diberitakan oleh Forbes, dalam 7 detik saja otak manusia mampu menyimpulkan kesan tentang orang asing yang baru ditemui, yang akan mempengaruhi keputusan dan tindakan mereka selanjutnya. Demikian juga akun instagram Anda yang tergolong sebagai “orang asing” di mata para pengunjung akun.

Karena itu, penting rasanya untuk mengetahui bagaimana cara menulis bio instagram yang baik guna menarik pelanggan lebih banyak. Artikel dibawah ini akan menguraikan beberapa tips dan langkah yang bisa dilakukan untuk itu.

Namun sebelumnya, mari bahas terlebih dahulu apa saja manfaat yang bisa didapatkan lewat penulisan bio instagram yang maksimal bagi bisnis Anda.

Manfaat Bio Instagram Bagi Bisnis

Penulisan bio instagram yang baik akan memberikan beberapa manfaat bagi bisnis yang Anda jalani. Adapun beberapa manfaat tersebut meliputi:

1. Pengunjung Menyadari Siapa dan Apa Produk Anda

Bio adalah ringkasan jawaban dari pertanyaan “siapa Anda”, “mengapa Anda berada di sini”, dan “produk apa yang bisnis Anda tawarkan”. Dengan menuliskan profil bisnis pada bio, pertanyaan di atas tentu akan memudahkan pengunjung dalam menyadari dan menyimpulkan secara singkat.

2. Menarik Minat Pengunjung

Ketika pengunjung menemukan bio instagram Anda menarik, mereka akan mengambil keputusan selanjutnya, setidaknya untuk melihat lebih lanjut isi dan konten yang ada atau bahkan mengikuti akun instagram Anda.

3. Memudahkan Menarik Pengunjung ke Link Tertentu

Menaruh link di bio adalah salah satu strategi yang memungkinkan Anda meningkatkan traffic website sekaligus mempermudah audiens dalam mengenal produk yang Anda tawarkan.

Baca juga: Insight Instagram: Ini Pengertian, Fitur, dan Manfaatnya

Cara Membuat Bio Instagram yang Menarik

Menulis bio instagram mungkin terlihat mudah. Nyatanya, hal ini membutuhkan strategi dan kreativitas. Terlebih karena terbatasnya ruang untuk menulis yang hanya 150 karakter. Mengharuskan Anda untuk menulis secara ringkas, jelas, namun tetap menarik. Berikut ini beberapa cara dan tips yang bisa dilakukan untuk hal tersebut.

1. Tunjukkan Sisi Orisinil Bisnis

Profil instagram bisnis yang baik akan menggambarkan secara akurat bisnis yang Anda lakukan, serta keahlian atau layanan apa yang bisa bisnis Anda berikan. Pada bagian ini, Anda bisa menuliskan sisi orisinil bisnis Anda dengan penyampaian yang unik dan menarik.

2. Atur Struktur Bio

Struktur bio yang baik setidaknya harus menjelaskan secara singkat tentang profil perusahaan, merek, atau produk. Bisa juga dengan mencantumkan visi dari bisnis yang dijalankan.

Baca juga: Instagram Ads Adalah: Pengertian dan Cara Lengkap Membuat Instagram Ads

3. Gunakan Kata Kunci yang Relevan

Penggunaan kata kunci dan hashtag yang relevan memudahkan audiens dalam menemukan yang mereka cari. Hal ini pun meningkatkan peluang bisnis yang lebih on target dan peluang mendapatkan followers baru.

4. Sertakan Informasi Kontak

Menyertakan informasi kontak dalam bio adalah wajib hukumnya untuk dilakukan. Bayangkan bila pengunjung tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Namun, karena tidak ada informasi kontak lebih lanjut, mereka bingung dan merasa kesulitan untuk menghubungi Anda.

Untuk itu, cantumkan informasi seperti alamat email, nomor kontak, atau keterangan lain apabila cukup dengan menghubungi via direct message (DM).

5. Cantumkan Link Aktif

Dengan mencantumkan link, Anda bisa mempromosikan dan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Karena dapat diganti sewaktu-waktu, Anda juga bisa mencantumkan hal terbaru dari bisnis Anda, baik berupa konten ataupun campaign tertentu.

6. Pertimbangkan Untuk Menambahkan Emoji

Dengan karakter yang terbatas, emoji bisa menjadi pertimbangan untuk menyampaikan maksud tujuan yang ingin Anda sampaikan. Dalam hal ini, biasanya emoji yang sering digunakan ialah untuk mewakili informasi kontak. Di saat yang sama, emoji juga mampu membentuk dan menciptakan karakter dari perusahaan atau brand Anda.

Baca juga: Apa Itu Template Instagram Story? Ini Pengertian, Cara Kerja, dan Keuntungannya

Penutup

Berdasarkan uraian di atas, kini diketahui bahwa bio instagram termasuk dalam hal yang perlu diperhatikan, khususnya bagi para penggiat bisnis dan usaha. Melalui bio, pebisnis dapat menggambarkan secara singkat bisnis apakah yang mereka jalani dan produk atau jasa apakah yang ditawarkan.

Bio instagram yang baik juga akan memudahkan calon pelanggan dalam memutuskan tindakan selanjutnya. Entah dengan melanjutkan melihat-lihat konten yang ada, menjadi followers baru, atau bahkan menghubungi lebih lanjut karena tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Karena itu, cobalah untuk mulai memperhatikan dan menerapkan penulisan bio instagram yang lebih baik dan menarik.

Bersamaan dengan itu, Anda juga bisa mengoptimalkan pencatatan keuangan dan bisnis yang Anda lakukan. Anda bisa mulai beralih dari metode konvensional ke metode yang lebih modern. Salah satunya dengan menggunakan software akuntansi dan bisnis, seperti Accurate Online.

Accurate Online menyediakan layanan pengelolaan keuangan dan bisnis yang lebih cepat, akurat, dan otomatis. Terdapat lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang terbukti mampu membantu pebisnis mencapai kesuksesannya.

Di dalamnya, juga terdapat berbagai fitur dan keunggulan yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja. Jika Anda tertarik untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari, silahkan klik banner di bawah ini.Tips dan Panduan Akuntansi Real Estate