Facebook Fanpage adalah Halaman Bisnis yang Disediakan oleh Facebook, Apa Saja Fiturnya?

Kepemilikan Facebook Fanpage akan membawa bisnis pada sebuah peningkatan. Pasalnya, Facebook Fanpage adalah media sosial dengan basis pengguna yang sangat besar sehingga memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Singkatnya, Facebook Fanpage adalah laman khusus yang disediakan Facebook untuk mendukung pemasaran sebuah bisnis melalui media sosial. Fitur-fitur di dalamnya ditujukan untuk memaksimalkan performa konten ataupun akun secara keseluruhan.

Untuk lebih memahaminya, artikel berikut ini akan membahas mengenai apa itu Facebook Fanpage, fitur yang disediakannya, serta manfaat penggunaannya.

Apa Itu Facebook Fanpage?

Facebook Fanpage adalah halaman yang secara khusus menyajikan informasi mengenai sebuah bisnis atau brand. Berbeda dengan Facebook personal yang ditujukan untuk kegiatan bersosial media, Facebook Fanpage ditujukan untuk keperluan bisnis dan pengelolaan media sosial secara profesional.

Facebook Fanpage biasanya digunakan untuk mengenalkan produk, mengedukasi konsumen tertarget, menambah engagement, hingga melakukan hard selling. Karena itu, konten yang dimasukkan dalam Facebook Fanpage cenderung lebih tertata dan sistematis untuk menimbulkan kesan profesional di mata audiens.

Baca juga: Guest Blogging dan Manfaatnya Bagi Brand

Fitur Facebook Fanpage

Fitur pada Facebook Fanpage ditujukan untuk mendukung kegiatan promosi bisnis secara digital. Beberapa fitur tersebut meliputi fitur insight, fitur post schedule, dan fitur call to action.

1. Fitur Insight untuk Mengetahui Audiens

Fitur pertama yang disediakan oleh Facebook Fanpage adalah fitur insight yang dapat digunakan untuk mengetahui target audiens. Fitur ini bekerja dengan memperlihatkan performa konten serta akun, yang meliputi demografi pengunjung, waktu aktif, serta konten yang paling diminati pengunjung. Dengan menggunakan data tersebut, pemilik akun dapat memaksimalkan produksi konten agar lebih sesuai dengan target audiens.

2. Fitur Penjadwalan Post

Facebook Fanpage juga menyediakan fitur penjadwalan post atau post schedule. Fitur ini memungkinkan pengelola akun untuk membuat konten di waktu dini namun dapat diunggah pada waktu di mana audiens sedang aktif. Hal ini meningkatkan kemungkinkan interaksi yang terjadi di antara konten dengan audiens.

3. Fitur Call to Action

Fitur lain yang disediakan oleh Facebook Fanpage adalah fitur untuk melakukan call to action. Fitur ini dapat ditambahkan di setiap unggahan yang ingin dibagikan dan akan sangat membantu meningkatkan traffic di platform lain yang terhubung, entah itu YouTube, website, ataupun halaman marketplace.

Baca juga: Customer Centric: Pengertian dan Manfaatnya pada Bisnis

Manfaat Facebook Fanpage Bagi Bisnis

Berdasarkan fitur yang dimilikinya, penggunaan Facebook Fanpage membawa sejumlah manfaat bagi bisnis, yakni meliputi:

1. Ramah SEO

Manfaat pertama yang dirasakan dari penggunaan Facebook Fanpage adalah ramah SEO sehingga mudah terindeks oleh mesin pencari. Facebook Fanpage bahkan sering menjadi urutan pertama di Search Engine Result Page (SERPs), yang mana hal ini akan sangat membantu pemilik bisnis dalam membuat konten yang ramah SEO.

2. Membantu Menemukan Target Pasar yang Tepat

Fitur yang disediakan oleh Facebook Fanpage dapat membantu pengelola akun dalam membaca konsumen yang sesuai dengan produk. Fitur tersebut juga akan mempertemukan produk dengan konsumen secara lebih tertarget. Dengan begitu, kemungkinan transaksi akan lebih tinggi.

3. Membangun Kesan Profesional dan Terpercaya

Memiliki sebuah laman khusus yang menyajikan informasi mengenai sebuah produk bisnis akan membangun kesan profesional dan terpercaya. Sebab, perusahaan memudahkan konsumen untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan, mulai dari produk hingga kontak perusahaan.

4. Memudahkan untuk Terhubung dan Mendapatkan Feedback dari Konsumen

Facebook Fanpage memungkinkan konsumen untuk menghubungi produsen secara lebih mudah, yakni melalui kolom komentar atau pesan pribadi. Dalam hal ini, konsumen dapat menanyakan informasi seputar produk ataupun memberikan feedback yang dapat meningkatkan visibilitas Fanpage.  

5. Meningkatkan Peluang untuk Viral

Facebook Fanpage adalah media yang tepat untuk mengkampanyekan sebuah produk. Ia memungkinkan kampanye tersebar secara luas dan dapat menjadi viral sehingga dapat mendorong peningkatan jumlah penggemar dan mengoptimalkan penjualan.

6. Memungkinkan Pengguna untuk Terhubung dengan Banyak Penggemar

Facebook Fanpage memungkinkan pemilik akun untuk dapat terhubung dengan penggemar atau fans dalam jumlah tidak terbatas. Hal ini jauh lebih menguntungkan dibandingkan penggunaan Facebook personal yang memiliki batas maksimal sebanyak 5000 pertemanan.

Baca juga: Branded Content Adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaat Penggunaannya

Penutup

Facebook Fanpage adalah media yang tepat untuk mempromosikan bisnis melalui media sosial. Dibandingkan media sejenis seperti Instagram, Facebook Fanpage memiliki jumlah pengguna yang lebih banyak. Fitur di dalamnya juga ditujukan untuk mendukung performa konten yang dibagikan maupun akun secara keseluruhan.

Pengelola akun bahkan dapat menggunakan Facebook Ads untuk menjangkau lebih banyak audiens secara tertarget. Tentunya, penggunaan Facebook Ads ini dikenakan biaya yang besarannya tergantung pada durasi pemasangan iklan.

Jika Anda menggunakan fitur iklan ini, jangan lupa untuk mencatat biaya pengeluaran ke dalam pembukuan. Untuk memudahkan prosesnya, Anda bisa menggunakan software akuntasi dan bisnis bernama Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap dan mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Anda juga bisa mengaksesnya kapan saja serta di mana saja sehingga dapat memantau pekerjaan dan arus keuangan secara fleksibel.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online juga telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia. Anda tertarik untuk menggunakannya?

Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.