Guest Blogging dan Manfaatnya Bagi Brand

Dunia content marketing saat ini dipenuhi oleh berbagai strategi yang kian variatif. Salah satunya yang cukup unik dan menarik adalah strategi guest blogging.

Strategi guest blogging memungkinkan pemilik blog untuk bekerja sama dengan orang lain demi keuntungan bersama. Lantas, bagaimana bentuk dari kerjasama ini?

Artikel berikut akan menjawab pertanyaan tersebut melalui uraian terkait pengertian, manfaat, dan tips guest blogging yang baik.

Apa Itu Guest Blogging?

Sesuai namanya, guest blogging atau guest post adalah sebuah post yang ditulis oleh penulis tamu, bukan oleh pemilik blog. Dengan kata lain, Anda akan menjadi penulis tamu dan mengunggah konten yang telah dibuat ke website milik orang lain.

Guest post merupakan bagian dari content marketing dan search engine optimization (SEO). Teknik ini dilakukan untuk meningkatkan nilai domain dan SEO sebuah situs, serta untuk meningkatkan kredibilitas dan awareness.

Guest post merupakan hal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Sebagai guest blogger, Anda bisa mempromosikan brand Anda. Sementara, situs yang menjadi host guest post akan mendapatkan konten yang berkualitas.

Guest post sendiri pun terbagi menjadi dua jenis, yakni berbayar dan tidak berbayar. Guest post berbayar artinya penulis tamu perlu membayar sejumlah biaya kepada pemilik blog. Sedangkan guest post tidak berbayar berarti penulis tamu bisa mempublikasi tulisan secara gratis atau tanpa biaya apapun.

Baca juga: Branded Content Adalah: Pengertian, Karakteristik, dan Manfaat Penggunaannya

Manfaat Guest Blogging

Seperti telah disinggung sebelumnya, guest blogging merupakan teknik pemasaran yang membawa sejumlah manfaat atau keuntungan, baik bagi penulis tamu maupun pemilik situs.

1. Bagi Penulis Tamu

Penulis tamu dapat sekaligus mempromosikan bisnis atau brand-nya melalui konten yang dibuat dan diunggahnya. Mereka pun bisa memasukkan link yang menuju ke website miliknya sendiri sehingga lebih menguntungkan. Secara keseluruhan, berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh penulis tamu dalam hal guest post.

  • Tempat untuk mempromosikan bisnis
  • Menjangkau lebih banyak audiens
  • Meningkatkan brand awareness dari bisnis yang dipromosikan
  • Mendapatkan backlink dan menaikkan domain authority score
  • Menambah traffic ke website milik sendiri
  • Menaikkan peringkat artikel atau website di mesin pencari
  • Membangun kepercayaan dan reputasi bisnis

2. Bagi Pemilik Situs

Bagi pemilik situs, konten yang diunggah oleh penulis tamu bisa memberikan kontribusi terhadap kinerja website. Selain itu, mereka akan mendapatkan beberapa manfaat lain yang meliputi:

  • Mendapatkan stok konten terbaru
  • Meningkatkan jumlah pengunjung website
  • Menambah topik pembahasan di situs menjadi semakin luas
  • Membangun relasi bisnis
  • Meningkatkan popularitas website
  • Menambah penghasilan apabila terdapat guest blogger berbayar

Baca juga: Digital Public Relation: Strategi Ampuh Untuk Meningkatkatkan Performa Bisnis

Tips Guest Blogging yang Baik

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda perlu melakukan guest blogging dengan baik dan benar. Bagaimana caranya? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

1. Tetapkan Tujuan

Anda perlu mengetahui dan menetapkan tujuan mengapa Anda melakukan guest post. Hal ini akan membantu Anda dalam membuat konten yang tepat dan sesuai dengan tujuan, entah itu untuk menaikkan traffic website milik sendiri, memperbanyak leads, atau meningkatkan brand awareness.

2. Pilih Situs yang Tepat

Strategi guest post akan efektif apabila Anda mengunggah konten pada situs yang tepat. Karena itu, cari dan pilihlah situs dengan reputasi baik dan memiliki kemungkinan untuk Anda dapat menaikkan traffic serta brand awareness bisnis Anda.

3. Tentukan Topik

Dalam guest post, pemilihan topik sangatlah penting karena akan memengaruhi konten yang akan Anda produksi. Anda dapat menentukan topik dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti nilai tambah positif yang ingin dicapai, topik yang sedang tren secara umum, hingga topik yang populer di situs tujuan.

4. Buat Konten yang Berkualitas

Jika topik telah ditentukan, yang tinggal Anda lakukan adalah membuat konten sesuai dengan yang telah disepakati. Rancang konten sebaik dan semenarik mungkin agar Anda dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Anda juga bisa menyisipkan link ke post lain di situs tersebut, link ke konten situs Anda yang relevan, atau link ke situs publikasi yang terpercaya.

Lakukan proofreading agar penulisan sesuai dengan ketentuan dari situs dan pastikan pula SEO konten telah optimal.

Baca juga: Black Hat SEO dan Ragam Jenis Tekniknya yang Harus Dihindari

Kesimpulan

Guest blogging adalah strategi content marketing yang cukup sederhana untuk diterapkan. Meski begitu, ia membawa sejumlah manfaat bagi brand seperti meningkatkan traffic website dan membangun kredibilitas serta brand awareness.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, Anda harus menyiapkan strategi guest blogging yang tepat. Salah satunya dengan memperhatikan situs yang akan dipilih. Di mana dianjurkan untuk memilih situs dengan reputasi dan traffic yang baik.

Apabila Anda memiliki budget lebih, Anda juga bisa memilih situs yang dirasa paling kredibel. Dalam hal ini, jangan lupa untuk mencatat pengeluaran Anda ke dalam pembukuan. Untuk mempermudah proses ini, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis seperti Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online juga telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia. Tertarik untuk menggunakannya?

Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.