Tingkatkan SEO Off Page Anda dengan 5 Cara Luar Biasa Ini!

oleh | Feb 24, 2023

source envato.

Tingkatkan SEO Off Page Anda dengan 5 Cara Luar Biasa Ini!

Jika Anda merasa bahwa SEO On Page Anda sudah cukup dan menjadi bingung karena website Anda belum menjadi nomor satu di Search Engine Google, maka Anda memerlukan SEO Off Page. SEO Off page adalah suatu optimasi yang fokus pada dukungan eksternal untuk website.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang penjelasan lengkapnya, Anda bisa membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu SEO Off Page?

accurate.id Gambar SEO Off Page1

Berdasarkan laman MOZ, SEO Off Page adalah optimasi SEO yang dilakukan dari luar website. Optimasi ini akan mendukung kegiatan SEO On Page yang fokus utamanya adalah internal website.

Untuk bisa menerapkan teknik ini, Anda harus bisa menggunakan beberapa platform, dari mulai media sosial, website lain, sampai dengan forum online.

Sederhananya, SEO Off Page tidak cukup hanya dengan melakukan link building saja.

Baca juga: Ingin Lebih Cepat Diproses Index Google? Lakukan 7 Cara Mudah ini!

Bagaimana Cara Melakukan Optimasi SEO Off Page?

accurate.id Gambar SEO Off Page2

Untuk bisa melakukan teknik SEO Off Page, Anda bisa melakukan lima teknik di bawah ini:

1. Jalankan Link Building

Link building adalah cara melakukan optimasi Seo Off Page paling utama. Link building adalah kegiatan untuk bisa memperoleh link dari situs website lain atau yang dikenal dengan backlink.

Backlink adalah salah satu faktor utama penilaian Google karena banyaknya link dari berbagai situs yang relevan akan menunjukkan bahwa website tersebut adalah sumber yang valid atau terpercaya.

Bahkan, jumlah backlink Ā dalam suatu website akan membuat website tersebut mampu menduduki posisi teratas di mesin pencarian Google.

Sebuah website yang berada pada halaman pertama Google setidaknya mempunyai 3,8 backlink yang lebih banyak daripada halaman kedua atau seterusnya.

Tapi sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa backlink yang Anda pasang memang berkualitas. Jika Anda memasang banyak backlink namun tidak berasal dari website yang relevan atau website berkualitas rendah, maka Google akan menganggapnya sebagai spam.

2. Tingkatkan EAT

Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness, adalah salah satu indikator suatu website, sesuai dengan Search Quality Evaluator.

Dengan adanya EAT, maka Google mengetahui bagaimana harus mempercayai suatu situs. Itu artinya, Google akan bisa memastikan bahwa hasil pencarian yang ditampilkan olehnya memang yang terbaik dan juga paling akurat.

EAT menjadi salah satu faktor SEO Off Page paling penting, karena saat ini Google semakin gencar dalam memerangi hoax di mesin pencariannya.

Selain itu, nilai jual utama dari Google adalah memberikan hasil pencarian yang cepat dan juga akurat. Jika Google tidak bisa memenuhi hal tersebut, maka orang lain akan meninggalkannya dan akan secara beralih ke mesin pencarian lain.

3. Perhatikan Local SEO

Jika Anda memiliki website bisnis, maka local SEO juga harus bisa Anda manfaatkan. Local SEO adalah metode dalam menampilkan bisnis Anda di pencarian lokal Google.

Strategi yang satu ini akan memudahkan pelanggan dalam menemukan bisnis Anda, karena akan menampilkan nama lengkap bisnis Anda beserta alamat dan kontaknya.

Selain itu, local SEO juga akan memungkinkan para pengunjung memberikan rating pada pelayanan dan juga produk bisnis Anda.

Dengan adanya indikator ini, maka Google akan semakin yakin dalam merekomendasikan bisnis Anda ke banyak orang, dan Anda pun akan memperoleh pengunjung yang lebih banyak.

Baca juga: Mengenal SEO On Page dan 2 Perbedaan Mendasarnya dengan SEO Off Page

4. Tingkatkan Engagement di Media Sosial

Perlu Anda ketahui bahwa mempromosikan konten website di media sosial bisa memberikan efek tidak langsung pada SEO Off Page Anda. Namun, Anda harus memiliki jumlah engagement rate yang tinggi.

Masih berdasarkan laman Moz, semakin tinggi engagement rate pada suatu post, maka akan semakin tinggi juga ranking Anda di mesin pencarian.

Karena, saat audiens menganggap bahwa konten Anda menarik dan bermanfaat, maka engagement pada konten tersebut akan tinggi.

Kegiatan engagement ini akan tercatat di dalam algoritma sosial media dan akan terus mendorong konten Anda dipromosikan pada pengguna lainnya.

Nah, hal tersebut sudah pasti akan juga meningkatkan tingkat popularitas website Anda. Dampaknya, Anda akan bisa memperoleh brand mention, backlink, sampai review.

5. Manfaatkan Forum Online

Teknik ini sebenarnya sudah mulai tidak digunakan. Karena, sudah banyak orang yang menyalahgunakan forum sebagai spam backlink. Jadi, malah bisa berakibat terkena pinalti dari Google.

Umumnya, para pemilik situs hanya sekedar memasukan link website setiap kali mereka membalas komentar, tanpa memerhatikan konteks disukainya. Beberapa yang lainnya ada juga yang hanya membuat topik untuk promosi website.

Jika Anda ingin tetap menggunakan media forum online, maka Anda harus memberikan link yang memang relevan dengan diskusi di forum tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menjawab pertanyaan secara aktif dan membuat berbagai post yang mengangkat isu terbaru tanpa harus selamanya berfokus pada link.

Sehingga, nantinya Anda akan dilihat sebagai seorang ahli oleh anggota lain. Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak yang positif pada popularitas website dan mereka bisa jadi akan memberikan backlink pada situs Anda juga.

Baca juga: Mengenal 10+ Jenis Keyword Dan Contoh Sederhananya

Penutup

accurate.id-Gambar-SEO-Off-Page3

Jadi, SEO Off Page adalah suatu upaya SEO yang harus Anda lakukan agar bisa memperoleh ranking teratas di Google. Beberapa upaya tersebut adalah link building, optimasi EAT, upaya local SEO, meningkatkan engagement social media, serta aktif di berbagai forum online.

Dengan menerapkan SEO off Page yang baik, maka kredibilitas situs Anda akan turut meningkat dan bisa memperoleh ranking yang tinggi di Google. Hal ini tentu akan memberikan dampak yang positif, terlebih lagi untuk Anda yang memiliki website bisnis dan penjualan. Nantinya akan semakin banyak pembeli yang berbelanja di situs Anda.

Tapi, jangan lupa juga untuk selalu mencatat setiap transaksi tersebut. Nah, Anda bisa melakukannya tanpa ribet dan buang banyak waktu dengan menggunakan Accurate Online.

Software akuntansi dan bisnis ini telah terbukti #lebihbaik karena sudah berhasil membantu ratusan ribu pebisnis dalam mencatat transaksi dan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan.

Selain itu, fitur ini juga telah terintegrasi dengan berbagai fitur bisnis luar biasa lainnya, sehingga akan semakin memudahkan Anda dalam mengelola dan mengembangkan bisnis.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya selama 30 hari, gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

8 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini šŸ™ Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait