Apple Card: Ini Pengertian dan Fiturnya

Bila Anda kurang merasa puas dengan perkembangan teknologi, maka perusahaan besar Apple mengeluarkan kartu yang disebut dengan Apple Card. Produk ini sudah diluncurkan pada musim panas tahun 2019 lalu dengan tagline “There’s never been a credit card this smart” (tidak pernah ada kartu kredit yang sepintar ini).

Lalu apa bedanya Apple Card dengan kartu kredit lainnya? Penasaran? Simak penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Pengertian Apple Card

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Apple Card adalah kartu kredit dalam bentuk virtual yang diciptakan untuk para pengguna iPhone agar mereka bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi. Kartu ini bisa dihubungkan dengan Apple Pay dan menjadi salah satu aplikasi bawaan dari iPhone, yakni wallet.

Selain itu, Apple Card pun bisa digunakan untuk melakukan transaksi di luar Apple Pay, sehingga bisa juga berguna seperti kartu kredit seperti biasanya.

Baca juga: Kartu Kredit Adalah Salah Satu Alat Pembayaran, Ini Cara Kerja dan Pencatatan Akuntansinya

Siapa yang Bisa Menggunakan Apple Card?

Perlu Anda ketahui bahwa Apple Card dibuat khusus untuk para pengguna iPhone saja. Karena, layanan ini sudah terintegrasi dengan Wallet dan hanya bisa Anda akses melalui iPhone. Jadi, tentunya Anda harus menggunakan smartphone iPhone.

Untuk cara mendaftarnya, Anda hanya harus membuka aplikasi wallet dan cara pilihan menu Apple Card. Nantinya, Anda akan dibawa pada tampilan menu antarmuka. Bila Anda sudah mengikuti setiap langkahnya, maka Anda bisa mulai menggunakan Apple Card.

Saat sudah terdaftar secara resmi, Anda bisa langsung menggunakan Apple Card untuk melakukan berbagai transaksi pembelian digital. Namun, Anda harus bisa memenuhi beberapa syarat dan ketentuan tertentu sebelum diterima menjadi pengguna Apple Card.

Baca juga: Gestun Kartu Kredit: Ini Bahaya dan Kerugiannya

Fitur Apple Card

Apple Card menawarkan banyak sekali kemudahan untuk setiap penggunanya, selain bisa melakukan transaksi digital dengan menggunakan Apple Pay, penggunanya juga akan bisa melakukan transaksi lainnya yang tidak menggunakan aplikasi tersebut.

Nah, berikut ini adalah beberapa fitur menarik dari Apple Card.

  • Catatan Pengeluaran Mingguan dan Bulanan

Jika Anda ingin mengetahui nominal pengeluaran Anda dalam kurun waktu satu minggu atau satu bulan, Anda sudah tidak perlu lagi menggunakan aplikasi tambahan ataupun membuka situs tertentu. Dengan hanya menggunakan aplikasi wallet, maka berbagai hal yang Anda perlukan ada di sana. Catatan pengeluaran selama satu minggu atau satu bulan akan ditampilkan secara detail.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui tren pengeluaran Anda. Sehingga, Anda akan lebih muda dalam mengatur pos mana saja yang harus dikurangi ataupun dipangkas.

  • Dukungan Aplikasi Maps untuk Setiap Transaksi

Kemudahan lainnya yang terdapat pada kartu kredit ini adalah adanya dukungan aplikasi maps. Jadi selain bisa mencatat jumlah dan keterangan pengeluaran, Anda juga nantinya bisa menempelkan lokasinya, seperti nama toko atau restoran, serta tempat toko tersebut berada. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi untuk apa Anda mengeluarkan banyak uang.

  • Kategori dan Kode Warna untuk Mengklasifikasikan Pengeluaran

Apple Card mampu bekerja secara cerdas dengan cara memasukkan pengeluaran di setiap pos. Anda tinggal membuat tabel khusus dan menandainya dengan warna-warna tertentu.

Jadi setiap kali Ada akan melakukan transaksi, Anda bisa memasukan transaksi tersebut di setiap label, dan Anda tidak perlu lagi menghitung nominalnya.

Baca juga: Apa itu MasterCard dan Bedanya dengan VISA?

  • Cashback Berupa Daily Cash

Pada setiap pembelian yang Anda lakukan dengan menggunakan Apple Card, maka Anda akan memperoleh pengembalian dalam bentuk daily cash. Daily cash ini nantinya akan ditambahkan di dalam ke akun Anda setiap hari dan bisa langsung Anda gunakan untuk pembelian dengan menggunakan Apple Pay.

Daily cash juga bisa Anda masukan lagi ke dalam saldo Apple cash atau dikirim ke kerabat Anda sesama pengguna Apple Card via fitur pesan.

Nominal daily cash yang akan Anda peroleh berbeda-beda, tergantung dari jenis transaksinya. Bila Anda melakukan pembelian dari toko virtual Apple, maka Anda akan memperoleh pengembalian sebesar 3%.

Bila Anda melakukan transaksi menggunakan Apple Pay, maka Anda akan memperoleh kembalian sebanyak 2%. Sedangkan bila Anda melakukan pembelian tanpa menggunakan Apple Pay, maka Anda akan memperoleh pengembalian sebanyak 1%

  • Bunga Terendah

Apple Card hadir agar bisa memberikan kemudahan untuk para penggunanya dalam melakukan transaksi tanpa adanya biaya bunga yang besar. Setiap pengguna juga tidak lagi harus menanggung biaya keterlambatan, biaya tahunan, ataupun biaya over limit.

Kartu kredit ini juga menawarkan sistem pembayaran dengan cara dicicil, yakni melakukan pembayaran selama beberapa kali dalam kurun waktu satu bulan.

  • Perlindungan Privasi dan Keamanan

Setiap nomor Apple Card yang diterbitkan iPhone akan disimpan di dalam perangkat yang disebut dengan secure element, yakni suatu chip keamanan khusus dari Apple Pay. Untuk setiap transaksi yang diperlukan, maka akan dibutuhkan otorisasi dengan menggunakan Touch ID ataupun fitur pengenalan wajah. Jadi, kartu kredit ini tidak akan bisa digunakan tanpa adanya persetujuan dari Anda.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang akan melindungi seluruh data transaksi Anda. Apple juga tidak akan bisa melacak barang apa yang sudah Anda beli, dan jumlahnya. Mereka hanya akan melacak jumlah tagihan yang harus Anda bayar secara menyeluruh.

  • Kartu Fisik Titanium

Walaupun Apple Card adalah kartu kredit virtual, namun kartu kredit ini juga tetap menyediakan Titanium Card. Setiap pengguna akan memperoleh kartu fisik, sehingga tetap bisa melakukan transaksi di berbagai tempat.

Hal yang unik dari kartu ini adalah semua bagian kartunya terbuat dari Titanium dengan ukiran nama pengguna yang dibuat dengan menggunakan laser. Namun, kartu ini tidak dilengkapi dengan info CVV, tanda tangan ataupun tanggal kadaluarsa. Sehingga bila kartunya hilang, kartu tidak akan bisa digunakan untuk melakukan transaksi.

Baca juga: CVC Adalah Kode Keamanan Kartu Kredit Yang Harus Anda Jaga, Ini Pengertiannya!

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang Apple Card. Jika Anda ingin menikmati layanan ini, maka selain harus menggunakan iPhone, Anda juga harus lebih pandai dalam mengelola keuangan, agar nantinya Anda bisa membayar tagihan secara tepat.

Nah, aktivitas mengelola keuangan ini harus bisa oleh individu dan juga perusahaan. Walaupun memang kompleks, namun Anda tetap harus melakukannya.

Namun bila Anda kesulitan, Anda tidak perlu khawatir. Karena saat ini sudah ada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online yang akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Sehingga, Anda bisa lebih fokus dalam mengerjakan hal lainnya pada bisnis Anda.

Penasaran? Silahkan klik banner di bawah ini untuk mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia