Apa Itu Bank Guarantee? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Bank guarantee atau jaminan bank adalah suatu jaminan yang diberikan oleh institusi peminjaman. Dengan adanya jaminan ini, maka pihak yang melakukan peminjaman uang memastikan bahwa debitur akan memenuhi seluruh kewajibannya.

Bank guarantee juga bisa diartikan bahwa bila pihak debitur gagal dalam melunasi utang, maka pihak bank akan bertanggung jawab secara penuh. Jaminan ini akan memungkinkan debitur untuk membeli atau meminjam sejumlah uang.

Pengertian Bank Guarantee

Dilnsir dari laman Investopedia  bank guarantee atau jaminan bank adalah kesepakatan yang mana suatu institusi peminjaman berjanji untuk menanggung seluruh kerugian bila debitur tidak mampu melunasi utangnya.

Jaminan ini akan membuat suatu perusahaan untuk membeli perlengkapan ataupun barang yang tidak mungkin diperoleh tanpa adanya pinjaman, meningkatkan kegiatan kewirausahaan, dan mendorong perkembangan bisnis.

Baca juga: Bank Umum: Definisi, Ragam Jenis, Fungsi, dan Kegiatan Usahanya

Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Jaminan Bank

Jaminan bank terbukti mampu memberikan rasa aman pada pihak yang mengajukan ataupun pihak yang menerima. Terdapat setidaknya tiga pihak yang terlibat dalam penerbitan jaminan bank, yakni:

1. Pemberi Jaminan

Bank akan bertindak sebagai pihak yang memberikan jaminan serta pihak yang menerbitkan surat jaminan pada nasabah yang mempunyai kepentingan pada hak lain.

2. Pihak yang Terjamin

Pihak yang mengajukan jaminan adalah pihak yang akan terjamin di dalam perjanjian ini. Mereka akan mengajukan dan membuat suatu permohonan jaminan pada pihak bank untuk kepentingan perjanjian dengan pihak lainnya.

3. Pihak yang Menerima Jaminan

Pihak yang menerima jaminan adalah pihak ketiga yang akan mendapatkan jaminan dari bank karena perjanjian yang dilakukan dengan pihak yang sudah mengajukan jaminan.

Mereka memiliki hak untuk mendapatkan jaminan atas risiko wanprestasi yang terjadi pada perjanjian yang telah disepakati dan juga memiliki hak untuk memperoleh ganti rugi atas kerugian yang diderita.

Namun, jaminan bank ini tidak bisa diterbitkan begitu saja. Pihak terjamin harus menjadi nasabah dari bank yang bersangkutan dan telah memiliki giro ataupun deposito yang nominalnya harus sama dengan jumlah uang yang akan diterbitkan di dalam jaminan.

Bank yang bertindak sebagai pihak penjamin juga akan meminta provisa pada pihak yang terjamin.

Baca juga: Likuiditas Bank Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Mengelolanya

Keuntungan Jaminan Bank

Beberapa keuntungan bank guarantee untuk pihak yang mengajukan ataupun menerima jaminan adalah sebagai berikut:

Keuntungan bank guarantee untuk pihak yang mengajukan:

  • Perusahaan kecil bisa mendapatkan pinjaman ataupun menjalankan bisnis yang tidak mungkin dapat diwujudkan tanpa adanya pinjaman karena kemungkinan resiko dari kontrak yang ada pada pihak kedua. Jaminan bank bisa turut merangsang perkembangan suatu bisnis dan meningkatkan kegiatan kewirausahaan.
  • Pihak bank menetapkan sejumlah dana yang lebih rendah untuk jaminan bank, umumnya hanya 1% dari total nilai transaksi untuk asuransi yang akan diberikan.

Keuntungan bank guarantee untuk pihak yang menerima:

  • Jaminan bank akan memberikan kredit tambahan, baik itu untuk pihak yang mengajukan maupun pihak penerima.
  • Terdapat reduksi resiko, karena asuransi bank lah yang akan mengambil alih tanggung jawab mereka secara otomatis.
  • Jaminan bank akan merangsang para pebisnis untuk bisa melakukan ekspansi pada bisnis mereka karena resiko yang relatif rendah.
  • Meningkatkan rasa kepercayaan diri pada transaksi yang dilakukan secara menyeluruh.

Baca juga: Pendapatan Bunga adalah Pendapatan yang Dihasilkan dari Bank, Bagaimana Karakteristiknya?

Kelemahan Bank Guarantee

Selain sederet keuntungan di atas, terdapat juga beberapa kerugian yang kemungkinan harus ditanggung, yaitu:

  • Keterlibatan pihak bank dalam kegiatan transaksi mampu memperlambat proses dan menambah kompleksitas birokrasi. Bila hal ini terjadi, maka diperlukan waktu yang lebih lama dalam menyelesaikan transaksi.
  • Jika nominal transaksi besar, maka pihak bank akan meminta jaminan barang sebagai ganti rugi atas asuransi yang akan mereka berikan.
  • Terdapat asesmen yang rumit pada bank, sehingga akan sangat sulit bagi perusahaan yang mengalami kerugian dalam memperoleh jaminan.

Baca juga: Credit Union Adalah: Pengertian dan Bedanya dengan Bank

Fungsi Bank Guarantee

Fungsi dari jaminan bank yang dikeluarkan oleh pihak bank antara lain adalah sebagai berikut:

  • Saat suatu perusahaan besar ingin melakukan perbelanjaan dari vendor kecil, maka biasanya mereka akan meminta vendor untuk menyertakan sertifikat garansi dari bank sebelum melakukan kesepakatan bisnis.
  • Umumnya digunakan dalam pembelian serta penjualan barang bersistem kredit. Dalam hal ini, penjual akan memperoleh jaminan pembayaran dari bank jika pembeli mengalami gagal bayar.
  • Membantu memastikan kredibilitas seseorang atau institusi, yang pada gilirannya nanti akan membantu mereka untuk bisa mendapatkan pinjaman dalam proses kelancaran usaha.

Baca juga: Mengenal Bank Investasi dan Tipe Layanan yang Ditawarkannya

Penutup

Bank guarantee atau jaminan bank memang memberikan banyak sekali manfaat dan fungsi, tapi bank tidak bisa begitu saja dalam memberikan surat jaminan ini.

Mereka akan melakukan kegiatan asesmen secara internal untuk bisa mengabulkan jaminan. Bila keuangan ataupun bisnis dari pemohon terbukti stabil, maka jaminan pun bisa diberikan.

Resiko dari pemberian jaminan ini pun wajib dianalisa secara menyeluruh oleh pihak bank. Beberapa hal yang nantinya akan dianalisis oleh pihak bank adalah skor kredit, riwayat finansial, dan lain sebagainya.

Untuk itu, bila perusahaan Anda ingin mendapatkan jaminan bank, maka perusahaan Anda harus bisa memiliki kondisi keuangan yang baik dengan cara mengolahnya secara tepat.

Untungnya, saat ini Anda bisa mengelola keuangan secara tepat dengan menggunakan aplikasi bisnis dari Accurate Online. Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyajikan laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan laporan penjualan lainnya secara akurat.

Terlebih lagi, Accurate Online pun sudah dilengkapi dengan fitur bisnis yang akan memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan pembelian, menyelesaikan administrasi perpajakan, mengelola persediaan barang, dan lain sebagainya. Sehingga operasional bisnis Anda akan berjalan lebih efektif dan efisien.

Ayo buktikan sendiri kelebihan dari Accurate Online dengan mencobanya secara gratis selama 30 hari melalui gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia