Apa itu Bunga Flat? Apa Bedanya dengan Bunga Efektif?

Jika Anda berada dalam kondisi tertentu yang mengharuskan Anda untuk mengambil pinjaman atau kredit, maka Anda harus terlebih dulu mengetahui bunga flat dan bunga efektif di dalamnya. Jadi, Anda tidak hanya harus mengetahui besaran suku bunga dan menghitung bunga banknya saja.

Perbedaan terkait perhitungan bunga ini juga akan memberikan dampak pada nilai angsuran per bulan yang harus Anda bayar. Dengan adanya kepastian suku bunga, Anda jadi bisa membuat perencanaan keuangan yang jauh lebih baik.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih dalam tentang bunga flat dan bedanya dengan bunga efektif secara jelas dan singkat.

Apa itu Bunga?

Sebelum terlebih dahulu mengetahui tentang perbedaan bunga flat dan bunga efektif, maka tentunya Anda harus mengetahui apa itu bunga.

Berdasarkan laman The Balance, bunga atau suku bunga adalah perhitungan persentase biaya yang dibayar pasca memperoleh pinjaman dari pihak pemilik modal. Umumnya, perhitungan suku bunga ini dihitung dengan bentuk tahunan, tapi beberapa juga ada yang dihitung untuk periode pinjaman kurang dari satu tahun.

Itu artinya, bila Anda mempunyai modal dan memberikan pinjaman lewat institusi keuangan, maka Anda akan mendapatkan bunga sesuai dengan peraturan yang telah berlaku.

Baca juga: Pendapatan Bunga adalah Pendapatan yang Dihasilkan dari Bank, Bagaimana Karakteristiknya?

Bunga Flat

Bunga flat adalah suatu sistem perhitungan suku bunga yang mana besarannya berpatokan pada pokok utang awal. Perhitungan bunga ini sangat lazim digunakan dalam kredit jangka pendek, seperti kredit tanpa agunan dan kredit kepemilikan kendaraan bermotor.

Bunga flat mempunyai keunggulan dalam perhitungannya yang lebih mudah dan lebih sederhana. Dengan adanya bunga flat, maka jumlah bunga yang harus dibayar setiap bulannya akan sama.

Besaran akan suku bunga ini dihitung secara rata sesuai dengan tenor atau jangka waktu pinjaman yang umumnya sudah ditentukan dari awal pengajuan pinjaman.

Untuk itu, Anda bisa mengetahui dari awal jumlah bunga yang nantinya harus Anda bayar, sehingga Anda bisa mengukur persiapan kemampuan Anda dalam membayar suku bunga tersebut. Namun, kerugian dari perhitungan bunga flat ini adalah nilai beban bunganya yang jauh lebih tinggi.

Baca juga: Bunga Bank Adalah: Ini Definisi, Jenis, Fungsi, Serta Manfaatnya

Bunga Efektif

Berdasarkan laman Okezone, sistem bunga efektif adalah kebalikannya dari sistem bunga flat. Perhitungan yang diterapkan dalam bunga efektif ini adalah pokok utang yang masih tersisa.

Hal ini akan membuat suku bunga dan pokok angsuran setiap bulannya akan memiliki perbedaan, walaupun angsuran per bulannya tetap sama.

Sistem bunga ini akan lebih bermanfaat untuk utang pinjaman jangka panjang dan memiliki nominal yang besar, seperti KPR ataupun kredit investasi.

Nantinya, nilai bunga yang harus dibayar oleh pihak debitur akan semakin mengecil di setiap bulannya. Pasalnya, perhitungan bunga akan menyesuaikan sisa utang. Jadi, angsuran bulan kedua akan jauh lebih kecil daripada bulan pertama, begitupun seterusnya.

Contohnya Alina mengajukan pinjaman KPR sebesar 120 juta rupiah, bunga per tahunnya adalah 10% dan masa waktunya adalah 12 bulan. Total utang dan bunga yang harus dibayar oleh Alina adalah 126,5 juta rupiah. Tentunya jumlah tersebut lebih rendah 5,5 juta rupiah daripada perhitungan bunga flat.

Dengan adanya bunga efektif ini, maka cicilan pokok dan bunga yang nantinya harus Alina bayar di bulan pertama adalah 11 juta rupiah. Di bulan kedua akan mengalami penurunan menjadi 10,9 juta rupiah, dan bulan ketiga menjadi 10,8 juta rupiah.

Jika membandingkannya dengan nominal bunga yang dibayar, maka nilainya akan jadi jauh lebih kecil dari sistem bunga flat. Selain itu, bila Anda ingin melunasi utang di tengah jalan, maka Anda hanya harus melunasi sisa pokok utang yang masih tersisa.

Walaupun demikian, penghitungan suku bunga efektif ini memiliki nilai angsuran yang terus berubah-ubah setiap bulannya.

Baca juga: Beban Bunga: Jenis Perlakuan dan Cara Pencatatannya

Setiap Bunga Pinjaman Bank Mempunyai Keunggulan Tersendiri

Lantas, manakah yang lebih mampu memberikan keuntungan pada nasabah, bunga flat atau efektif? Relatif. Pasalnya, kedua bunga tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Contohnya pada bunga flat yang memiliki keunggulan pada kepastian nominal angsuran yang harus dibayar sampai akhir masa pinjaman. Selain itu, bunga flat juga tidak diberlakukan penalti yang cukup besar.

Di sisi lain, sistem bunga efektif memiliki keunggulan pada suku bunga yang bisa turun mengikuti suku bunga yang ada di pasar. Selain itu, biaya bunga yang dibayar akan selalu mengecil di setiap periodenya karena bunga akan dihitung dengan berdasarkan sisa pokok pinjaman.

Sedangkan kelemahan dari sistem bunga flat adalah tidak bisa mengikuti ataupun merasakan keuntungan akibat dari menurunnya suku bunga.

Sementara itu, kelemahan dari sistem suku bunga efektif adalah tidak bisa diketahui jumlah angsurannya secara pasti, karena bisa saja akan terjadi kenaikan angsuran karena adanya peningkatan suku bunga yang berlaku.

Baca juga: Future Value: Pengertian dan Cara Mudah Cara Menghitungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang bunga flat dan bedanya dengan bunga efektif. Dengan mengetahui perbedaan dari keduanya secara baik, maka Anda akan bisa mengelola keuangan Anda secara tepat, baik itu mengelola keuangan pribadi ataupun bisnis.

Namun, mengelola keuangan secara manual tentunya memerlukan banyak waktu, terlebih lagi untuk mengelola keuangan perusahaan. Nah, solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa Anda dapatkan secara instan untuk mengelola keuangan secara lebih mudah.

Selain itu, aplikasi ini juga akan memudahkan Anda dalam melakukan kegiatan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Bahkan, seluruh keunggulan dan fitur luar biasa dari Accurate Online bisa terlebih dulu Anda coba selama 30 hari gratis melalui banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia