Cara Daftar PayPal untuk Kemudahan Bertransaksi Secara Internasional

Transaksi internasional kebanyakan membutuhkan kartu kredit. Dimana hal ini cukup merepotkan bagi mereka yang tidak memiliki kartu kredit. Di sinilah peran platform pembayaran digital seperti PayPal bekerja. Beberapa dari Anda mungkin sudah tahu apa itu PayPal dan bagaimana cara daftar PayPal.

PayPal sendiri bisa disebut sebagai rekening online yang memungkinkan semua orang di seluruh dunia untuk bisa bertransaksi secara internasional, baik transfer maupun pembelian barang. Platform ini bahkan bisa untuk menarik saldo menjadi uang sesuai dengan mata uang yang berlaku di negara penarikan.

Selain kebermanfaatan yang telah disebutkan, PayPal juga diklaim memiliki tingkat keamanan yang sangat baik. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu PayPal, berikut ini artikel terkait PayPal yang juga menjelaskan keuntungan dan cara daftar PayPal, baik untuk kepemilikan pribadi maupun bisnis.

Apa Itu PayPal?

PayPal adalah sistem pembayaran elektronik atau digital yang dapat digunakan untuk metode transfer uang dan cek. Sehingga, fungsi daripada PayPal serupa dengan rekening bank online.

PayPal awalnya dibentuk pada tahun 2000 oleh perusahaan bernama Confinity besutan Peter Thiel dan X.com yang dimotori oleh Elon Musk. Kemudian, karena kemajuan yang pesar, eBay mengakuisisi PayPal pada tahun 2002 hingga berhasil menggeser banyak pesaing di dunia e-commerce. Namun, pada 2014 lalu, eBay melepas PayPal dan menjadikannya sebuah perusahaan tersendiri.

Secara keseluruhan, layanan yang diberikan PayPal meliputi banyak hal, yaitu:

  1. Transfer uang dari bank ke akun PayPal
  2. Transfer uang dari akun PayPal ke akun PayPal lain di berbagai negara di seluruh dunia
  3. Transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi
  4. Pembayaran untuk pembelian apa pun, baik secara online maupun offline

Baca juga: PayPal: Pengertian, Manfaat, serta Cara Menggunakannya

Keuntungan Menggunakan PayPal

Selain memudahkan transaksi berskala internasional, memiliki akun PayPal juga akan memberikan Anda beberapa keuntungan lain, seperti:

1. Bisa Diubah ke Rupiah

Kemudahan yang paling dinikmati para pengguna PayPal di Indonesia adalah bisa menarik mata uang dolar ke rupiah dan langsung dimasukkan ke rekening bank Indonesia. Hal ini akan sangat memudahkan Anda yang bekerja freelance dengan klien yang berasal dari luar negeri yang pembayarannya dalam mata uang dolar.

2. Diakui Dunia

PayPal telah diakui dunia sebagai platform pembayaran digital yang terpercaya. Karena itu, Paypal sudah digunakan di 190 negara di dunia dan melayani 17 mata uang asing.

3. Transaksi Online yang Paling Aman

Sebagaimana diketahui, alat pembayaran digital adalah sasaran empuk bagi hacker yang mengincar uang di dunia maya. Karena itu, perusahaan fintech berlomba-lomba menyediakan aplikasi yang aman untuk bertransaksi secara online.

Dalam hal ini, PayPal merupakan salah satu yang sukses memberikan layanan tersebut dengan dinobatkan sebagai alat transaksi digital paling aman sedunia pada tahun 2013.

4. Gratis

Keuntungan pertama yang sebenarnya langsung dinikmati ialah bisa digunakan secara gratis. PayPal pun tidak menerapkan saldo minimal yang harus tersedia di dalam akun rekening Anda.

Baca juga: 10+ Jenis Alat Pembayaran Internasional dan Faktor Adanya Perdagangan Internasional

Cara Daftar PayPal untuk Pribadi

Untuk bisa mendaftar PayPal atas nama pribadi, pastikan Anda sudah berusia minimal 18 tahun. Adapun cara mendaftarnya adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke situs resmi PayPal
  2. Pilih jenis akun Paypal yakni “Rekening Pribadi” dan langsung klik “Daftar”
  3. Isi informasi data pribadi di kolom formulir yang tersedia, lalu klik “Setuju dan Buat Rekening”
  4. Lakukan konfirmasi dengan cara masukkan kode verifikasi, klik tombol “Lanjutkan”, dan klik “Masuk Rekening Saya”
  5. Setelah berhasil, Anda bisa menemukan halaman untuk masuk ke akun PayPal dan jangan lupa untuk mengonfirmasi email atau nomor handphone
  6. Setelahnya, Anda bisa mengakses akun PayPal dengan cara login dan memasukkan email serta password yang telah didaftarkan
  7. Langkah terakhir, Anda hanya perlu mengisi kolom pertanyaan keamanan, lalu klik “Kirimkan”
  8. Akun PayPal berhasil dibuat

Baca juga: Sistem Transaksi : Pengertian, Dan Berbagai Sistem Transaksi yang Berlaku Saat Ini

Cara Daftar PayPal untuk Bisnis

Anda juga bisa memiliki akun PayPal untuk bisnis yang bisa diakses lebih dari 200 akun karyawan. Dimana cara daftar PayPal untuk rekening bisnis ini adalah sebagai berikut.

  1. Buka laman resmi PayPal melalui browser
  2. Klik menu “Daftar”
  3. Pilih “Rekening Bisnis”
  4. Klik “Berikutnya”
  5. Pilih “Status Rekening”
  6. Masukkan nomor handphone ke PayPal
  7. Isi data diri
  8. Klik tombol “Buka Rekening”
  9. Tunggu verifikasi alamat email atau nomor handphone
  10. Akun PayPal berhasil dibuat

Baca juga: E Money Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan kekurangannya

Cara Daftar PayPal dengan Tambahan Kartu Debit atau Kredit

Setelah selesai membuat akun PayPal, And ajuga bisa menghubungkannya dengan kartu debit atau kartu kredit Anda. Dimana caranya adalah:

  1. Buka menu akun PayPal Anda
  2. Klik Tab “Bayar dan Dapatkan Bayaran”
  3. Pilih “Bank & Kartu”
  4. Pilih rekening bank atau kartu untuk verifikasi
  5. Cek rekening bank atau aktivitas kartu kredit untuk deposit PayPal
  6. Verifikasi akun menggunakan kode 4 digit di kartu
  7. Selain itu, akan ada pilihan rekening bank dengan jumlah setoran

Baca juga: Sistem Pembayaran: Pengertian, Komponen, dan Jenis-jenisnya

Penutup

Demikianlah pengenalan singkat mengenai platform pembayaran digital bernama PayPal yang sudah diakui dan digunakan di hampir seluruh negara di dunia. Dimana Anda akan mendapatkan keuntungan sebagaimana yang telah disebutkan di atas.

Cara daftar PayPal juga tergolong mudah dan tidak memakan banyak waktu. Terlebih, pendaftaran PayPal bisa dilakukan tanpa kartu kredit maupun kartu debit, serta bisa ditujukan untuk kepemilikan pribadi maupun bisnis.

PayPal merupakan salah satu bukti kemajuan teknologi yang memberikan kita kemudahan dalam bertransaksi secara internasional. Dimana kemajuan teknologi ini juga bisa dirasakan di sektor lain, seperti kehadiran software akuntansi dan bisnis bernama Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya memiliki tampilan yang sederhana dan mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula.

Tunggu apa lagi? Segera nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia