3 Cara Top Up PayPal dengan Mudah dan Cepat

PayPal adalah platform pembayaran digital yang paling banyak digunakan saat ini. PayPal menawarkan sejumlah keuntungan di dalam penggunaannya, mulai dari tingkat keamanan yang tinggi hingga kemudahan penarikan saldo dengan mata uang yang berlaku di negara penarikan. Cara top up PayPal pun sangat mudah dan cepat sehingga tidak merepotkan para penggunanya.

PayPal biasanya memang digunakan untuk transaksi lintas negara, seperti untuk transfer gaji bagi pekerja lepas yang kliennya berasal dari luar negeri atau untuk belanja online melalui e-commerce luar negeri. Lantas, bagaimana cara top up PayPal agar bisa digunakan untuk bertransaksi?

Artikel berikut ini akan menguraikan cara top up PayPal melalui tiga metode, yakni dengan komputer, handphone, dan kartu kredit. Namun sebelum itu, mari ketahui terlebih dahulu apa itu PayPal.

Apa Itu PayPal?

PayPal adalah sistem pembayaran elektronik atau digital yang dapat digunakan untuk transfer uang dan cek. Sehingga, dapat dikatakan bahwa fungsi PayPal serupa dengan rekening bank online.

PayPal awalnya dibentuk pada tahun 2000 oleh perusahaan bernama Confinity besutan Peter Thiel dan X.com yang dimotori oleh Elon Musk. Karena kemajuannya yang pesat, eBay mengakuisisi PayPal pada tahun 2002. Kemudian, pada 2014 lalu, eBay melepas PayPal dan menjadikannya sebuah perusahaan tersendiri.

Adapun layanan yang diberikan PayPal yakni meliputi hal-hal sebagai berikut.

  1. Transfer uang dari bank ke akun PayPal
  2. Transfer uang dari akun PayPal ke akun PayPal lain di berbagai negara di seluruh dunia
  3. Transfer uang dari akun PayPal ke rekening bank pribadi
  4. Pembayaran untuk pembelian apa pun, baik secara online maupun offline

Baca juga: Alat Pembayaran Tunai dan Non Tunai, Sudah Tahu Kelebihan dan Kekurangannya?

Cara Top PayPal dengan Komputer

Jika Anda ingin melakukan top up PayPal melalui komputer, maka caranya adalah sebagai berikut.

1. Masuk ke Akun PayPal

Pertama, Anda harus membuka situs PayPal dan login ke akun PayPal Anda yang telah terdaftar. Anda perlu memasukkan rekening bank ke dalam akun PayPal terlebih dahulu dengan mengklik bagian “Wallet” atau “Money”.

Adapun perlu diketahui bahwa proses memasukkan rekening bank ini bisa memakan waktu hingga beberapa hari. Karena itu, setelah mendaftarkan PayPal, Anda bisa langsung memasukkan rekening bank Anda ke dalamnya agar bisa digunakan sewaktu-waktu.

2. Klik Transfer Uang

Setelah berhasil masuk ke dalam akun, klik pada bagian “Transfer Money” yang terletak di sudut kiri atas, tepat di bawah saldo. Apabila Anda melihat pesan yang menyarankan Anda untuk mencoba transfer instan ke rekening bank Anda, klik bagian “Got It” untuk melanjutkan.

3. Tambahkan Saldo

Untuk menambahkan saldo, klik pada bagian “Add money to your balance”. Masukkan jumlah uang akan akan di-top up ke akun PayPal Anda.

4. Klik Personal

Setelah semuanya sesuai dengan yang Anda inginkan, klik “Add personal”. Saldo yang Anda tambahkan nantinya akan masuk ke akun PayPal dalam waktu 3 sampai 5 hari kerja.

Baca juga: Electronic Money: Sejarah, Electronic Money Terbaik dan Cara Kerjanya

Cara Top Up PayPal dengan Handphone

Top up PayPal dengan handphone dilakukan melalui aplikasi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

1. Buka Aplikasi PayPal

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi PayPal dan login ke akun Anda. Pastikan bahwa akun bank Anda sudah masuk ke dalam PayPal. Sama seperti melalui komputer, cara top up PayPal melalui aplikasi handphone juga membutuhkan akun bank untuk bisa mengisi saldo.

2. Klik Saldo

Setelah itu, klik bagian “Your Balance” yang berada di tengah layar dan klik “Add Money” untuk mulai menambahkan saldo.

3. Masukkan Jumlah Saldo

Jika diminta untuk menambahkan dari bank Anda, klik nama rekening bank yang ingin digunakan untuk mentransfer saldo ke akun PayPal. Setelah itu, masukkan jumlah saldo, lalu klik “Next”. Lanjutkan dengan klik “Add to Your Balance” dan nantinya saldo PayPal Anda akan terisi dalam waktu 3-5 hari kerja.

Baca juga: E-Wallet Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Cara Top PayPal dengan Kartu Kredit

Selain melalui komputer dan aplikasi di handphone, cara top up PayPal bisa dilakukan dengan kartu kredit. Cara ini terbilang paling sederhana dan mudah, di mana Anda cukup menghubungkan kartu kredit ke akun PayPal Anda. Secara tidak langsung, akun PayPal Anda nantinya akan terisi saldo yang berasal dari limit kartu kredit Anda.

Baca juga: E Money Adalah: Pengertian, Jenis, Kelebihan dan kekurangannya

Penutup

Demikianlah pembahasan mengenai cara top up PayPal yang bisa dilakukan melalui tiga metode, yaitu melalui komputer, handphone, dan kartu kredit. Perlu diketahui bahwa untuk metode melalui komputer dan handphone, pengisian saldo membutuhkan waktu sekitar 3-5 hari kerja. Sementara untuk metode melalui kartu kredit, saldo akun PayPal akan otomatis terisi dari yang berasal dari limit kartu kredit.

Adapun PayPal merupakan salah satu bukti kemajuan teknologi yang memberikan kita kemudahan dalam bertransaksi secara internasional. Kemajuan teknologi ini juga bisa dirasakan di sektor lain, seperti software akuntansi dan bisnis bernama Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya tersedia secara lengkap, mudah untuk digunakan, dan bisa diakses kapan saja serta di mana saja.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online telah dipercaya dan digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia.

Jika Anda tertarik untuk menggunakannya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia