5 Cara Transfer Uang Tanpa Rekening, Cepat dan Mudah

Transfer merupakan salah satu transaksi keuangan yang telah umum dilakukan oleh masyarakat setiap harinya. Dimana proses transfer uang ini paling sering dilakukan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dan mobile banking. Yang dalam prosesnya, cara transfer ini tidak terlepas dari kepemilikan rekening bank.

Di saat yang sama, masih banyak orang yang belum memiliki rekening bank, namun butuh untuk mengirim ataupun menerima uang. Oleh karenanya, terdapat beberapa cara transfer yang kini bisa dilakukan tanpa harus memiliki rekening terlebih dahulu.

Apa sajakah metode transfer tersebut? Berikut penjelasannya.

Cara Transfer Uang Tanpa Rekening

1. Transfer Melalui Teller Bank

Transfer tunai melalui bank merupakan cara transfer yang paling umum dilakukan oleh masyarakat untuk mengirim uang tanpa harus memiliki rekening. Dimana cara transfer ini biasanya digunakan untuk mengirim uang dalam jumlah besar sebab dinilai lebih aman.

Kendati demikian, penerima uang kiriman Anda harus memiliki rekening. Pasalnya, bank hanya bisa memproses pengiriman uang ke nasabah yang sudah memiliki rekening.

Adapun cara mengirim uang melalui teller bank ini dapat Anda lakukan dengan mudah. Berikut tahapan dan tata caranya.

  • Datang ke bank yang sesuai dengan rekening penerima
  • Ambil nomor antrian dan isi formulir yang ditujukan untuk pengiriman uang
  • Serahkan formulir ke teller untuk proses lebih lanjut
  • Setorkan uang sesuai nominal yang ingin dikirimkan
  • Uang akan langsung masuk ke rekening penerima begitu diproses oleh teller

2. Transfer Melalui Aplikasi Fintech

Cara transfer tanpa rekening selanjutnya bisa dilakukan melalui aplikasi Financial Technology atau biasa disingkat Fintech. Aplikasi pihak ketiga ini biasanya telah bekerja sama dengan berbagai pihak bank, termasuk Bank Indonesia.

Aplikasi ini juga menawarkan beragam layanan, mulai dari transfer dan/tanpa rekening hingga pembayaran cicilan. Dimana transaksi yang dilakukan juga biasanya tidak dikenakan biaya admin.

Adapun beberapa aplikasi yang menyediakan transfer tanpa rekening ini meliputi DANA, Go-Pay, hingga OVO.

Baca juga: KTA Kilat dan Hal yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakannya

3. Transfer Melalui Kantor Pos

Selain untuk mengirim surat dan barang, kantor pos juga membuka layanan untuk pengiriman uang. Dimana layanan pengiriman uang tersebut dikenal juga dengan sebutan layanan wesel.

Meski terbatas hanya dalam negeri saja, empat jenis layanan wesel ini bisa Anda pertimbangkan jika ingin melakukan transfer tanpa rekening.

  • Weselpos Instan. Pengiriman uang menggunakan jenis wesel ini merupakan yang paling cepat karena sifatnya yang real-time menggunakan PIN dan NTP (Nomor Transaksi Pusat) yang dikirimkan langsung oleh pengirim ke penerima.
  • Weselpos Kemitraan. Jenis wesel ini merupakan hasil kerja sama dengan pihak lain, dimana tarifnya pun menyesuaikan dengan kesepakatan yang berlaku.
  • Weselpos Transfer Tunai (Cash to Account). Sesuai namanya, jenis wesel ini melakukan pengiriman uang secara tunai melalui kantor pos dengan tujuan semua rekening bank secara real-time.
  • Weselpos Prima. Weselpos ini merupakan layanan wesel yang menggunakan surat pemberitahuan yang diantar oleh kantor pos tujuan ke si penerima.

Adapun untuk melakukan transfer uang melalui cara ini, Anda dapat langsung datang ke kantor pos terdekat dan mengisi formulir yang tersedia yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pada bagian data penerima, pastikan datanya sudah sesuai dengan identitas penerima, baik yang tercantum pada KTP, SIM, atau Passport. Sebab, jika data tidak sesuai, penerima tidak dapat menarik uang yang telah Anda dikirimkan.

4. Transfer Melalui Minimarket

Selain sebagai berbelanja kebutuhan harian, minimarket juga bisa menjadi tempat untuk melakukan transfer uang. Dimana beberapa minimarket kini telah menawarkan layanan transfer ke rekening orang tanpa menggunakan rekening ATM.

Saat akan mengirim uang, petugas minimarket akan menanyakan kelengkapan dokumen seperti KTP atau SIM, serta nomor telepon pengirim dan penerima. Nomor ponsel Anda sendiri nantinya akan digunakan sebagai kode yang berfungsi untuk si penerima mengambil uang di minimarket terdekat.

Baca juga: KeyBCA Adalah Alat untuk Membantu Transaksi Keuangan, Sudah Punya?

5. Transfer Melalui Western Union

Western Union adalah jasa pengiriman yang jaringannya tersebar di seluruh dunia. Tak heran, cara transfer ini sering digunakan oleh mereka yang tinggal di luar negeri. Kelebihan daripada layanan ini ialah uang yang Anda setorkan di salah satu cabang Western Union dapat langsung diambil cabang Western Union lainnya di seluruh dunia.

Untuk melakukan transfer uang dengan cara ini, Anda hanya perlu mendatangi gerai Western Union terdekat dan mengisi sejumlah dokumen. Anda kemudian akan menerima kode rahasia yang bisa Anda berikan kepada penerima sebagai syarat untuk mengambil uang di Western Union negara tujuan.

Baca juga: Cara Berhemat untuk Capai Kestabilan dan Kesuksesan Finansial

Penutup

Berdasarkan uraian di atas, kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk mengirim uang tanpa harus memiliki rekening. Dimana cara transfer tanpa rekening ini bisa dilakukan melalui teller bank, aplikasi fintech, kantor pos, minimarket, hingga Western Union. Yang masing-masingnya bisa Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan.

Dalam hal kemajuan teknologi, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan software akuntansi dan bisnis dalam hal pengelolaan keuangan yang lebih baik. Dimana salah satu software yang bergerak di bidang ini ialah Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Fitur dan keunggulan di dalamnya dibuat untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan keuangan secara lebih akurat, cepat, dan otomatis.

Accurate Online pun telah terbukti mampu membantu pebisnis mencapai kesuksesannya melalui pengelolaan finansial yang efektif dan efisien. Nah, tunggu apa lagi?

Yuk, coba Accurate Online secara gratis selama 30 hari dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia