Ini Ciri-Ciri Emas Asli untuk Anda yang Ingin Investasi Emas!

Sejak dulu, emas adalah logam yang memiliki nilai tertinggi. Untuk itu, emas banyak dijadikan sebagai instrumen investasi oleh sebagian investor. Hal tersebut dikarenakan karakteristiknya yang selalu memiliki kenaikan nilai setiap tahun. Tapi, kasus penipuan dan pemalsuan emas juga banyak sekali ditemukan. Untuk itu, Anda harus mengetahui ciri-ciri emas asli bila Anda ingin berinvestasi emas.

Lantas, apa saja ciri-ciri emas asli tersebut? Baca terus artikel di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya!

5 Ciri-Ciri Emas Asli

Ciri-ciri emas asli yang bisa dilihat secara kasat mata bisa Anda ketahui di bawah ini. Saat ingin membeli emas, pastikanlah beberapa hal di bawah ini harus terpenuhi agar Anda tidak tertipu.

1. Emas Memiliki Kilau yang Terang

Ciri-ciri emas asli yang pertama adalah memiliki kilau yang sangat terang karena warnanya yang kuning. Kilauan emas ini sangat terlihat indah dan lebih cerah daripada logam yang lainnya.

Hal tersebut berbeda dengan logam kuningan dan kilauannya yang cenderung lebih redup dan memiliki permukaan yang sedikit kusam. Kilauan emas akan terpancar secara maksimal di bawah pencahayaan yang terang.

2. Memiliki Label Pabrik dan Kadar Kemurnian

Cara sederhana lainnya untuk mengetahui ciri-ciri emas asli adalah di batangan emas tersebut akan terdapat label pabrik pembuatnya, lengkap dengan keterangan kadar dan juga kemurnian dari emas tersebut, contohnya seperti emas ANTAM.

Hal yang sama pun bisa Anda temukan dalam emas perhiasan. Umumnya terdapat label maupun tanda tertentu yang menampilkan kadar kemurnian emas tersebut.

3. Sertifikat Keaslian Emas

Selain memiliki warna yang terang dan label pabrik yang mengeluarkan logam emas, ciri-ciri emas asli juga akan selalu dilengkapi dengan sertifikat khusus yang akan menampilkan keasliannya. Umumnya, hanya emas batangan saja yang akan dilengkapi dengan sertifikat tersebut.

Sehingga saat Anda ingin menjual emas tersebut kembali, calon pembeli tidak akan ragu pada keaslian emas tersebut. Tapi walaupun Anda telah memperoleh sertifikat keaslian emas, Anda tetap harus melakukan beberapa pemeriksaan sederhana guna memastikan keaslian emas yang Anda beli.

4. Tidak Terjadi Perubahan Warna Seiring dengan Berjalannya Waktu

Ciri-ciri emas asli yang keempat adalah tidak mudah mengalami perubahan warna dan menghitam seiring dengan berjalannya waktu. Umumnya, warna emas perhiasan akan berubah menjadi hitam. Tapi pada emas batangan asli, warnanya tidak akan berubah menjadi kehitaman.

Anda juga bisa melakukan beberapa tes sederhana dengan cara menggoreskan emas pada keramik guna memastikan tingkat keasliannya.

5. Lebih Mahal dari Logam Kuningan atau Logam Lainnya

Emas adalah logam mulia yang sangat berharga. Untuk itu, tidak heran jika harga emas jauh lebih mahal daripada logam mulia lainnya, seperti perak, perunggu, kuningan, ataupun tembaga. Saat ini, kisaran rata-rata harga emas per gram adalah 900 ribu hingga 950 ribu rupiah.

Jadi bila Anda ingin membeli emas tapi harganya sangat jauh dari kisaran harga tersebut, maka keaslian emas tersebut patut Anda curigai. Tapi, hal tersebut hanya berlaku untuk emas batangan saja. Karena, emas perhiasan yang sudah diberikan campuran logam lainnya pasti memiliki harga yang lebih murah.

Baca juga: Bagaimana Cara Kredit Emas di Pegadaian? Apa Saja Keuntungannya?

Cara Lain yang Bisa Dilakukan Untuk Menguji Tingkat Keaslian Emas

Untuk mengetahui ciri-ciri emas asli, tentunya Anda tidak bisa hanya dengan melihat emas tersebut saja. Nah, beberapa cara di bawah ini bisa Anda lakukan untuk membuktikan tingkat keaslian logam emas:

1. Perubahan Warna

Emas yang asli tidak akan bisa mengalami perubahan warna. Untuk bisa membuktikan keasliannya, Anda bisa melihat apakah emas Anda mengalami perubahan warna setelah digosokkan pada permukaan tertentu atau tidak. Cobalah untuk menggosokkan emas pada jemari Anda dan lihatlah apakah ada perubahan warna? Emas yang asli tidak akan menunjukkan sedikit pun perubahan warna.

2. Kepadatan

Perlu Anda ketahui bahwa emas adalah salah satu logam mempunyai tingkat kepadatan yang rendah. Ciri khas ini bisa menjadi salah satu cara dalam membuktikan tingkat keasliannya.

Semakin tinggi kadar keaslian emas, maka akan semakin lunak juga tekstur logam tersebut. Bila Anda ingin mengetahui emas yang Anda miliki asli atau tidak, Anda bisa coba menggigitnya. Jika emas tersebut ternyata asli, maka akan tertinggal bekas gigitan emas.

Namun, cara ini tidak bisa diterapkan pada seluruh bentuk emas. Anda tidak bisa menerapkan cara ini pada emas perhiasan, karena campuran logam lain yang ada di dalamnya terlalu banyak.

3. Goreskan Pada Keramik

Cara ini adalah cara terakhir yang bisa Anda lakukan agar bisa mengetahui tingkat keaslian emas Anda. Caranya pun sangat sederhana, yakni dengan cara menggoreskan batangan emas di selembar kertas ataupun keramik. Emas yang asli atau murni tidak akan meninggalkan goresan. Jadi, permukaan keramik atau kertas tetap akan mulus seperti biasanya.

Tapi jika emas Anda tidak asli, maka akan tertinggal goresan-goresan kecil di kertas atau keramik. Perlu Anda ketahui bahwa cara ini memiliki resiko dalam merusak emas batangan Anda.

4. Memerhatikan Bentuk Fisik Emas

Anda bisa memerhatikan bentuk fisik emas secara teliti. Pada emas murni ataupun emas batangan, Anda bisa melihat kadar keaslian emas tersebut. Biasanya, kadar emas akan menggunakan satuan fineness. Tapi, beberapa ada juga yang menggunakan satuan karat, seperti 10 karat, 18 karat, dan 24 karat.

5. Mendekatkan Emas ke Magnet

Perlu Anda ketahui bahwa emas mempunyai sifat non magnetis. Jadi jika emas didekatkan dengan magnet, maka emas tidak akan mau menempel. Tapi, perlu Anda perhatikan juga bahwa ada logam lainnya yang mempunyai sifat non magnetis.

6. Memeriksanya ke Butik Logam Mulia

Bila Anda tidak ingin ribet dalam memeriksa keaslian emas, Anda bisa pergi ke mendatangi Butik Antam LM. Di sana ada banyak petugas yang bersedia dalam memeriksa emas Anda. Bila petugas telah memeriksanya, maka petugas akan memberikan informasi terkait kadar keaslian emas Anda.

 7. Gunakan Aplikasi CertiEye

Bila Anda masih kurang yakin dengan ciri-ciri emas asli yang saat ini sudah Anda lakukan, maka Anda bisa memanfaatkan aplikasi CertiEye. Namun, Anda harus terlebih dulu mendownload aplikasi CertiEye di PlayStore atau Appstore. Di dalam aplikasi ini, Anda akan mendapatkan keaslian emas Antam yang ada di tangan Anda dengan cara memindai barcode yang terdapat pada kemasan emas Antam.

Baca juga: Gold Standard (Standar Emas): Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya

Penutup

Demikianlah beberapa metode yang bisa Anda gunakan agar bisa mengetahui ciri-ciri emas asli. Namun, harus Anda ketahui juga bahwa pengujian emas asli hanya bisa Anda lakukan pada emas batangan yang memiliki tingkat kemurnian sangat tinggi. Pengujian ini tidak terlalu efektif bila Anda terapkan pada emas perhiasan yang memiliki kadar emas relatif rendah.

Cara ini sangat penting untuk Anda ketahui bila Anda ingin berinvestasi emas batangan. Tapi, tentunya Anda harus bisa mengelola keuangan dengan baik bila Anda ingin menjalankan investasi ini agar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kegiatan mengelola keuangan dengan baik ini tidak hanya harus dilakukan oleh para investor saja, tapi juga oleh para pebisnis, apapun jenis bisnis dan skala bisnisnya. Namun, mengelola keuangan secara manual tentunya akan sangat memakan banyak waktu. Solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Aplikasi yang dikembangan oleh anak bangsa ini dibuat dengan menggunakan teknologi cloud computing dan dibekali dengan sistem keamanan yang canggih. Tampilannya pun didesain sesederhana mungkin. Sehingga, siapa saja bisa menggunakan aplikasi ini secara mudah, aman, dan nyaman.

Aplikasi yang telah dipercaya oleh ratusan ribu pebisnis di Indonesia ini juga telah meraih penghargaan TOP Brand Award sejak tahun 2016 lalu dalam kategori software akuntansi.

Dengan menggunakan aplikasi ini, maka Anda akan mendapatkan laporan laba rugi, laporan neraca, laporan arus kas, dan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan penjualan lainnya secara akurat.

Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur dan modul bisnis luar biasa yang akan membuat operasional bisnis Anda bergerak lebih efisien, seperti fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Penasaran dengan Accurate Online? Klik tautan gambar di bawah ini untuk mencobanya lebih dulu selama 30 hari, Gratis!

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia