Divergensi adalah Pertanda Perubahan Harga Aset dalam Trading, Bagaimana Menghadapinya?

Secara umum, pengertian dari divergensi adalah sebuah penyebaran. Sementara, dalam dunia trading, divergensi adalah sebuah perbedaan antara arah harga dan arah pergerakan indikator.

Divergensi memang merupakan salah satu faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika akan melakukan trading saham. Di mana divergensi dapat memberi trader banyak pengetahuan penting seputar momentum harga.

Oleh karena itu, artikel berikut ini akan menguraikan beberapa tips dan cara menghadapi divergensi saat melakukan trading. Namun sebelum itu, mari ketahui lebih lanjut mengenai apa itu divergensi dan jenis-jenis divergensi dalam dunia trading.

Apa Itu Divergensi dalam Trading?

Istilah divergensi mengacu pada bagaimana dua garis indikator bergerak secara terpisah atau divergen. Artinya, divergensi adalah sebuah kondisi di mana harga suatu aset bergerak berlawanan dengan indikator teknis, seperti osilator atau penyaring data lainnya.

Fungsi utama divergensi adalah memperingatkan trader bahwa tren harga mungkin melemah dan dalam beberapa kasus menjadi pertanda bahwa harga akan berubah arah. Dalam hal ini, divergensi dapat berupa divergensi positif dan divergensi negatif.

Divergensi positif menunjukkan adanya kemungkinan pergerakan harga melebihi nilai aset. Sementara divergensi negatif adalah pertanda bahwa harga bisa berubah menjadi lebih rendah dari nilai aset.

Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa divergensi adalah salah satu strategi dalam trading dan bisa dipelajari oleh trader di level manapun. Di mana trader dapat menilai momentum yang mendasari perubahan harga aset dan merencanakan strategi trading mereka.

Sebagai contoh, ketika pasar menunjukkan adanya divergensi negatif, maka trader bisa melakukan stop-loss sebelum harga aset menurun drastis.

Namun, jenis divergensi yang berlangsung tidak dapat diungkapkan dengan mudah. Karena itu, trader harus membandingkan pergerakan di indikator dan harga di pasar terlebih dahulu.

Baca juga: Aplikasi Trading: Keuntungan dan Aplikasi Trading yang Direkomendasikan

Jenis-Jenis Divergensi dalam Trading

Seperti telah disebutkan sebelumnya, divergensi memang dapat digunakan oleh trader untuk melihat situasi tren harga. Namun, mereka harus terlebih dulu mengetahui jenis divergensi yang sedang berlangsung.

Berbeda dengan divergensi positif dan divergensi negatif, jenis divergensi di bawah ini, yakni regular divergence dan hidden divergence, menggambarkan perbedaan pergerakan harga di pasar dan osilator.

1. Regular Divergence

Regular divergence digunakan untuk melihat kemungkinan terjadinya pembalikan arah tren. Sebab, dalam kondisi ini, pergerakan harga di pasar bisa mencapai angka tertinggi atau terendah, namun osilator atau indikator teknikal tidak menunjukkan momentum tren yang serupa.

Contohnya ialah saat harga di pasar menjadi lebih tinggi, namun indikator justru menunjukkan pergerakan ke arah yang lebih rendah. Kondisi ini disebut sebagai regular bearish yang merupakan salah satu sub kategori dalam regular divergence.

Sub kategori lainnya dari jenis divergensi ini adalah regular bullish, yakni ketika harga bergerak turun, namun osilator menunjukkan adanya tren peningkatan.

2. Hidden Divergence

Hidden divergence digunakan untuk melihat kemungkinan terjadinya penerusan arah tren (tren continuation). Dalam kondisi ini, harga di pasar menunjukkan pergerakan harga, namun osilator tidak menggambarkan tren apa pun.

Kondisi seperti ini sering terjadi dan biasanya menunjukkan bahwa tren harga yang berlaku sebenarnya cukup kuat dan ada kemungkinan untuk berlanjut.

Baca juga: Trading AdalahPengertian, Jenis, Keuntungan dan Kerugiannya

Tips dan Cara Trading Saat Terjadi Divergensi 

Divergensi tidak selalu mengarah pada pembalikan harga yang kuat. Di mana seringkali terjadi sideways atau peningkatan harga, tak lama setelah divergensi muncul.

Melihat hal tersebut, trading saat terjadi divergensi adalah hal yang sebenarnya bisa menguntungkan. Terlebih karena divergensi mudah dikenali di pasar manapun dan dapat terjadi di instrumen apapun. Karena itu, Anda perlu mempelajari dan memahami betul apa itu divergensi, seperti apakah sinyalnya, dan bagaimana cara menerapkannya sebagai strategi dasar dalam melakukan trading.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba beberapa tips di bawah ini ketika dihadapkan pada kondisi divergensi saat tengah melakukan trading.

  1. Pastikan Anda memahami jenis divergensi yang sedang terjadi.
  2. Hati-hati dan tetap waspada terhadap perubahan harga.
  3. Siapkan strategi, baik untuk harga naik maupun harga turun.
  4. Perhatikan pergerakan harga di pasar dan di indikator teknikal.

Baca juga: Day Trading: Pengertian dan Pro-Kontra Di Dalamnya

Kesimpulan

Pada intinya, divergensi adalah kondisi di mana pergerakan harga di pasar dan di indikator saling berlawanan. Hal ini bisa memberi informasi kepada trader terkait akan adanya tren perubahan harga yang mungkin terjadi di pasar.

Dalam hal ini, divergensi memang bisa menjadi strategi untuk mendapatkan keuntungan. Fungsinya pun terkesan membantu dalam mengingatkan trader saat akan terjadi pembalikan arah atau kelanjutan tren pasar. Namun, Anda perlu memahami bahwa Anda tidak disarankan untuk selalu bersandar terhadap divergensi, melainkan juga harus mempersiapkan berbagai strategi ampuh agar dapat mencapai tujuan finansial yang diharapkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai trader, Anda tentu memperhatikan betul kondisi keuangan Anda. Agar dapat memantau kondisi keuangan secara fleksibel dan real-time, Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online merupakan software berbasis cloud yang menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis. Berbagai fitur dan keunggulan tersedia secara lengkap dan ditujukan untuk mempermudah proses pengelolaan dan pembuatan keuangan menjadi lebih cepat, akurat, serta otomatis.

Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Accurate Online bahkan telah digunakan oleh ratusan ribu pebisnis dari berbagai sektor usaha di Indonesia. Tertarik untuk mencobanya?

Jika iya, silahkan klik tautan gambar di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.