Apa itu Menabung Emas Digital? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa emas adalah salah satu produk investasi yang saat ini masih banyak diminati karena dianggap paling aman. Selain berbentuk fisik, saat ini juga banyak tersedia pilihan menabung emas digital. Hanya dengan menggunakan smartphone, Anda sudah bisa berinvestasi emas digital.

Dilansir dari laman forbes, emas digital adalah salah satu jenis emas dengan kadar 24 karat yang memungkinkan para investor untuk membelinya dengan mudah secara online tanpa adanya beban penyimpanan.

Emas digital pun dinilai lebih praktis daripada emas fisik. Walaupun demikian, tetap terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan pada emas digital. Apa saja? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang emas digital di bawah ini.

Kelebihan Menabung Emas Digital

1. Modal Minim

Perbedaan yang paling besar saat menabung emas fisik atau emas digital adalah dari nilai pembeliannya. Jika Anda membeli emas fisik, maka emas tersebut telah dibentuk dengan berat tertentu yang sebelumnya telah ditentukan. Jadi saat Anda memutuskan untuk membeli emas, maka Anda bisa memilih berat emas yang sekiranya sesuai dengan modal Anda miliki.

Beda halnya bila Anda menabung emas, Anda bisa membelinya dengan nominal berapapun. Jadi, berat emas akan disesuaikan dengan modal yang Anda miliki.

2. Harga Cenderung Stabil

Menabung emas dikatakan sebagai melindungi kekayaan. Pasalnya, nilai emas cenderung lebih stabil daripada instrumen investasinya saham. Pergerakan harga emas pun tidak sebesar harga saham. Risikonya juga sangat minim, tapi dengan hasil investasi yang optimal.

3. Waktu Pembelian

Kelebihan selanjutnya adalah dari waktu pembeliannya. Sama seperti namanya, emas ini bisa dibeli secara online. Tentunya Anda bisa membeli emas kapan saja selama Anda telah menyiapkan dana investasi dan memiliki akses internet.

4. Mudah Dicairkan

Dengan menabung emas digital, maka Anda bisa memantau perkembangan harga emas secara real time. Umumnya, platform investasi emas akan menyajikan grafik harga agar Anda bisa memantau harganya. Sehingga, Anda bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi emas bila dirasa telah menguntungkan atau dalam kondisi yang mendesak. Prosesnya pun sangat mudah dan juga cepat.

5. Bebas Pajak

Perlu Anda ketahui bahwa dana yang Anda simpan di tabungan deposito akan dipotong pajak sebesar 20% bila simpanan Anda sudah lebih dari 7,5 juta rupiah. Disisi lain, bila Anda berinvestasi di surat utang pemerintah, Anda akan dikenakan pajak sebesar 15%.

Hal tersebut berbeda bila Anda berinvestasi emas. PPh pasal 22 akan dikenakan pada badan usaha yang menjual emas dan Anda tidak akan dibebankan pajak.

Hal tersebut berdasarkan Siaran Pers Nomor SP – 39 /KLI/2022 – Implementasi penyesuaian tarif PPN sebesar 11% yang mulai berlaku tanggal 1 April 2022 N.3j, yang mana emas digital adalah salah satu kategori barang yang tidak dikenakan PPN sebanyak 11%.

6. Bebas Bunga

Menabung emas, termasuk emas digital, sama halnya seperti berinvestasi pada produk syariah. Karena, transaksi yang dilakukan harus mengikuti hukum syariah, salah satunya terbebas dari bunga.

7. Bebas Biaya Administrasi

Bila dalam investasi offline terdapat berbagai biaya lain yang dikenakan pada investor, maka hal tersebut berbeda dengan menabung jenis emas ini. Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan untuk kebutuhan administrasi karena biaya tersebut gratis.

8. Lebih Praktis

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa era digital adalah era yang memanjakan para pengguna, termasuk dalam berinvestasi emas. Di dalamnya Anda tidak memerlukan waktu dan tenaga untuk datang ke toko ataupun emas fisik. Cukup dengan hanya menggunakan internet dan smartphone, Anda bisa melakukan investasi dalam hitungan menit.

9. Aman

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa investasi adalah hal yang sangat penting. Membeli emas fisik dengan jumlah yang banyak kemungkinan besar bisa terjadi kehilangan atau bahkan pencurian.

Namun bila Anda berinvestasi jensi emas ini, maka Anda tidak perlu memikirkan tempat untuk menyimpan emas. Pasalnya, platform investasi emas sudah menyiapkan suatu brankas tertentu agar bisa menjamin keamanannya.

10. Tidak Perlu Biaya Penyimpanan dan Perawatan

Anda sudah tidak perlu lagi menyiapkan tempat penyimpanan tertentu dan cara perawatannya. Pasalnya, emas yang Anda miliki berwujud digital.

Baca juga: Ini Ciri-Ciri Emas Asli untuk Anda yang Ingin Investasi Emas!

Kerugian Menabung Emas Digital

Walaupun mempunyai banyak keuntungan, perlu Anda ketahui bahwa emas digital memiliki beberapa kerugian, yaitu:

1. Belum Bisa Dijangkau Oleh Seluruh Lapisan Masyarakat

Dalam menabung emas ini, hal penting yang harus Anda siapkan adalah smartphone. Tapi, walaupun telah menawarkan berbagai kemudahan, hal tersebut belum mampu menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Pasalnya, masih banyak masyarakat yang belum mempunyai smartphone, masih gagap akan teknologi, dan berbagai masalah lainnya.

2. Terdapat Minimal Berat Pencairan Emas Fisik

Kekurangan selanjutnya adalah saat ingin mencarinya ke dalam bentuk fisik. Umumnya, setiap penyedia platform akan memberikan ketentuan tertentu bila Anda ingin mencairkan emas dalam bentuk fisik, seperti satu gram emas. Anda juga akan dikenakan ongkos pembentukan emas digital ke emas fisik.

Baca juga: Buyback Emas dan Contoh Perhitungannya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang kelebihan dan kekurangan dalam melakukan investasi atau menabung emas digital.

Bagaimana? Tertarik untuk berinvestasi ke jensi emas ini? Sebelum berinvestasi, Anda harus bisa mengelola keuangan Anda dengan baik. Hal ini sangat penting sekali untuk dilakukan oleh individu ataupun perusahaan.

Namun, saat ini kegiatan mengelola keuangan bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi bisnis Accurate Online. Kenapa? Karena aplikasi ini mampu menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat.

Lewat berbagai laporan keuangan tersebut, Anda akan lebih mudah dalam mengelola keuangan dan membuat keputusan bisnis yang tepat.

Bagaimana, tertarik menggunakan Accurate Online? Coba dulu saja selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia