Fidusia Online: Pengertian, Kelebihan Dan Cara Mendaftarnya

Di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, layanan publik sudah semakin canggih dan modern dengan menerapkan kemajuan teknologi. Fidusia online adalah salah satunya. Fidusia adalah kegiatan pengalihan nama pemilik dari suatu benda atau pengalihan kepemilikan suatu benda.

Saat ini, jaminan fidusia bisnis didaftarkan secara online dengan hanya menggunakan smartphone atau menggunakan desktop saja.

Contoh sederhana dari fidusia adalah saat seseorang mengambil kredit sepeda motor. Bila ada kondisi gagal bayar, maka kepemilikan sepeda motor pun nantinya akan beralih ke pihak leasing atau ke pihak bank. Untuk itu, sebelum memilih pinjaman kredit motor, pihak leasing harus terlebih dahulu memeriksa risiko likuiditas untuk mengetahui kemampuan bayar dari debitur.

Pengertian Fidusia Adalah

Dalam dunia finansia, fidusia adalah suatu jaminan hutang jangka pendek, khususnya untuk kendaraan bermotor. Pihak leasing atau bank memerlukan jaminan agar bisa mengurangi risiko gagal bayar dari debitur.

Biasanya, fidusia adalah pengganti atau ganti rugi. Karena walaupun belum sepenuhnya lunas, namun sepeda motor sudah digunakan dan dibawa oleh pihak debitur. Jadi, jika debitur tidak bisa melunasi pembayaran sesuai kesepakatan, maka pihak bank atau leasing akan mengubah kepemilikan dari sepeda motor tersebut.

Baca juga: Jaminan Fidusia: Pengertian, Perlindungan Hukum, dan Sertifikasinya

Cara Mendaftarkan Jaminan Fidusia Online

Untuk mendaftarkan jaminan fidusia online, terdapat beberapa tahap yang harus Anda ikuti, yaitu:

  1. Silahkan buka laman https://fidusia.ahu.go.id/.
  2. Nanti Anda akan dihadapkan dengan tampilan 4 kategori permohonan pendaftaran jaminan fidusia, yakni ritel, kanwil, notaris, dan korporasi.
  3. Untuk kanwil dan notaris, Anda cukup memasukkan info login yang sudah Anda miliki.
  4. Untuk perusahaan ataupun toko ritel, silahkan pilih tombol daftar atau register.
  5. Setelah itu, silahkan melengkapi formulir sesuai petunjuk, seperti dengan mengisi nama, email NPWP, alamat, nomor telepon, dan lain sebagainya.

Contoh perusahaan atau korporasi yang bisa mengajukan permohonan jaminan fidusia online adalah bank perkreditan rakyat, bank umum, bank syariah, pihak leasing, dan lain sebagainya. Sedangkan contoh individu atau ritel yang bisa mengajukan fidusia online adalah yayasan, PT, CV, firma, dan lain sebagainya.

Baca juga: Pengertian dan Pembahasan Lengkap Akuntansi Fidusia

Syarat Pendaftaran Jaminan Fidusia Online

Berdasarkan undang-undang fidusia, syarat untuk mengajukan permohonan jaminan fidusia online adalah seperti di bawah ini:

  • Mempersiapkan dokumen yang lengkap, seperti NIK, NPWP, KTP, email aktif, alamat domisili, nomor telepon aktif, dan foto close up ukuran 4×6.
  • Seluruh persyaratan pendaftaran jaminan fidusia jenis ini harus dimuat dalam format JPEG, JPG atau PDF.
  • Pastikanlah agar seluruh file bisa terbaca secara jelas dan tidak buram. Lalu, bisa diunggah melalui formulir registrasi pendaftaran jaminan fidusia secara online.
  • Proses jaminan fidusia online memerlukan waktu sekitar satu hari kerja. Beberapa diantaranya ada yang bisa selesai hingga 7 jam, termasuk pencetakan sertifikat.

Baca juga: 8 Bidang Dalam Ilmu Akuntansi: Kegunaan dan Cara Kerjanya

Kelebihan Fidusia Online

Kehadiran jenis fidusia ini sangat mempermudah pelayanan masyarakat dalam mendaftarkan fidusianya tanpa antri. Hanya dengan menggunakan desktop atau smartphone, jaminan fidusia bisa didaftarkan secara online tanpa harus keluar rumah.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Fidusia No. 42 tahun 1999 terkait jaminan fidusia. Sedangkan fidusia online ini baru diresmikan di tahun 2013 lalu.

Sebelumnya, untuk bisa mendaftarkan jaminan fidusia, seseorang harus datang langsung ke kantor Kemenkumham tingkat provinsi. Hal tersebut tentu sangat menyita banyak waktu dan merepotkan.

Beberapa diantaranya bahkan ada yang melakukan pendaftaran jaminan fidusianya melalui bantuan notaris yang tentunya akan mengeluarkan jumlah dana yang besar.

Nah, beberapa kelebihan dari jaminan fidusia online adalah sebagai berikut:

  • Proses Real Time

Karena menggunakan basis internet, maka jaminan fidusia online bisa Anda akses secara real time 24 jam. Data yang masuk nantinya dapat Anda lihat seketika untuk menghadirkan tingkat akurasi yang tinggi dan menjamin keamanan data.

  • Bisa Memeriksa Pajak Mobil

Pihak pemilik mobil ataupun calon pembeli mobil pun bisa memeriksa pajak mobilnya secara online menggunakan smartphone-nya. Data yang transparan dan juga valid bisa melindungi calon debitur atau kreditur agar tidak mempunyai jaminan ganda.

  • Dilengkapi Kode QR

Saat ini, pihak kreditur ataupun debitur juga memindai kode QR yang ada di dalam sertifikat jaminan fidusia agar bisa mengetahui keasliannya. Walaupun jaminan fidusia ini bisa dicetak mandiri, namun akan sulit untuk direkayasa dan dipalsukan.

Baca juga: Dana Hibah Adalah: Pengertian, Mekanisme, dan Pajak Dana Hibah

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang jaminan fidusia online. Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman kredit motor atau mobil, pastikanlah Anda bisa mengelola keuangan bisnis Anda secara baik. Walaupun saat ini pengajuan tersebut bisa dilakukan secara praktis dan mudah, namun akan jauh lebih baik lagi bila Anda mengurangi jumlah utang ataupun pinjaman.

Nah, agar pengelolaan keuangan dan juga manajemen utang-piutang bisa berjalan secara lancar, coba gunakanlah aplikasi bisniss dan akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis, yakni Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, kegiatan pembukuan, pencatatan transaksi, membuat invoice, dan rekonsiliasi bank bisa dilakukan secara lebih mudah. Anda juga bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis secara otomatis, cepat dan akurat.

Terlebih lagi, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, persediaan, perpajakan, pembelian dan fitur bisnis lainnya yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda secara signifikan.

Bahkan, seluruh kelebihan dan fitur menarik dari Accurate Online bisa Anda nikmati tanpa batas dengan biaya investasi yang sangat terjangkau.

Masih ragu? Tenang, Anda bisa membuktikannya sendiri dengan menggunakan Accurate Online selama 30 hari gratis melalui link gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia