Catat! Ini Daftar Investasi yang Menguntungkan dan Wajib Anda Coba

Saat ini, investasi banyak dipilih untuk bisa mengamankan dan meningkatkan kekayaan yang dimiliki oleh seseorang dari inflasi dan berbagai kerugian lainnya. Namun, banyak para pemula yang kebingungan dalam memilih jenis investasi yang menguntungkan.

Hal tersebut terjadi karena banyaknya instrumen investasi yang tersedia saat ini. Bila asal dalam memilihnya, maka bisa-bisa hanya akan mendapatkan kerugian.

Salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih investasi adalah risiko yang terdapat di dalamnya. Semakin kecil risiko investasi, maka akan semakin aman uang Anda.

Lantas, bagaimana cara memilih investasi yang menguntungkan? Penasaran? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

5 Investasi yang Menguntungkan dan Aman untuk Pemula

1. Investasi Saham

Dilansir dari laman Wikipedia, investasi saham adalah jenis investasi yang banyak dipilih oleh investor. Saham adalah bukti kepemilikan seseorang atas suatu perusahaan. Semakin banyak kepemilikan saham seseorang, maka akan semakin banyak juga kekuasaan orang tersebut di dalam perusahaan.

Seorang pemegang saham atau investor saham bisa memperoleh keuntungan lewat dua cara, yakni melalui deviden dan capital gain. Capital gain adalah metode memperoleh keuntungan dengan menjual saham lebih tinggi daripada pada ketika membelinya.

Sedangkan dividen adalah sistem bagi hasil yang didapat oleh pemegang saham atas keuntungan yang diperoleh perusahaan. Semakin banyak saham seseorang, maka akan semakin banyak pula deviden yang akan diperolehnya.

Baca juga: Cara Investasi Saham secara Cepat dan Mudah, Cocok untuk Pemula

2. Investasi Emas

Investasi emas bisa Anda jadikan pilihan investasi yang aman. Walaupun emas tidak bisa memberikan keuntungan yang besar, tapi harga emas akan selalu mengalami kenaikan setiap waktu. Emas juga menjadi instrumen investasi yang tahan terhadap gempuran inflasi dan mudah untuk dijual.

Oleh karenanya, banyak orang yang memilih emas saat ingin berinvestasi. Walaupun menjanjikan beragam keuntungan. Tapi investasi emas kurang praktis karena memerlukan tempat penyimpanan emas.

Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan cara berinvestasi emas di platform digital, seperti di Pegadaian Digital atau di berbagai marketplace ternama di Indonesia.

3. Surat Berharga/Obligasi

Masih dari laman Wikipedia, obligasi adalah surat berharga yang didalamnya berisi perjanjian yang dilakukan oleh perusahaan dengan pihak investor selaku pemilik dana. Perusahaan yang mengeluarkan obligasi harus membayar bunga obligasi secara rutin adn mempunyai kewajiban dalam melunasi pokok pinjaman saat tiba waktu jatuh tempo.

Umumnya, obligasi akan diterbitkan dengan jangka waktu tetap di atas 10 tahun lamanya. Untuk surat utang dengan jangka waktu 1 hingga 10 tahun dikenal dengan surat utang. Sedangkan untuk surat berjangka yang waktunya kurang dari 1 tahun dikenal dengan surat perbendaharaan.

Untuk Anda yang tertarik membeli obligasi, Anda bisa membelinya melalui penerbit obligasi yang sepakat untuk melakukan kegiatan jual beli dengan pembeli.

Baca juga: Mengenal Investasi Deposito dan Cara Memulainya

4. P2P Lending

P2P atau Peer to Peer Lending adalah suatu fenomena yang muncul bersamaan dengan tren fintech atau financial technology di Indonesia. P2P akan mempertemukan investor dengan mereka yang memerlukan pinjaman secara langsung.

Keduanya akan dipertemukan secara online melalui aplikasi yang dibuat oleh platform P2P. Untuk di Indonesia sendiri, platform P2P Lending yang terkenal adalah Koinwork, Akseleran, Modalku, dan Amartha. Nantinya, platform P2P Lending akan memilih calon kreditur yang sesuai dengan yang telah ditetapkan dan akan ditetapkan ke dalam profil risiko kreditur.

Selanjutnya, platform P2P lending akan menempatkan profil kreditur di platform P2P dan nantinya investor bisa memilih kreditur yang akan diberikan pinjaman.

5. Reksadana

Reksadana bisa Anda jadikan pilihan investasi yang aman selain emas. Menurut Wikipedia, reksadana adalah suatu wadah dan suatu pola dalam mengelola dana atau modal yang dilakukan oleh investor untuk berinvestasi di instrumen yang terdapat di dalam pasar modal dengan melakukan pembelian unit penyertaan reksadana.

Instrumen investasi ini tergolong investasi murah dan bisa dilakukan secara mudah oleh para pemula. Untuk menjadi investor reksadana, Anda cukup memilih dan juga menempatkan dana yang dimiliki oleh reksadana dan pengelolaan investasi nantinya akan dikelola oleh manajer investasi.

Baca juga: 5 Alasan Investor Asing Berinvestasi di Indonesia

Penutup

Berinvestasi adalah salah satu cara yang baik untuk mengamankan uang yang Anda miliki dari gempuran inflasi dan untuk meningkatkan penghasilan. Jadi, berdasarkan investasi yang menguntungkan di atas, yang manakah yang ingin Anda pilih?

Selain harus mengamankan uang, untuk Anda yang memiliki bisnis, Anda harus bisa mengelola keuangan secara baik. Terdapat banyak sekali cara yang bisa Anda lakukan, tapi tidak ada yang #lebihbaik selain menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi berbasis website yang telah dilengkapi dengan sistem keamanan super ketat dan telah didesain secara mudah serta menarik. Sehingga, Anda atau staff Anda yang masih awam tentang akuntansi pun bisa menggunakannya secara mudah.

Dengan menggunakan Accurate Online, semua kegiatan transaksi Anda akan tercatat secara otomatis dan Anda bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat. Laporan tersebut nantinya bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan secara mudah.

Lebih dari itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagi fitur luar biasa lainnya yang saling terintegrasi, sehingga Anda bisa lebih mudah dalam melakukan penjualan dan pembelian, mengelola persediaan barang di gudang, menyelesaikan administrasi perpajakan, dan masih banyak lagi.

Seluruh kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya investasi yang sangat terjangkau. Bahkan, Anda bisa mencobanya lebih dulu selama 30 hari gratis melalui tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia