Kartu American Express: Kartu Khusus Para Kaum Borjuis

Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan black card. Tapi, mungkin baru sedikit yang mengetahui dengan detail tentang black card American Express. Jika memang belum, terdapat berbagai fakta menarik yang harus Anda ketahui tentang kartu kredit yang ekslusif ini.

Kenapa disebut dengan kartu ekslusif? Karena hanya kalangan tertentu saja yang bisa memiliki kartu American Express, seperti selebritis, jutawan, pengusaha, selebritas, dan lain-lain yang bisa memiliki kartu hitam dari American Express yang satu ini.

Berdasarkan berbagai sumber yang ada, Rieta Amalia, selaku ibu Nagita Slavina juga mempunyai kartu kredit ini.

Terlepas dari adanya kebenaran tersebut, faktanya tidak semua orang bisa memiliki kartu ini. Untuk bisa memilikinya, terdapat banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi. Bahkan, American Express lah yang akan mengundang atau menawarkan sendiri pada mereka yang dianggap layak untuk memiliki kartu ekslusif ini.

Lalu, siapa saja yang mempunyai hak untuk mempunyai kartu American Express? Dapatkan jawabannya dengan membaca artikel tentang kartu American Express di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Black Card American Express?

Di dunia ini ada banyak sekali metode atau alat pembayaran, kartu kredit adalah salah satunya. Kenyataannya, terdapat kartu kredit yang khusus menyasar pada pengguna kelas atas atau orang-orang kaya, contohnya seperti black card.

Kartu American Express adalah salah satu kartu kredit paling bergengsi yang hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Kartu ini bahkan dinilai sebagai status sosial bagi para pemiliknya.

Kartu ini diterbitkan oleh perusahaan Amex atau American Express di tahun 1999 lalu. Saat itu, Amex memberinya nama resmi American Express Centurion Card.

Untuk Anda yang belum tahu, American Express adalah perusahaan penerbit kartu kredit paling besar di dunia. perusahaan ini berbasis di Amerika Serikat.

Nah, karena kartu American Express adalah kartu yang eksklusif, maka tidak heran bila kartu ini dilapisi dengan titanium dengan desain yang elegan dan hanya seberat 14 kg saja.

Tidak semua orang bisa mempunyai kartu yang satu ini. Hanya mereka yang ditawarkan atau diundang secara eksklusif dari American Express Centurion Card saja yang bisa memiliki kartu ini. Untuk yang tidak memperoleh undangan atau penawaran, maka kemungkinan besar belum layak untuk memiliki kartu kredit ini.

Nah, karena dipandang sebagai karut yang eksklusif, maka kartu ini menawarkan banyak keuntungan yang untuk para pemiliknya. Terdapat berbagai manfaat yang hanya bisa dinikmati oleh pemilik kartu American Express saja, yaitu:

  • Memiliki akses VIP di sejumlah tempat atau event. Seperti menonton konser besar di barisan paling depan atau di tempat strategis.
  • Mempunyai akses sebagai tamu elite di beberapa hotel mewah. Pemilik kartu ini juga akan mendapatkan banyak kelonggaran di berbagai hal, seperti bisa memundurkan jadwal check out atau melakukan upgrade
  • Memiliki akses Centurion Lounge di semua bandara internasional.
  • Mempunyai status penyewaan mobil elit. Kartu American Express adalah kartu yang diterima untuk program centurion auto, yang merupakan akses layanan penyewaan mobil mewah dengan pilihan harga yang menarik.
  • Setiap menggunakan kartu kredit ini, maka pengguna akan mendapatkan satu poin reward.
  • Memiliki akses ke kamar termewah di berbagai kapal pesiar.
  • Menutup Toko untuk bisa berbelanja secara eksklusif.
  • Memperoleh undangan secara eksklusif dari berbagai brand terkenal.

Baca juga: CVC Adalah Kode Keamanan Kartu Kredit Yang Harus Anda Jaga, Ini Pengertiannya!

Jenis Black Card Amex

Perlu Anda ketahui bahwa kartu kredit ini tidak terdiri dari berbagai jenis kartu, atau hanya ada satu jenis kartu saja.

Namun, jenis black card lainnya juga dikeluarkan oleh berbagai perusahaan penerbit kartu kredit, seperti misalnya MasterCard.

Jadi, selain American Express Centurion Card, ada juga The Mastercard Black Card yang merupakan black card keluaran MasterCard.

Walaupun namanya memang sama-sama black card, masih ada beberapa perbedaan signifikan di antara keduanya. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa kartu black card yang diterbitkan oleh Amex adalah kartu kredit untuk kalangan tertentu yang diundang secara khusus.

Sedangkan untuk black card yang dikeluarkan oleh MasterCard adalah kartu kredit perjalanan kelas atas dan siapapun bisa mengajukan kepemilikan terkait kartu ini. Biaya tahunannya pun cenderung lebih terjangkau, yaitu hanya sekitar $ 495.

Sedangkan untuk pengguna kartu kredit ini akan dikenakan biaya pendaftaran sebanyak $ 10.000 dan biaya tahunan kartu ini adalah sebanyak $ 5000.

The MasterCard Black Card pun dibuat dari baja anti karat hitam dengan berat 22 gr yang sudah dipatenkan. Kartu ini diproduksi dengan menggunakan teknik Physical Vapor Deposition.

Baca juga: Gestun Kartu Kredit: Ini Bahaya dan Kerugiannya

Kriteria Pemilik Black Card American Express

Seperti yang sudah kita jelaskan di awal, mereka yang bisa membawa pulang kartu kredit ini adalah mereka yang sudah memperoleh penawaran atau undangan khusus dari American Express Centurion Card.

Jika tidak memperoleh penawaran undangan, Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk memiliki kartu ini dengan mengajukan permintaan ke pihak Amex.

Terdapat beberapa kriteria yang membuat seseorang memiliki peluang untuk diundang menjadi pemegang kartu American Express, yaitu:

  • Sudah tercatat sebagai pengguna kartu American Express
  • Aktif menggunakan kartu American Express selama minimal satu tahun.
  • Pengeluaran setiap tahun dengan menggunakan kartu American Express paling kecil adalah sebanyak $ 250.000. Namun, beberapa ada juga yang mengatakan bahwa kartu ini hanya diberikan pada mereka yang sering berbelanja setidaknya $ 450.000 per tahun.
  • Mempunyai penghasilan tahunan sebanyak $ 1.300.000 per tahun

Tapi, keempat kriteria di atas masih dalam bentuk perkiraan saja. Karena, American Express sendiri sebenarnya tidak pernah mengeluarkan pernyataan resmi terkait syarat dalam pengajuan kartu black card­-nya.

Jadi, walaupun Anda sudah berhasil memenuhi kriteria di atas, Anda tidak bisa langsung mempunyai black card. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Amex sendirilah yang nantinya akan mengundang seseorang agar bisa memiliki kartu kredit ini.

Selain itu, bagi Anda yang sudah mendapatkan penawaran untuk memiliki kartu Amex, Anda akan dibebankan biaya awal sebanyak $ 10.000 dan biaya tahunan sebanyak $ 5.000

Baca juga: Apa itu MasterCard dan Bedanya dengan VISA?

Perbedaan Black Card dan Platinum Card American Express

Amex sebenarnya sudah menerbitkan kartu kredit lain, namanya adalah Platinum Card yang sama-sama eksklusif.

Tapi, jika black card American Express hanya bisa dimiliki oleh mereka yang sudah diundang atau ditawarkan saja, platinum card bisa Anda miliki dengan mengajukan secara langsung ke pihak Amex. Anda juga tidak harus memiliki kekayaan seperti mereka yang ditawarkan black card.

Tapi, Anda tetap harus mempunyai skor kredit yang baik dan cukup panjang. Jika Anda adalah seorang pengguna Gold Card Amex, semakin sering Anda menggunakan kartu untuk melakukan transaksi dan membayar tagihan secara tepat waktu, maka Anda memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan kartu Platinum-nya.

Tapi karena kartu ini juga tergolong kartu yang eksklusif, maka biaya tahunnya pun tetap tinggi, yaitu sebesar $ 550 dolar atau sekitar Rp 7,9 juta rupiah. Biaya tahunan tersebut lebih mahal dari pada biaya tahunan Gold Card, Gold Credit Card, dan Green Card dari American Express.

Sebagai tambahan, nominal biaya tahunan dari ketiga kartu yang levelnya di bawah Platinum Card American Express adalah:

  • Biaya tahunan American Express Gold Card: untuk kartu utama adalah sebesar Rp 1,2 juta, dan untuk kartu tambahan sebesar Rp 400 ribu.
  • Biaya tahunan American Express Gold Credit Card: Untuk kartu utama adalah sebesar Rp 450 ribu dan untuk kartu tambahan keluarga adalah Rp 500 ribu.

Saat ini, masyarakat Indonesia juga bisa mempunyai kartu Platinum Card Amex atau kartu lainnya. Untuk melayani nasabah yang berasal dari Indonesia, perusahaan ini sudah menjalin kerjasama dengan bank BCA dan Bank Danamon untuk mengeluarkan kartu kredit ekslusif ini pada masyarakat Indonesia.

Baca juga: ATM Skimmer: Ini Cara Mereka Melakukannya

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat dari kami tentang kartu American Express. Untuk Anda yang sudah memiliki kartu ini, gunakanlah kartu ini dengan baik dan hindari gaya hidup boros. Selain itu, catatlah semua pengeluaran yang sudah Anda gunakan untuk melakukan transaksi.

Kegiatan pencatatan ini sangat penting untuk individu atau bisnis agar bisa mengetahui penggunaan kartu dan menghentikan penggunaannya bila sudah dirasa tidak lagi membutuhkannya.

Namun bila Anda masih mencatatnya secara manual, tentu Anda akan memerlukan banyak waktu, dan sangat rentan terjadi kesalahan. Untuk itu, gunakanlah software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat.

Selain itu, Accurate Online juga dibekali dengan berbagai modul dan fitur menarik yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efisien. Sehingga, sebagai pebisnis Anda bisa lebih fokus dalam mengembangkan bisnis.

Tertarik? Anda bisa mencoba Accurate Online terlebih dulu selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

footer image blog akuntansi

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

0 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!

As you found this post useful...

Follow us on social media!

We are sorry that this post was not useful for you!

Let us improve this post!

Tell us how we can improve this post?

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia