Mata Elang, Salah Satu Profesi Debt Collector yang Berisiko

Untuk Anda yang pernah mengajukan kredit, pasti Anda sudah sangat akrab dengan debt collector. Istilah ini seringkali muncul di berbagai media yang memberitakan keresahan debitur yang dikejar-kejar debt collector. Mereka yang tidak mampu membayar tagihan motor atau mobilnya seringkali disita paksa oleh debt collector, dan mereka sering kali disebut sebagai mata elang.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan menjelaskan tentang debt collector dan ciri-ciri dari debt collector mata elang.

Pengertian Debt Collector

Sebenarnya, istilah debt collector ini berasal dari kata debt collection yang memiliki arti proses menagih pembayaran debitur yang berhutang.

Di beberapa negara maju, kegiatan debt collection ini sangat terorganisir dan masuk ke dalam agensi yang menyediakan jasa penagihan utang. Mereka akan mencari debitur yang berhutang dan memaksa mereka untuk membayar atau menyita objek kreditnya.

Dalam hal kredit kendaraan, terutama motor, terdapat istilah debt collector mata elang. Tugas mereka memang memerlukan ketajaman mata seperti elang untuk memantau kendaraan yang berlalu-lalang di jalanan. Mereka akan mencari kendaraan yang cicilannya tertunggak.

Baca juga: Besar Pasak daripada Tiang: Ini Tanda dan cara mengatasinya!

Ciri-Ciri Debt Collector Mata Elang

1. Dipekerjakan Oleh Lembaga Pembiayaan

Lembaga pembiayaan seperti halnya leasing dan bank akan merekrut debt collector secara outsourcing untuk keperluan menagih utang.

Dalam hal ini, outsourcing tersebut adalah alih daya yang mana debt collector sebagai pekerja adalah pihak ketiga yang akan bekerja kepada leasing pada bagian tertentu. Biasanya, mereka disediakan oleh agensi penyalur atau pekerja perorangan yang bekerja pada leasing dengan status outsourcing.

Debt collector mata elang ini banyak digunakan oleh leasing karena masalah tunggakan kredit motor ini memang sudah sangat sering terjadi dan membutuhkan keahlian penglihatan yang tinggi. Penghasilan yang mampu diperoleh oleh debt collector mata elang tergantung dari jumlah kendaraan yang mampu mereka tarik.

2. Bergerombol Di Perempatan Jalan

Jika Anda melihat banyak orang yang bergerombol di perempatan jalan, belum tentu mereka adalah orang yang tidak memiliki pekerjaan. Mereka bisa jadi adalah debt collector mata elang yang sedang memantau kendaraan yang lewat satu demi satu. Mereka biasanya berjumlah 4 hingga 10 orang.

Tentunya pekerjaan ini memerlukan konsentrasi dan kejelian yang tinggi untuk bisa mengingat ciri fisik dan nomor polis yang mereka sedang incar.

3. Memegang buku tebal

Setiap debt collector mata elang biasanya akan dibekali dengan suatu buku tebal dari leasing yang berisi semua informasi kendaraan yang menunggak membayar cicilan. Informasi tersebut biasanya berisi merk kendaraan dan nomor polisi.

Baca juga: Bankable Adalah: Ini Bedanya Dengan Unbankable dan Underbanked

4. Aksi kejar-kejaran

Seringkali ketika debt collector mata elang sedang bertugas di perempatan jalan, mereka menemukan kendaraan debitur yang menunggak. Nah, hal yang dilakukan oleh debt collector mata elang adalah langsung menghidupkan kendaraan dan mengejar motor tersebut.

Bila tertangkap, maka debt collector akan segera menyerahkan bukti tunggakan dan menanyakan itikad baik debitur untuk membayar tunggakan.

Bila ternyata debitur ingin segera melunasinya, maka debt collector ini akan langsung segera membawa debitur ke cabang leasing terdekat untuk membayar tunggakannya.

Beberapa debt collector juga ada yang langsung menarik kendaraan karena dinilai tidak kooperatif, seperti tunggakan terjadi selama berbulan-bulan ataupun tahunan. Tindakan ini sebenarnya salah menurut hukum dan tergolong sebagai perampasan kendaraan yang menyalahi ketentuan hukum pidana.

5. Pekerjaan berisiko

Pekerjaan debt collector mata elang ini memiliki risiko yang tinggi yang bisa mengancam keselamatan jiwanya. Dalam aksi pengejaran, debt collector bisa saja mengalami kecelakaan karena aksi pengejaran. Terkadang, debitur yang dikejar juga diteriaki sebagai maling, sehingga debt collector bisa dihakimi oleh warga sekitar.

Sering kali debt collector mata elang juga merasa kasihan dengan debitur yang kendaraannya harus ditarik. Tapi, mereka tidak punya banyak pilihan karena itu adalah tugas mereka. Bila tidak dilakukan, maka mereka tidak akan memperoleh penghasilan.

Selain kelima ciri di atas, tanpa adanya maksud rasisme ataupun sara, kebanyakan debt collector mata elang juga berasal dari daerah timur Indonesia, seperti dari Flores atau Ambon yang memiliki perawakan menyeramkan. Jadi, pekerjaan ini memang memerlukan nyali yang juga besar.

Masalah yang seringkali terjadi dilapangan juga kadang kala mereka yang ditangkap oleh pihak debt collector ternyata bukanlah debitur yang sebenarnya. Hal tersebut terjadi karena debitur nakal yang menggadaikan atau menjual kendaraan bermotornya pada pihak lain.

Beberapa debitur bahkan ada yang nekat membuat BPKB palsu, padahal BPKB aslinya masih ada di leasing dan baru bisa diambil bila cicilan kendaraan sudah dinyatakan lunas.

Namun, debt collector mata elang tidak pandang bulu dalam menyita kendaraan yang dinilai menunggak cicilan. Fokus mereka adalah kendaraan motor tersebut. Mereka tidak akan memikirkan Anda adalah korban penipuan dari penjualan motor dengan BPKB yang palsu.

Baca juga: Globalisasi: Ini Dampaknya Pada Sektor Perekonomian Indonesia

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang debt collector mata elang dan ciri-cirinya. Bila kendaraan Anda tidak ingin ditarik oleh mereka, mulailah untuk membayar cicilan kendaraan secara rutin.

Selain itu, cobalah untuk mengelola keuangan Anda secara baik agar mampu membayar cicilan kendaraan sebelum jatuh tempo. Kegiatan mengelola keuangan ini sangat diperlukan untuk individu dan badan usaha. Tujuannya adalah agar setiap kewajiban bisa terpenuhi dengan baik.

Nah, saat ini sudah ada software akuntansi dan bisnis berbasis cloud dari Accurate Online yang akan membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan.

Dengan menggunakan Accurate Online, maka Anda bisa dengan mudah mengelola keuangan, karena di dalamnya Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan Anda.

Selain itu, kegiatan bisnis Anda juga bisa dilakukan secara mudah dan cepat, karena Accurate Online sudah dilengkapi dengan fitur bisnis yang luar biasa, seperti fitur penjualan, persediaan, pembelian, perpajakan, dan masih banyak lagi.

Jadi, ayo coba dan gunakan Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia