Pentingnya Catatan Keuangan dan 10 Tips Melakukannya Secara Mudah
Kebanyakan orang berfikir bahwa mencatat transaksi keuangan hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar saja, namun tahukan Anda betapa pentingnya catatan keuangan, terutama bagi yang Anda yang baru merintis usaha kecil. Banyak orang kesulitan melakukan pengembangan bisnis secara terencana akibat tidak memiliki catatan keuangan yang sesuai dengan realita usaha yang mereka bangun.
Zaman sekarang banyak yang tidak dapat mengatur keuangan dengan baik. Hal ini adalah sebuah mimpi buruk terutam jika Anda seorang pemilik bisnis yang baru merintis usaha. Cepat atau lambat membuat catatan keuangan sederhana adalah sebuah keharusan. Karena dengan melakukan pencatatan keuangan setidaknya Anda bisa dengan mudah mengetahui keuntungan atau kerugian yang bisnis Anda alami.
Saat Anda membangun sebuah bisnis, Anda tentu memerlukan data keuangan untuk perencanaan pengembangan bisnis. Nantinya data ini tidak hanya untuk Anda, namun juga berguna bagi pihak eksternal, misalnya jika Anda mengajukan pinjaman pada Bank.
Nantinya Bank akan mempertimbangkan pengajuan pinjaman Anda melalui laporan keuangan bisnis. Pastikan seluruh data yang Anda input adalah data sebenarnya dari bisnis Anda. Berikut kami akan berikan tips untuk mengatur keuangan usaha dan pencatatan keuangan bisnis yang baru Anda mulai.
Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian Liabilitas Dalam Operasional Bisnis
10 Tips Membuat Catatan Keuangan bagi Bisnis
1. Catatlah dari sekarang
Tidak masalah bila Anda belum mencatat transaksi-transaksi sebelumnya, Anda dapat mulai mencatat sejak hari ini. Walaupun keuangan bisnis Anda tidak dipertanggungjawabkan pada orang lain paling tidak Anda telah bertanggungjawab pada diri sendiri. Anda harus memegang prinsip layaknya hidup Anda adalah sebuah perusahaan dimana tidak ada catatan sama dengan tidak ada transaksi.
2. Gunakan gawai
Untuk memudahkan pencatatan, gunakanlah gawai Anda untuk mencatat baik itu smartphone, tablet atau yang lainnya yang setiap saat Anda bawa. Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan berupa note atau catatan yang tersedia di gawai anda.
3. Perhatikan format pencatatan
format pencatatan yang paling sederhana adalah ada kolom tanggal, keterangan, debet, kredit, saldo akhir. Ingat jangan sepelekan tanggal transaksi, karena jika Anda lupa mengisi tanggal transaksi, Anda akan tersesat dikemudian hari. Kolom keterangan diisi dengan jenis transaksi atau darimana Anda mendapat uang dan untuk apa Anda keluarkan uang tersebut.
Kolom debet untuk mengisi uang masuk dan kolom kredit untuk uang keluar, saldo akhir harus sama dengan sisa uang Anda saat itu juga bila terjadi selisih misalnya 100 rupiah dapat Anda kreditkan dengan keterangan pembulatan atau kurang bayar.
Baca juga : Pentingnya Penganggaran Perusahaan Untuk Kemajuan Menyeluruh
4. Gunakan aplikasi Excel
Bagi Anda yang memiliki gadget yang support aplikasi Excel, aplikasi tersebut dapat Anda install untuk membantu Anda menghitung saldo akhir secara otomtis menggunakan rumus, namun jika tidak memungkinkan dapat anda catat di notes saja.
5. Gunakan buku kas
Bila Anda lebih suka mencatat di kertas belilah buku kas di toko buku, disitu sudah ada kolom seperti yang saya sebutkan di atas, catatan dari gadget Anda dapat di salin pada buku setiap sebelum Anda tidur atau satu minggu sekali saat Anda memiliki banyak waktu.
6. Bedakan jenis dana
Bila Anda memiliki dana yang berbeda sumber dan peruntukannya maka anda harus membuat catatannya masing-masing. Misalkan Anda mengatur keuangan kebutuhan sehari-hari, memegang keuangan usaha dan jenis keuangan lainnya maka Anda harus konsisten untuk membedakan catatan dari masing-masing transaksi tersebut, jika dicampur maka akan terasa sulit untuk mengatur keuangan Anda.
Baca juga : Mengenal Macam-macam Sistem Ekonomi Untuk Keberlangsungan Bisnis
7. Evaluasi rutin
Lakukan evaluasi catatan keuangan bisnis sederhana secara rutin misalkan setiap hari atau setiap dua hari atau setiap minggu sekali, evaluasi ini dilakukan untuk mencegah adanya transaksi yang belum tercatat, bila Anda lupa tidak mencatat lebih dari dua hari maka Anda akan kesulitan untuk mengingatnya kecuali transaksi Anda sedikit.
8. Evaluasi bulanan
Hal ini wajib Anda lakukan karena kembali pada tujuan utama Anda mencatat adalah untuk mengatur keuangan Anda, setelah satu bulan Anda telah mencatat maka berilah total pada kolom debet dan kredit. Lalu evaluasi apakah bisnis Anda sudah melakukan efisiensi pada bisnis Anda.
Baca juga : 5 Tips Evaluasi Kinerja Untuk Pengembangan Bisnis Berkelanjutan
9. Rencanakan keuangan bulan berikutnya
Bila Anda telah mengetahui sejarah transaksi dari keuangan bisnis Anda selama satu bulan terakhir maka Anda harus melakukan perencanaan untuk bulan berikutnya, perencanaan itu tidak harus rinci dan rumit cukup Anda lihat mana pengeluaran yang kurang perlu dan sifatnya konsumtif yang dapat Anda kurangi.
10. Tentukan target
Setelah Anda merencanakan keuangan Anda dimasa depan Anda akan memilih target dan perencanaan apa yang cocok untuk bisnis Anda sekarang, apakah membuat produk baru, untuk keperluan pembukaan cabang baru, bahkan Anda bisa membuat jenis usaha bila keuangan Anda memungkinkan. Karena perencanaan matang akan membuat bisnis Anda lebih berkembang sedangkan tindakan konsumtif membuat bisnis Anda sebaliknya.
Baca juga : Anda Pebisnis? Pelajari Cara Menghitung HPP dengan Benar
Itulah sepuluh tips pencatatan keuangan yang dapat diterapkan dalam bisnis kecil Anda, namun jika pada bisnis Anda terdapat banyak sekali transaksi setiap harinya, Anda dapat menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan bisnis Anda dan memiliki harga yang terjangkau seperti Accuraten Online.
Accurate Online adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan bisa digunakan kapan saja, dimana saja. Accurate Online telah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia dan meraih Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai saat ini sebagai software akuntansi terbaik di Indonesia.
Tertarik membuat catatan keuangan bisnis dengan mudah, cepat, dan praktis? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan dibawah ini :
Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.