Pentingnya Catatan Keuangan dan 10 Tips Melakukannya Secara Mudah

Kebanyakan orang berfikir bahwa mencatat transaksi keuangan hanya dibutuhkan oleh perusahaan besar saja.

Namun tahukan Anda betapa pentingnya catatan keuangan, terutama bagi yang Anda yang baru merintis usaha kecil.

Sebelum itu mari kita ketahui apa itu catatan keuangan dan apa saja isinya.

Mengutip dari Law Insider, Catatan Keuangan berarti setiap dokumen atau ikhtisar informasi yang terkandung dalam suatu dokumen, termasuk dokumen elektronik, yang berisi informasi tentang aktivitas atau posisi keuangan.

Di dalamnya termasuk  informasi tentang aset, neraca, anggaran, arus kas, pendapatan, pendapatan, pengeluaran, pendapatan, investasi, kerugian, kewajiban, gaji, laba, laba ditahan, atau pajak.

Banyak orang kesulitan melakukan pengembangan bisnis secara terencana akibat tidak memiliki catatan keuangan yang sesuai dengan realita usaha yang mereka bangun.

Berikut kami akan berikan tips untuk mengatur keuangan usaha dan pencatatan keuangan bisnis yang baru Anda mulai.

10 Tips Membuat Catatan Keuangan bagi Bisnis

 10 Tips Membuat Catatan Keuangan bagi Bisnis

ilustrasi catatan keuangan. source envato

Zaman sekarang banyak yang tidak dapat mengatur keuangan dengan baik. Hal ini adalah sebuah mimpi buruk terutama jika Anda seorang pemilik bisnis yang baru merintis usaha.

Cepat atau lambat membuat catatan keuangan sederhana adalah sebuah keharusan. Karena dengan melakukan pencatatan keuangan setidaknya Anda bisa dengan mudah mengetahui keuntungan atau kerugian yang bisnis Anda alami.

1. Catatlah dari Sekarang

Catatlah dari Sekarang

ilustrasi catatan keuangan. source envato

Tidak masalah bila Anda belum mencatat transaksi-transaksi sebelumnya, Anda dapat mulai mencatat sejak hari ini.

Walaupun keuangan bisnis Anda tidak dipertanggungjawabkan pada orang lain paling tidak Anda telah bertanggungjawab pada diri sendiri.

Anda harus memegang prinsip layaknya hidup Anda adalah sebuah perusahaan dimana tidak ada catatan sama dengan tidak ada transaksi.

Baca juga : 8 Cara Mudah Pembukuan Sederhana untuk Bisnis Pemula

2. Gunakan Gawai

Untuk memudahkan pencatatan, gunakanlah gawai Anda untuk mencatat baik itu smartphone, tablet atau yang lainnya yang setiap saat Anda bawa.

Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan berupa note atau catatan yang tersedia di gawai anda.

3. Perhatikan Format Pencatatan

Format pencatatan yang paling sederhana adalah ada kolom tanggal, keterangan, debet, kredit, saldo akhir. Ingat jangan sepelekan tanggal transaksi, karena jika Anda lupa mengisi tanggal transaksi, Anda akan tersesat dikemudian hari.

Kolom keterangan diisi dengan jenis transaksi atau darimana Anda mendapat uang dan untuk apa Anda keluarkan uang tersebut.

Kolom debet untuk mengisi uang masuk dan kolom kredit untuk uang keluar, saldo akhir harus sama dengan sisa uang Anda saat itu juga bila terjadi selisih misalnya 100 rupiah dapat Anda kreditkan dengan keterangan pembulatan atau kurang bayar.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Pengertian Liabilitas Dalam Operasional Bisnis

4. Gunakan Aplikasi Excel

Gunakan Aplikasi Excel

ilustrasi catatan keuangan. source envato

Bagi Anda yang memiliki gadget yang support aplikasi Excel, aplikasi tersebut dapat Anda install untuk membantu Anda.

Excel dapat menghitung saldo akhir secara otomtis menggunakan rumus, namun jika tidak memungkinkan dapat anda catat di notes saja.

5. Gunakan Buku Kas

Bila Anda lebih suka mencatat di kertas belilah buku kas di toko buku, disitu sudah ada kolom seperti yang saya sebutkan di atas.

Catatan dari gadget Anda dapat di salin pada buku setiap sebelum Anda tidur atau satu minggu sekali saat Anda memiliki banyak waktu.

6. Bedakan Jenis Dana

Bila Anda memiliki dana yang berbeda sumber dan peruntukannya maka anda harus membuat catatannya masing-masing.

Misalkan Anda mengatur keuangan kebutuhan sehari-hari, memegang keuangan usaha dan jenis keuangan lainnya maka Anda harus konsisten untuk membedakannya.

Terutama catatan dari masing-masing transaksi tersebut, jika dicampur maka akan terasa sulit untuk mengatur keuangan Anda.

Baca juga : Contoh Buku Kas dan Cara Sederhana dalam Membuatnya

7. Evaluasi Rutin

 Evaluasi Rutin

ilustrasi catatan keuangan. source envato

Lakukan evaluasi catatan keuangan bisnis sederhana secara rutin misalkan setiap hari atau setiap dua hari atau setiap minggu sekali.

Evaluasi ini dilakukan untuk mencegah adanya transaksi yang belum tercatat, bila Anda lupa tidak mencatat lebih dari dua hari maka Anda akan kesulitan untuk mengingatnya kecuali transaksi Anda sedikit.

8. Evaluasi Bulanan

Hal ini wajib Anda lakukan karena kembali pada tujuan utama Anda mencatat adalah untuk mengatur keuangan Anda.

Setelah satu bulan Anda telah mencatat maka berilah total pada kolom debet dan kredit. Lalu evaluasi apakah bisnis Anda sudah melakukan efisiensi pada bisnis Anda.

Baca juga : 5 Tips Evaluasi Kinerja Untuk Pengembangan Bisnis Berkelanjutan

9. Rencanakan Keuangan Bulan Berikutnya

Bila Anda telah mengetahui sejarah transaksi dari keuangan bisnis Anda selama satu bulan terakhir maka Anda harus melakukan perencanaan untuk bulan berikutnya.

Perencanaan itu tidak harus rinci dan rumit cukup Anda lihat mana pengeluaran yang kurang perlu dan sifatnya konsumtif yang dapat Anda kurangi.

10. Tentukan Target

Setelah Anda merencanakan keuangan Anda dimasa depan Anda akan memilih target dan perencanaan apa yang cocok untuk bisnis Anda sekarang, bahkan Anda bisa membuat jenis usaha bila keuangan Anda memungkinkan.

Karena perencanaan matang akan membuat bisnis Anda lebih berkembang sedangkan tindakan konsumtif membuat bisnis Anda sebaliknya.

Baca juga : Manajemen Keuangan: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip,Ruang Lingkup dan Tips Pengelolannya

Penutup

Itulah sepuluh tips pencatatan keuangan yang dapat diterapkan dalam bisnis kecil Anda, namun jika pada bisnis Anda terdapat banyak sekali transaksi setiap harinya,

Anda dapat menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur yang sesuai dengan bisnis Anda dan memiliki harga yang terjangkau seperti Software Akuntansi dan Bisnis Accurate Online.

Accurate Online adalah software berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan bisa digunakan kapan saja, dimana saja.

Accurate Online telah digunakan oleh lebih dari ratusan ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Tertarik membuat catatan keuangan bisnis dengan mudah, cepat, dan praktis? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar dibawah ini :

Accurate footer image blog manajemen

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

262 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini :( Jadilah yang pertama!