Perbedaan Giro dan Tabungan yang Harus Anda Ketahui Sebagai Pebisnis

Terdapat banyak sekali fasilitas yang disediakan oleh Bank agar bisa membantu kelancaran dan kemudahan melakukan transaksi keuangan nasabahnya. Beberapa fasilitas tersebut adalah giro dan tabungan. Namun, beberapa nasabah masih ada yang kebingungan tentang perbedaan giro dan tabungan yang disediakan oleh bank.

Nah, dalam kesempatan kali ini, mari kita mengenal perbedaan giro dan tabungan secara lebih mendalam dan lebih lengkap.

Perbedaan Giro dan Tabungan

Berdasarkan bentuknya, giro dan tabungan memang mempunyai beberapa persamaan. Karena keduanya adalah bentuk simpanan yang dimiliki oleh seorang nasabah dalam suatu bank.

Tapi, tetap terdapat perbedaan giro dan tabungan, karena fungsinya yang memang sudah jelas berbeda. Apa saja perbedaan giro dan tabungan? Berikut ini ulasannya:

1. Laporan Bulanan

Seperti yang kita ketahui bersama, pihak bank tidak akan memberikan laporan bulanan pada pihak nasabah yang memegang rekening bulanan.

Bila nasabah ingin melihat dan memeriksa beragam transaksi keuangan yang dilakukan setiap bulan, maka nasabah harus mendatangi bank dan meminta pihak bank agar melakukan pencetakan beragam transaksi tersebut di dalam buku tabungan miliknya.

Tapi, hal tersebut juga bisa dilakukan dengan cara lain. Jika nasabah mempunyai fasilitas mobile atau internet banking, maka nasabah bisa mencetaknya sendiri di layanan tersebut.

Lain halnya dengan rekening giro, pihak nasabah akan menerima rekening koran yang mana berisi laporan atas dana yang keluar dan dana yang masuk ke dalam rekening tersebut.

Rekening koran ini akan dikirim setiap bulan oleh pihak bank ke kantor atau rumah nasabah. Sehingga, nasabah sudah tidak perlu lagi mendatangi bank untuk mencetak buku tabungan setiap bulan.

Baca juga: Apa Itu Bank Guarantee? Ini Kelebihan dan Kekurangannya!

2. Media Penarikan

Perbedaan giro dan tabungan yang selanjutnya bisa dilihat dari media penarikan. Rekening tabungan akan selalu disertai dengan penerbitan kartu ATM untuk pemiliknya. Kartu tersebut nantinya bisa dijadikan untuk melakukan transaksi keuangan.

Rekening tabungan akan selalu disertai dengan penerbitan kartu ATM bagi nasabahnya. Kartu inilah yang kemudian dijadikan sebagai alat untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dari nasabah tersebut.

Disisi lain, pada rekening giro pihak bank hanya akan memberikan layanan cek atau bilyet giro sebagai media pembayaran. Kedua alat tersebut memang sama, tapi keduanya tetap mempunyai perbedaan dalam hal fungsinya.

Cek adalah alat pembayaran yang sama seperti uang tunai. Itu artinya, jumlah dana yang tercatat di dalamnya bisa langsung dicairkan pada di bank yang tercatat pada cek tersebut. Sedangkan bilyet giro adalah alat untuk melakukan pemindahbukuan.

Itu artinya, dana yang tercantum di dalamnya hanya bisa dipindahbukukan pada rekening penerima. Setelah pemindahbukuan berhasil, maka penerima bisa menariknya dalam bentuk tunai. Oleh karenanya, giro tidak bisa dicairkan tunai secara langsung.

3. Jumlah Penarikan dan Transfer

Dalam rekening tabungan, bank akan memberikan batasan pada jumlah penarikan tunai dan transfer. Biasanya, pihak bank akan membatasi jumlah penarikan tunai dan transfer walaupun jumlah saldo tabungan sangat banyak.

Umumnya, pihak bank akan memberikan jumlah yang tidak terlalu banyak untuk beragam transaksi tersebut. Walaupun begitu, pihak bank tetap memberikan kemudahan untuk nasabah pemilik buku tabungan yang ingin melakukan kegiatan transfer dengan jumlah yang besar.

Pihak nasabah bisa melakukannya dengan mendatangi bank dan melakukan transaksi secara langsung melalui teller bank.

Hal tersebut berbeda dengan rekening giro, yang mana nasabah bisa melakukan penarikan setiap hari dengan jumlah yang besar. Terlebih lagi saat melakukan pemindahbukuan ke rekening milik seseorang melalui cek atau melalui giro.

Tidak akan ada pembatasan jumlah transaksi yang diberikan oleh pihak bank pada nasabah rekening giro. Pihak nasabah bisa melakukan beragam transaksi keuangan dengan jumlah yang besar selama saldo mereka mencukupi.

Baca juga: Mengenal Limit Kartu Kredit dan Cara Meningkatkan Limit-nya

4. Target Pengguna

Baik rekening giro maupun rekening tabungan, sama-sama bisa diakses oleh pihak perorangan atau perusahaan. Tapi, pembatasan tersebut diterapkan dalam rekening tabungan tentunya bisa menyebabkan sejumlah kesulitan untuk nasabah.

Terlebih lagi untuk mereka yang mempunyai sejumlah kesibukan dalam hal melakukan beragam transaksi keuangan.

Hal tersebut jugalah yang menjadi alasan kenapa penggunaan rekening giro menjadi pilihan untuk banyak perusahaan atau mereka yang melakukan transaksi keuangan dengan jumlah yang sangat tinggi per harinya.

Penggunaan cek dan bilyet giro tentunya sangat efisien untuk beragam transaksi keuangan yang tinggi.

5. Tanggal Terbit dan Efektifnya

Perbedaan giro dan tabungan yang selanjutnya bisa dilihat dari tanggal terbit dan efektifitasnya. Rekening giro mempunyai aturan tanggal terbit dan juga tanggal efektif yang digunakan sebagai tanda tentang kapan transaksi bisa dilakukan. Sedangkan rekening giro akan lebih fleksibel, karena transaksi bisa dilakukan kapan saja.

Baca juga: Apa itu Giro Mundur? Bagaimana Pencatatannya di Dalam Laporan Keuangan?

Penutup

Rekening giro dan tabungan sama-sama bentuk simpanan bank. Tapi keduanya tetap mempunyai fungsi yang berbeda, khususnya dalam hal penggunaannya untuk beragam transaksi non tunai yang dilakukan oleh nasabah.

Rekening tabungan akan sangat tepat sekali untuk nasabah yang tidak banyak melakukan beragam transaksi dengan nominal yang besar. Sedangkan rekening giro akan lebih tepat untuk nasabah yang mempunyai sejumlah kegiatan keuangan yang lebih tinggi dengan jumlah yang besar.

Kedua rekening tersebut akan memberikan manfaat serta kemudahan dalam melakukan beragam transaksi keuangan bila digunakan dengan pemahaman dan pengelolaan yang tepat.

Nah, untuk lebih mudah lagi dalam mengelola keuangan yang tersimpan di tabungan atau giro, gunakanlah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online.

Dengan menggunakan Accurate Online, Anda akan mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang akan mempermudah Anda dalam mengelola keuangan.

Selain itu, di dalamnya juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur bisnis yang akan membuat bisnis Anda bergerak lebih efektif dan efisien.

Jadi, ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga melalui tautan gambar di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia