Saham LQ45 Adalah: Pengertian, Kriteria dan Daftar Indeks Saham 2022

Istilah saham lq45 adalah istilah yang tentunya asing untuk para pemain saham pemula. Saham sudah menjadi instrumen investasi yang populer dan menguntungkan. Bukan hanya bagi kalangan pebisnis, masyarakat awam pun kini bisa loh berinvestasi saham dengan mudah.

Saham lq45 adalah istilah dalam dunia saham yang sering muncul dalam berita saham. Pasalnya, saham-saham yang menjadi bagian saham lq45 adalah saham dengan peringkat atas di pasar saham, dalam periode waktu tertentu.

Lalu apa itu saham lq45 dan saham mana saja yang masuk dalam kategori ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Pengertian Saham LQ45 Adalah

Seperti namanya, saham lq45 adalah perhitungan gabungan dari 45 saham, yang akan dinilai dan diseleksi melalui beberapa kriteria pemilihan dari pasar saham.

Kriteria penilaian tersebut berdasarkan likuiditas, kapitalisasi pasar, minimal sudah 3 bulan berada di BEI (Bursa Efek Indonesia) dan bagaimana aktivitas transaksi pada pasar reguler yang akan dilihat dari volume, nilai serta jumlah transaksinya.

Umumnya, saham lq45 adalah saham-saham yang berada di peringkat atas berdasarkan kapitalisasi pasar selama 12 bulan terakhir. Indeks saham dari ke-45 saham ini disesuaikan setiap enam bulan.

Indeks saham lq45 pertama kali diluncurkan pada bulan Februari 1997. Namun, berdasarkan data historikal lengkapnya, tanggal 13 Juli 1994 merupakan peluncuran indeks saham ini dengan nilai indeks sebesar 100.

Baca juga: Rekening Sekuritas: Pengertian dan 4 Tahap Dalam Membuka Rekeningnya

Kriteria Saham LQ45

Seperti telah diulas di awal tadi, gabungan saham yang masuk dalam saham lq45 harus memenuhi kriteria di pasar saham. Hal utama yang menjadi ukuran penilaian, mengacu kepada nilai transaksi di pasar reguler.

Selain itu, sejak bulan Januari 2005, hari perdagangan serta frekuensi transaksi saham, juga menjadi ukuran likuiditas. Jadi, kriteria suatu saham yang bisa masuk ke dalam gabungan indeks saham lq45 adalah sebagai berikut:

  • Saham tersebut memiliki kondisi keuangan, serta prospek pertumbuhan nilai transaksi perusahaan yang tinggi
  • Saham sudah tercatat minimal selama 3 bulan
  • Saham harus masuk dalam 60 gabungan saham, berdasarkan nilai transaksi pada pasar reguler selama 1 tahun terakhir
  • Termasuk dalam 60 saham yang tercatat dengan kapitalisasi yang tinggi selama 1 tahun terakhir.

Dalam 60 saham yang disebutkan di atas, 30 saham teratasnya akan masuk dalam perhitungan indeks saham lq45 secara otomatis.

Agar mendapatkan ke-45 saham teratas, maka 15 saham lainnya akan dipilih dengan menggunakan kriteria tambahan, yaitu berdasarkan hari transaksi di pasar reguler, frekuensi transaksinya dan kapitalisasi pasar. Adapun metode pemilihan 15 saham lainnya adalah sebagai berikut:

  • 25 saham harus dipilih dari 30 saham pertama, berdasarkan kriteria tambahan tadi
  • 25 saham terpilih kemudian diseleksi kembali, berdasarkan frekuensi transaksinya hingga terpilih 20 saham.
  • Setelah ada 20 saham, diseleksi kembali menjadi 15 saham terpilih berdasarkan kapitalisasi pasar.

15 saham terpilih akan digabung bersama 30 saham yang terpilih di awal, menjadi 45 saham dan masuk ke indeks saham lq45, dengan kriteria likuiditas dan kapitalisasi pasar yaitu kondisi keuangan juga prospek pertumbuhan perusahaannya.

Tujuan Indeks Saham Lq45

Tujuan indeks saham lq45 adalah sebagai pelengkap indeks harga saham gabungan (IHSG). Selain itu, juga menyediakan sarana yang terpercaya serta objektif bagi para manajer investasi, analis keuangan, pihak investor dan para pemerhati pasar modal.

Evaluasi Indeks dan Penggantian Saham

Sekarang bagaimana perspektif dari perusahaan-perusahaan yang sahamnya masuk ke dalam saham lq45? Bagi mereka, masuk dalam gabungan 45 saham tersebut merupakan suatu kehormatan.

Perusahaan mereka akan dipercaya oleh para pelaku pasar modal, begitu juga dengan tingkat likuiditas dan kapitalisasi pasar dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Meskipun saham mereka berada di jajaran teratas pasar, bukan berarti perusahaan-perusahaan pemilik saham ini bisa santai saja. Mereka tetap harus bekerja keras untuk mempertahankan posisi tersebut, karena saham mereka akan terus dipantau oleh Bursa Efek Indonesia.

BEI akan melakukan pemantauan tersebut selama 3 bulan sekali. Evaluasi atas pergerakan urutan setiap saham ini terus dilakukan. Jika ada saham yang tidak memenuhi kriteria, maka akan digantikan oleh saham yang memenuhi kriteria pasar modal. Penggantian saham dilakukan setiap enam bulan sekali.

Perlu diketahui, bahwa dalam pemilihan saham lq45 ini, tidak dilakukan sembarangan. Ada beberapa pihak yang ahli dan terlibat langsung dalam pemilihannya. Mereka adalah komite penasehat yang terdiri dari para ahli dari ojk, profesional di bidang pasar modal, hingga para dosen dari universitas.

Daftar Indeks Saham LQ45

Setelah mengetahui apa itu pengertian saham lq45, hingga evaluasi indeks sahamnya, Mari kita lihat indeks saham dari perusahaan mana saja yang sering masuk menjadi bagian dari saham lq45.

Daftar indeks saham ini berdasarkan periode waktu bulan Agustus 2021 hingga Januari 2022. Dan ini merupakan 17 Besar dari saham lq45. Berikut daftar lengkapnya:

  1. ACES – Ace Hardware Indonesia Tbk
  2. ADRO – Adaro Energy Tbk
  3. AKRA – AKR Corporindo Tbk
  4. ANTM – Aneka tambang Tbk
  5. ASII – Astra International Tbk
  6. BBCA – Bank Central Asia Tbk
  7. BBNI- Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  8. BBRI- Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk
  9. BBTN – Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
  10. BMRI – Bank Mandiri (Persero) Tbk
  11. BRPT – Barito Pacific Tbk
  12. BSDE – Bumi Serpong Damai Tbk
  13. CPIN – Charoen Pokphand Indonesia Tbk
  14. ERAA – Erajaya Swasembada Tbk
  15. EXCL – XL Axiata Tbk
  16. GGRM – Gudang Garam Tbk
  17. HMSP – H.M Sampoerna

Baca juga: Saham Blue Chip: Pengertian, Karakteristik dan Daftarnya di Indonesia

Kesimpulan

Saham lq45 adalah sekumpulan saham dari beberapa perusahaan yang terpilih berdasarkan hasil seleksi dengan kriteria yang ditentukan dan dipantau oleh Bursa Efek Indonesia. Saham yang masuk kategori saham lq45 berada di puncak teratas pasar saham.

Meskipun begitu, perusahaan-perusahaan tersebut memegang tugas yang berat, sebab harus bisa mempertahankan saham mereka, agar sesuai dengan kriteria likuiditas dan kapitalisasi yang diharapkan pasar.

Untuk mempertahankan posisi saham teratas tersebut, setiap perusahaan harus memiliki laporan keuangan yang benar, tepat dan akurat. Untuk mendapatkan laporan keuangan seperti ini, perusahaan tersebut wajib menggunakan software akuntansi dan bisnis online yang terpercaya.

Seperti software Accurate online, yang merupakan software akuntansi dan bisnis yang memudahkan perusahaan dalam melakukan pencatatan, pembukuan, hingga meminimalisir kesalahan dalam penginputan data keuangan.

Software Accurate Online ini telah membantu beberapa perusahaan membuat 200 jenis laporan keuangan yang tepat, dan akurat. Hingga saat ini, software ini sudah digunakan oleh lebih dari 300 ribu pengguna, dari berbagai jenis bisnis.

Software Accurate Online juga memiliki fitur terbaik lainnya, seperti penghitungan pajak, penggajian karyawan, rekonsiliasi bank secara otomatis.

Jadi tunggu apa lagi? Pastikan perusahaan Anda menggunakan software ini dan manfaatkan Accurate Online secara gratis untuk 30 hari.accurate berhenti membuang waktu