SIPO OJK: Ini Pengertian dan Manfaatnya untuk Pebisnis

SIPO OJK adalah kepanjangan dari sistem informasi penerimaan OJK atau sistem informasi penerimaan otoritas jasa keuangan. SIPO OJK juga adalah suatu aplikasi website yang dibuat untuk bisa mengelola administrasi pungutan SIPO OJK agar bisa lebih cepat, praktis dan juga mudah.

Nah, pada kesempatan kali ini, mari kita bahas lebih dalam tentang SIPO OJK G2 atau SIPO G2.

Pengertian SIPO G2

Tepat pada tanggal 30 Desember 2020 lalu, SIPO G2 resmi dirilis agar bisa menggantikan SIPO OJK versi sebelumnya. Aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja yang memang membutuhkan, seperti bank, lembaga keuangan, pelaku ekonomi kreatif, dan lain sebagainya.

Berikut ini penjelasan lengkap terkait pengguna umum yang bisa menggunakan sistem informasi penerimaan OJK G2:

  • Pengguna yang sebelumnya sudah terdaftar dan sudah terverifikasi, di dalamnya termasuk para debitur emiten yang mempunyai kewajiban dalam membayar pada jenis usaha emiten khusus.
  • Tim atau individu yang ditunjuk untuk bisa mengelola dan mengakses sistem informasi OJK G2.
  • Calon debitur, pengguna atau orang yang sudah terdaftar tapi belum terverifikasi.
  • User internal atau pengawas, orang dengan hak akses tertentu, seperti menyetujui, menghapus, memeriksa, dan lain sebagainya.
  • Pengguna eksternal, bisa berarti calon debitur emiten, calon debitur pada umumnya yang mendaftar pada suatu aplikasi sistem informasi penerimaan SIPO OJK G2.

Baca juga: Otoritas Jasa Keuangan: Fungsi, Tujuan, dan Kebijakannya

Cara Mengakses SIPO OJK

  • Untuk bisa membuka sistem informasi penerimaan OJK, silahkan Anda buka atau klik link https://sipo.ojk.go.id/sipo dengan menggunakan smartphone ataupun komputer atau laptop.
  • Lalu, bila Anda sebelumnya belum mendaftar,  lanjutkan dengan melakukan pendaftaran dengan klik tombol registrasi.
  • Silahkan masukkan identitas jenis bisnis Anda, lengkap dengan nomor, alamat, dan lainnya sesuai dengan kolom yang ada. Jika sebelumnya Anda sudah mendaftar, silahkan login seperti biasanya saja.
  • Jika ingin keluar atau logout dari SIPO OJK, silahkan klik gambar power atau tombol keluar yang berada di pojok kanan atas. Jika berhasil logout, maka nantinya akan terdapat tulisan “sukses keluar”

Baca juga: SLIK OJK: Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengecek SLIK

Manfaat SIPO OJK

Kehadiran SIPO OJK G2 mampu memberikan banyak keuntungan yang besar untuk para pebisnis di Indonesia, khususnya dalam memeriksa nominal denda, sanksi, atau tagihan lainnya yang memang perlu untuk dilunasi.

Hal tersebut menjelaskan pengertian sebenarnya dari SIPO OJK sebagai suatu sistem informasi SIPO OJK atas berbagai pungutan yang dibebankan pada pebisnis.

Nah, mekanisme atau pembayaran pungutan OJK adalah sebagai berikut:

  • Silahkan login ke sistem informasi penerimaan OJK
  • Lanjutkan dengan membuat surat setoran yang di dalamnya berisi item pungutan yang wajib untuk dilunasi
  • Lanjutkan lagi dengan mencetak surat setoran sebagai bukti penerimaan nomor setoran
  • Lunasi pungutan yang tertera di dalam surat setoran
  • Lalu, bank umum ataupun lembaga lainnya nanti akan memberikan status pembayaran pada sistem informasi penerimaan OJK.
  • Setelah itu, lakukanlah verifikasi status pembayaran via sistem informasi penerimaan OJK  jika Anda sudah benar-benar melunasi pembayaran.

Pembayaran pungutan sistem informasi penerimaan OJK  bisa Anda lakukan secara kliring atau melalui RTGS. Tapi, sebelumnya pastikan dulu nomor rekening OJK yang Anda masukan sudah tepat, yaitu melalui BRI atau Bank Rakyat Indonesia dengan nomor rekening 552.000971980 atas nama Otoritas Jasa Keuangan.

Baca juga: Apa itu Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI)?

Cara Cek Status Pembayaran SIPO OJK

Agar bisa mengetahui apakah status pembayaran SIPO OJK Anda sudah berhasil dan sukses, pastikanlah Anda sudah membayar via ATM, e-Banking atau teller BRI (Bank Rakyat Indonesia). Lalu, siapkanlah bukti transfer atau struk transfer melalui sistem informasi penerimaan OJK.

Lanjutkan dengan klik tombol unggah pembayaran dan unggah bukti bayar yang telah dibuat dengan bentuk format digital, yaitu .JPG, .JPEG, .PNG, PDF dengan ukuran kurang dari 4 Mb. Jika terjadi kendala atau masalah lainnya, silahkan hubungi pihak berwenang dengan menelpon di nomor 7000 atau melalui email helpdesk@ojk.go.id dan infodkeu@go.id.

Baca juga: Financial Distress: Pengertian dan cara Mencegahnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang SIPO OJK. Tidak bisa kita pungkiri bahwa menghadapi masalah manajemen keuangan memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi bila masih dilakukan cara yang manual, prosesnya akan sangat memakan banyak waktu, sering terjadi kesalahan, dan rawan terjadi kecurangan.

Untuk itu, gunakanlah aplikasi bisnis dan akuntansi dari Accurate Online. Kenapa? karena Accurate Online adalah aplikasi bisnis yang sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis di Indonesia dan sudah berpengalaman lebih dari 20 tahun dalam bidang aplikasi bisnis dan akuntansi.

Selain itu, Accurate Online juga sudah berhasil meraih penghargaan TOP Brand Awards dari tahun 2016 hingga tahun 2017 dalam kategori software akuntansi.

Pencapaian tersebut diraih karena Accurate Online konsisten dalam membantu setiap pebisnis di Indonesia dalam mengelola dan mengembangkan bisnis. Setiap pebisnis, termasuk Anda, akan bisa mendapatkan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat, dan akurat, serta bisa diakses secara mudah kapan saja Anda butuhkan.

Selain itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur luar biasa yang akan meningkatkan efisiensi bisnis Anda, seperti fitur persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan, manufaktur, dan masih banyak lagi.

Seluruh kelebihan dan fitur terbaik dari Accurate Online ini bisa Anda nikmati dengan biaya investasi yang sangat terjangkau, yaitu sebesar 200 ribuan saja perbulannya.

Bahkan, Anda berkesempatan untuk mencobanya terlebih dulu secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

ibnu

Lulusan S1 Ekonomi dan Keuangan yang menyukai dunia penulisan serta senang membagikan berbagai ilmunya tentang ekonomi, keuangan, investasi, dan perpajakan di Indonesia