Mengenal Sistem Ekonomi Komando: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, dan Karakternya

Pengertian Sistem Ekonomi Komando

Ekonomi komando adalah tempat dimana pemerintah membuat keputusan ekonomi. Agar pemerintah lebih kolektif dengan mudah memiliki tanah atau alat produksi dan tidak bergantung pada hukum penawaran atau permintaan yang beroprasi dalam ekonomi pasar.

Dalam beberapa tahun ini ekonomi komando juga sudah mulai terbiasa mengabaikan kebiasaan memandu ekonomi tradisional. Dengan banyaknya ekonomi yang sudah di rencanakan mulai menambah aspek ekonomi pasar. Dan dengan adanya ekonomi campuran menghasilkan lebih baik dari tujuan awalnya.

Baca juga : 4 Tips untuk Memastikan Bisnis Anda tidak Melambat Saat Pandemi

Kelebihan dari Ekonomi Komando

Kelebihan dari ekonomi komando berguna untuk memenuhi  kebutuhan masyarakat dan untuk mengembangkan ekonomi penjual maupun pembeli. Berikut adalah macam-macam kelebihannya :

Ekonomi negara cenderung lebih stabil

Karena pemerintah membatasi aktivasi ekonomi melalui kebijakan yang dikeluarkan dan wajib mematuhinya. Pemerintah adalah sebagai pemegang tertinggi keputusan perekonomian yang dapat menentukan harga satuan suatu barang dan juga tingkat gaji yang diberikan.

Baca juga : Tindakan Ekonomi : Pengertian, Tujuan, Jenis Dan Contohnya

Mengurangi Tingkat Pengangguran

Karena pemerintah akan membuka lapangan kerja sebesar-besarnya bagi masyarakat yang masih menganggur. Jadi jangan pernah takut tidak mendapatkan pekerjaan dan jangan pernah takut untuk mencobanya, karena kita tidak pernah tahu hasilnya jika belum pernah mencobanya.

Menyediakan jaminan masyarakat

Pemerintah juga menyediakan jaminan untuk masyarakat dengan cara memanimalisir harga produk yang akan di jual. Sehingga masyarakat bisa membeli produk tersebut dengan harga yang terbilang cukup murah.

Pertanggung jawaban perekonomian pada pemerintah

Pemerintah akan bertanggung jawab masalah perekonomian masyarakat dan akan memberikan solusi. Namun ada baiknya jika berusaha sendiri terlebih dahulu.

Baca juga : 11 Tips Efektif Agar Bisnis Anda bisa Go Internasional

Kekurangan dari Ekonomi Komando

Kekurangan dari ekonomi komando adalah keterbatasan masyarakat dalam memilih. Berikut adalah macam-macam kekurangannya :

Sedikitnya variasi barang dan jasa

Negara banyak menghasilkan suatu produk namun bukan produk yang dibutuhkan. Sehingga variasi barang yang dibutuhkan lebih sedikit. Karena sedikitnya barang yang dibutuhkan, kebanyakan masyarakat mengambil cara dengan berbelanja di pasar gelap.

Banyaknya barang yang dibutuhkan namun tidak tersedia oleh pemerintah

Karena banyaknya yang dibutuhkan, barang yang dibutuhkan oleh masyarakat tidak semuanya tersedia oleh pemerintah. Dan masyarakat hanya bisa mendapatkan sesuai yang sudah tersedia saja. Bukan hanya itu saja ada juga kekurangan ekonomi komando seperti berikut :

  • Pertumbuhan ekonomi yang lambat
  • Sumber daya yang terbuang sia-sia
  • Standar hidup secara kolektif lebih rendah

Baca juga : Mengetahui Lebih Jauh Tentang Biaya Tenaga Kerja Langsung

Karakteristik dari Ekonomi Komando

Anda dapat mengindentifikasi ekonomi komando secara terpusat dengan 5 karakteristik sebagai berikut :

  • Pemerintah menciptakan rencana ekonomi pusat. Dengan rencana lima tahun menetapkan tujuan ekonomi dan sosial untuk setiap sector dan wilayah negara. Rencana jangka pendek mengubah tujuan menjadi tujuan yang dapat ditindaklanjuti.
  • Rencana pusat menetapkan prioritas untuk produksi semua barang dan jasa. Itu termasuk kuota kontrol harga. Tujuannya adalah untuk menyimpan cukup makanan, perumahan, dan kebutuhan dasar lainnya untuk memenuhi kebutuhan setiap orang di negara ini. Dan juga menetapkan prioritas nasional.
  • Pemerintah memiliki bisnis monopoli. Ada di industri yang dianggap penting untuk tujuan ekonomi. Termasuk keuangan, utilitas dan otomotif. Tidak ada pesaingan domestik di sektor ini
  • Pemerintah mengalokasikan semua sumber daya sesuai dengan semua rencana pusat. Pemerintah mulai mencoba menggunkan modal negara, tenaga kerja dan sumber daya alam dengan cara seefisien mungkin. Dan berjanji untuk menggunakan keterampilan dan kemampuan masing-masing orang untuk kapasitas tertinggi mereka. Dan berusaha menghilangkan pengangguran.
  • Pemerintah membuat undang-undang, peraturan dan arahan untuk menegakan rencana pusat. Bisnis mengikuti produksi dan target rencana.

Baca juga : Letter Of Credit : Pengertian, Fungsi, Jenis Dan Contohnya Pada Bisnis

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang ekonomi komando, semoga bermanfaat bagi Anda yang membaca. Sebenarnya tujuan adanya ekonomi komando ini untuk memsejahterakan masyarakatnya agar lebih mudah dan memanimalisir pengangguran dan kemiskinan.

Mungkin menurut sebagian masyarakat ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan. Maka dari itu Anda bisa mengambil manfaat dari pembahasan ini dan bisa menerapkannya di kehidupan sehari-hari dan hiraukan kekurangannya.

Jika Anda mempunyai bisnis dan sedang membutuhkan software akuntansi untuk bisnis Anda agar lebih menghemat waktu agar tidak perlu menggunakan pencatatatan manual lagi. Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan secara real time dan dapat dijangkau dimana saja dan kapan saja

Accurate Online adalah salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda menghemat waktu dalam mencatat pembukuan serta laporan keuangan bisnis Anda. Bukan hanya itu saja, accurate online memiliki fitur yang lengkap yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda.

Yuk coba gratis selama 30 hari

accurate 200 ribu perbulan