Manfaat dan Cara Menerapkan Afirmasi Positif di Dunia Kerja

Anda mungkin pernah merasa seperti dihantui dengan pikiran negatif ketika bekerja. Di mana pikiran tersebut memengaruhi Anda hingga menimbulkan stres, kelelahan, dan bahkan kegagalan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Agar tidak terjadi secara terus menerus, Anda bisa coba memberikan sejumlah afirmasi positif kepada diri sendiri.

Afirmasi positif adalah suatu hal yang dapat meminimalisir pikiran negatif dan menggantinya dengan sesuatu yang positif. Ketika dilakukan secara berulang, hal ini akan menguatkan Anda dan memberi motivasi serta semangat. Dengan begitu, Anda dapat bekerja dengan lebih baik dan tidak lagi dihantui oleh perasaan atau pikiran buruk.

Lantas, bagaimana cara memberikan afirmasi yang positif kepada diri sendiri? Artikel berikut ini akan menjawabnya sekaligus menguraikan tentang pengertian dan manfaat dari afirmasi tersebut dalam lingkup pekerjaan.

Apa Itu Afirmasi Positif?

Berdasarkan laman mindtools, Afirmasi positif berkaitan dengan pola pikir atau mindset. Istilah ini diartikan sebagai sebuah pernyataan yang memengaruhi pikiran bawah sadar seseorang sehingga dapat membentuk suatu perilaku, pola pikir, dan kebiasaan yang lebih positif.

Ketika mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda bisa, maka Anda akan dapat melakukannya dengan baik. Sebaliknya, ketika mengatakan bahwa Anda tidak bisa, maka Anda akan kesulitan untuk melakukannya. Pernyataan itulah yang kemudian disebut sebagai afirmasi negatif.

Adapun afirmasi positif dapat membantu Anda ataupun orang lain untuk mengurangi pikiran-pikiran negatif. Dengan begitu, Anda dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan pikiran yang lebih positif dan semangat yang lebih baik. Pada akhirnya, kepercayaan diri Anda akan meningkat dan hal tersebut dapat membawa Anda pada sebuah keberhasilan.

Baca juga: Deep Work dan Cara Mempraktikkannya

Manfaat Afirmasi Positif dalam Dunia Kerja

Afirmasi positif dapat memberi banyak manfaat, khususnya dalam dunia pekerjaan, seperti:

1. Membangun Kepercayaan Diri

Pikiran negatif dapat membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri yang tentunya mengganggu produktivitas dalam bekerja. Dengan memberikan pernyataan-pernyataan positif, Anda bisa meminimalisir pikiran negatif tersebut yang akhirnya akan mengembalikan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Dalam lingkungan kerja, seorang karyawan harus memiliki kepercayaan diri yang baik sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik pula.

2. Meningkatkan Skills

Masih berhubungan dengan poin di atas, pernyataan-pernyataan positif juga akan membantu diri dalam meningkatkan skill yang dimiliki. Contohnya, ketika Anda mengatakan pada diri sendiri “Saya yakin bahwa saya mampu” sebelum melakukan presentasi, hal ini akan membentuk pikiran positif dan keyakinan sehingga akhirnya Anda mampu menyampaikan presentasi dengan baik.

3. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Afirmasi positif dapat mendorong optimisme dan prospek karir seseorang, melalui hal-hal seperti peningkatan penetapan tujuan kerja, penguasaan keahlian baru, hingga peningkatan keyakinan dalam pengambilan keputusan. Hal ini pada akhirnya akan meningkatkan kepuasaan dalam bekerja.

4. Meningkatkan Fokus dalam Bekerja

Kalimat afirmasi juga dapat membantu Anda dalam mengabaikan distraksi agar bisa fokus menyelesaikan pekerjaan. Hal ini akan memotivasi Anda untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dan dengan hasil yang maksimal.

5. Mendorong Kolaborasi dan Kerja Sama Tim

Kalimat positif pun sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, melainkan juga dapat menyebarkan dampak positif kepada rekan kerja. Dengan begitu, Anda dan rekan Anda tidak hanya akan berpikir untuk kesuksesan sendiri, namun juga untuk kesuksesan dan kekompakan tim.

Baca juga: Associate adalah Jabatan untuk Karyawan Entry Level

Cara Menerapkan Afirmasi Positif

Agar afirmasi positif dapat memberikan dampak yang nyata, Anda bisa melakukan beberapa cara seperti di bawah ini.

1. Sesuaikan dengan Kondisi

Kalimat positif memang bisa digunakan untuk memberikan afirmasi yang positif pula. Namun, penggunaan kalimat positif ini harus disesuaikan pula dengan kondisi yang Anda rasakan. Misalnya, ketika Anda merasa lelah saat bekerja, katakanlah pada diri seperti “Saya bersyukur dengan pekerjaan ini, di mana saya mendapatkan gaji yang sesuai, rekan kerja yang mendukung, dan bisa belajar untuk meningkatkan kemampuan”.

Mengucapkan kalimat tersebut dapat membantu Anda untuk lebih positif dalam bekerja dan mengurangi pikiran negatif yang bisa membuat Anda kehilangan motivasi.

2. Gunakan Kalimat Berkonotasi Positif

Penting untuk menggunakan kalimat berkonotasi positif daripada kalimat berkonotasi negatif saat memberi afirmasi kepada diri sendiri ataupun orang lain. Misalnya, Anda telah beberapa kali datang terlambat ke tempat kerja karena kesulitan tidur. Namun kali ini, Anda berhasil mengatasinya dan bisa datang tepat waktu.

Alih-alih mengatakan “Saya tidak akan datang terlambat lagi”, Anda bisa mengatakan “Saya senang bisa tidur lebih awal, sehingga bisa datang tepat waktu ke kantor”.

3. Kombinasikan dengan Tindakan Nyata

Melakukan afirmasi secara berulang memang akan meningkatkan semangat, motivasi, dan kepercayaan diri. Namun, perlu dipahami bahwa hal ini harus didukung dengan tindakan yang nyata. Anda harus berupaya atau bertindak sesuai dengan kalimat afirmasi positif yang Anda ucapkan. Hal ini akan membawa perubahan yang lebih nyata dalam diri Anda.

Baca juga: Corporate Communication: Pengertian dan Tips Menjalankannya

Penutup

Afirmasi positif membawa banyak dampak baik untuk kehidupan. Di mana tidak hanya memberi energi positif kepada diri sendiri, melainkan juga kepada orang-orang di sekitar. Dengan menerapkannya dalam kehidupan, khususnya dunia pekerjaan, hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan diri dan semangat guna mencapai target yang maksimal. Anda pun dapat mengembangkan karir sesuai dengan yang diinginkan.

Sebagai pekerja, Anda juga perlu memerhatikan metode pengelolaan keuangan agar tidak terjebak dalam kegagalan finansial. Anda bisa menggunakan aplikasi bisnis seperti Accurate Online yang akan mempermudah proses pengelolaan dan pembukuan keuangan Anda secara lebih cepat, akurat, dan otomatis.

Accurate Online menyediakan lebih dari 200 jenis laporan keuangan dan bisnis yang mudah untuk digunakan bahkan bagi pemula. Karena berbasis cloud, Accurate Online juga bisa diakses secara fleksibel dan real-time.

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, silahkan klik banner di bawah ini dan nikmati Accurate Online secara gratis selama 30 hari.