Cara Membuat CV yang Menarik dan Mudah Dibuat Agar Dipanggil HRD

CV adalah senjata utama para pencari kerja. Oleh karena itu, para pencari kerja, atau mungkin salah satunya adalah Anda, harus mengetahui cara membuat CV yang menarik agar mampu menarik perhatian para perekrut kerja.

CV yang dibuat semenarik mungkin pastinya akan lebih mudah dalam mendapatkan perhatian dari perekrut. Sehingga, akan lebih besar peluang Anda untuk diundang ke dalam sesi wawancara kerja.

Bila Anda masih kurang mengerti tentang cara membuat CV yang menarik, tenang saja. karena pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara membuat CV yang menarik dan mudah untuk dibuat pada Anda.

15 Cara Membuat CV yang Menarik

1. Gunakanlah Font Standar

Sebagian dari Anda mungkin banyak yang beranggapan bahwa menggunakan font standar seperti Calibri, Times New Roman, atau Arial akan membuat CV menjadi kurang menarik. Tapi jangan salah, tujuan utama dari dibuatnya CV adalah agar bisa menyampaikan informasi terkait riwayat hidup Anda sendiri.

Untuk itu, hal yang paling penting adalah tentang bagaimana cara membuat CV Anda mudah dibaca oleh tim perekrut. Untuk itu, mulai sekarang jangan ragu lagi dalam menggunakan font standar.

Berdasarkan laman Indeed, terdapat beberapa font rekomendasi yang bisa Anda gunakan dalam menulis CV, seperti Gramond, Cambria, Helvetica, dan Arial.

Baca juga: Cari Muka dalam Dunia Kerja, Ini Ciri Cari Muka Karyawan Pada Atasan

2. Ubahlah Nama File CV

Dari pada menggunakan nama file seperti “CV” atau “Curriculum Vitae” saja, akan jauh lebih baik bila Anda menggunakan nama file yang di dalamnya berisi nama lengkap Anda, seperti “Johny Dep_CV”.

Poin ini adalah salah satu cara membuat CV yang menarik agar lebih mudah untuk diidentifikasi para perekrut di tengah banyaknya CV dari pelamar lainnya.

3. Simpan File CV Sesuai Format yang Diminta

Biasanya, tim perekrut akan mengizinkan para pelamar untuk bisa melampirkan CV mereka masing-masing dalam format PDF atau Word.

Namun, format dalam bentuk Word ini seringkali mengalami masalah bila dibuka dengan perangkat yang berbeda-beda. Nah, menyimpan CV dalam format PDF adalah salah satu cara dalam membuat CV yang menarik dan mudah dibuka di berbagai perangkat.

4. Tambahkan Profil Linkedin

Selanjutnya, cara membuat CV yang menarik adalah menambahkan profil sosial media Anda, contohnya LinkedIn. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, LinkedIn adalah media sosial untuk para profesional, sehingga tidak ada salahnya bila Anda mencantumkan profil LinkedIn di dalam CV.

Untuk itu, Anda bisa lebih mempercantik profil LinkedIn Anda lebih dulu agar nantinya bisa terlihat lebih kredibel dan mampu menarik perhatian para perekrut kerja.

5. Hindari Penggunaan Desain CV yang Berlebihan

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, kunci utama dalam membuat CV yang menarik adalah mudah dibaca oleh tim perekrut kerja. Oleh karena itu, Anda tidak perlu membuat desain CV yang terlalu berlebihan agar setiap informasi dan pesan yang ada di dalamnya bisa tersampaikan secara baik.

Dewasa ini, desain CV yang populer di bahas adalah CV dengan format yang mampu dibaca oleh ATS atau applicant tracking system. Dengan kehadiran sistem ini, maka kita harus mampu mengikuti berbagai batasan tertentu agar CV Anda bisa lolos tahap screening.

6. Tuliskan Pengalaman Kerja yang Lengkap

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Zety, situs pengembangan karir asal AS, sekitar 67% para perekrut kerja akan menilai pengalaman kerja yang terdapat di dalam berkas lamaran Anda.

Untuk itu, Anda harus mencantumkan berbagai pengalaman kerja secara urut dan lengkap. Cantumkanlah pengalaman kerja dari yang paling lama sampai yang paling baru.

Berdasarkan laman  Career Addict, di dalam penulisan pengalaman kerja juga Anda harus memberikan informasi lain terkait keterampilan yang Anda miliki dan pencapaian yang sudah pernah Anda raih sebelumnya.

7. Perbarui Skills Section

Cara membuat CV yang menarik ketujuh adalah dengan mencantumkan dan memperbarui skill section agar bisa menjelaskan apa saja kemampuan yang Anda miliki. Namun, Anda harus memastikan kemampuan tersebut tetap sesuai dan relevan dengan lowongan kerja yang Anda lamar.

Selanjutnya, Anda bisa memberikan sedikit gambaran atau penjelasan terkait kemampuan yang Anda miliki. Tapi, jelaskanlah secara singkat saja. Biasanya, saat sesi wawancara nanti para perekrut akan menanyakan secara langsung dan lebih detail terkait kemampuan yang Anda cantumkan dalam CV.

8. Hindari Menggunakan Kata yang Disingkat

Ketika sedang menulis CV, Anda harus memastikan tidak ada kata-kata yang disingkat di dalamnya, seperti yg, dg, dan lain sebagainya.

Lalu, pastikanlah cara penulisan nama organisasi, gelar, atau program yang sebelumnya pernah Anda jalani secara jelas, bukan singkatan saja.

Cara membuat CV yang menarik ini masih sering diabaikan oleh para pelamar, padahal nilainya sangat penting. Dengan tidak menyingkat berbagai kata, tentunya akan lebih memudahkan para perekrut dalam memahami pesan dan informasi yang Anda cantumkan dalam CV.

9. Pastikanlah Tidak Ada Typo

Dalam CV yang dibuat oleh para pelamar kerja, para perekrut masih sering menemukan typo di dalamnya. Untuk itu, disarankan untuk tidak menganggap remeh kesalahan ini, karena ketika di dalam CV Anda terdapat banyak salah eja, maka Anda akan terlihat tidak profesional.

10. Gunakanlah Simbol Angka

Bila di dalam CV Anda banyak sekali bilangan, maka gunakanlah simbol angka dalam menjelaskannya. Dengan begitu, maka Anda akan lebih menghemat ruang dalam dokumen CV. Cara membuat CV yang menarik satu ini seringkali dianggap sebelah mata oleh para pelamar.

Kenyataannya, para perekrut kerja akan lebih mudah membaca angka daripada ditulis dengan menggunakan huruf.

11. Manfaatkanlah Bullet Point

Ketika Anda sedang menuliskan hal terkait pengalaman kerja atau kemampuan yang Anda miliki, kami sarankan untuk menggunakan bullet point. Selain itu, hindarilah penulisan dalam bentuk paragraf yang panjang dan sulit untuk dibaca.

Dengan menggunakan bullet point, maka Anda akan lebih memudahkan para perekrut dalam memahami informasi yang ada di dalam CV Anda.

12. Lihat CV Orang Lain Sebagai Referensi

Jangan pernah ragu untuk menjadikan CV milik orang lain sebagai bahan referensi Anda. Dengan mempunyai banyak referensi, maka Anda akan lebih mudah dalam membuat konsep CV yang menarik.

Anda juga bisa melihat CV teman yang sudah lebih berpengalaman. Pastinya hal tersebut akan lebih membantu Anda dalam membuat dan mencari ide CV yang menarik perhatian para perekrut kerja.

13. Gunakan Template

Bila memang Anda masih merasa kesulitan dalam membuat CV, maka menggunakan template merupakan cara terbaik. Dewasa ini, kita bisa menemukan dengan mudah template CV yang bisa digunakan secara gratis. Anda bisa dengan bebas memilih template yang mempunyai struktur atau desain yang sesuai dengan selera Anda.

14. Baca Berulang-Ulang Sebelum Mengirimkannya

Terdapat satu poin penting lagi yang harus Anda lakukan sebelum menyebarkan CV ke perusahaan, yakni membacanya berulang-ulang.

Hal tersebut tentunya akan membantu Anda dalam menemukan berbagai kesalahan tata bahasa atau ejaan kata. Terlebih lagi saat Anda menggunakan CV dalam bahasa asing atau bahasa Inggris, Anda wajib memeriksa ulang tata bahasanya agar tidak ada sedikitpun kesalahan di dalamnya.

Lebih dari itu, Anda juga wajib memeriksa lagi format penulisan agar bisa memastikan seluruh penulisannya konsisten dan selaras.

Perhatikan pula bagian paling atas yang terdapat dalam CV Anda. Selain foto, Anda juga bisa memberikan informasi menarik lainnya di sana.

Jadi, bagian paling atas juga mempunyai kekuatan untuk menarik perhatian para tim perekrut kerja untuk lebih lanjut membaca CV Anda.

15. Minta Orang Lain Membaca CV Anda

Cobalah meminta bantuan dari orang lain untuk membaca CV Anda dan mintalah saran serta kritik dari mereka. Ketika CV Anda dibaca oleh orang lain, biasanya akan lebih mudah dalam menemukan kesalahan kata atau tata bahasa penulisan.

Lalu, Anda bisa mempertimbangkan saran serta kritik terkait CV Anda dari orang tersebut dan memperbaiki beberapa bagian yang mereka Anggap kurang menarik.

Jadi pada intinya, gunakanlah kalimat dan kata yang tepat di dalam CV Anda.

Baca juga: Tips Menjawab Berbagai Pertanyaan Interview Kerja dari Tim HRD Perusahaan

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap dari kami tentang cara membuat CV yang menarik. Anda bisa mengikut berbagai cara di atas atau bila Anda mendapatkan referensi lain, Anda bisa menambahkan atau memodifikasinya.

Pada intinya, buatlah CV yang jelas agar informasi dan pesan yang ada di dalamnya mampu menarik perhatian para tim perekrut kerja.

Karena, mereka sudah memiliki sistem dan bentuk pengelolaan tersendiri dalam menjaring para perekrut kerja demi mencapai tujuan bisnisnya. Selain itu, mereka juga memiliki anggaran tersendiri dalam merekrut tenaga kerja dan upah yang nantinya akan diberikan pada pekerja. Anggaran tersebut sudah disiapkan secara rapi di dalam laporan keuangan perusahaan.

Namun, saat ini masih banyak perusahaan yang membuat laporan keuangan secara manual, sehingga akan memakan banyak waktu, tenaga, dan sering terjadi kesalahan. Tak jarang, proses tersebut memperlambat perekrutan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Untuk itu, bila bisnis Anda masih menggunakan cara manual, beralihlah menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena Accurate Online mampu menyajikan berbagai jenis laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Berbagai fitur dan modul yang lengkap di dalamnya juga akan membantu bisnis Anda beroperasi lebih efektif dan efisien.

Sehingga, Anda bisa mengerjakan pekerjaan lain yang jauh lebih penting dan bisa lebih fokus dalam mengembangkan serta menerapkan strategi pemasaran yang efektif.

Kabar baiknya, Anda bisa menggunakan seluruh keunggulan dan fitur menarik dari Accurate Online selama 30 hari gratis hanya dengan klik banner di bawah ini.accurate1