Apa itu Paid Marketing? Ini Pengertian, Jenis dan 6 Manfaat Besarnya untuk Bisnis

oleh | Apr 10, 2023

source envato.

Apa itu Paid Marketing? Ini Pengertian, Jenis dan 6 Manfaat Besarnya untuk Bisnis

Di dalam dunia yang sudah serba modern seperti saat ini, paid marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang diklaim sangat ampuh.

Strategi pemasaran ini adalah salah satu cara yang paling cepat dalam membantu calon pelanggan dalam menemukan brand dan juga produk yang mereka jual, seperti yang telah dijelaskan dalam laman Forbes.

Jika brand Anda sudah mulai diperhatikan oleh masyarakat, maka Anda memiliki peluang yang lebih tinggi untuk lebih unggul di pasar.

Jadi, apa itu paid marketing? Temukan berbagai hal yang perlu Anda ketahui tentang paid marketing dengan membaca artikel di bawah ini hingga selesai.

Apa itu Paid Marketing?

accurate.id gambar paid marketing-1

Berdasarkan laman  VWO, paid marketing (pemasaran berbayar) adalah strategi pemasaran di mana suatu perusahaan membayar untuk menempatkan iklan atau konten promosi mereka di platform atau media tertentu dengan tujuan untuk meningkatkan visibilitas, meningkatkan lalu lintas, dan menghasilkan penjualan atau konversi lainnya.

Beberapa contoh platform atau media yang biasa digunakan dalam paid marketing antara lain Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, LinkedIn Ads, dan Twitter Ads.

Dalam paid marketing, perusahaan harus membayar biaya tertentu untuk setiap tayangan iklan atau setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan mereka (cost-per-click).

Biaya yang dibayarkan dapat bervariasi tergantung pada platform dan target audiens yang dipilih. Paid marketing biasanya dilakukan bersamaan dengan strategi pemasaran organik dan SEO (search engine optimization) untuk mendapatkan hasil terbaik.

Strategi ini diklaim menjadi strategi pemasaran yang sangat efektif. Kenapa? Karena menurut risel yang diterbitkan dalam laman Retail Drive, sebanyak 87% pelanggan akan memulai pencariannya di media digital, terlepas pada akhirnya mereka mau melakukan pembelian ataukah tidak.

Baca juga: Pengertian Flanking Marketing dan Manfaat Pentingnya untuk Bisnis

Jenis-jenis Paid Marketing

accurate.id gambar paid marketing-2

Walaupun memiliki tujuan dan teknik penerapan yang sama, namun paid marketing lebih fokus pada beberapa saluran tertentu saja.

Biasanya, strategi ini akan dibagi menjadi pemasaran media sosial dan pemasaran mesin pencarian, yang mana kedua metode ini mempunyai format iklan yang tentu berbeda.

Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, penerapan paid marketing sudah semakin berkembang dan dibagi menjadi beberapa kategori. Dirangkum dari laman Brafton, Berikut ini adalah beberapa jenis paid marketing yang umum digunakan:

1. Pay-per-click (PPC) Advertising

Iklan PPC melibatkan pembayaran per klik, di mana pengiklan membayar mesin pencari atau platform iklan lainnya setiap kali pengguna mengklik iklan mereka.

2. Display Advertising

Jenis iklan ini akan melibatkan penempatan iklan visual di situs web yang memungkinkan ditempatkannya iklan. Iklan display dapat berupa gambar, video, atau animasi.

3. Social Media Advertising

Jenis iklan ini melibatkan pengiklan yang mempromosikan bisnis atau produk mereka melalui platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn.

4. Native Advertising

Jenis iklan ini mengintegrasikan iklan ke dalam konten alami yang ada di platform seperti situs web atau aplikasi mobile. Native advertising berusaha untuk terlihat lebih organik dan tidak terlalu mengganggu pengalaman pengguna.

5. Influencer Marketing

Jenis iklan ini akan melibatkan kerja sama dengan influencer atau selebriti media sosial yang populer, dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan tertentu melalui unggahan mereka di platform media sosial.

6. Video Advertising

Jenis iklan ini akan melibatkan penempatan iklan dalam video di platform seperti YouTube atau platform streaming lainnya.

7. Retargeting

Jenis iklan ini akan menargetkan iklan kepada pengguna yang sebelumnya telah mengunjungi situs web atau melakukan interaksi dengan merek tertentu. Iklan ini akan membantu Anda untuk membangun brand awareness dan meningkatkan konversi.

Baca juga: Mengenal Performance Marketing, Strategi Efektif dalam Menjalankan Kampanye Iklan

Manfaat Paid Marketing

accurate.id gambar paid marketing-3

Paid marketing, juga dikenal sebagai periklanan berbayar, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi bisnis dan pemasar. Dirangkum dari laman  Digital Shifters dan Mo Agency, berikut ini adalah beberapa manfaat dari paid marketing:

1. Mendapatkan Target Audience yang Tepat

Dengan paid marketing, Anda dapat menargetkan iklan Anda ke berbagai audiens yang tepat dengan banyak faktor seperti lokasi, minat, demografi, dan perilaku online mereka. Tentunya hal Ini dapat membantu Anda dalam mencapai audiens yang relevan dan berpotensi lebih banyak menghasilkan konversi.

2. Pengukuran Hasil yang Lebih Akurat

Paid marketing memungkinkan Anda untuk memonitor hasil iklan Anda secara real-time, dengan mengumpulkan data yang terperinci tentang klik, tampilan, dan juga konversi. Dari sini, Anda dapat menganalisis dan mengoptimalkan kampanye Anda untuk memaksimalkan ROI.

3. Kontrol Biaya yang Lebih Baik

Paid marketing memungkinkan Anda untuk mengatur anggaran iklan Anda dengan sangat spesifik, sehingga Anda dapat membatasi jumlah pengeluaran yang akan dihabiskan pada kampanye iklan. Ini membantu Anda mengontrol biaya dan menghindari menghabiskan uang untuk iklan yang tidak efektif.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Paid marketing dapat membantu Anda untuk meningkatkan brand awareness dengan menempatkan iklan Anda di tempat-tempat yang strategis di internet. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu meningkatkan brand awareness dan membantu memperkuat brand Anda.

5. Meningkatkan Konversi

Paid marketing dapat membantu Anda dalam meningkatkan konversi dengan menempatkan iklan Anda di tempat yang strategis, misalnya pada hasil pencarian Google atau di media sosial. Iklan yang terarah dengan baik dapat mempengaruhi pembelian dan membantu mengarahkan pengunjung ke halaman tujuan yang relevan.

Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan kampanye paid marketing tergantung pada banyak faktor, termasuk strategi penargetan dan optimisasi iklan. Untuk itu, penting sekali untuk mengambil pendekatan yang strategis dan mengikuti praktik terbaik dalam periklanan berbayar untuk mencapai hasil yang maksimal.

Baca juga: Funneling Marketing: Pengertian dan Tips untuk Memaksimalkannya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang pengertian, jenis dan manfaat besar dari paid marketing. Namun dalam menjalankan strategi ini, Anda harus memiliki anggaran keuangan yang cukup agar kegiatan periklanan berbayar Anda bisa lancar.

Nah, untuk membantu Anda dalam menyiapkan anggaran, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Kenapa? Karena aplikasi ini mampu membantu Anda dalam menyiapkan berbagai jenis anggaran bisnis dan menyesuaikannya pada setiap pos bisnis Anda. Sehingga, setiap operasional bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Accurate Online juga akan menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan yang telah terintegrasi dengan fitur bisnis luar biasa lainnya. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah dalam mengembangkan bisnis.

Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga selama 30 hari gratis dengan klik tautan gambar di bawah ini.

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

12 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait