Apa itu Stealth Marketing? Ini Pengertian, 5 Jenis, dan Kelebihan Besarnya

oleh | Mei 10, 2023

source envato.

Apa itu Stealth Marketing? Ini Pengertian, 5 Jenis, dan Kelebihan Besarnya

Jika Anda ingin menggunakan strategi marketing yang lebih hemat biaya, maka stealth marketing bisa Anda pertimbangkan. Strategi merketing ini cukup cerdas dan dinilai efektif dalam meningkatkan penjualan produl

Walaupun memang jarang digunakan, tapi nyatanya strategi ini mampu meningkatkan popularitas sebuah brand, terutama untuk brand yang ingin meningkatkan awaresness produknya.

Lantas, apa itu stealth marketing? Bagaimana cara menerapkannya? Baca terus artikel tentang stealth marketing di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa itu Stealth Marketing?

accurate.id gambar stealth marketing-1

Dilansir dari laman Indeed, stealth marketing adalah sebuah teknik pemasaran di mana produk atau layanan dipromosikan secara tidak langsung, tanpa secara jelas menyebutkan brand atau produk yang dijual. Istilah ini juga dapat dikenal sebagai “buzz marketing” atau “guerrilla marketing.”

Contohnya, dalam stealth marketing, pemasar akan menggunakan cara yang kreatif dan tidak jelas dalam memasarkan produk mereka, seperti menyebarkan pesan melalui media sosial atau mengadakan acara yang tampak seperti kegiatan sosial biasa, tetapi pada akhirnya menampilkan produk yang ingin dipromosikan.

Tujuannya adalah untuk membuat konsumen tertarik dan terkesan oleh produk tanpa menyadari bahwa mereka sedang terpapar iklan.

Namun, ada beberapa kritik terhadap teknik pemasaran ini, karena beberapa orang merasa bahwa itu dapat menipu konsumen dan menimbulkan masalah etis dalam pemasaran.

Oleh karena itu, penting bagi pemasar untuk menggunakan teknik ini secara hati-hati dan transparan agar tidak mengecewakan konsumen atau melanggar etika pemasaran.

Baca juga: Apa itu Media Mix? Ini Pengertian dan 5 Manfaatnya Besarnya Untuk Bisnis

Jenis-jenis Stealth Marketing

accurate.id gambar stealth marketing-2

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis stealth marketing:

1. Viral Marketing

Teknik pemasaran di mana pesan atau konten yang menarik dan menarik perhatian disebarkan dengan cepat melalui internet dan media sosial. Contohnya, video atau gambar yang menarik perhatian banyak orang dan dibagikan secara luas di media sosial.

2. Product Placement

Teknik pemasaran di mana produk atau merek ditempatkan dalam film, acara televisi, atau game tanpa mempromosikannya secara langsung. Contohnya, karakter yang menggunakan produk tertentu dalam sebuah film atau acara televisi.

3. Native Advertising

Teknik pemasaran di mana iklan disajikan dalam format yang menyerupai konten asli di platform seperti situs web atau media sosial. Contohnya, artikel yang ditandai sebagai “sponsored content” yang muncul di situs web berita.

4. Guerilla Marketing

Teknik pemasaran di mana merek atau produk dipromosikan melalui tindakan kreatif dan tak terduga di tempat-tempat publik, seperti stasiun kereta, jalan raya, atau jalanan di kota. Contohnya, kampanye iklan yang melibatkan seniman jalanan yang melukis gambar kreatif di dinding.

5.  Referral Marketing

Teknik pemasaran di mana merek atau produk dipromosikan melalui penggunaan pelanggan yang ada. Contohnya, memberikan insentif atau imbalan kepada pelanggan yang merekomendasikan produk atau merek kepada teman-teman mereka.

Dalam menggunakan teknik stealth marketing, penting untuk mempertimbangkan etika pemasaran dan memastikan bahwa pesan yang disampaikan kepada konsumen tidak menyesatkan atau menipu.

Baca juga: Apa itu Crowdsourcing Marketing? Ini Pengertian dan 6 Manfaatnya Untuk Perusahaan

Kelebihan dan Kekurangan Stealth marketing

accurate.id gambar stealth marketing-3

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan teknik pemasaran stealth marketing:

Kelebihan:

  • Menciptakan brand awareness yang lebih besar: Dengan menggunakan teknik pemasaran stealth marketing, merek dapat menciptakan kesadaran yang lebih besar di kalangan konsumen dengan cara yang tidak terlalu mengganggu.
  • Biaya yang lebih rendah: Teknik pemasaran stealth marketing seringkali lebih murah daripada teknik pemasaran tradisional, seperti iklan televisi atau cetak. Hal ini dapat menghemat biaya pemasaran brand atau produk.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen: Karena teknik pemasaran stealth marketing seringkali tidak terlalu mengganggu, konsumen cenderung merasa lebih nyaman dengan brand atau produk.

Kekurangan:

  • Sulit untuk mengukur keberhasilan: Karena teknik pemasaran stealth marketing seringkali lebih sulit untuk diukur daripada teknik pemasaran tradisional, seperti iklan televisi atau cetak, sulit untuk mengetahui seberapa efektif teknik pemasaran ini dalam mencapai tujuan pemasaran.
  • Mengambil risiko reputasi: Jika teknik pemasaran stealth marketing dilakukan secara tidak etis, dapat merusak brand reputation atau produk.
  • Tidak tepat sasaran: Teknik pemasaran stealth marketing dapat memiliki efek yang lebih luas, tetapi juga bisa menjadi tidak efektif dalam menargetkan kelompok konsumen tertentu.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan teknik pemasaran stealth marketing, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan serta memastikan bahwa teknik ini dilakukan dengan etika dan transparansi.

Baca juga: Pemasaran Global (Global Market): Pengertian, Manfaat, dan Faktor Pendukungnya

Penutup

Demikianlah penjelasan dari kami tentang stealth marketing. Stealth marketing atau pemasaran tersembunyi adalah teknik pemasaran yang dirancang untuk menciptakan brand awareness atau produk tanpa terlalu mengganggu konsumen.

Jenis-jenis teknik pemasaran yang digunakan dalam stealth marketing antara lain viral marketing, product placement, native advertising, guerilla marketing, referral marketing, dan influencer marketing.

Kelebihan dari teknik pemasaran stealth marketing termasuk menciptakan brand awareness yang lebih besar, biaya yang lebih rendah, dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

Namun, kekurangannya termasuk sulit untuk mengukur keberhasilan, risiko reputasi yang mungkin timbul jika dilakukan secara tidak etis, dan tidak tepat sasaran.

Oleh karena itu, sebelum menggunakan teknik pemasaran stealth marketing, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan serta memastikan bahwa teknik ini dilakukan dengan etika dan transparansi.

Dengan menggunakan teknik pemasaran stealth marketing dengan benar, merek atau produk dapat mencapai tujuan pemasaran mereka dan membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen.

Namun, teknik ini tentunya membutuhkan anggaran yang tepat dan anggaran tersebut harus bisa dikelola dengan baik agar bisa menghasilkan strategi pemasaran stealth marketing yang sukses. Nah, untuk memudahkan Anda dalam mengelola anggaran, #lebihbaik Anda menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi cloud computing ini mampu membantu Anda dalam mengelola anggaran dan mencatat setiap anggaran yang keluar. Anda juga bisa mendapatkan laporan keuangan tersebut secara instan dan bisa Anda akses di mana saja dan kapan saja.

Apakah hanya itu saja kelebihan dari Accurate Online? Tentu saja tidak, Anda bisa merasakan sendiri semua kelebihan dan fitur terlengkap dari aplikasi Accurate Online dengan klik tautan gambar di bawah ini.

marketingmanajemenbanner
sidebarPromo
Cinthya
Seorang wanita lulusan ilmu marketing. Di Accurate Online, wanita ini akan membagikan berbagai hal yang sudah dipelajarinya tentang strategi dan tips marketing, digital marketing, serta berbagai hal yang berkaitan di dalamnya.

Artikel Terkait