Pangsa Pasar: Pengertian, Jenis, dan Cara Meningkatkannya

Memahami dan mengetahui pangsa pasar perusahaan Anda penting karena beberapa alasan, termasuk memberi Anda peningkatan pengetahuan terkait pesaing dan loyalitas konsumen Anda. Dalam artikel ini. kita akan mengeksplorasi apa arti pangsa pasar, berbagai jenis pangsa pasar, bagaimana perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar mereka dan contoh pangsa pasar.

Apa itu pangsa pasar?

Pangsa pasar perusahaan, atau market share, adalah persentase total produk dalam kategori tertentu yang dijual bisnis tersebut. Dengan kata lain, seberapa banyak perusahaan mengambil ruang di pasar tertentu.

Jadi, jika sebuah perusahaan menjual 50% dari semua semangka di industri semangka, perusahaan tersebut akan dianggap memiliki 50% market share untuk industri tersebut. Pangsa pasar paling sering diukur setahun sekali atau pada interval tertentu seperti triwulanan.

Sebagian besar perusahaan yang melacak penjualan mereka sendiri menyadari berapa banyak penjualan yang mereka lakukan dalam industri atau kategori tertentu. Namun, mereka mungkin tidak memiliki gambaran tentang total market share  mereka, karena informasi tentang total penjualan dalam suatu industri hanya dikumpulkan dan dirilis oleh pemerintah, agen pengatur, atau asosiasi industri.

Pemerintah mengumpulkan data ini setiap empat tahun pada tahun-tahun yang berakhir pada dua dan tujuh tahun (misalnya, 2012 dan 2017), dan beberapa asosiasi industri dan badan pengatur mengumpulkan data ini setiap tahun atau triwulanan. Di beberapa industri, tidak mungkin menentukan total market share. Misalnya, pembangkit listrik adalah industri di mana total penjualan tidak mungkin dikumpulkan.

Baca juga: Model Kirkpatrick: Pengertian dan Cara Menggunakannya Secara Efektif

Bagaimana perusahaan menggunakan pangsa pasar?

Pangsa pasar digunakan dalam beberapa cara berbeda. Salah satu cara perusahaan menggunakan market share  adalah untuk menarik analis dan investor untuk memasukkan uang ke perusahaan mereka.

Sebagian besar investor dan analis sudah memantau market share perusahaan yang mereka minati, karena market share yang lebih tinggi menunjukkan daya saing relatif barang atau jasa bisnis. Sebuah perusahaan yang terus meningkatkan pangsa pasarnya tumbuh lebih cepat daripada pesaingnya dalam banyak kasus, membuatnya lebih menarik bagi investor.

Pangsa pasar yang lebih tinggi juga memungkinkan perusahaan untuk mencapai skala operasi dan profitabilitas yang lebih tinggi. Perusahaan dapat memilih untuk bekerja memperluas market share mereka menggunakan berbagai taktik termasuk peningkatan iklan, penurunan harga, atau pengenalan produk atau layanan baru. Mungkin juga mencoba untuk memperluas pangsa pasarnya dengan mendapatkan perhatian dari demografi pelanggan baru.

Dampak pangsa pasar pada sebuah bisnis

Pangsa pasar dapat berdampak besar pada perusahaan, terutama yang lebih matang atau di industri yang pertumbuhannya kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Dalam industri siklis, atau industri yang sangat sensitif terhadap siklus bisnis secara keseluruhan, pangsa pasar seringkali paling berdampak dan dapat memiliki efek negatif yang signifikan pada perusahaan yang tidak memiliki market share yang besar.

Pada industri yang sedang berkembang, atau industri yang mengalami tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sektor industri lainnya, pangsa pasar kurang berpengaruh karena terus berubah.

Faktor ekonomi dapat mempengaruhi market share dengan mempengaruhi varians dari margin, pendapatan dan penjualan. Dalam kebanyakan kasus, semakin tinggi pendapatan dan penjualan perusahaan, semakin banyak market share yang dimiliki perusahaan dalam industrinya.

Baca juga: Kepemimpinan Situasional: Pengertian, Gaya dan Tingkat Kematangan di Dalamnya

Cara melakukan penghitungan pangsa pasar

Berikut ini adalah perhitungan yang digunakan untuk menentukan market share suatu perusahaan:

  • Tentukan periode waktu yang akan diperiksa. Misalnya, bisa setahun atau seperempat.
  • Hitung berapa banyak penjualan yang dilakukan perusahaan selama periode waktu itu.
  • Tentukan total penjualan dalam industri bisnis.
  • Bagilah total penjualan perusahaan dengan total penjualan industri.

Misalnya, jika sebuah perusahaan menjual 500 juta dalam nilai produk selama satu tahun fiskal dan industri perusahaan menjual total $100 juta dalam produk yang sama selama tahun fiskal itu, market share perusahaan untuk produk tersebut adalah 50% (500 juta dibagi dengan 1 milyar= 0,50 atau 50%).

Baca juga: Mengetahui Metode Delphi Dalam Proses Pengambilan Keputusan Bisnis

Cara mengukur pangsa pasar

Mengukur market share berdasarkan total pendapatan

Menghitung market share adalah proses yang cukup mudah, apa pun jenis industrinya. Ikuti empat langkah berikut untuk menghitung market share untuk total pendapatan:

1. Pilih periode fiskal

Langkah pertama untuk menghitung pangsa pasar perusahaan adalah mengidentifikasi periode fiskal yang ingin Anda tinjau. Ini bisa menjadi kuartal fiskal, tahun atau rentang tahun.

2. Hitung penjualan perusahaan

Langkah selanjutnya adalah menghitung total penjualan untuk perusahaan yang bersangkutan untuk periode yang diidentifikasi. Untuk perusahaan besar dengan produk yang mencakup beberapa industri, pangsa pasar mereka akan dihitung untuk setiap industri secara terpisah dan tidak berdasarkan total penjualan perusahaan.

Misalnya: Sebuah toko ritel yang menjual makanan, pakaian dan furnitur akan menghitung pangsa pasar mereka di industri grosir hanya berdasarkan penjualan makanan mereka. Mereka akan menghitung nilai market share terpisah untuk pakaian, furnitur, dan sebagainya.

3. Hitung penjualan industri

Setelah menghitung total penjualan untuk satu perusahaan, hitung total penjualan untuk seluruh pasar. Informasi ini tersedia untuk umum dalam laporan penelitian dan melalui asosiasi industri. Juga, jika suatu industri didominasi oleh beberapa pengecer besar dengan penjualan usaha kecil minimal, Anda dapat menggabungkan penjualan pengecer besar untuk menghitung total penjualan pasar.

4. Bagi

Langkah terakhir adalah membagi total penjualan masing-masing perusahaan dengan total penjualan industri. Perhitungan ini akan menghasilkan angka desimal yang dapat diubah menjadi persentase dengan mengalikannya dengan 100.

Menghitung market share berdasarkan jumlah unit yang terjual

Selain menghitung pangsa pasar berdasarkan total pendapatan, perusahaan seringkali menghitung pangsa pasar berdasarkan jumlah unit yang terjual. Untuk menghitung variasi market share ini, ikuti empat langkah berikut:

1. Pilih periode fiskal

Sama halnya dengan menghitung pangsa pasar berdasarkan total pendapatan, langkah pertama adalah mengidentifikasi periode fiskal yang akan dihitung.

2. Hitung jumlah total unit yang terjual perusahaan

Langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah total unit yang terjual dalam periode fiskal yang teridentifikasi.

3. Hitung jumlah unit yang terjual oleh industri secara keseluruhan

Mengikuti perhitungan perusahaan, Anda kemudian menambahkan jumlah total unit yang terjual oleh seluruh pasar. Informasi ini dapat ditemukan melalui saluran yang sama dengan informasi total pendapatan karena perusahaan sering menghitung keduanya saat menjalankan laporan keuangan.

4. Bagi

Langkah terakhir adalah membagi unit perusahaan yang terjual dengan unit industri yang terjual. Perhitungan ini menghasilkan angka desimal yang dapat diubah menjadi persentase dengan mengalikannya dengan 100.

Baca juga: Apa Itu Fragmented Market? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Membandingkan market share

Terkadang, market sharer berfungsi sebagai alat pembanding. Ini memungkinkan perusahaan untuk membandingkan diri mereka dengan pesaing, dan memungkinkan masyarakat umum dan profesional keuangan untuk memahami kinerja perusahaan di pasar tertentu. P

erbandingan ini mendorong keputusan terkait investasi dan pemasaran yang berdampak pada masing-masing perusahaan, konsumen, dan industri pada umumnya.

Meskipun perusahaan biasanya menghitung pangsa pasar berdasarkan pendapatan dan penjualan unit, industri tertentu mungkin hanya fokus pada satu faktor. Misalnya, industri dengan titik harga yang konsisten dan kompetitif di seluruh perusahaan mungkin menyadari bahwa statistik pendapatan vs. penjualan unit pada dasarnya menghasilkan informasi yang sama.

Sebaliknya, industri dengan perbedaan harga yang besar antara perusahaan akan menemukan membandingkan pangsa pasar berdasarkan pendapatan lebih bermanfaat.

Sebuah perusahaan mungkin menjual unit dalam jumlah besar, tetapi jika mereka menjualnya pada titik harga yang sangat rendah, pangsa pasar pendapatan mereka akan lebih rendah daripada perusahaan yang menjual lebih sedikit unit dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Dalam situasi ini, membandingkan harga satuan saja akan memberikan gambaran yang tidak akurat tentang total pendapatan dan kehadiran perusahaan dalam industri.

Bagaimana perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar?

Berikut ini adalah beberapa cara perusahaan dapat meningkatkan pangsa pasar mereka secara keseluruhan:

1. Pertahankan relevansi

Dalam dunia yang terus berubah saat ini, perusahaan perlu mempertahankan relevansinya dalam industri mereka. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan terus berinovasi dan menciptakan produk dan layanan baru yang ditujukan untuk audiens ideal perusahaan Anda.

Cara lain untuk menjaga relevansi termasuk secara teratur memeriksa pelanggan Anda untuk melihat apa yang mereka nikmati atau tidak nikmati tentang produk atau layanan Anda, menjadikan pengalaman konsumen sebagai prioritas dan menjaga pelanggan Anda tetap terlibat melalui upaya pemasaran.

Baca juga: Mengetahui Apa Itu Batch Processing dalam Kemudahan Proses Bisnis

2. Meningkatkan motivasi karyawan

Meningkatkan dan mempertahankan tingkat motivasi karyawan yang tinggi adalah kunci untuk menghasilkan barang dan jasa yang berkualitas. Karyawan yang termotivasi lebih cenderung peduli dengan pekerjaan mereka dan bersedia meluangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengambil bagian dalam penciptaan dan penerapan produk atau layanan yang inovatif.

Cara untuk meningkatkan motivasi karyawan termasuk menawarkan pengaturan kerja yang lebih fleksibel, meningkatkan keterlibatan karyawan, dan memungkinkan karyawan mengerjakan proyek yang benar-benar mereka sukai.

3. Pasarkan ke audiens target yang lebih kecil

Ketika perusahaan memasarkan ke pasar massal, mereka sering melakukannya dengan menggunakan pemasaran yang ditujukan untuk masyarakat umum. Ini berarti bahwa pemasaran mereka mungkin menarik beberapa orang ke produk atau layanan, tetapi banyak yang tidak tertarik karena tampaknya generik.

Berkonsentrasi pada ceruk atau niche pasar memungkinkan Anda mengarahkan upaya pemasaran Anda ke kebutuhan dan masalah spesifik demografis, meningkatkan kemungkinan demografi itu akan ditarik ke perusahaan Anda.

4. Ciptakan posisi merek yang unik

Memisahkan diri Anda dari persaingan adalah komponen utama dari peningkatan pangsa pasar. Ketika Anda menonjol di antara perusahaan lain di industri Anda, pelanggan lebih cenderung membeli dari Anda daripada pesaing Anda.

Salah satu cara untuk menciptakan posisi merek yang unik adalah dengan meneliti kekurangan pesaing Anda dan memasukkannya ke dalam model bisnis Anda.

5. Jadikan pelanggan baru dan yang sudah ada sebagai prioritas

Menjaga pelanggan Anda saat ini terlibat dan senang adalah bagian penting dari retensi pelanggan serta rujukan pelanggan. Juga, memprioritaskan pelanggan baru sangat penting karena memungkinkan Anda membangun basis pelanggan yang lebih besar. Gunakan strategi komunikasi yang dipersonalisasi seperti email pemasaran dan pastikan Anda menanggapi pelanggan tepat waktu.

Contoh kasus untuk mengetahui lebih jauh pangsa pasar

Berikut ini adalah contoh pangsa pasar:

Sebuah toko nutrisi menjual multivitamin Kelly senilai 50 milyar dalam satu tahun fiskal. Jumlah total multivitamin Kelly yang dijual di Indonesia untuk tahun fiskal yang sama adalah 200 milyar.  Ini berarti bahwa pangsa pasar toko nutrisi Indonesia untuk multivitamin Kelly adalah 25% (50 milyar / 200 milyar = .25 atau 25%).

Baca juga: Ketahui Macam Macam Iklan Untuk Kesuksesan Pemasaran Bisnis Anda

Kesimpulan

Market share atau pangsa pasar adalah suatu bagian atas semua permintaan terhadap sebuah produk yang menggambarkan golongan pelanggan berdasarkan ciri-ciri tertentu.  Jenis pangsa pasar dibedakan menjadi dua, yaitu berdasarkan nilai dan volumenya.

Namun terlepas dari jenis market share, pada dasarnya pangsa pasar digunakan untuk mengukur daya saing pasar yang bertujuan dalam mencatat seberapa baik dan berkembangnya performa perusahaan atas kompetitornya.

Tapi, tidak selamanya market share memiliki kelebihan untuk dijadikan sebagai indikator performa perusahaan, karena terdapat kekurangan lain yang tidak bisa ditutupi oleh indikator ini. Meskipun begitu, terdapat beberapa cara dalam meningkatkan market share seperti yang sudah kita jelaskan di atas.

Untuk mengukur performa perusahaan, hal lain yang bisa dijadikan acuan adalah bagaimana perusahaan mampu melakukan manajemen keuangan dan akuntansinya secara baik dan tepat.

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mengatur manajemen keuangan dan akuntansi perusahaan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Accurate Online.

Dengan Accurate Online, Anda bisa mengatur biaya produk, mengontrol stok barang, dan memantau laporan keuangan bisnis Anda secara mudah dan real time.  Tertarik? Anda bisa mencoba menggunakan Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

accurate fokus pengembangan