8 Ide Pemasaran Gratis Untuk Bisnis Barber Shop Anda

Di masa lalu, tukang cukur atau barber shop adalah tempat di mana para pria akan berkumpul untuk berbicara sambil menunggu giliran potong rambut dan bercukur. Berjalanlah ke toko, dan aroma pomade dan tembakau akan meresap ke udara. Di masa lalu, tukang cukur tidak perlu khawatir tentang pemasaran. Pangkas rambut adalah tempat nongkrong. Cowok hanya tahu ke mana harus pergi.

Namun sekarang,hal itu sepertinya  memudar. Pria yang lebih muda mungkin bahkan tidak menyadari betapa pentingnya pangkas ramut konvensional bagi ayah dan paman mereka sendiri. Banyak barber shop kekinian beberapa tahun terakhir yang menjamur dan memberikan pelayanan lebih dari sekedar mencukur

Meskipun barber shop telah melakukan comeback, para pemiliki bisnis ini tidak dapat lagi mendapatkan pelanggan dengan cara yang sama seperti dulu.

Di masa lalu, dari mulut ke mulut adalah semua yang dibutuhkan untuk mendapatkan pelanggan datang. Namun, saat ini orang tidak lagi berkomunikasi dengan cara yang sama. Untuk menjangkau khalayak luas, Anda harus menggunakan berbagai taktik pemasaran yang lebih luas. , ada banyak sekali ide pemasaran GRATIS yang dapat Anda mulai gunakan segera untuk mengisi kursi Anda dengan pelanggan baru.

Baca juga : Ide Pemasaran Terbaik dan Efektif Untuk Bisnis Laundry Anda

1. Bagikan Inspirasi Melalui Pinterest

Jika Anda berpikir bahwa Pinterest hanya untuk wanita, pikirkan lagi. Pinterest telah mengalami peningkatan pengguna sebanyak 73 persen pada pengguna pria sejak 2014.

Selain itu, lebih dari 50 persen pendaftar baru Pinterest adalah pria. Karena laki-laki mungkin menjadi mayoritas pelanggan Anda, Pinterest pasti sepadan dengan usaha yang Anda lakukan. Pinterest memudahkan Anda berbagi ide yang relevan dan dapat dilihat oleh pelanggan potensial.

Yang terbaik dari semuanya, ini tidak memerlukan biaya apapun untuk membuat Akun Bisnis Pinterest. Anda dapat mengatur akun, membuat CTA dan memposting Pin tidak peduli seberapa kecil anggaran iklan Anda. Perlu biaya tambahan untuk mempromosikan Pin Anda. Pin Promosi mudah diatur dan menghasilkan ROI yang baik.

2. Mulai Percakapan di Facebook

Facebook adalah alat pemasaran hebat lainnya untuk barber shop Anda. Ingatlah, Facebook gratis. Tidak ada biaya apa pun untuk membangun halaman pada Facebook bisnis. Halaman Facebook memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan potensial dengan cepat. Dan itu membantu Anda membentuk hubungan sosial dengan pelanggan Anda dan akan memungkinkan mereka untuk mengenal Anda dan bisnis Anda.

Halaman Facebook Anda membantu Anda menciptakan kepribadian dan gaya bisnis Anda. Ini juga membantu mengingatkan pelanggan Anda bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang nyata, dan itu bagus untuk membangun kepercayaan.

Jika Anda sudah memiliki Halaman Facebook pribadi, Anda dapat dengan mudah membuat Halaman Bisnis Facebook. Setelah Anda membuat Halaman Facebook Bisnis Anda, Anda akan memiliki semua alat yang Anda butuhkan untuk berinteraksi dengan pelanggan potensial seperti Messenger dan banyak lagi.

Anda dapat mempublikasikan posting blog, berbagi informasi tentang acara atau promo khusus yang ada pada barbershop Anda dan menjawab pertanyaan pelanggan semua melalui Halaman Bisnis Facebook Anda.

Anda bahkan dapat menggunakan Halaman Facebook Bisnis Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda. Wawasan Halaman membantu Anda memahami tindakan apa yang dilakukan orang di halaman Anda. Anda dapat melihat seberapa sering mereka suka, mengomentari, dan berbagi posting Anda. Facebook for Business bahkan memberi Anda informasi tentang jenis kelamin, lokasi, dan usia audiens Anda.

Baca juga : 5 Strategi Melakukan Ekspansi Bisnis yang Berkelanjutan

3. Menyediakan Potong Rambut Gratis untuk Sesi Pemotretan

Fotografer lokal selalu mencari penata rambut dan tukang cukur untuk membantu pemotretan mereka. Minta fotografer untuk memberi Anda kredit untuk foto-foto yang diterbitkan. Minta izin untuk mengirim foto secara online. Atau minta fotografer untuk memberi tag pada tempat pangkas Anda ketika mereka memposting foto secara online.

Eksposur yang akan Anda dapatkan dari gambar akan menggantikan waktu yang Anda lakukan pada saat memotong rambut.

4. Berbagi Tips Via Blog

Sebuah blog adalah suatu keharusan bagi bisnis apa pun dan tidak terkecuali untuk barber shop Anda. Sebuah blog akan membantu calon pelanggan mengenal Anda. Ini akan memberi mereka informasi yang berguna. Blogging juga menetapkan Anda sebagai seorang ahli. Mudah dan gratis untuk memulai dengan blogging. Perlu beberapa ide untuk posting blog Anda? Coba topik ini:

  • Gaya rambut populer untuk pria
  • Produk tata rambut pria terbaik
  • Tren terkini yang harus diketahui setiap pria
  • Potongan rambut terbaik untuk bentuk wajah Anda
  • Tips terbaik untuk membantu Anda merawat jenggot Anda

Pastikan Anda juga membagikan posting blog Anda di jaringan media sosial Anda untuk jangkauan yang lebih luas.

5. Gunakan Instagram untuk Jangkauan Lebih Luas

Pemilik barber shop paling bergaya di dunia menggunakan Instagram, dan Anda harus menggunakannya juga. Ada berbagai tukang cukur yang telah menjadi selebritas berkat hak mereka sendiri untuk Instagram, seperti Morris Motley, yang memiliki lebih dari 58 ribu pengikut.

Anda dapat menggunakan Instagram untuk membuat pelanggan Anda mengetahui tren terbaru dalam gaya rambut dan perawatan pria, berbagi produk favorit dan banyak lagi. Anda dapat memberikan foto yang menakjubkan, saran dan keseharian yang Anda lakkan di belakang layar yang tidak akan ditemukan pelanggan Anda di tempat lain.

Tentunya ini gratis untuk memulai profil bisnis Instagram, berbagi konten dan foto. Cukup unduh aplikasi Instagram, pilih Akun Bisnis dan kemudian tambahkan informasi tentang bisnis Anda. Anda kemudian dapat memposting konten dan mengikuti pengguna lain.

6. Hibur Pelanggan dengan Video

YouTube adalah tempat Anda pergi untuk menonton video, itulah sebabnya barber shop Anda membutuhkan salurannya sendiri. YouTube memiliki lebih dari 1,9 miliar pengguna per bulan. Setiap hari, orang-orang menonton lebih dari satu miliar jam video di platform. Manfaatkan statistik ini untuk mendatangkan pelanggan baru.

YouTube bagus untuk bisnis ukuran apa pun, dan gratis. Cukup klaim saluran gratis Anda dan mulailah membagikan video. Setelah Anda mengatur saluran YouTube, gunakan video pendek untuk menarik perhatian, mengingatkan orang-orang tentang layanan Anda dan memperkenalkan produk-produk baru.

7. Hadiah untuk pelanggan setia

Loyalitas pelanggan adalah sesuatu yang harus diusahakan untuk dicapai oleh setiap bisnis. Menawarkan manfaat eksklusif dan tambahan kepada pelanggan yang menghabiskan dana mereka dengan susah payah di toko Anda adalah hal yang akan membuat mereka kembali.

Itu juga akan mendorong mereka untuk berbagi pengalaman positif mereka di barber shop milik Anda dengan orang lain.

Untungnya, mudah untuk memulai dengan program loyalitas. Ada berbagai hal yang dapat Anda tawarkan – seperti secangkir kopi gratis setelah melakukan sejumlah potongan rambut atau diskon potongan rambut untuk pelanggan tetap pada hari tertentu dalam seminggu.

Pertimbangkan juga membuat video YouTube untuk memperkenalkan program loyalitas Anda. Ini dapat digunakan untuk menjelaskan manfaat lebih lanjut dan mendorong pelanggan baru untuk datang ke toko Anda untuk mendapatkan hadiah.

8. Adakan Program Referal

Biarkan pelanggan Anda yang ada melakukan pemasaran untuk Anda. Dorong pelanggan Anda untuk menyebarkan kabar baik tentang tempat pangkas rambut Anda. Adakan program referal dan berikan penghargaan kepada pelanggan yang sudah ada yang mereferensikan jumlah orang terbanyak.

Anda dapat menawarkan berbagai hadiah, seperti potongan rambut gratis untuk waktu tertentu, produk gratis atau voucher gratis ke restoran setempat. Untuk menyampaikannya, pastikan Anda berbagi program referal barber shop dengan penggemar dan pengikut Anda melalui media sosial.

Baca juga : Accurate Online Memudahkan Akuntansi pada Peternakan Anda

Kesimpulan

Dengan teknik pemasaran yang tepat setiap bisnis mampu bertahan dan mendapatkan keuantungan yang diharapkan. Delapan teknik pemasaran gratis di atas bisa Anda terapkan pada bisnis barber shop Anda dengan mudah dan tentunya tanpa biaya. Konsisten adalah kunci agar barber shop mendapat banyak pelanggan dan berkembang dengan cepat.

Jangan lupakan juga pembukuan pada bisnis Anda. Pembukuan yang baik adalah indikator kesehatan pada keuangan bisnis Anda. Seiring perkembangan zaman, kemudahan pembukuan menjadi sebuah solusi pada setiap bisnis dengan hadirnya software akuntansi.

Untuk pembukuan praktis pada bisnis barber shop Anda, Anda bisa menggunakan software akuntansi Accurate Online sebagai solusi akutnansi, perpajakan, dan inventori bisnis Anda.

Accurate Online memiliki fitur terlengkap dan harga terjangkau yang cocok untuk segala jenis bisnis termasuk UKM sampai perusahaan manufaktur. Mudah digunakan, terbukti dengan 300 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan telah memenangkan Top Brand Award sejak tahun 2016 sampai sekarang sebagai software akuntansi terbaik.

Anda juga bisa mencoba Accurate Online secara gratis selama 30 hari melalui link ini.