Pengertian Infomersial, Kelebihan, dan 6 Komponen Penting di Dalamnya

oleh | Jun 21, 2023

source envato.

Pengertian Infomersial, Lengkap dengan Kelebihan, Kekurangan dan Hal Penting di Dalamnya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa iklan adalah alat promosi yang sangat penting dalam menampilkan kelebihan produk. Nah, infomersial adalah jenis iklan televisi yang harus Anda pertimbangkan bila ingin mendemonstrasikan produk secara detail.

Saat ini, sebagian besar orang sudah menganggap bahwa internet marketing telah berhasil menggantikan posisi televisi sebagai media periklanan. Walaupun demikian, laman Send Pulse mengatakan bahwa televisi masih menjadi media yang efektif dalam menjangkau target audiens dengan biaya yang efisien.

Ingin mengetahui lebih dalam tentang infomersial? Baca terus artikel di bawah ini hingga selesai.

Pengertian Infomersial

accurate.id pengertian infomersial

Bersumber dari laman Investopediainfomercial atau infomersial adalah singkatan dari “informasi” dan “komersial” yang merujuk pada bentuk iklan yang menggabungkan unsur informasi dan promosi.

Infomersial biasanya dibuat dalam program televisi atau video yang dirancang untuk memberikan informasi secara detail tentang produk atau layanan tertentu, sambil mempromosikan atau menjual produk tersebut.

Infomersial sering kali memiliki durasi yang lebih lama daripada iklan biasa dan di dalamnya akan mencoba meyakinkan penonton dengan memberikan informasi secara detail terkait fitur, manfaat, dan keunggulan produk atau layanan.

Dalam beberapa kasus, infomersial juga dapat mencakup testimoni pengguna, demonstrasi produk, dan penjelasan ilmiah yang mendalam, seperti yang dijelaskan dalam laman Enterpreneur.

Infomersial seringkali dianggap sebagai iklan yang lebih persuasif dan informatif karena memberikan penonton kesempatan untuk mempelajari lebih banyak tentang produk atau layanan sebelum membuat keputusan pembelian.

Namun, karena infomercial bertujuan untuk mempromosikan produk atau layanan tertentu, setiap penonton harus tetap kritis dan wajib mencari sumber informasi yang lebih objektif untuk membuat keputusan yang tepat.

Baca juga: Apa itu Persuasive Advertising? Ini Pengertian, Manfaat, dan 6 Teknik Mudah dalam Melakukannya

Perbedaan Infomersial dan Komersial

accurate.id perbedaan infomersial dan komersial

Berikut ini adalah perbedaan antara infomersial dan komersial:

  • Komersial

Komersial adalah iklan singkat yang biasanya ditayangkan di televisi atau radio dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan tertentu.

Komersial memiliki durasi yang singkat, biasanya hanya beberapa detik hingga beberapa puluh detik, dan seringkali fokus pada menciptakan pengenalan brand, menarik perhatian, dan memancing minat penonton. Komersial cenderung lebih padat dan bersifat persuasif, dengan fokus pada daya tarik visual dan pesan yang kuat.

  • Infomersial

Di sisi lain, infomersial adalah bentuk iklan yang lebih panjang dan fokus dalam memberikan informasi sedetail mungkin tentang produk atau layanan tertentu.

Durasi infomercial dapat berkisar antara beberapa menit hingga setengah jam atau lebih. Tujuannya adalah untuk memberikan penjelasan yang mendalam tentang produk atau layanan, menyampaikan informasi tentang fitur dan manfaatnya, serta memberikan testimoni dan demonstrasi pengguna.

Infomersial cenderung lebih terstruktur seperti program televisi dan sering kali menggabungkan unsur penceritaan untuk menjaga minat penonton.

Infomersial dan komersial pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu mempromosikan produk atau layanan untuk meningkatkan penjualan. Namun, infomersial menawarkan pendekatan yang lebih terperinci dan informatif, sementara komersial berfokus pada daya tarik dan pesan yang singkat.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Advertising dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

Kelebihan Infomersial

accurate.id Kelebihan Infomersial

Infomersial memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

1. Informasi yang Mendalam

Metode ini memberikan informasi pada penonton secara detail tentang produk atau layanan yang dipromosikan. Durasi yang lebih lama akan memungkinkan pengiklan untuk menjelaskan fitur, manfaat, dan keunggulan produk secara lebih rinci dibandingkan dengan iklan pendek lainnya.

2. Demonstrasi dan Testimoni

Infomersial seringkali menyertakan demonstrasi produk yang menunjukkan cara penggunaan atau keunggulan produk secara langsung. Jenis iklan ini juga dapat mencakup testimoni pengguna yang memberikan bukti dan dukungan atas kualitas produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Kesempatan untuk Membandingkan

Dalam infomercial, penonton seringkali diberikan kesempatan untuk membandingkan produk atau layanan dengan pilihan lain yang tersedia di pasaran. Hal ini dapat membantu penonton dalam membuat keputusan yang lebih informasional dan tepat.

4. Membangun Kepercayaan

Infomersial memberikan waktu yang lebih lama untuk membangun hubungan dengan penonton. Dengan memberikan informasi yang mendalam, testimoni, dan demonstrasi produk, infomercial dapat membantu membangun kepercayaan dan keyakinan penonton terhadap produk atau layanan yang dipromosikan.

Baca juga: Apa itu Advertising Plan? Ini Pengertian dan 7 Cara Mudah Mempersiapkannya

Kekurangan Infomersial

accurate.id Kekurangan Infomersial

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, infomercial juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda diperhatikan. Nah, berikut adalah beberapa kekurangan dari infomercial:

1. Durasi yang Panjang

Salah satu kekurangan utama infomersial adalah durasinya yang lebih lama. Infomersial biasanya memiliki durasi yang mencapai beberapa menit hingga setengah jam atau lebih. Durasi yang panjang ini dapat membuat beberapa penonton kehilangan minat dan mengalami kejenuhan, terutama jika informasi yang disampaikan terlalu berulang-ulang.

2. Persepsi sebagai Bentuk “Penipuan”

Infomersial sering kali dikaitkan dengan bentuk pemasaran yang agresif atau manipulatif. Beberapa penonton memiliki pandangan yang skeptis terhadap infomercial dan merasa bahwa informasi yang diberikan tidak objektif atau terlalu dibuat-buat. Hal ini dapat mengurangi kepercayaan penonton terhadap pesan yang disampaikan dalam infomersial.

3. Tidak Sesuai untuk Semua Produk atau Layanan

Infomersial biasanya lebih cocok untuk produk atau layanan yang memerlukan penjelasan dan demonstrasi yang mendalam. Namun, untuk produk sederhana atau yang dapat dipahami dengan mudah oleh penonton, infomercial mungkin terlalu berlebihan dan tidak efektif.

4. Biaya Produksi yang Tinggi

Infomersial sering melibatkan produksi yang rumit dan profesional, termasuk pengadaan aktor, pengaturan lokasi, dan penyuntingan video yang rumit. Hal ini akan membuat adanya produksi yang tinggi, yang mungkin menjadi hambatan bagi perusahaan atau pengiklan dengan anggaran terbatas.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran, Pengertian, Fungsi, Contoh dan Elemen dalam Pemasaran

Komponen Penting yang Terdapat di dalam Infomersial

Dalam pembuatan infomercial, terdapat beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan untuk mencapai kesuksesan dalam tujuan periklanan. Nah, berikut ini adalah beberapa komponen penting dalam infomersial:

1. Opening (Pembukaan)

Pembukaan infomercial harus menarik perhatian penonton sejak awal. Ini dapat dilakukan dengan menghadirkan situasi atau masalah yang relevan dengan produk atau layanan yang dipromosikan. Tujuan pembukaan adalah untuk memancing minat penonton agar terus menonton.

2. Informasi Produk

Infomersial harus memberikan informasi yang jelas dan terperinci tentang produk atau layanan yang dipromosikan. Ini mencakup fitur-fitur produk, manfaat, dan keunggulan yang membedakan produk dari pesaing. Informasi tersebut harus disajikan dengan cara yang mudah dipahami dan menarik bagi penonton.

3. Demonstrasi

Demonstrasi produk adalah komponen penting dalam infomercial. Dengan memperlihatkan penggunaan produk atau layanan secara nyata, infomercial dapat membantu penonton memahami cara kerja produk dan manfaat yang diperoleh dari penggunaannya.

Demonstrasi harus dilakukan dengan jelas, menarik, dan membantu penonton memvisualisasikan pengalaman menggunakan produk tersebut.

4. Testimoni

Menyertakan testimoni dari pengguna yang puas dengan produk atau layanan dapat memperkuat kepercayaan penonton terhadap produk tersebut. Testimoni yang autentik dan relevan dapat memberikan bukti nyata tentang keefektifan dan kepuasan pengguna.

5. Call-to-Action

Infomersial harus memiliki call-to-action yang jelas dan meyakinkan. Hal ini dapat berupa instruksi untuk memesan produk, mengunjungi situs web, atau menghubungi nomor telepon tertentu. Panggilan untuk tindakan harus membuat penonton merasa yakin dan termotivasi untuk mengambil langkah selanjutnya.

6. Closing 

Closing infomercial harus mengesankan dan meninggalkan kesan yang kuat pada penonton. Ini dapat mencakup ringkasan singkat tentang manfaat produk atau layanan, penekanan kembali pada keunggulan yang ditawarkan, atau bahkan penawaran bonus atau diskon khusus sebagai insentif tambahan.

Perlu digaris bawahi bahwa infomercial yang efektif dapat disesuaikan berdasarkan produk atau layanan yang dipromosikan, target audiens, dan tujuan spesifik dari periklanan tersebut.

Baca juga: Mengenal Media Promosi dan Metode Periklanan untuk Bisnis Anda

Penutup

Jadi, infomersial adalah bentuk iklan yang menggabungkan informasi dan promosi. Infomersial memiliki kelebihan seperti memberikan informasi yang mendalam, demonstrasi produk, testimoni pengguna, dan membangun kepercayaan pelanggan.

Namun, infomercial juga memiliki kekurangan seperti durasinya yang panjang, adanya kemungkinan persepsi negatif, dan biaya produksi yang tinggi.

Dalam pembuatan infomersial, terdapat beberapa komponen penting yang perlu diperhatikan, yaitu pembukaan yang menarik, informasi produk yang jelas, demonstrasi yang efektif, testimoni yang kuat, panggilan untuk tindakan yang meyakinkan, dan penutup yang mengesankan.

Perlu digaris bawahi bahwa pembuatan infomersial yang efektif harus disesuaikan dengan produk atau layanan yang dipromosikan, target audiens, dan tujuan periklanan yang spesifik.

Dengan mempertimbangkan kelebihan, kekurangan, dan komponen penting ini, perusahaan atau pengiklan dapat menciptakan infomersial yang berhasil dalam mencapai tujuan periklanan mereka.

Namun untuk bisa menggunakan strategi ini, Anda harus mengelola anggaran perusahaan secara baik dan efektif. Untuk membantu Anda dalam melakukan hal tersebut, Anda bisa menggunakan software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Aplikasi berbasis online ini akan membantu Anda dalam mengelola berbagai jenis anggaran yang Anda perlukan. Terdapat lebih dari 200 lebih laporan keuangan yang bisa Anda akses secara real-time di mana saja dan kapan saja.

Penasaran? Klik tautan gambar di bawah ini untuk langsung mencoba Accurate Online selama 30 hari, Gratis!

Seberapa bermanfaat artikel ini?

Klik salah satu bintang untuk menilai.

14 pembaca telah memberikan penilaian

Belum ada yang memberikan penilaian untuk artikel ini 🙁 Jadilah yang pertama!

Cinthya

Artikel Terkait