Struktur Organisasi Perusahaan Manufaktur dan Contohnya

SDM atau sumber daya manusia dan struktur organisasi perusahaan adalah dua faktor penentu keberhasilan perusahaan, terlebih lagi pada perusahaan manufaktur. Membuat struktur organisasi perusahaan manufaktur akan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

Bila perusahaan manufaktur tidak mempunyai struktur organisasi perusahaan yang jelas, maka akan sangat berdampak buruk pada sistem birokrasi perusahaan.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pengertian tentang struktur organisasi perusahaan manufaktur dan beberapa contohnya pada Anda.

Pengertian Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi perusahaan manufaktur adalah susunan unit kerja di dalam perusahaan manufaktur. Sumber daya manusia yang kompeten harus mengisi setiap unit kerja di dalamnya. Setiap unit kerja yang ada di dalam struktur perusahaan manufaktur tentunya mempunyai fungsinya masing-masing. Struktur perusahaan mempunyai beragam manfaat dan fungsi.

Dengan adanya struktur organisasi yang baik, maka sistem birokrasi perusahaan bisa berjalan secara optimal. Selain itu, perusahaan pun akan lebih mudah dalam memberikan tanggung jawab dan tugas secara jelas. Sehingga, semua karyawan bisa memperoleh tanggung jawab secara adil.

Struktur organisasi perusahaan manufaktur yang baik juga akan meminimalisir terjadinya konflik dan membantu perusahaan dalam mencapai target yang sebelumnya sudah ditentukan.

Jadi, struktur organisasi perusahaan manufaktur yang baik akan menjadi salah satu faktor keberhasilan perusahaan.

Baca juga: Perencanaan Adalah: Ini Tujuan, dan Berbagai Jenisnya

Contoh Struktur pada Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa struktur organisasi perusahaan adalah komponen yang sangat penting bagi perusahaan. Tanpa adanya struktur ini, maka birokrasi perusahaan menjadi kurang optimal.

Terdapat beberapa unit kerja yang pada umumnya terdapat di perusahaan. Berbagai unit kerja tersebut adalah direktur, manajer keuangan, manajer pemasaran, manajer personalia, manajer perusahaan dan juga karyawan. Setiap unit kerja tersebut mempunyai tanggung jawab yang berbeda.

Direktur mempunyai tanggung jawab dalam melancarkan kegiatan operasional perusahaan. Dibawahnya terdapat beberapa manajer, yaitu:

  • Manajer Keuangan: Tanggung jawab manajer keuangan adalah mengelola dan melaporkan keuangan perusahaan.
  • Manajer Personalia: Bertugas dalam mengelola administrasi, mulai dari rekrutmen, hingga mengevaluasi kinerja setiap karyawan.
  • Manajer Usaha: Mempunyai tugas dalam melaksanakan kegiatan produksi agar berjalan secara lancar.
  • Manajer pemasaran: Bertanggung jawab dalam memasarkan produk perusahaan.
  • Karyawan: Berperan penting dalam menunjang operasional perusahaan.

Tapi harus selalu Anda garis bawahi bahwa semakin besar perusahaan, maka akan semakin kompleks juga struktur organisasi yang ada di dalamnya.

Baca juga: Mengenal Operator Produksi dan Tanggung Jawab Mereka dalam Dunia Kerja

Contoh Struktur Organisasi

1. Contoh Struktur Organisasi Perusahaan Kecil

Di dalam struktur perusahaan kecil terdapat beberapa unit kerja. Beberapa unit kerja di dalamnya adalah direktur, manajer keuangan, manajer usaha, manajer personalia, manajer perusahaan, dan juga karyawan.

Setiap karyawan harus bisa melaporkan hasil kerjanya pada bagian direktur. Karyawan di dalam struktur organisasi ini harus membantu menunjang kegiatan operasional perusahaan. Struktur organisasi ini hanya diperuntukan untuk perusahaan yang baru bergerak dan belum mempunyai sumber daya manusia yang cukup.

2. Struktur Organisasi Perusahaan Dagang

Contoh perusahaan struktur organisasi perusahaan dagang yang paling sederhana adalah PT Bina Karya, salah satu perusahaan atau Badan Usaha Milik Negara.

Bila diperhatikan secara seksama, unit kerja dalam struktur organisasi di atas lebih kompleks daripada struktur organisasi sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memudahkan mereka dalam menyebarkan tanggung jawab dan tugas pada setiap unit kerja.

Di dalamnya terdapat beberapa tambahan unit kerja, seperti dewan komisaris dan berbagai divisi pendukung lainnya, seperti SDM, Divisi transportasi, dan juga divisi pengembangan bisnis.

3. Struktur organisasi Perusahaan Manufaktur

Struktur organisasi Perusahaan Manufaktur

Kita bisa mengambil contoh struktur organisasi perusahaan manufaktur PT Unilever Indonesia, Tbk. Salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dalam sektor industri barang konsumsi.

Di dalamnya struktur perusahaan ini, presiden direktur adalah pemimpin perusahaan. Di bawahnya terdapat beberapa unit kerja yang spesifik, seperti direktur foods, direktur home and personal care, dan juga direktur ice cream and marketing service.

Setiap direktur ini akan memimpin divisi mereka agar bisa berjalan dengan lancar.

4. Struktur organisasi perusahaan jasa

Contoh struktur organisasi perusahaan jasa diatas adalah perusahaan Angkasa Pura 1. Suatu perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang kebandarudaraan di Indonesia.

Di dalam struktur organisasi ini, terdapat general manager yang tugasnya adalah memantau semua kegiatan operasional perusahaan. Dibawahnya terdapat beberapa kepala divisi yang bertanggung jawab atas performa setiap divisinya. Nantinya, kepada divisi akan memberikan laporan atas performa kerja divisinya pada general manager.

Baca juga: Cara Sederhana Membuat Struktur Organisasi Perusahaan Dagang dan Contohnya

Kesimpulan

Jadi, struktur perusahaan adalah salah satu bagian dari suatu dokumen yang sangat penting untuk operasional perusahaan. Tanpa adanya struktur organisasi yang jelas, maka perusahaan tidak bisa berjalan dengan lancar. Selain itu, tidak adanya struktur organisasi perusahaan pun akan menjadi hal yang buruk.

Selain harus mengurus struktur organisasi, sebagai pebisnis Anda juga harus bisa mengelola keuangan dan mempercayakannya pada mereka yang memang sudah kompeten.

Nah untuk memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, Anda bisa mempercayakannya pada software akuntansi dan bisnis dari Accurate Online.

Accurate Online sudah dipercaya oleh lebih dari 377 ribu pebisnis yang ada di Indonesia dan sudah mendapatkan penghargaan TOP Brand Awards dari tahun 2016 hingga tahun 2022.

Dengan Accurate Online, Anda akan memperoleh laporan keuangan secara otomatis, cepat dan akurat. Selain itu, Anda bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja Anda berada.

Lebih dari itu, Accurate Online juga sudah dilengkapi dengan fitur penjualan, persediaan, perpajakan, pembelian, manufaktur, dan fitur luar biasa lainnya yang siap membuat bisnis Anda berjalan lebih efektif dan efisien.

Ayo gunakan dan coba Accurate Online sekarang juga secara gratis selama 30 hari dengan klik banner di bawah ini.

anggimo

Seorang wanita lulusan sarjana manajemen bisnis dan akuntansi yang hobi menulis blog tentang manajemen bisnis secara spesifik.